Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63901a5e1075f85844227391/11-hidangan-pencuci-mulut-dari-kudapan-tradisional-indonesia-mana-favorit-ente
Hai Semua! :hai Hidangan pencuci mulut atau hidangan penutup adalah menu yang disajiin sehabis menyantap jamuan utama. Biasanya berupa minuman atau penganan manis. Dalam bahasa Inggris, hidang pencuci mulut disebut "dessert", asal katanya "desservir" dari kosakata Prancis yang secara etimologi artinya "ngeberesin meja". Sedangkan secara luas, maknanya adalah " ma
Lapor Hansip
07-12-2022 11:45

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

icon-verified-thread
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Hai Semua!

emoticon-Hai

Hidangan pencuci mulut atau hidangan penutup adalah menu yang disajiin sehabis menyantap jamuan utama. Biasanya berupa minuman atau penganan manis. Dalam bahasa Inggris, hidang pencuci mulut disebut "dessert", asal katanya "desservir" dari kosakata Prancis yang secara etimologi artinya "ngeberesin meja". Sedangkan secara luas, maknanya adalah " makanan yang disajiin setelah meja diberesin seusai jamuan utama".

Ya, lebih kurang kayak gitulah asal-muasal istilah "hidangan pencuci mulut".

Di Indonesia kita nggak kenal budaya hidangan penutup (secara tradisional). Hal semacam ini baru familiar sejak orang-orang kolonial datang, dan membawa budaya makan mereka sekaligus tabble manner-nya ke Indonesia. Walaupun begitu, orang kita tetap terbiasa mengonsumsi penganan ringan sehabis nyantap nasi. Tapi namanya bukan hidangan penutup, cuma nyemil biasa.

Nah, kali ini ane mau sharing tentang jenis-jenis penganan tradisional Indonesia yang cocok dijadiin hidangan penutup. Ayo intip! Barangkali penganan tradisional favorit kalian masuk list!

1. Kue Bingkang

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Kelen kalo datang ke Aceh dan belum nyantap kudapan ini di sana, kalian belum bisa dibilang datang ke Aceh. Karena, ya, kue ini adalah penganan khas Aceh yang terkenal banget! Kue ini rasanya manis, terbuat dari adonan terigu, gula pasir, mentega, garam, telur, dan santan. Memasaknya boleh dipanggang, boleh juga dikukus. Kue ini lembut dan padet di lidah. Cocok banget buat dijadiin temen nge-teh atau jadi hidangan penutup sehabis makan besar.

•••

2. Raga-Raga

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Apapun acara yang diselenggarakan di Sumatera Barat, baik itu baralek (pesta pernikahan), khatam Qur'an, syukuran, acara adat, dan lain sebagainya, raga-raga dipastikan selalu hadir sebagai makanan penutup. Fyi aja, raga-raga adalah agar-agar dalam bahasa Minang. Cuma yang bikin khas adalah, karena orang Minang pecinta santan, bikin agar-agar pun juga pake santan, kadang juga ditambah telor.

Ane pribadi kalo kondangan, selalu milih raga-raga sebagai pencuci mulut ketimbang kue-kue manis lainnya. Soalnya makan raga-raga sehabis makan nasi rendang dan gulai kalai sepiring penuh, nyiptain sensai plong tersendiri di perut yang kekenyangan hahah.

•••

3. Lappet

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Kue yang satu ini berasal dari Tapanuli, Sumut, Gengs. Dibikin dari adonan tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa dan gulan aren. Adonan tersebut dicetak jadi berbentuk limas lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Rasanya manis, gurih, dan legit. Aromanya juga wangi banget. Pas lah kalau dijadiin hidangan penutup atau sekadar jadi camilan waktu minum kopi.

•••

4. Es Selendang Mayang

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Hidangan pencuci ga melulu berupa kudapan ya gaes ya. Minuman es yang nyegerin kerongkongan juga ga boleh ketinggalan. Es selendang mayang khas Betawi ini misalnya. Buat yang kaga tau, mangkok es selendang mayang biasanya berisi potongan kue selendang mayang, lalu disiram dengan sirup, gula merah, santan, dan es serut. Seger bener kalau diminum sehabis makan siang. Apalagi kalau cuaca lagi panas.

•••

5. Es Dawet Selasih

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Ini minuman kesukaan ane banget nih, Gengs! Walau ane kaga beli di Solo langsung, belinya di Pasar Bawah Bukittinggi, tapi rasanya tetep enak dan seger banget! Meski di sini ada cindua (cendol), tapi kesegaran es dawet selasih adalah juaranya! Buat yang kaga tau, es dawet selasih ini berisi cendol, bubur sumsum, tape ijo, dan biji selasih. Nikmat banget kalo diminum pas panas-panas (es batunya dibanyakin!).

•••

6. Bongko Kopyor

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Berikutnya adalah penganan manis dari Gresik. Walopun biasa dijadiin menu takjil buka puasa, tapi nggak ada salahnya kalau menyantap kudapan ini sebagai hidangan penutup. Bentuknya mirip bubur sumsum (karena terbuat dari tepung beras), tapi di dalamnya ada isian seperti pisang, roti, bubur mutiara, dan kelapa muda. Beuhh, keliatannya sedep bener!

•••

7. Kue Tobu'u

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Sekarang kita beralih ke makanan manis asal Gorontalo, kue tobu'u. Kue basah yang satu ini dibikin dari tepung beras dan beras ulo, lalu diadon dengan susu cair, santan, gula pasir, vanili dan pasta pandan. Cara memasaknya adalah dengan dikukus, dan disajikan dengan potongan nangka manis. Enak banget buat dessert ala-ala.

•••

8. Es Pallu Butung

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Pernah makan es pisang ijo? Nah, rasanya hampir mirip dengan es pallu butung, minuman manis khas Sulawesi. Keduanya sama-sama terdiri dari bubur sumsum dan pisang kukus. Bedanya, es pisang ijo dikasih selimut ijo, sedangkan es pallu butung pisangnya dibiarin telanjang gitu aja.

•••

9. Pisang Epe

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Di Makassar banyak banget kudapan yang diolah dari pisang, salah satunya adalah pisang epe. Menu ini mirip dengan pisang kapik di Bukittinggi. Cara bikinnya gampang banget, pisang dibakar lalu dipipihkan, habis itu disiram gula aren. Kadang biar tambah nikmat, ada yang suka ngasih topping tertentu di atasnya, kayak keju dan kental manis. Rasa manis ini yang bikin pisang epe cocok buat hidangan penutup.

•••

10. Kue Petah

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Kue petah selalu hadir saat lebaran di Kalimantan. Rasanya manis dan lembut di lidah. Bahan bakunya tepung beras, lalu diadon dengan sari daun pandan, daun suji, dan kapur sirih. Uniknya, kue ini disantap dengan cocolan saus gurih yang disebut tahi lala. Jadi rasanya bercampur antara manis dan gurih.

•••

11. Kue Cantik Manis

11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?

Sesuai namanya, kue khas Papua ini memiliki tampilan yang cantik, warna hijau dan merah muda, dengan rasa yang manis. Terbuat dari tepung terigu, gula, vanili, air pandan, santan, dan telur. Cocok banget buat camilan dan sebagai hidangan penutup yang nikmat.

•••

So, Gengs, mana hidangan penutup favorit kalian dari list di atas? Atau jangan-jangan, favorit kalian ga ada dalam list? Kalau gitu kasih tau ane di kolom komentar aja!

Sekian

Narasi: serbaserbi.com
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
5.2K Anggota • 7.4K Threads
Halaman 1 dari 3
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 11:45
kalian tim yang harus banget ada pencuci mulut atau engga?
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 11:46
oiya, jangan lupa kasih tahu ane menu atau nama kudapan lainnya.
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 14:06
mantab gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 14:32
kayaknya no 6 itu mantap gan, manis, lembut gitu kelihatannya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 14:37
Enak enak keknya emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 15:14
kue petah ditaburin bawang goreng itu? gimana rasanya yah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 16:15
Es cendol dawet gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 17:46
Ane kira typo. Bingkang beda dengan Bikang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 17:47
Kalau soal parabuangan ya onde onde isi gula merah cair...ndak da lawan...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 18:10
Nomor 4 sepertinya menggoda bgt ituemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
zharki dan andyazzora memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 18:41
Galamai nggk ad un?
emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 18:53
No 2 boleh juga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 19:01
Kue jajanan pasar enak dan lezat emoticon-2 Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 20:39
Ingin ini ingin ituu banyak sekalii emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 20:56
Ane tim jajanan buat cemilan,bukan pencuci mulut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 22:13
enak tuh gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 22:47
Kue cantik manis keliatan enak emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 23:37
Ane lebih suka sih yang seger-seger gan kalo buat pencuci mulut emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
07-12-2022 23:47
lebih enak klo cuaca panas2 minum cendolemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
11 Hidangan Pencuci Mulut dari Kudapan Tradisional Indonesia, Mana Favorit Ente?
08-12-2022 01:31
Pisang epe (tanpa saus gula merah) dimakan ama sate kambing emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia