Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
59
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638fe208a060cf714b206286/inilah-5-sindrom-berbahaya-yang-menghantui-ibu-hamil-calon-orang-tua-wajib-tahu
Learn On Thread W/Hirarahmi :cystg Selama masa kehamilan sampai pasca melahirkan, ibu rentan terhadap gejala-gejala psikiatrik. Oleh karena itu, agar perubahan psikologi itu tidak berdampak berlebihan, baik untuk sang ibu, bayi, maupun orang-orang di sekelilingnya, ibu harus bisa mendeteksinya sejak dini. Suami dan keluarga terdekat juga harus aware dengan masalah psikologis tersebut, karena di ma
Lapor Hansip
07-12-2022 07:44

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

icon-verified-thread
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Learn On Thread
W/Hirarahmi

emoticon-cystg


Selama masa kehamilan sampai pasca melahirkan, ibu rentan terhadap gejala-gejala psikiatrik. Oleh karena itu, agar perubahan psikologi itu tidak berdampak berlebihan, baik untuk sang ibu, bayi, maupun orang-orang di sekelilingnya, ibu harus bisa mendeteksinya sejak dini. Suami dan keluarga terdekat juga harus aware dengan masalah psikologis tersebut, karena di masa-masa rentan seperti itu, ibu sangat membutuhkan dukungan dari pasangan dan orang-orang di sekitarnya.

Pada thread ini, kita akan bahas secara ringkas mengenai macam gangguan psikiatrik pada ibu hamil. Semuanya akan dijelaskan secara singkat dan padat dalam satu thread. Jadi harap dimaklumi jika pembahasannya tidak selengkap yang disampaikan oleh ahli-ahli psikologi dan ilmu kebidanan atau kehamilan. Well, langsung saja simak thread ini sampai habis!

Selamat Membaca
____________________________


Psikologis Ibu Hamil Pascapersalinan

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Hamil dan melahirkan adalah impian sebagian besar ibu. Wajar jika setelah bayinya lahir, ibu merasa senang dan sayang kepada bayi tersebut. Namun tak menutup kemungkinan ibu mengalami gangguan psikiatrik yang disebabkan oleh perubahan hormon atau faktor-faktor lain. Secara umum, ibu dengan gangguan psikiatri akan merasa bahagia atas kelahiran bayinya selama lebih kurang tiga minggu. Lalu setelahnya, ibu mulai menunjukkan tanda dan gejala psikologis yang terguncang.

Ada beberapa faktor yang mendorong gangguan psikologi pada ibu, di antaranya:

Sebelum persalinan
• Riwayat kehamilan tidak diinginkan.
• Pernikahan yang bermasalah.
• Riwayat mengalami pelecehan seksual.
• Riwayat kemiskinan.
• Kekhawatiran akan karier dan usaha.
• Riwayat penyakit lain.

Pascapersalinan
• Rasa takut yang berlebihan selama kehamilan.
• Memiliki riwayat gangguan psikiatrik.
• Memiliki riwayat pernikahan tidak harmonis.
• Memiliki riwayat kandungan tidak normal.
• Memiliki riwayat melahirkan bayi abnormal (cacat).
• Memiliki riwayat penyakit lain terutama penyakit menular.

Secara umum, ada tiga fase yang dilalui ibu dalam masa adaptasi pasca persalinan.

Fase Pertama

Fase ini terjadi setelah satu atau dua hari pasca melahirkan. Pada fase ini, ibu cenderung fokus pada dirinya sendiri. Ia akan menceritakan proses persalinannya berulang-ulang kepada orang lain. Ia juga merasa lelah yang berlebihan sehingga membutuhkan jam istirahat yang lebih panjang dari biasanya, dan porsi makan yang lebih besar (biasanya pada fase ini nafsu makan ibu akan bertambah).

Fase Kedua

Terjadi setelah 3-10 hari pasca melahirkan. Pada fase ini ibu mulai menunjukkan gangguan psikologi yang disebabkan oleh perasaan khawatir tiba-tiba. Ibu merasa khawatir tidak dapat memenuhi tanggungjawabnya terhadap sang bayi dengan baik. Ibu menjadi lebih protektif pada bayinya dan mudah sekali tersinggung serta terbawa perasaan oleh hal-hal sepele. Jadi diharapkan untuk berhati-hati dalam berkomunikasi pada ibu di fase ini.

Fase Ketiga

Terjadi setelah 11 hari pasca melahirkan. Pada masa ini, ibu sudah menunjukkan respon adaptasi kepada bayinya. Ibu mulai menerima kehadiran bayinya dan semakin ingin merawat bayinya sendiri. Namun dalam kondisi tertentu, ibu malah semakin depresi dan tidak menerima kehadiran bayinya yang disebabkan oleh beberapa faktor. Akan tetapi, hal ini dapat ditanggulangi dengan baik jika pasangan dan orang di sekitar ibu peka dan melek ilmu tentang pediatri.

Sindrom pada Ibu Hamil dan Pascapersalinan

Tidak semua ibu mampu melewati tiga fase adaptasi pascapersalinan di atas dengan baik. Beberapa ibu malah mengalami kondisi yang lebih parah dan membahayakan, yang diakibatkan oleh tidak adanya penanggulangan sejak dini atas tanda dan gejala psikiatri pada ibu. Berikut dipaparkan 5 sindrom pada ibu yang harus diwaspadai sejak dini.

1. Phantom Pregnancy Syndrome

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Phantom Pregnancy Syndrome atau Kehamilan Hantu (kadang juga disebut dengan istilah false pregnancy dan pseudocyesis) adalah kondisi ketika seseorang merasakan tanda dan gejala kehamilan yang diakibatkan oleh keinginan kuat untuk hamil, tetapi hasil USG menunjukkan tidak ada entitas janin sama sekali.

Dalam beberapa kasus, ibu dengan false pregnancy akan terlihat serta menunjukkan tanda-tanda kehamilan pada umumnya. Ibu akan mengalami morning sickness, henti menstruasi, mengidam, bobot tubuh bertambah, perut membesar dari bulan ke bulan, bahkan ada yang merasakan sensasi tendangan bayi.

Keinginan yang kuat untuk hamil dapat merangsang kemunculan hormon kehamilan, sehingga tanda-tanda kehamilan pun muncul, padahal tidak ada kehamilan. Ibu dengan riwayat keguguran atau vonis sulit hamil dari dokter, paling rentan dengan gangguan ini. Penjelasan lebih lengkap tentang phantom pregnancy syndrome dapat kamu baca di sini

***

2. Denial Pregnancy Syndrome

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Sering dikenal dengan istilah Sindrom Menolak Kehamilan. Ini merupakan kebalikan dari sindrom kehamilan palsu. Dalam kasus ini, ibu hamil memiliki keinginan yang kuat untuk menyangkal kehamilannya. Ia selalu mensugesti diri bahwa dirinya sedang tidak hamil, padahal secara medis ia terbukti hamil. Penyangkalan ini direspon oleh tubuh dengan berkurangnya bahkan terhentinya produksi hormon kehamilan. Akibatnya ibu tidak menunjukkan gejala kehamilan sepanjang masa kehamilannya.

Ibu dengan kehamilan tidak diinginkan rentan terhadap gangguan ini. Itulah kenapa ibu dengan kehamilan seperti itu sangat butuh pendampingan, agar penyangkalan kehamilan tersebut tidak berlarut-larut. Fatal akibatnya jika dibiarkan begitu saja. Risiko terburuknya, ibu bisa saja melenyapkan bayinya sesaat setelah melahirkan.

***

3. Baby Blues Syndrome

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Baby Blues adalah sindrom yang sering terjadi pada ibu pascapersalinan. Lebih kurang 50-80% ibu mengalami masalah ini. Secara sederhana, baby blues adalah stres dan depresi yang terjadi setelah melahirkan. Biasanya terjadi di minggu kedua setelah bayi lahir atau di fase-fase adaptasi pascapersalinan seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

Ketidaktahuan pasangan dan orang sekitar akan masalah ini, kerap membuat ibu dengan baby blues syndrome dihakimi sebagai ibu yang tidak baik dan tidak bertanggungjawab. Padahal di masa-masa seperti itu, yang ibu butuhkan adalah dampingan dan support dari orang sekitar.

Kehamilan dan persalinan yang melelahkanlah yang membuat ibu mengalami hal seperti itu. Kelelahan mempengaruhi hormon-hormonnya sehingga ibu menjadi sangat sensitif, sering cemas, sedih, mudah marah, mudah menangis, mood swings, dan bahkan mengacuhkan bayinya. Itulah kenapa calon orang tua dan orang-orang di sekitarnya harus memiliki pengetahuan soal ini.

Penjelasan lebih lanjut tentang baby blues akan dibahas pada thread selanjutnya.

***

4. HELLP Syndrome

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

HELLP (hemolisis, elevated liver enzymes, dan low platelets count) Syndrome adalah sindrom yang sering tidak disadari oleh ibu hamil, karena tanda dan gejalanya hampir mirip dengan tanda dan gejala kehamilan biasa, seperti: mual & muntah, nyeri abdomen kanan atas, kelelahan, bengkak pada wajah, sakit kepala, dan mimisan.

Sindrom ini disebabkan oleh pecahnya sel darah merah, kerusakan hati, dan penurunan kadar trombosit darah yang tentu saja sangat berbahaya bagi ibu serta janinnya. Namun, awamnya pengetahuan ibu tentang sindrom ini membuatnya berpersepsi bahwa tanda dan gejala (yang disebut) di atas normal terjadi. Akibatnya, ibu pun terjerumus dalam masalah kehamilan yang berisiko.

***

5. Mirror Sindrom

Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!

Peningkatan bobot tubuh dan bengkaknya beberapa anggota badan merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Namun, ada satu kondisi yang perlu diwaspadai, yaitu ketika kenaikan berat badan dan pembengkakan ini terjadi dengan cukup signifikan di usia 16-34 minggu kehamilan. Apalagi jika sampai terjadi edema.

Edema adalah pembengkakan pada tubuh akibat terjadinya penumpukan cairan. Anggota tubuh yang membengkak biasanya tampak mengilap, dan apabila ditekan, muncul cekungan yang bertahan selama beberapa detik.

Mirror sindrom terjadi karena adanya penumpukan cairan pada organ janin, biasanya pada paru, jantung, dan perut. Akibatnya, ibu dan janin sama-sama mengalami pembengkakan. Selain itu, ibu juga akan mengalami peningkatan tekanan darah serta adanya protein dalam urin.

Sebetulnya masih banyak sindrom-sindrom lain yang dapat menyerang dan membahayakan ibu hamil serta janinnya. Sayang sekali tidak bisa dijelaskan satu per satu di sini. Kalian bisa searching di berbagai sumber yang legit untuk info lebih lengkap.

Adapun kesimpulan penting yang dapat ditarik dari thread ini ialah, pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter guna mendeteksi adanya gangguan atau masalah pada ibu dan janin. Sebab masih banyak ibu hamil yang enggan pergi ke dokter dan lebih percaya pada dukun beranak atau bidan desa yang alat pemeriksaannya belum lengkap.

Mahalnya biaya pemeriksaan selalu menjadi alasan. Itulah kenapa calon orang tua harus mempersiapkan diri matang-matang sebelum memutuskan memiliki momongan. Baik mental, finansial, dan pengetahuan. Persiapan yang matang akan sangat bagus dampaknya bagi kesejahteraan dan kesehatan ibu dan janin.

Sekian
____________________________

Penulis: Hirarahmi
Gambar: Google Image
Sumber: 1, 2, 3, 4
Diubah oleh Hirarahmi39
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
5.9K Anggota • 20.8K Threads
Halaman 1 dari 2
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 07:46
Buat Sista yang sedang hamil atau Agan yang istrinya lagi hamil, semoga kehamilannya sehat salalu. Ingatlah untuk terus cek rutin ke dokter!
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan serbaserbi.com memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 07:46
Calon orang tua bahkan yang belum nikah pun juga harus aware dengan sindrom-sindrom ini.
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan serbaserbi.com memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 08:06
nice info siss. tengkiuu ✨
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 08:37
thanks gan infonya, sangat bermanfaat.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 08:41
mantaapp.. belom pernah hamil sih, tapi makasi infonya

emoticon-Nyepi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 09:14
semoga yang sedang hamil sehat selalu dan yang belum semoga diberikan emoticon-Big Grin

ane pernah nemenin istri selama kehamilan sampe lahiran begitu campur aduk rasanya
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 10:04
Mantep bgt threadnya sis. Lanjut lagi bikin yaemoticon-thumbsup
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 10:04
Bini gw lagi hamil anak kedua udah 7 bulan, mudah-mudahan lancar emoticon-Malu
Diubah oleh p0congkaskus
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 10:51
Nice infonya kak hehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 11:15
pseudocyesis dulu tahun 90-an heboh masuk tabloid berita trus dibilang digondol jin emoticon-Big Grin
denial pregnancy seringnya tuh sama abege2 yang lagi sekolah eh tiba2 di kamar mandi brojol aja dikiranya mules emoticon-Tai
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 11:27
Kehamilan adalah sesuatu yang dinanti nanti oleh pasangan setelah pernikahan.
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 11:51
Alhamdulilah istri saya lagi ngandung anak yang ke 2 dan baru jalan 6bulan
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 11:57
Harus bisa menjadi suami siaga.....
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 12:37
wah bahaya juga iya ternyata guys
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 14:16
Gak ada aneh2 sih soalnya dari awal hamil dulu ane tekanin ini anaku bukan cuma anakmu jadi kalo ada apa2 mau apa2 bilang mau itu capek dikit gaknenak dikit bilang

Pas istrinhamil pertama istri sepertinya parno ane selingkuh dan dia ngerasa seakan2 mau ane tinggal padahal ane gak ngapa2 in mau pdkt gimana pagi sampe sore pikiran di kerja sore mijitin istri jm 9 udah ngantuk, malem dikit dibangunin kadang makan lah kadang pijet lah, yg gak logis waktu2 yg gakpapa/dianjurkan berhubungan malah kek hyper

Tips buat calon bapak2 baru biar kesehatan mental istrinya aman dan bayi sehat tahan emosi kalian 2 taunan lah demi mereka berdua

Usahakan kalo bisa pulang pas coffee break pulang aja tengokin istri

Belajarlah mijit, biasanya istri hamil tua itu yg pegel itu bahu punggung sama telapak kaki, sama kadang2 sangga perutnya pake 2 tatangan ane jamin pasti istri bilang enak enteng banget

Kalo agan berhasil jaga istri pas hamil pertama dan seterusnya ane jamin istri semakin sayang lengket dan patuh sama agan
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 14:24
#SIAPSIAGA Saya siap!! emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 15:38
Buat calon ayah & ibu juga yg baru saja mjd ayah & ibu,...
Mari kita saling mendo'akan, semoga kita bisa mjd Ayah/Ibu yg terbaik utk anak² kita gan,...
Tetap semangat, sabar & tegar,...
emoticon-Baby Boy 1emoticon-Baby Girl

Dari saya, seorang ayah muda dgn anak pertama yg berumur 1 tahun
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 15:59
Boleh jg nih buat pengetahuan, emoticon-2 Jempol

izin share ke bini ane sis
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah 5 Sindrom Berbahaya yang Menghantui Ibu Hamil, Calon Orang Tua Wajib Tahu!
07-12-2022 18:38
Terima kasih infonya. Noted hehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia