Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
111
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638fdc219c42b353481097e1/hobi-karaokean-di-rumah-sampai-larut-malam-awasbisa-didenda-jika-menggangu-tetangga
Hobi nongkrong wajib waspada, bikin keributan dan berisik ganggu tetangga malam hari bisa dikenakan denda 10 juta Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana alias RKUHP selalu menjadi pembahasan menarik di tengah warganet karena pasal-pasalnya yang terdengar baru dan beberapa diantaranya dianggap sebagai pasal-pasal karet yang dapat merugikan masyarakat atau membungkam suara rakyat. Setelah bebera
Lapor Hansip
07-12-2022 07:19

Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga

icon-verified-thread
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
Hobi nongkrong wajib waspada, bikin keributan dan berisik ganggu tetangga malam hari bisa dikenakan denda 10 juta


Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana alias RKUHP selalu menjadi pembahasan menarik di tengah warganet karena pasal-pasalnya yang terdengar baru dan beberapa diantaranya dianggap sebagai pasal-pasal karet yang dapat merugikan masyarakat atau membungkam suara rakyat.

Setelah beberapa waktu lalu sempat heboh terkait pasal yang mengatur penghinaan terhadap pemerintah dan lembaga negara, kali ini warganet di media sosial tengah membahas tentang pasal kenakalan dan berisik mengganggu tetangga pada waktu malam hari.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa masih banyak dari masyarakat di negara ini yang masih belum bisa menjaga sikap serta perilaku bahkan meskipun perilaku dalam kebiasaan mereka ini dapat dikatakan merusak atau mengganggu kenyamanan bagi banyak orang.

Contoh hal kecil yang sering terjadi pada lingkungan bertetangga. Agan Sista pasti pernah menemui kondisi dimana memiliki tetangga yang super tidak tahu aturan, suka membuat keributan sampai waktu larut malam entah itu dengan karaokean keras-keras sampai suaranya mengganggu orang istirahat, atau ngobrol nongkrong di depan rumah tidak tahu waktu.


Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga


Terkait kebiasaan di tengah masyarakat tersebut nampaknya aturan dan pasal di RKUHP ini menjadi solusi bagi warga masyarakat yang sering merasa resah dengan hiruk pikuk kebisingan di tengah malam yang menggangu waktu istirahat.

Dilansir dari draft RKUHP dan berbagai sumber, pada Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) terdapat dua pasal yang mengatur tentang pidana kenakalan coret-coret di ruang publik dan berisik di waktu malam hari.

Adapun pidana terkait kenakalan tertera pada pasal 331 dimana pada pasal ini disebutkan bahwa pelaku aksi kenakalan di ruang publik dapat dikenakan denda kategori dua yaitu 10 juta rupiah.


Quote:“Setiap Orang yang di tempat umum melakukan kenakalan terhadap orang atau Barang yang dapat menimbulkan bahaya, kerugian, atau kesusahan, dipidana dengan pidana dendan paling banyak kategori II ”


Begitupun dengan aksi berisik di waktu malam hari yang dapat menggangu kenyamanan atau membuat peringatan bahaya palsu, juga dapat dikenakan pidana sebagaimana pasal 265 dengan sanksi denda sama dengan pasal kenakalan yaitu 10 juta rupiah.

Pelanggar dua pasal tersebut hanya dapat dikenakan hukuman denda dan tidak bisa digantikan dengan sanksi atau hukuman penjara karena tergolong dalam kategori pidana II. Aturan tersebut merujuk pada pasal 82 ayat 1 RKUHP yang menjelaskan bahwa hukuman denda dapat diganti dengan hukuman penjara jika kategori pidana di atas II.


Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga


Adanya dua pasal di dalam RKUHP tersebut mendapatkan cukup banyak dukungan serta apresiasi positif dari warganet karena memang dirasa cukup penting untuk diperhatikan terkait kenakalan di ruang publik dan juga aktivitas masyarakat di malam hari yang seringkali mengganggu waktu istirahat.

Diharapkan dengan adanya dua pasal tersebut dapat membuat para pelaku kenakalan di ruang publik dan warga yang suka membuat kebisingan di malam hari merasa takut untuk melakukan aksi mereka karena dapat dikenakan denda yang cukup besar yaitu 10 juta rupiah.

Akankah kedua pasal ini akan berguna sebagaimana harapan masyarakat?
Pastinya kita semua menunggu aturan tersebut disahkan yang menurut beberapa informasi RKUHP akan segera disahkan dalam waktu dekat.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.


Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60K Anggota • 916.4K Threads
Halaman 1 dari 4
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 07:20
emoticon-Cape d... ada tetangga yang kayak gini
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan habibpalsu14756 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 07:20
:matebelo menurut ane sih ini pasal yang bagus
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 07:20
emoticon-Bingung kalian setuju enggak?
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 07:59
emoticon-Ngakak ane ikut bersyukur kalau aturan ini diberlakukan, udah bosen sama tetangga yang nggak tahu adab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugarkills dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:04
emoticon-Bingung kayaknya ini bakal jadi pasal karet. Cara membedakan bising tuh gimana, soalnya ane sama suara musik aja keganggu
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:08
Nah gini dong, bikin aturan tuh dari kejadian yang sering ada biar aturannya bisa digunakan emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:27
Nah enak nih pasal. Kasi peringatan dlu kalo udh dikasi tetep ganggu, laporin...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:35
kek nya itu w dah yang buat onar wkwkw
profile-picture
profile-picture
masnukho dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:42
Tetangga ane ada yang latihan buat konser kesenian gitu, tiap malam sabtu dan minggu mulai jam 7 malam sampe jam 11-12 malam, dan itu bikin ane susah tidur, kalo lagi parahnya itu pake speaker sampe kaca di rumah ane geter-geter emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:44
makanya kalo karokean tu ngajak2, jangan sendirian emoticon-Cool emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
darkwilliam00gg dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:54
dekat rumah saya ada kost kostan, sering anak kosnya karaokean tengah malam dan sangat berisik, sepertinya bisa kena pasal tuh emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 08:59
ini maksudnya karaokean yg mana?
soalnya ada karaoke yg suaranya mendesah keras, justru membuat tetangga jadi kepingin.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
mufasa24 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:00
Denda aja. Biar paham bagaimana caranya hidup bertetangga yang baik emoticon-Smilie
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:05
Quote:Original Posted By danieljuve
Nah enak nih pasal. Kasi peringatan dlu kalo udh dikasi tetep ganggu, laporin...
emoticon-2 Jempol betul gan

Quote:Original Posted By bang.toyip
makanya kalo karokean tu ngajak2, jangan sendirian emoticon-Cool emoticon-Request
emoticon-Ngakak nggak gitu konsepnya

Quote:Original Posted By Sahabat.002
Untung tetangga ane pas pagi aja ya, masih aman lah. emoticon-Malu


Permisi, Mimin/Momod/TS, nitip ya...

Grup curhat dan ngobrol santai
Join: [Url=https://bit [.] ly/2Zgm6DS]Whatsapp Grup Kaskus H2H 🌹💖🎉[/url]
Invitation: 0895359617891

Grup Kaskus Bisnis 💼
Join: [Url=https://bit [.] ly/3fwB3d7]Whatsapp Grup Kaskus Bisnis[/url] 💼
Invitation: 0895359617891
emoticon-Ngakak pagi sih ane gak ada di rumah
0 0
0
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:05
Quote:Original Posted By azvirendra
dekat rumah saya ada kost kostan, sering anak kosnya karaokean tengah malam dan sangat berisik, sepertinya bisa kena pasal tuh emoticon-Leh Uga
emoticon-Matabelo iya, peringatin aja dulu

Quote:Original Posted By asbunasbun
ini maksudnya karaokean yg mana?
soalnya ada karaoke yg suaranya mendesah keras, justru membuat tetangga jadi kepingin.

emoticon-Big Grin
emoticon-Cape d... heeeh apa ini

Quote:Original Posted By direktur.muda
Denda aja. Biar paham bagaimana caranya hidup bertetangga yang baik emoticon-Smilie
emoticon-Matabelo iya gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:13
emoticon-Cape d... lama-lama napas aja dilarang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:17
emoticon-2 Jempol senjata buat ngancem tetangga reseh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:18
Quote:Original Posted By Seno312
emoticon-Cape d... lama-lama napas aja dilarang
emoticon-Ngakak iya, mayat dilarang nafas gan

Quote:Original Posted By agamnaufal
emoticon-2 Jempol senjata buat ngancem tetangga reseh
emoticon-Ngakak iya gan, bener
0 0
0
Hobi Karaokean di Rumah Sampai Larut Malam? Awas,Bisa Didenda Jika Menggangu Tetangga
07-12-2022 09:26
lika liku bertetangga. kalo ane sih jarang dpt tetangga yang bising, yang ada juga rese. naro motor sering banget di halaman dpn rumah serasa lapak dia. selama hidup 4x pindah. rekor 2x dpn rumah jadi "penitipan" motor. dan terakhir "penitipan" mbl. baru kemarin2 ditegur. ntah apa salah dan dosa ane
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia