News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
79
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638ed54559a32077717e6e03/rkuhp-disahkan-ini-pasal-pasal-yang-berpotensi-karet
RKUHP disahkan menjadi UU oleh DPR siang ini. KUHP baru itu akan mengalami masa transisi 3 tahun dan berlaku efektif pada 2025 nanti. Namun masih ada yang menilai pasal dalam RKUHP bisa berpotensi karet.
Lapor Hansip
06-12-2022 12:38

RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet

RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
Demo menolak RKUHP (Ari Saputra/detikcom)


Tim detikcom - detikNews

Selasa, 06 Des 2022 12:20 WIB


Jakarta- RKUHP disahkan menjadi UU oleh DPR siang ini. KUHP baru itu akan mengalami masa transisi 3 tahun dan berlaku efektif pada 2025 nanti. Namun masih ada yang menilai pasal dalam RKUHP bisa berpotensi karet.

"Apakah Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dapat disahkan menjadi undang-undang?" ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di DPR, Selasa (6/12/2022).

"Setuju," jawab peserta rapat paripurna DPR RI.

Ketua YLBHI M Isnur menyatakan RKUHP banyak berpotensi menjadi pasal karet.

"Iya potensial, dia akan masuk ke ranah privat, potensial akan mengganggu hal seperti ini dalam demokrasi, potensial akan mengganggu kerja-kerja jurnalistik ke depan, potensial akan mengganggu orang-orang yang punya niat baik dengan pemahaman keagamaan atau pemikiriannya untuk menyebarkan, potensial sekali," papar Isnur.

Berikut sebagian pasal-pasal yang disebut berpotensi menjadi pasal karet.

Pasal Penghinaan Presiden

Pasal 218

1. Setiap Orang yang Di Muka Umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri Presiden dan/atau Wakil Presiden, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.

2. Tidak merupakan penyerangan kehormatan atau harkat dan martabat sebagaimana dimaksud pada ayat (1), jika perbuatan dilakukan untuk kepentingan umum atau pembelaan diri.

Pasal 219

Setiap Orang yang menyiarkan, mempertunjukkan, atau menempelkan tulisan atau gambar sehingga terlihat oleh umum, memperdengarkan rekaman sehingga terdengar oleh umum, atau menyebarluaskan dengan sarana teknologi informasi yang berisi penyerangan kehormatan atau harkat dan martabat terhadap Presiden dan/atau Wakil Presiden dengan maksud agar isinya diketahui atau lebih diketahui umum, dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.

Pasal 220

(1) Tindak Pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 218 dan Pasal 219 hanya dapat dituntut berdasarkan aduan.(2) Pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan secara tertulis oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden.

PENJELASAN:

Ayat (1)

Yang dimaksud dengan "menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri" adalah perbuatan yang merendahkan atau merusak nama baik atau harga diri, termasuk menista atau memfitnah.

Ayat (2)Yang dimaksud dengan "dilakukan untuk kepentingan umum" adalah melindungi kepentingan masyarakat yang diungkapkan melalui hak berekspresi dan hak berdemokrasi, misalnya melalui unjuk rasa, kritik, atau pendapat yang berbeda dengan kebijakan Presiden dan/atau Wakil Presiden. Dalam negara demokratis, kritik menjadi hal penting sebagai bagian dari kebebasan berekspresi yang sedapat mungkin bersifat konstruktif, walaupun mengandung ketidaksetujuan terhadap perbuatan, kebijakan, atau tindakan Presiden dan/atau Wakil Presiden.

PASAL PENGHINAAN PEMERINTAH


Pasal 240


(1) Setiap Orang yang Di Muka Umum dengan lisan atau tulisan menghina pemerintah atau lembaga negara, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.



(2) Dalam hal Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berakibat terjadinya kerusuhan dalam masyarakat, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.


(3) Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat dituntut berdasarkan aduan pihak yang dihina.


(4) Aduan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan secara tertulis oleh pimpinan pemerintah atau lembaga negara.



PASAL PENGHINAAN PENGADILAN


Dipidana dengan pidana denda paling banyak kategori II (Denda maksikam Rp 10 juta-red), Setiap Orang yang pada saat sidang pengadilan berlangsung:



1. tidak mematuhi perintah pengadilan yang dikeluarkan untuk kepentingan proses peradilan;


2. bersikap tidak hormat terhadap aparat penegak hukum, petugas pengadilan, atau persidangan padahal telah diperingatkan oleh hakim;


3. menyerang integritas aparat penegak hukum, petugas pengadilan, atau persidangan dalam sidang pengadilan; atau


4. tanpa izin pengadilan memublikasikan proses persidangan secara langsung.


Penjelasan Pasal 280 ayat 1 huruf d KUHP baru:


Yang dimaksud dengan "memublikasikan proses persidangan secara langsung" yaitu live streaming. Tidak mengurangi kebebasan jurnalis atau wartawan untuk menulis berita dan memublikasikannya setelah sidang pengadilan.



Sumber

Aku malah tertarik dengan isi tulisan di photo poster pengunjuk rasa di atas. mindblowing banget...




profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
28.3K Anggota • 648.7K Threads
Halaman 1 dari 2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 12:58
Akhirnya sah juga emoticon-shakehand:

Pasal penistaan agama hilang btw guyss

http://peraturan.go.id/dokumen/rkuhp30nov2022.pdf
Lihat pasal 300 sampai 305.

Pendapat saya pribadi, pasal-pasal yang ditakutkan sama pers dan aktivis dan sjw di atas tidak akan sangat menggigit. Karena delik aduan presiden. Tinggal kita pilih aja presidennya yang ga dikit-dikit tersinggung.

nb: ini artinya semua mahasiswa dan dosen hukum dan pengacara pidana ilmunya kadaluwarsa, langsung harus belajar dari nol lagi--
Diubah oleh InRealLife
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 13:11
Masa transisi 3 taun...
emoticon-Cool
Byak yg hrs belajar lg...
profile-picture
bajajpilot74707 memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 13:16
YLBHI nolak KUHP yg baru karena pasal karet??.. emoticon-Malu (S)

Harusnya bersyukur dong.. Kan jadi bakal punya banyak job/klien d masa depan.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
MemeCute dan bajajpilot74707 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 13:20
Ane pantengin, memang masih banyak yg bermasalah. Nggak ada jaminan kita nggak akan dapat presiden yg rada sableng macam orange baboon di masa depan, kalaupun sekarang Jokowi itu keles. Ane tetap akan menolak hukum lese majeste. Sudah ada UU ITE.
Sorry, ane bilang ga setuju ama pertamax dan ketigax.

Dan pasal kesusilaan. Really now? emoticon-DP

Ane sempat mikir lagi, sure that kadrun itu makhluk ampas bermasalah, but is it worth it to cut their freedom of expression? There's still the paradox of democracy, and we still have some working workflows over it. Remember Voltaire, "I disagree with your points, but I'll defend your right to voice it."
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 13:24
pasal penghinaan ini yg paling kacau
emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 13:35
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan bajajpilot74707 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 14:35
Pasal 220

(1) Tindak Pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 218 dan Pasal 219 hanya dapat dituntut berdasarkan aduan.(2) Pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan secara tertulis oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden.


Ternyata harus ada delik aduan presi den/wapres.emoticon-army
Bersyukurlah wahai mantan kampret & kadrun sekalian,
Presidenmu saat ini bukan tipe baperan.
emoticon-Big Grin
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 14:37
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darkwilliam00gg dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 14:45
hukum sampah dibuat sama kumpulan limbah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 14:50
RKUHP yang sarat dengan kepentingan. Yang ujung2 akan "dimanfaatkan" oleh siapapun penguasa nanti (entah itu cebong atau kadrun)

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darkwilliam00gg dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:07
Ane lebih menyorot hukum koruptor yang menjadi lebih ringan, karena yang ane inginkan hanya satu, pokoknya hukum mati koruptor, lah ini malah hukumannya di ringankan emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
Diubah oleh bananafirza4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:11
Belajar satir aja, atau pantun sindiran atau pepatah pepatah hehehehe....
Bukankah seperti itu dari dulu budaya kita.
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan bajajpilot74707 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:24
Sebagai seorang Calon Presiden,saya tidak akan melaporkan rakyat saya sendiri walaupun saya di hina dan di rendahkan,karena saya mencintai seluruh rakyat indonesia yang merdeka,berdaulat,adil dan makmur😎
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan bajajpilot74707 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:25
kalo pasal penghinaan presiden okelah gw masih bisa toleransi, lah pasal penghinaan pemerintah ini yg ngehe…. Udah tau sekarang lagi banyak kasus oknum aparatur negara yg ngadi2, makin banyak aja penjahat2 berkerah putih berlindung dibalik itu undang2 emoticon-Cape d...
Diubah oleh dee_benelli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:43
susah emang kalo pembuat pasal banyak diisi pecundang
tengah malem lagi nanti disahkannya
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan slider88 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:43
gw malah lebi concern ke yg ke 3, soal pengadilan,
sekarang orang2 berduit bisa lebih enak mainin pengadilan, masyrakat umum klo protes hasil pengadilan yg di curangi bisa kena ni pasal emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
slider88 dan hantumasam memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:44
Quote:Pasal 218

1. Setiap Orang yang Di Muka Umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri Presiden dan/atau Wakil Presiden, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.


Quote:Pasal 240


(1) Setiap Orang yang Di Muka Umum dengan lisan atau tulisan menghina pemerintah atau lembaga negara, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.


YASALAM, WOI ANJ*NG, MAU JADI KOREA UTARA NIH NEGARA????????? emoticon-Cape d... (S)

KOK MAKIN HARI MAKIN MUNDUR DAN MAKIN GOBLOG??
Diubah oleh mudokons
profile-picture
profile-picture
slider88 dan dalamuka memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:56
dih modelan yg demonya ibu2 kerudungan, kadrun2 miskin demo bayaran emoticon-Betty
profile-picture
mudokons memberi reputasi
0 1
-1
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:56
Quote:pasal 220
Ayat (1)

Yang dimaksud dengan "menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri" adalah perbuatan yang merendahkan atau merusak nama baik atau harga diri, termasuk menista atau memfitnah


pelaku korupsi bisa kena nih pasal atau gak?
kn merendahkan atau merusak nama baik atau harga diri lembaganya
emoticon-Traveller

Diubah oleh hantupuskom
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Disahkan, Ini Pasal-pasal yang Berpotensi Karet
06-12-2022 15:59
Pengurangan Penjara Koruptor di Kurangi sii paling KOCAK!! emoticon-Ngamuk
profile-picture
slider88 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia