Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638dee59c713b70bed70adc8/berbagi-pengalaman-menulis-novel-online-bersama-penulis-novel-dewa-amour
Menjadi penulis novel online tidaklah semudah yang kalian pikirkan. Berbeda dengan menulis novel fisik, untuk mempublish satu karya dalam bentuk bacaan online dibutuhkan kesabaran dan kerja keras yang lebih. Salah satunya, kita harus pandai memilih platform mana yang cocok untuk mempublish karya novel yang kita tulis. Setelah itu sesuaikan dengan genre novel kita, apakah itu romance, fantasi, horo
Lapor Hansip
05-12-2022 20:12

Berbagi Pengalaman Menulis Novel Online Bersama Penulis Novel, Dewa Amour

Menjadi penulis novel online tidaklah semudah yang kalian pikirkan. Berbeda dengan menulis novel fisik, untuk mempublish satu karya dalam bentuk bacaan online dibutuhkan kesabaran dan kerja keras yang lebih. Salah satunya, kita harus pandai memilih platform mana yang cocok untuk mempublish karya novel yang kita tulis. Setelah itu sesuaikan dengan genre novel kita, apakah itu romance, fantasi, horor dll. Barulah penulis bisa mempublish karya sesuai genre yang banyak diminati pembaca di platform tersebut.

Saat ini, sudah sangat banyak platform baca novel online di seluruh Indonesia. Kita sebagai penulis, tinggal pintar-pintar saja untuk memilih dan memprediksi di platform mana novel kita akan mencuan (menghasilkan uang).

Saya sendiri sudah menulis novel online sejak bulan Juni tahun 2018. Saat itu saya baru punya dua novel yang saya publish di platform gratisan. Tak ada kontrak, tak ada penghasilan yang saya dapatkan. Bahkan, pembaca pun masih bisa dihitung dengan jari. Namun, saya tidak berputus asa di satu tempat. Pada tahun 2021 saya mulai mencari tahu tentang novel online di beberapa situs baca online. Kemudian, saya menemukan beberapa platform novel online yang bisa memberi gaji pada penulisnya.

Bak menemukan danau di tengah gurun, saya tak menyangka novel ketiga saya yang tulisannya acak-acakan bisa mendapatkan kontrak. Meski saya mengalami kesulitan di tahun pertama, tapi saya tidak mudah menyerah. Sambil belajar memperbaiki tulisan, saya terus menulis dan mengunjungi banyak platform lainnya.

Usaha tak pernah mengkhianati hasil, pada bulan Juni tahun 2022 akhirnya satu novel saya berhasil menghasilkan hingga 500 dolar dalam satu bulan. Pencapaian yang sangat luar biasa bagi saya. Hampir tidak percaya, saya benar-benar tak menyangka bisa dapat gaji dari menulis novel.

Hobi yang kemudian menjadi pekerjaan, itulah yang saya alami. Berawal dari sebuah hobi, kini saya bisa mendapatkan gaji hingga 5 juta dalam satu bulan dari menulis novel. Tanpa keluar rumah dan menghabiskan waktu di tempat kerja yang membosankan, saya bisa menulis di rumah kapan saja dan mendapatkan gaji. Bukankah itu luar biasa?

Kendati demikian, meski kini saya sudah mendapatkan hasil dari menulis, sudah memiliki banyak pembaca dan nama saya cukup dikenal banyak orang di dunia literasi, ternyata tak mudah bagi saya untuk menjalani semua ini. Banyak tekanan yang saya alami.
Saya dituntut untuk selalu rendah hati menanggapi komentar para pembaca. Juga respons tidak menyenangkan dari penulis lain.

Karena menulis sudah menjadi pekerjaan, tak mudah bagi saya melewati hari-hari. Kepala saya selalu berpikir, apa lagi yang harus saya tulis agar para pembaca tidak meninggalkan saya? Novel yang seperti apa lagi yang bisa saya tulis untuk menghasilkan uang? Itu adalah fase yang berat, apalagi saat saya tidak memiliki cukup ide untuk ditulis.

Sekali lagi saya tegaskan, menjadi penulis itu tidaklah mudah. Jangankan menulis satu judul novel dengan jumlah kata ribuan, menulis satu cerita pendek pun akan begitu sulit jika tak ada mood yang bagus untuk menulis. Jadi, tolong jangan pernah membeli novel-novel bajakan. Belilah yang asli untuk menghargai penulisnya.

Saya, Dewa Amour. Terima kasih sudah mengunjungi Thread ini.
Diubah oleh dewaamour2806
0
Masuk untuk memberikan balasan
buku
Buku
2.9K Anggota • 8.5K Threads
Berbagi Pengalaman Menulis Novel Online Bersama Penulis Novel, Dewa Amour
05-12-2022 20:37
Kalo ada yang ingin di tanyakan silakan tanya di kolom komentar. Jangan malu-malu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia