Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6389c07be1be45593d654741/demen-utang-cuma-untuk-cukupi-gengsi-awas-ini-resiko-yang-akan-kalian-dapatkan
Punya hobi dan kebiasaan utang cuma untuk mencukupi gengsi? Awas, ini resiko yang bisa kalian dapatkan Gengsi, Agan dan Sista tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Meskipun hanya terdiri atas satu kata, gengsi memiliki arti yang sangat luas bahkan bisa menyangkut hidup dan mati seseorang yang memang memegang teguh prinsip menjaga gengsi dibandingkan dengan segalanya yang ada d
Lapor Hansip
02-12-2022 16:08

Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan

icon-verified-thread
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
Punya hobi dan kebiasaan utang cuma untuk mencukupi gengsi?
Awas, ini resiko yang bisa kalian dapatkan


Gengsi, Agan dan Sista tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.

Meskipun hanya terdiri atas satu kata, gengsi memiliki arti yang sangat luas bahkan bisa menyangkut hidup dan mati seseorang yang memang memegang teguh prinsip menjaga gengsi dibandingkan dengan segalanya yang ada di kehidupan mereka.

Adapun makna dan arti gengsi yang sebenarnya adalah bagian dari martabat dan harga diri yang dimiliki oleh seseorang dari pandangan atau persepsi orang lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, gengsi juga memiliki arti martabat, harga diri, kehormatan serta pengaruh seseorang terhadap orang sekitar.

Melihat makna dan arti dari kata gengsi yang berkaitan dengan martabat dan harga diri seseorang, tidak sedikit orang yang rela untuk melakukan apapun asal harga dirinya tetap terjaga dimata orang lain bahkan dengan berpura-pura atau berperan menjadi karakter tertentu agar bisa mendapatkan penghormatan dan dihargai dengan baik.

Mirisnya disini tidak sedikit orang yang sampai kehilangan kendali dalam membentengi diri menjaga gengsi sampai mereka rela berutang hanya untuk menjaga dan mencukupi kebutuhan gengsi yang pastinya membutuhkan modal besar.

Berikut ini beberapa kerugian memiliki kegemaran dan hobi utang demi gengsi yang perlu Agan Sista ketahui sebelum menyesal di kemudian hari.


Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan


1. Terlilit Utang

Resiko hobi utang hanya untuk mencukupi kebutuhan gengsi akan membawa Agan Sista pada kondisi terlilit utang dan bingung untuk membayar karena biasanya orang yang berutang demi gengsi mereka akan menggunakan uang yang dimiliki hanya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif bahkan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Gali lubang tutup lubang bayar utang akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan karena selain sudah terlanjur juga ada harga diri yang terus mereka jaga meskipun sebenarnya kondisi keuangan dan kehidupan mereka sudah tidak baik-baik saja.

2. Terobsesi Menjadi Lebih dari Orang Lain

Memiliki sifat gengsi yang tinggi akan membuat seseorang merasa terobsesi menjadi lebih dari orang-orang yang ada di sekitarnya GanSis.

Saat mencukupi gengsi dengan uang pribadi saja sudah tidak baik dan beresiko, tentu akan lebih beresiko saat mencukupi gengsi dengan uang hasil utang. Mau tidak mau utang harus dibayar dan jika tidak dibayar maka akan ada harga diri yang rusak karena kondisi ini. Secara tidak langsung orang yang hobi utang untuk mencukupi gengsi, mereka sedang menghancurkan harga diri sendiri perlahan-lahan.

3. Dijauhi oleh Orang Sekitar

Ketika seseorang terlihat serba kecukupan, hidup mewah dan berkasta maka akan banyak orang lain yang tertarik untuk mendekat menjadi teman dan memanfaatkan keadaan.

Situasi akan berbeda ketika utang telah menjerat dan terpaksa tidak ada lagi harga diri atau gengsi yang bisa dijaga, maka orang-orang sekitar yang sebelumnya mendekat karena memiliki tujuan tertentu mereka akan pergi meninggalkan karena sudah tidak ada keuntungan yang bisa didapatkan dari diri Agan dan Sista.

Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan


Itulah tadi GanSis sekilas tentang apa kerugian dan resiko yang akan kalian dapatkan saat memiliki hobi dan kegemaran berutang hanya untuk mencukupi gengsi.

Bersikap dan berpenampilan apa adanya tanpa berharap penilaian atau penghormatan lebih dari orang lain terkadang itu lebih baik dari pada harus memaksakan diri GanSis. Sebab saat kalian lebih memilih berpura-pura dengan mengorbankan semuanya, maka suatu saat akan hancur saat kepura-puraan itu telah terbongkar dan diketahui oleh orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.5K Anggota • 916K Threads
Halaman 1 dari 2
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 16:08
emoticon-Matabelo jangan pernah utang hanya untuk cukupi gengsi ya GanSis
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 16:08
emoticon-Ngakak disini ada yang begini?
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 16:09
emoticon-Cape d... sedang terjerumus dalam masalah besar
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 16:53
emoticon-Ngakak gengsi beli barang branded digedein pakai duit hasil ngutang, makannya kekurangan, benar-benar manusia
profile-picture
profile-picture
black.robo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 17:00
emoticon-Matabelo kalau melihat resikonya sih harusnya udah nggak ada lagi yang utang demi gengsi
profile-picture
profile-picture
black.robo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 17:16
emoticon-Ngakak gila hormat ya sampai rela utang demi gengsi
profile-picture
profile-picture
black.robo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 17:19
Hidup indah bila tidak punya hutang
profile-picture
profile-picture
black.robo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 17:41
emoticon-Ngakak jaga gengsi kok pakai utang, ya jelas cari perkara dan penyakit
profile-picture
profile-picture
black.robo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 18:41
Bener banget Gan, ane punya temen yg suka ngejar gengsi akhirnya suka beli barang branded.
Akibatnya utang dia banyak demi membeli barang mahal trus suka nipu² teman juga dgn ajakin bisnis tp ujung²nya alasan rugi dll pdhl duitnya diembat sendiri.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 18:56
emoticon-Cape d... makan tuh utang, gengsi kok digedein
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 19:04
emoticon-Ngakak utang untuk makan sih masih bisa lah ditoleransi, tapi kalau buat gengsi benar-benar bodoh ya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 19:17
emoticon-Cape d... urusan dia lah gan mau utang buat apa, ngapain juga ente urusin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 20:02
emoticon-Bingung kok bisa ya utang cuma buat gengsi, padahal bayarnya juga pasti pusing
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 20:27
SADAR DIRI AJA SIH
GAK PUNYA YA GAK PUNYA AJA JANGAN MAKSA

emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 21:35
Ane juga gak gengsi kok klo ngutang emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 22:27
Quote:Original Posted By bestakesiangan.
SADAR DIRI AJA SIH
GAK PUNYA YA GAK PUNYA AJA JANGAN MAKSA

emoticon-Malu
emoticon-Matabelobetul banget itu gan

Quote:Original Posted By zaekun69
Ane juga gak gengsi kok klo ngutang emoticon-Malu
emoticon-Cape d... walah bahaya
profile-picture
bestakesiangan. memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
02-12-2022 23:32
Mampuusss
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
03-12-2022 00:44
yang lagi trend skg itu banyak yg hobi ngutang tapi males bayar.. ghosting tiba2..
profile-picture
profile-picture
masnukho dan anxiousyads memberi reputasi
2 0
2
Demen Utang Cuma Untuk Cukupi Gengsi? Awas, Ini Resiko yang Akan Kalian Dapatkan
03-12-2022 01:28
Yg paling banyak sekarang kaum doyan ngutang ogah bayar....apalagi yg urusan ama fintech pada balapan galbay.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia