Story
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63884fc853bc0c464805d2b4/hal-sepele-ini-yang-bisa-buat-tulisanmu-jelek
Halo gan, kalian pasti udah sering banget ya kan menyepelekan sesuatu hal yang dirasa kurang begitu penting kan? Sama loh dengan tulisan! Terkadang kita menyepelekan hal kecil yang pada akhirnya malah membuat tulisan kita menjadi jelek dan amburadul.
Lapor Hansip
01-12-2022 13:55

Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!

Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!


Halo gan, kalian pasti udah sering banget ya kan menyepelekan sesuatu hal yang dirasa kurang begitu penting kan?

Sama loh dengan tulisan! Terkadang kita menyepelekan hal kecil yang pada akhirnya malah membuat tulisan kita menjadi jelek dan amburadul.

Terus kira-kira, apa aja sih hal sepele itu?

Tapi sebelum agan membaca lebih lanjut, boleh lah kasih cendol dulu biar tenggorokan ini nggak kering-kering amat hehe.




Quote:Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!

1. Banyak TYPO

TYPO atau biasa juga dibilang salah ketik, memang ini merupakan kesalahan kecil. Namun itu berlaku kalau kesalahan ketiknya satu atau dua kalimat saja, tapi kalau typo nya seratus halaman? Bisa agan bayangkan?


Dengan banyaknya typo pada tulisan kita, para pembaca pasti akan menilai bahwa tulisan kita buruk seutuhnya, dan paling parahnya citra kita sebagai penulis pun jadi jelek karena typo.


Oleh karena itu, kalau bisa agan-agan harus mengecek kembali setiap tulisan yang nantinya akan dipublish ya!

Quote:
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!

2. Terlalu Bertele-tele


Sebenarnya gaya menulis setiap penulis itu berbeda-beda ya gan, ada mereka yang menulis cerita secara rinci dari setiap detail yang ada, ada pula mereka yang hanya menyampaikan secara garis besarnya saja.


Nah poin kedua ini mungkin sebuah warning untuk mereka dengan tipe yang pertama. Memang menulis dengan rinci itu tak ada salahnya, namun jangan sampai karena asyik menulis kalian malah mlipir kemana-mana ceritanya.


Semisal agan pengen nulis dari cerita yang mengarah ke A, ya sebisa mungkin langsung mengarah kesana, jangan malah mampir ke Z dulu.


Apalagi dalam mengenalkan tokoh, kalau bisa agan juga jangan terlalu panjang dalam mengenalkan tokoh saat awal cerita. Jika agan tetap ingin membuat pembaca lebih kenal dengan tokoh, coba mengenalkannya seiring berjalannya waktu didalam cerita.


Nah setelah membaca 2 poin tadi, pertanyaanku buat agan adalah..

“Tulisan agan apakah masih bertele?” Diskusi  di kolom komentar yuk!


Quote:3. Penempatan titik dan koma.

Penempatan titik dan koma, mungkin bagi agan semua pasti tak asing dengan dua hal itu. Hal kecil yang terkadang tak banyak diperhatikan namun ketika kedua hal itu penempatannya tidak sesuai dengan kaidahnya, maka tulisan sebagus apapun akan amburadul.




Kalau menurut agan ada hal lain ngak yang mempengaruhi tulisan?



Coba kalau agan belum tau, bisa share postingan ini ke teman-temannya agan, biar yang lain juga bisa belajar dari pengalamannya.

Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!

Btw, buat agan yang pengen belajar lagi soal kepenulisan, boleh banget join di komunitas KaryaKarsa di discord ataupun di Telegram ya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 19 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
stories-from-the-heart
Stories from the Heart
25.9K Anggota • 29.6K Threads
Halaman 1 dari 2
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
01-12-2022 14:15

BERTELE-TELE
KAYA THREAD SIAPA YAH KEMAREN² TUH

emoticon-Hammer (S) emoticon-Leh Uga emoticon-Hammer (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
01-12-2022 17:32
Terimakasih pencerahannya..
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
02-12-2022 02:02
Saya terlalu bertele tele saat sedang menulis typo..emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
02-12-2022 06:50
Melihat komenan ini mengajarkan ku, apa artinya kenyamanan kesempurnaan keamanan kekeluargaan kedisiplinan kerindangan kebersihan kelestarian ketertiban kesehatan keteladanan ketuhanan kemanusiaan keadilan kesopanan kesuburan kenakalan keterbukaan ketertutupan keasikan kerapian kesurupan kerasukan kelincahan keterlambatan keindahan kegantengan kejelekan kelicikan kebaikan kerohanian kekeringan kebasahan kegelapan keterangan kesayangan kemarahan ketinggian kependekan kegemukan kekurusan kekenyangan kelaparan keretakan kerapatan kehitaman kemerahan keputihan kehijauan keunguan kecoklatan kebiruan kekuningan kerenyahan kelembutan kelembapan kelebaran kesempitan keluwesan kesatuan kelakuan kejatuhan ketiduran ketibanan kepuasan kebatinan kebijakan kebajikan kebetulan kebenaran kesalahan keburukan keinginan kedamaian kesejahteraan kebingungan kehangatan kedinginan kemaslahatan kepedasan keemasan kejayaan ketahanan keterpurukan kemakmuran kesiswaan kewajiban kebiasaan kehancuran kesetanan kepemilikan kepemilihan ketakutan keberanian kekebalan kebetulan kerohanian kesamaptaan kesempatan kemajuan kemunduran kebesaran kekecilan kedewasaan ketuaan kemudahan kesulitan kebeningan keterpurukan kemalasan kerajinan kebanjiran kerajinan kematian kehidupan kesukaan ketidaksukaan kecepatan kelambatan kelaparan kekenyangan kesenangan kesedihan kegalauan kelemasan kekuatan keseimbangan ketajaman ketumpulan kecerdikan ketangkasan kegesitan kegelisahan ketenangan kebanyakan ketiduran kekakuan kepahitan kemanisan keasaman keasinan kemepetan keracunan kepresidenan kekecamatan kemaksimalan keminimalan kejelasan kesigapan keteledoran kebingungan kebengongan kesedihan kesenangan kebanggan kesepian keramaian keilhaman kelahiran kemacetan keramahan keterikatan keheningan kepemimpinan kehausan kelenturan kesimpulan kemurkaan kekhusyuan kelihatan ketinggalan kelelahan kesamaan keseimbangan keluwesan ketutupan ketibanan kejauhan kedekatan kerapatan kerenggangan kekebalan kekonyolan kegilaan kegembiraan keharusan kewajiban kemurahan kemahalan ketumpulan keterkejutan kesucian keikhlasan ketabahan kehutanan kelautan ketipisan ketebalan kepanasan kesengsaraan kepedihan kenikmatan kepemilikan kesejajaran kemiringan kesemutan keterlambatan kedatangan kepulangan kekentalan kepagian kesiangan kesorean kemalaman kekompakan kedalaman kesunyian kesejukan kesopanan kelilipan kekendoran kejuaraan kemenangan kekalahan kesejukan kelakuan ketelusupan keguguran kehamilan kemewahan kemiskinan kebangkrutan kesialan keberuntungan keperjakaan keperawanan keteledoran kecerobohan kejelian ketelitian kesiapan kebauan kelihaian kenyamanan kesempurnaan keamanan kekeluargaan kedisiplinan kerindangan kebersihan kelestarian ketertiban kesehatan keteladanan ketuhanan kemanusiaan keadilan kesopanan kesuburan kenakalan keterbukaan ketertutupan keasikan kerapian kesurupan kerasukan kelincahan keterlambatan keindahan kegantengan kejelekan kelicikan kebaikan kerohanian kekeringan kebasahan kegelapan keterangan kesayangan kemarahan ketinggian kependekan kegemukan kekurusan kekenyangan kelaparan keretakan kerapatan kehitaman kemerahan keputihan kehijauan keunguan kecoklatan kebiruan kekuningan kerenyahan kelembutan kelembapan kelebaran kesempitan keluwesan kesatuan kelakuan kejatuhan ketiduran ketibanan kepuasan kebatinan kebijakan kebajikan kebetulan kebenaran kesalahan keburukan keinginan kedamaian kesejahteraan kebingungan kehangatan kedinginan kemaslahatan kepedasan keemasan kejayaan ketahanan keterpurukan kemakmuran kesiswaan kewajiban kebiasaan kehancuran kesetanan kepemilikan kepemilihan ketakutan keberanian kekebalan kebetulan kerohanian kesamaptaan kesempatan kemajuan kemunduran kebesaran kekecilan kedewasaan ketuaan kemudahan kesulitan kebeningan keterpurukan kemalasan kerajinan kebanjiran kerajinan kematian kehidupan kesukaan ketidaksukaan kecepatan kelambatan kelaparan kekenyangan kesenangan kesedihan kegalauan kelemasan kekuatan keseimbangan ketajaman ketumpulan kecerdikan ketangkasan kegesitan kegelisahan ketenangan kebanyakan ketiduran kekakuan kepahitan kemanisan keasaman keasinan kemepetan keracunan kepresidenan kekecamatan kemaksimalan keminimalan kejelasan kesigapan keteledoran kebingungan kebengongan kesedihan kesenangan kebanggan kesepian keramaian keilhaman kelahiran kemacetan keramahan keterikatan keheningan kepemimpinan kehausan kelenturan kesimpulan kemurkaan kekhusyuan kelihatan ketinggalan kelelahan kesamaan keseimbangan keluwesan ketutupan ketibanan kejauhan kedekatan kerapatan kerenggangan kekebalan kekonyolan kegilaan kegembiraan keharusan kewajiban kemurahan kemahalan ketumpulan keterkejutan kesucian keikhlasan ketabahan kehutanan kelautan ketipisan ketebalan kepanasan kesengsaraan kepedihan kenikmatan kepemilikan kesejajaran kemiringan kesemutan keterlambatan kedatangan kepulangan kekentalan kepagian kesiangan kesorean kemalaman kekompakan kedalaman kesunyian kesejukan kesopanan kelilipan kekendoran kejuaraan kemenangan kekalahan kesejukan kelakuan ketelusupan keguguran kehamilan kemewahan kemiskinan kebangkrutan kesialan keberuntungan keperjakaan keperawanan keteledoran kecerobohan kejelian ketelitian kesiapan kebauan kelihaian kenyamanan kesempurnaan keamanan kekeluargaan kedisiplinan kerindangan kebersihan kelestarian ketertiban kesehatan keteladanan ketuhanan kemanusiaan keadilan kesopanan kesuburan kenakalan keterbukaan ketertutupan keasikan kerapian kesurupan kerasukan kelincahan keterlambatan keindahan kegantengan kejelekan kelicikan kebaikan kerohanian kekeringan kebasahan kegelapan keterangan kesayangan kemarahan ketinggian kependekan kegemukan kekurusan kekenyangan kelaparan keretakan kerapatan kehitaman kemerahan keputihan kehijauan keunguan kecoklatan kebiruan kekuningan kerenyahan kelembutan kelembapan kelebaran kesempitan keluwesan kesatuan kelakuan kejatuhan ketiduran ketibanan kepuasan kebatinan kebijakan kebajikan kebetulan kebenaran kesalahan keburukan keinginan kedamaian kesejahteraan kebingungan kehangatan kedinginan kemaslahatan kepedasan keemasan kejayaan ketahanan keterpurukan kemakmuran kesiswaan kewajiban kebiasaan kehancuran kesetanan kepemilikan kepemilihan ketakutan keberanian kekebalan kebetulan kerohanian kesamaptaan kesempatan kemajuan kemunduran kebesaran kekecilan kedewasaan ketuaan kemudahan kesulitan kebeningan keterpurukan kemalasan kerajinan kebanjiran kerajinan kematian kehidupan kesukaan ketidaksukaan kecepatan kelambatan kelaparan kekenyangan kesenangan kesedihan kegalauan kelemasan kekuatan keseimbangan ketajaman ketumpulan kecerdikan ketangkasan kegesitan kegelisahan ketenangan kebanyakan ketiduran kekakuan kepahitan kemanisan keasaman keasinan kemepetan keracunan kepresidenan kekecamatan kemaksimalan keminimalan kejelasan kesigapan keteledoran kebingungan kebengongan kesedihan kesenangan kebanggan kesepian keramaian keilhaman kelahiran kemacetan keramahan keterikatan keheningan kepemimpinan kehausan kelenturan kesimpulan kemurkaan kekhusyuan kelihatan ketinggalan kelelahan kesamaan keseimbangan keluwesan ketutupan ketibanan kejauhan kedekatan kerapatan kerenggangan kekebalan kekonyolan kegilaan kegembiraan keharusan kewajiban kemurahan kemahalan ketumpulan keterkejutan kesucian keikhlasan ketabahan kehutanan kelautan ketipisan ketebalan kepanasan kesengsaraan kepedihan kenikmatan kepemilikan kesejajaran kemiringan kesemutan keterlambatan kedatangan kepulangan kekentalan kepagian kesiangan kesorean kemalaman kekompakan kedalaman kesunyian kesejukan kesopanan kelilipan kekendoran kejuaraan kemenangan kekalahan kesejukan kelakuan ketelusupan keguguran kehamilan kemewahan kemiskinan kebangkrutan kesialan keberuntungan keperjakaan keperawanan keteledoran kecerobohan kejelian ketelitian kesiapan kebauan kelihaian kecintaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnn kepada aaaaaannnnnndaaaaa



Nah itu contoh tulisan yang bertele-tele
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Post ini telah dihapus
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
02-12-2022 08:09
keknya intinya sii to the point aja siii emoticon-Bingung semua yg bertele tele itu kek ga gunaaaa gitu.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan epistemology. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
02-12-2022 11:19
Terlalu fokus sama hal² yang sepele seperti

Hari senin....

Besoknya...


Rabu...


Kamis...


Akhirnya hari jumat....


Kayak... siapa peduli sama hari hari dalam seminggu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
03-12-2022 10:20
terlalau menye menye terlalu kode kode
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan epistemology. memberi reputasi
2 0
2
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
03-12-2022 10:41
itu seperti ane sih gan, ane suka dengan sengaja bikin pusing orang di forum2 dengan bertele tele, untuk agar dapat mengasah otak sang pembaca untuk dapat agar fokus dan agar untuk menambah IQ sang pembaca dan untuk bisa agar melatih mata sang pembaca agar dapat tidak memiliki suatu IQ yang jongkok yang seperti kaum Al-Nashdroon yang sekiranya memiliki otak yang tidak kapabel dalam melakukan analisa literasi untuk agar dapat mengerti suatu materi pada suatu artikel.
Klo gag percaya ente liat aja post2 ane betapa panjang dan bertele tele untuk agar ente dapat mengerti bahwa ane suka mengetik dan bikin orang lain pusing untuk agar dapat warga INDONESIA rajin membaca dan IQ bertambah juga otak lebih encer agar negara ini dapat maju lebih cepat dan agar dapat menambah GDP perkatpitanya yang sangat lah minimum seperti 3rdWorldCountry, karena saya kasihan dengan orang Indonesia kerja 1 bulan tapi cuma dapat $ 200 dollar, beda dengan orang Amerika dan negara negara majunya, kerja setaun bisa kabur ke Indonesia untuk agar dapat di Puja (jika orang tersebut seorang bule kulit putih) dan buka bisnis di Indonesia, Bali jadi pemilik Villa.
Karen GDP Perkapita orang Indoensia cukup sangatlah Rendah, kerja setaun boro2 bisa jalan jalan ke luar negeri (skala mayoritas) yang kaya tidak di include untuk agar dapat meminimalis miskomunikasi di antar kita semua.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
04-12-2022 01:42
walah om ternyate kontributor yee, gimana nih jadi kreator cuan di karyakasra om @karyakarsa
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
05-12-2022 10:27
Terkadang mau nulis komen juga bingung dengan kata-kata yang mau di tulis, agar nantinya kalimat yang di tulis tidak menimbulkan multi tafsir atau malah bisa jadi akan bersinggungan dengan faktor SARA.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
14-12-2022 12:36
Iya gan kadan EYD Masih amburadul, lalu diksi yang kurang OK gitu, masih itu2 aja, dan bikin gak pede juga
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
13-01-2023 10:02
Betul jangan sampai bertele-tele
Harus tunjep poin
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
13-01-2023 10:39
gw kira pas baca TULISAN pada judul, itu tulisan tangan maksudnya. rupanya tulisan ketikan
emoticon-Hammer2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
13-01-2023 10:44
Ane search di Tele kok gak nongol gan emoticon-Hammer2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
13-01-2023 10:52
tulisan jelek makanya jarang wa an. mc aja ntar saya yang telfon kalo gak punya pulsa emoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Hal sepele ini yang bisa buat tulisanmu jelek!
13-01-2023 10:59
ane paling benci baca tulisan pembukanya yg terlalu banyak dibandingkan isinya..
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan s.c.a. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
misteri-rumah-susun
Stories from the Heart
seikat-mawar-yang-layu
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia