• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengapa Motor Suzuki Kurang Diminati, Padahal Dulu Bisa Dibilang Laris Manis Loh?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Mengapa Motor Suzuki Kurang Diminati, Padahal Dulu Bisa Dibilang Laris Manis Loh?




Hi sobat lounge,

Siapa dari kalian saat ini yang memakai motor produk dari Suzuki? Pastinya tidak banyak, hanya di model-model tertentu saja produk Suzuki saat ini yang wara wiri di jalan raya. Padahal dulu Suzuki ini inovasinya termasuk lebih dulu, seperti penggunaan speedometer digital, lampu bego, dan dual shock namun sayang saat itu pemikiran pengguna motor masih kolot bin bebal.

Sekarang model tersebut diterapkan di matic-matic terbaru, hasilnya masyarakat cukup puas asal Produk sayap terbang sama garputala, mereka tutup mata. Yang penting harga jual kembalinya masih tinggi, coba ente beli motor saat ini harga motor lawas bisa naik sekitar 1-2 jutaan.



Kan edan, padahal motor lawas yang harusnya turun harga malah naik harganya. Apalagi di tipe-tipe tertentu yang sering di lakukan modifikasi bisa tetap stabil walau mesin dah pada uzur, apalagi harga baru setiap tahunnya juga merangkak naik. Sedangkan gaji buruh tetap stabil, bikin daya beli masyarakat menurun.

Oke kita akan bahas saat ini tentang Suzuki yang dulu laris manis kini kok kalah bersaing! Kenapa?

Suzuki dulu adalah sepeda motor favorit, dari Tornado, Shogun, Satria, Hingga Thunder menghiasi ranah penjualan Suzuki dan cukup diminati masyarakat.



Sebut saja Suzuki Tornado yang dapat mengalahkan Yamaha Crypton, bahkan penjualan Honda astrea grand tergerus dengan adanya Suzuki. Tapi bergantinya tahun Suzuki mulai kedodoran, padahal kalau melihat dana Suzuki kurang apa coba!

Suzuki bisa dibilang jatuh di awal 2005, penjualannya terus menurun hingga saat ini. Wuidih parah ya! Padahal dulu bisa bersaing dengan Honda dan Yamaha, kok sekarang babak belur.

Alasannya tentu saja klasik, dari kurangnya inovasi, distribusi yang tak bagus, hingga jaringan bengkel yang tak banyak, bahkan ada juga yang bilang kurang iklan, harga tak menarik, tapi hal itu berbanding terbalik dengan Suzuki di India.



Sebenarnya awal Suzuki datang ke Indonesia sekitar tahun 1970 dibawah bendera PT. Indozero Stell and Engineering Company, dengan mengeluarkan motor A100 dan FR70, nah sejak itu Suzuki tumbuh di Indonesia.

Sedangkan di India Suzuki baru ada pada tahun 1982, itupun kerjasama barengan sama produk lokal yang mengeluarkan produk TVS, namun di tahun 2001 kerjasama Suzuki dan TVS berakhir karena berbagai alasan, terutama Suzuki selalu monopoli apapun yang ingin dilakukan oleh TVS, tanpa restu Suzuki ide dan keinginan TVS tidak dapat dipenuhi.

Keinginan TVS lepas dari Suzuki berdampak manis, kini TVS termasuk 3 besar motor paling laris di India sedangkan Suzuki sendiri masuk secara mandiri lewat Suzuki Motor India Private Limited (SMIPL), di tahun 2006 lewat Hayate, GS 150 R, Slingshot namun penjualannya kurang bagus.



Namun ada produknya yang mendongkrak penjualannya di India yaitu Scuter Matic Acces 125, ketika moment itu terjadi Suzuki langsung mengupgrade motor-motor keluaran terbarunya, hingga memperluas jaringan distribusinya, bengkel, dan after salesnya.

Sedangkan di Indonesia tidak seperti itu, sampai-sampai Suzuki diasapi Kawasaki dengan menjual produk premium yang segmentnya cukup sedikit. Inikan lucu!

Tapi, bisa dibilang Suzuki loyo di Indonesia karena pasar motor di Indonesia ini unik tak seperti negara lain, bahkan matic saat ini lebih digemari dari bebek manual padahal di Malaysia dan Thailand bebek masih yang terdepan. Otomatis penjualan Satria hancur lebur, ini yang menjadi perbedaan market.



Terlebih masyarakat di Indonesia ini hanya tipe pengekor, alias beli motor namun tidak tahu spesifikasi motor yang dibeli, hanya yang di ingat nama brandnya kalau gak Honda ya Yamaha. Makanya kalau Honda geredek dan Yamaha terkena masalah kode 12, tetap laku-laku saja.

Bahkan kualitas bahan yang menurun dan mudah rusak, dari kedua pabrikan ini hadir juga tetap saja banyak orang beli. Apalagi orang Indonesia itu bosenan, 4-5 tahun motor yang dibeli baru tersebut akan dijual jadi butuh harga jual yang lebih stabil.

Setidaknya Merk ini memang salah satu andil besar ketika pengalaman pribadi seseorang membeli sebuah produk, dan Honda jelas menanamkan hal itu pada motornya dengan tag line irit. Padahal sekarang sudah sama saja, tapi tentu pengalaman ini sudah tertanam di benak banyak orang.



Dan memang tak salah produk Honda dan Yamaha, masih berada diatas diantara nama produk lainnya di dunia sepeda motor. Kenapa? Karena banyak orang memperhatikan kedua merk motor ini, sedangkan Suzuki seakan malas bersaing dengan kedua kompetitornya ini, beda dengan Suzuki di India yang langsung gaspol.

Perubahan ini terjadi ketika Yamaha mengeluarkan Mio, Honda langsung datang dengan Vario namun kurang diminati langsung keluarin lagi produk Beat baru bisa diterima, sedangkan Suzuki mengeluarkan Spin namun tidak diterima terus nyerah gitu aja, hingga upgrade Spin yaitu Nex juga kurang dilirik padahal secara kualitas produknya cukup bagus. Karena nama Beat dan Mio sudah tertanam di benak masyarakat calon pembeli.



Kenapa begitu? Karena Suzuki di Indonesia masih mengekor dengan Suzuki Jepang, mau punya ide briliant pun kalau tidak disetujui ide itu pun menjadi mentah. Maka, sikap Suzuki Indonesia adem ayem aja.

Setidaknya memang banyak alasan kenapa Suzuki drop di Indonesia namun bagus di India, kalau kamu sendiri apa alasannya nih?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



















Diubah oleh c4punk1950... 01-12-2022 06:07
Kagemane4869djalanloeroessupercar.
supercar. dan 25 lainnya memberi reputasi
26
13.1K
178
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.