Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63853eca0debdb465a5c786d/cerita-mistis-dibalik-gempa-cianjur-kalian-percaya-gan
Sumber Gambar Sudah satu minggu sejak terjadinya gempa di Cianjur yang menelan korban jiwa hingga dua ratusan lebih dan mengakibatkan banyak sekali kerugian materil. Gempa berkekuatan 5.6 magnitudo itu bahkan terasa hingga ke Jakarta. Ada banyak kisah dan cerita pilu mengenai bencana ini. Mulai dari kisha pencarian dan evakuasi korban hingga cerita dari para korban selamat yang sempat merasakan te
Lapor Hansip
29-11-2022 06:05

Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?

icon-verified-thread
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Sumber Gambar

Sudah satu minggu sejak terjadinya gempa di Cianjur yang menelan korban jiwa hingga dua ratusan lebih dan mengakibatkan banyak sekali kerugian materil. Gempa berkekuatan 5.6 magnitudo itu bahkan terasa hingga ke Jakarta.

Ada banyak kisah dan cerita pilu mengenai bencana ini. Mulai dari kisha pencarian dan evakuasi korban hingga cerita dari para korban selamat yang sempat merasakan terjadinya gempa. Belum lagi bencana-bencana susulan seperti longsor.

Namun, entah mengapa bukan Indonesia namanya kalau tidak ada kisah mistisnya. Bahkan di saat-saat bencana seperti ini pun masih sempat-sempatnya muncul kisah mistis yang dihubungkan dengan gempa yang terjadi di Cianjur.

Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Sumber Gambar


Kisah mistis ini mengenai sebuah batu raksasa di sebuah desa bernama Kampung Cibatu. Di sana terdapaat sebuah batu dengan tinggi lima belas meter di tempat yang posisinya bisa dinilai agak miring. Tapi batu itu tetap bertahan di sana bahkan setelah dilanda gempa.

Biasanya, batu itu sendiri dimanfaatkan orang sekitar yang lewat sebagai tempat istirahat dan berteduh dari teriknya matahari. Bahkan nama desa yaitu Cibatu pun awal mulanya karena keberadaan batu ini. Artinya, batu ini sudah ada sejak dahulu sekali.

Yang mengagumkan dari batu ini jelas ketahannya. Sebelum gempa Cianjur, batu ini juga pernah diguncang gempa yang terjadi di Tasikmalaya dengan kekuatan 7,2 magnitudo dan batu ini tidak bergeser sedikit pun. Padahal daerah sekitanya terjadi longsor.

Dan setelah Cianjur menjadi pusat gempa sekalipun, batu ini sama sekali tidak bergerak. Banyak orang yang kemudian mengaitkan hal ini ke hal-hal berbau mistis.

Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Sumber Gambar

Berdasarkan mitos setempat, batu itu merupakan jelmaan dari ular bunting dan peliharaan sesosok makhluk yang memiliki badan tinggi besar. Bahkan dahulu ada memberikan sesajen dan melakukan pemujaan di batu tersebut.

Ada sebuah kisah apabila warga terlalu berisik, tidak sopan atau berbicara sembarangan di dekat batu ini maka warga tersebut akan sakit.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita ini, itu hak semua orang. Walau sebenarnya, bisa saja hal semacam ini dijelaskan secara saintik. Bisa saja batu tersebut memiliki bagian bawa yang memanjang dan menusuk ke dalam tanah sehingga menciptakan efek ‘kunci; antara tanah dan batu tersebut sehingga batu itu sangat sulit untuk bergeser. (Ini opini TS ya)

Ingat, gak semua hal harus dihubungkan dengan hal mistis.

Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Sumber Gambar

Kalau kalian gimana gan? Benarkan batu ini berkekuatan mistis? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60.1K Anggota • 916.5K Threads
Halaman 1 dari 7
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:06
Menurut TS ini baru yang mirip kaya batu di tol Cipali, ada kuncian di bagian bawahnya jadi sangat sulit buat batu ini bergeser
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makgendhis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:07
Bahkan di luar negeri ada batu yg melayang kalo gk salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:08
Ada-ada aja dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kabelrol dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:11
Apalagi ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:34
Segala sesuatu pasti ada penjelasan ilmiahnya. Kalau masalah batu dan kebumian harus nya tanya ke ahli geologi, ilmu tanah, Geofisika, dll. Mereka pasti punya jawaban yang logis..
Klo tanya ke Samsudin beda lagi ceritanya...
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Betul ga @pesulap.merah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:46
Hari gini masih aja percaya mistis emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:53
Percaya ga percaya sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 06:59
Menurut ane sih itu hanya mitos gan.. Yg ane yakini batu itu tetap baik2 ya memang krn atas izin Allah. Sama halnya dengan masjid di Aceh yg sdh diguncang gempa berkekuatan besar bahkan sampai diterjang tsunami masih saja berdiri kokoh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ksatria018 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:06
keep it rationale aja deh,

Kenapa ada gempa karena ada retakan dan pelepasan sistem disuatu tempat yang kemudian bergerak dan berubah demikian cepat sebagai akibat desakan tenaga dari dalam bumi(endogen)maupun dari luar bumi(eksogen).

Kenapa banyak bangunan hancur dan roboh walaupun gempanya tidak begitu besar ya karena sebagian besar bangunan di Cianjur sangat mungkin tidak dirancang dengan konstruksi tahan gempa.

Selesai. No Klenik No Magic, NOTHING.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Giovinzo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:06
Justru yang menarik asal-usul nama Cibatu.
Kalau tidak salah kata 'Ci' itu berasal dari bahasa Sunda 'Cai' yang berarti air kan? 'Cibatu' apakah artinya batu yang berasal dari air? Dari dalam air?
Jangan-jangan daerah tersebut dulunya berair? Laut?
Udah ada yang meneliti kah?
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:08
Mirip dengan Watu Dodol dong yah di jalan utama Situbondo - Banyuwangi?

Cerita mistisnya banyak jg itu
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:11
Gede jg itu batu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:18
Coba digali tanah bwahnya trus batunya dibor pasangin peledak buat tambang..kira2 geser ga
profile-picture
pesulap.merah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:20
Quote:Original Posted By ytbjts
Segala sesuatu pasti ada penjelasan ilmiahnya. Kalau masalah batu dan kebumian harus nya tanya ke ahli geologi, ilmu tanah, Geofisika, dll. Mereka pasti punya jawaban yang logis..
Klo tanya ke Samsudin beda lagi ceritanya...
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
Betul ga @pesulap.merah


Jgn tanyakan sama si @samsudin.jadab emoticon-Takut (S)

Nnti psti akan dihubung2kan sama azab/hukuman Tuhan emoticon-Sorry

Yg namanya bncana dimanapun bisa trjadi, sekalipun disana org2nya BERIMAN SEMUA.. emoticon-Nyepi


Yg jadi korban,, Semoga lekas diberi KESEMBUHAN, PEMULIHAN, KESABARAN DAN KETABAHAN, emoticon-Nyepi
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:22
Quote:Original Posted By ganguroboy
keep it rationale aja deh,

Kenapa ada gempa karena ada retakan dan pelepasan sistem disuatu tempat yang kemudian bergerak dan berubah demikian cepat sebagai akibat desakan tenaga dari dalam bumi(endogen)maupun dari luar bumi(eksogen).

Kenapa banyak bangunan hancur dan roboh walaupun gempanya tidak begitu besar ya karena sebagian besar bangunan di Cianjur sangat mungkin tidak dirancang dengan konstruksi tahan gempa.

Selesai. No Klenik No Magic, NOTHING.


i'am i do agree with you.. emoticon-Shakehand2
0 0
0
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:23
Quote:Original Posted By nomorelies
Coba digali tanah bwahnya trus batunya dibor pasangin peledak buat tambang..kira2 geser ga


Jgn coba2 utk melakukan emoticon-Takut

Nnti malah wrga sekitar jadi ikut CELAKA..!!! emoticon-Takut
0 0
0
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:29
batu itu gan ? bae bae petrick jg dlu pernah memuja batu emoticon-Wow emoticon-Wow
profile-picture
ytbjts memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Mistis Dibalik Gempa Cianjur, Kalian Percaya Gan?
29-11-2022 07:31
berpikir positif aja, nice info ganemoticon-Sundul Up
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia