others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638443f275f7097c4c4da543/kabarnya-iot-selamatkan-petani-cabai-dari-kekeringan-emang-bener
Sumber : https://unsplash.com/photos/GKFsewk-hz0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink Penerapan Internet of Things dapat diaplikasikan di berbagai sektor, salah satunya adalah pertanian. Indonesia sebagai negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Berbagai kegiatan pertanian dapat dilakukan di Indonesia, seperti menanam tanaman
Lapor Hansip
28-11-2022 12:15

Kabarnya IoT Selamatkan Petani Cabai dari Kekeringan! Emang bener?!




Kabarnya IoT Selamatkan Petani Cabai dari Kekeringan! Emang bener?!




Penerapan Internet of Thingsdapat diaplikasikan di berbagai sektor, salah satunya adalah pertanian. Indonesia sebagai negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Berbagai kegiatan pertanian dapat dilakukan di Indonesia, seperti menanam tanaman hortikultura, perkebunan, bahkan hingga perikanan. 

Meskipun tanah Indonesia terbilang cukup subur untuk budidaya pertanian, ketika musim kemarau seringkali kekurangan ketersediaan air.

Hal tersebut yang menjadi salah satu faktor gagal panen dan tantangan yang harus dihadapi oleh para petani di Indonesia.

Seperti halnya petani cabai di Provinsi Riau yang seringkali mengalami kekurangan air untuk budidaya cabainya, sehingga hasil panen kurang maksimal.

Tim Pengabdian Mencegah Kekeringan Petani Cabai Menggunakan Perangkat IoT

Melihat permasalahan yang diakibatkan oleh kekeringan, Tim Pengabdian  dari Politeknik Negeri Bengkalis merancang perangkat pengairan berbasis IoT.

Dikutip dari laman potret24.com, kegiatan tersebut dilaksanakan di lahan cabe masyarakat Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Provinsi Riau.

Tim pengabdian yang terdiri dari dua jurusan, yaitu teknik informatika dan sipil tersebut melaksanakan pengabdian kepada petani cabai dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, penggunaan perangkat pengairan berbasis IoT tersebut juga salah satu langkah mendukung revolusi industri 4.0.


Revolusi industri merupakan kolaborasi antara sistem IoT ataupun cyberke dalam proses industri.

Sehingga dengan penerapan revolusi industri 4.0, harapannya proses produksi ataupun segala hal di bidang industri dapat berjalan lebih efektif.

Menggunakan perangkat pengairan berbasis IoT memiliki keuntungan tersendiri bagi petani cabai. Khususnya dalam hal ketersediaan air untuk penyiraman.

Sebelumnya, penyiraman cabai masih secara konvensional, sehingga sangat menguras waktu dan tenaga para petani. Selain itu, penyiraman secara manual juga seringkali mengakibatkan tidak sesuainya komposisi penyiraman yang berujung kepada kekurangan persediaan air.

Keunggulan Perangkat Pengairan Berbasis Internet of Things

Dengan digunakannya perangkat pengairan berbasis IoT tentunya akan memberi banyak keuntungan bagi para petani, seperti halnya penyiraman yang kini bisa dilakukan secara otomatis melalui smartphone.

Selain itu, dengan menggunakan perangkat pengairan berbasis Internet of Things, distribusi air juga dapat diatur sedemikian rupa, sehingga dosisnya tepat bagi tanaman cabai.

Dosis yang tepat tersebut selain berpengaruh terhadap pertumbuhan cabai, juga membantu menjaga ketersediaan air.

Program yang dilaksanakan oleh tim pengabdian tersebut mendapat dukungan dari Kemendikbud Ristek Dikti serta petani cabai karena memang ke depannya diperlukan penerapan teknologi untuk memudahkan kegiatan budidaya pertanian.

Wujudkan Revolusi Industri 4.0 Melalui Internet of Things

Indonesia memiliki banyak potensi pemuda-pemudi yang memiliki talenta luar biasa di bidang teknologi.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pemuda menciptakan berbagai inovasi di bidang Internet of Thingsuntuk meningkatkan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, berbagai inovasi terkait Internet of Thingstersebut harus mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Salah satu lembaga yang mendukung kemajuan talenta di bidang Internet of Thingsadalah Indobot Academy.

0
Masuk untuk memberikan balasan
pertanian-perkebunan-dan-peternakan
Pertanian Perkebunan dan Peternakan
294 Anggota • 1.3K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia