others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6381ead9c8fd0717c95b26c2/benarkah-gunung-gede-erupsi--setelah-gempa-cianjur
GanSis, beberapa waktu yang lalu, saudara-saudara kita yang berada di Cianjur, harus mengalami musibah gempa bumi yang gak cuma merenggut harta, tapi juga merenggut nyawa keluarga mereka. Gak kebayang gimana rasanya jadi mereka yang berada di pusat gempa. Soalnya, ane yang lokasinya jauh aja, ngerasain getarannya.
Lapor Hansip
26-11-2022 17:30

Benarkah Gunung Gede Erupsi Setelah Gempa Cianjur?

Benarkah Gunung Gede Erupsi Setelah Gempa Cianjur?

GanSis, beberapa waktu yang lalu, saudara-saudara kita yang berada di Cianjur, harus mengalami musibah gempa bumi yang gak cuma merenggut harta, tapi juga merenggut nyawa keluarga mereka. Gak kebayang gimana rasanya jadi mereka yang berada di pusat gempa. Soalnya, ane yang lokasinya jauh aja, ngerasain getarannya.

Tapi, belum reda rasa takut dan khawatir masyarakat, tiba-tiba ada berita lain yang nggak kalah bikin stress. Gak tanggung-tanggung, ada tiga berita yang beredar di masyarakat. Berikut ketiga hoax tersebut ya, GanSis. Udah ane rangkum, nih.


1. Bakal ada 8 daerah yang dilewatin sama pergeseran Sesar Cimandiri. Dilansir dari Detik, 8 daerah ini termasuk Pelabuhan Ratu, Cibadak dan Sukalarang.

2. Ada prediksi kalo pergeseran lempengan itu geraknya ke arah Waduk Cirata. Orang yang menyampaikan ini, mengaku sebagai team BMKG.

3. Ada yang bilang, muncul cahaya kayak api yang menyala di Gunung Gede, dan cahaya itu yang bikin Gunung Gede erupsi, dan mengakibatkan gempa di daerah Kampung Singa Barong dan Kampung Sarongge, di Kabupaten Cianjur.


Jadi, apakah ketiga berita ini benar adanya? Mari kita bahas, GanSis.

Ternyata, ketiga berita ini adalah HOAX. Hal ini udah dikonfirmasi langsung sama pihak BMKG, yes. Dilansir dari Detik.com, pihak BMKG langsung merilis pernyataan supaya nggak ada masyarakat yang termakan sama berita-berita hoax begini.

Lewat akun Twitter resmi mereka, BMKG mengatakan beberapa poin penting, yaitu:






1. BMKG tidak pernah menyampaikan ketiga berita tersebut, baik lewat media sosial, maupun lewat platform lain.

2. BMKG juga kasih konfirmasi kalo ketiga berita tersebut adalah hoax yang dibuat tanpa ada dasar ilmiah sama sekali, dan bertujuan untuk membohongi masyarakat.

3. BMKG menekankan kalo sampe detik ini, belum ada teknologi yang bisa memprediksi gempa secara akurat (mencakup lokasi, kekuatan gempa, serta waktu yang akurat).

4. Dari informasi yang diperoleh BMKG dari PVMBG, status Gunung Gede saat ini berada di level 1 alias normal.

Jadi, udah jelas ya, GanSis. Berita-berita itu cuma dibuat sama oknum gak bertanggung jawab buat memperkeruh suasana aja. Maka dari itu, kita juga gak boleh sampai terpengaruh sama berita atau isu yang tidak berasal dari sumber resmi, yes.

Semoga GanSis selalu terhindar dari hoax-hoax meresahkan, ya!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
hansip-hoax
Hansip Hoax
2.7K Anggota • 332 Threads
Benarkah Gunung Gede Erupsi Setelah Gempa Cianjur?
28-11-2022 08:25
Valid kah ini ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia