others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6380205193d8042cb9367256/internet-of-things-tingkatkan-ketersediaan-pakan-bagi-sektor-peternakan
https://unsplash.com/photos/xZ07O0-yG1g?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink Internet of Things adalah sebuah teknologi yang sangat memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Hal tersebut dikarenakan dengan penggunaan Internet of Things, berbagai perangakat dapat terhubung tanpa memerlukan interaksi langsung antara manusia dengan perangkat. Seperti halnya dal
Lapor Hansip
25-11-2022 08:54

Internet of Things Tingkatkan Ketersediaan Pakan Bagi Sektor Peternakan


Internet of Things Tingkatkan Ketersediaan Pakan Bagi Sektor Peternakan

https://unsplash.com/photos/xZ07O0-yG1g?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink


Internet of Thingsadalah sebuah teknologi yang sangat memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Hal tersebut dikarenakan dengan penggunaan Internet of Things, berbagai perangakat dapat terhubung tanpa memerlukan interaksi langsung antara manusia dengan perangkat.

Seperti halnya dalam dunia peternakan, Internet of Thingsberperan besar bagi perkembangan dan kemajuan dunia ternak. Selain itu, sektor peternakan yang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia, tentunya memerlukan pengembangan dan teknologi untuk dapat menunjang dalam kegiatan produksinya. 

Tingginya potensi ternak di Indonesia, dibarengi dengan minat masyarakat atas produk hasil peternakan, sehingga para peternak tidak terlalu kesulitan untuk memasarkan produk hasil peternakannya.

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh peternak adalah ketersediaan pakan bagi hewan ternaknya. Terlebih apabila tinggal di daerah yang memiliki curah hujan rendah, pakan ternak merupakan sebuah bahan pokok yang langka.

Bagaimana Peran Internet of ThingsBagi Ketersediaan Pakan Ternak?

Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh peternak adalah tidak tersedianya stockpakan bagi hewan ternaknya. Hal tersebut dapat terjadi akibat kurangnya lahan pakan hijauan ataupun memang akibat musim kemarau yang melanda.

Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penggunaan Internet of Things. Pakan ternak seringkali tidak dapat memenuhi kebutuhan hewan ternak akibat manajemen pakan yang kurang baik.

Menggunakan Internet of Things,salah satu penerapannya adalah dengan menghubungkan perangkat-perangkat di kawasan peternakan dengan Internet of Things

Perangkat yang telah terhubung denganInternet of Things tersebut, nantinya dapat membagikan makanan kepada hewan ternak dengan komposisi yang pas dan terjadwal, sehingga ketersediaan pakan dapat lebih diatur dengan baik.

Penggunaan Internet of Thingstersebut juga akan memudahkan peternak, karena mereka hanya cukup memberi makan hewan ternaknya melalui smartphone dan bisa dilakukan dari jarak jauh.

Selain itu, dukungan Internet of Things dalam hal ketersediaan pakan juga dapat dilakukan melalui alat penyiraman pakan hijauan ternak otomatis. 

Internet of Thingsdapat berperan dalam budidaya pakan hijauan ternak melalui alat penyiraman otomatis. Menggunakan perangkat penyiraman otomatis tersebut, pakan hijauan ternak dapat disiram secara otomatis dan terjadwal melalui smartphone.

Penggunaan perangkat penyiram berbasis Internet of Thingstentunya dapat memberikan hasil panen pakan hijauan ternak lebih optimal serta menghemat biaya. Hal tersebut dikarenakan air yang disiramkan dapat diatur sesuai kebutuhan tanaman, sehingga tidak banyak air yang terbuang sia-sia.

Potensi Internet of ThingsBagi Sektor Pertanian

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju, diperlukan penerapan teknologi-teknologi tersebut pada berbagai sektor unggulan Indonesia. Salah satunya adalahInternet of  Things.

Internet of Thingssudah seharusnya menjadi teknologi wajib bagi para pelaku usaha di berbagai sektor industri. Alasan yang melatar belakangi hal tersebut adalah dengan penggunaan IoT, berbagai kegiatan baik dari kehidupan sehari-hari hingga keperluan industri akan terbantu dengan IoT.

Oleh karena itu, diperlukan banyak talenta-talenta di bidang IoT yang diharapkan dapat mengembangkan teknologi-teknologi berbasis IoT, seperti smart farming & smart city.

Yuk mulai pelajari Internet of Things di Indobot Academy sekarang juga! 
0
Masuk untuk memberikan balasan
pertanian-perkebunan-dan-peternakan
Pertanian Perkebunan dan Peternakan
271 Anggota • 933 Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia