others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/636c6507f88b21734216bfc1/pemberi-makan-ayam-otomatis-berbasis-iot-dari-mahasiswa-universitas-dinamika
Sumber : https://unsplash.com/photos/qC1tDaJs2Es?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink Ayam merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena perawatannya yang mudah, ayam juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ayam juga merupakan bahan lauk pauk dengan harga terjangkau dan memiliki beragam kandungan di dalamnya, sehingga mem
Lapor Hansip
10-11-2022 09:42

Pemberi Makan Ayam Otomatis Berbasis IoT dari Mahasiswa Universitas Dinamika 



Ayam merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena perawatannya yang mudah, ayam juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ayam juga merupakan bahan lauk pauk dengan harga terjangkau dan memiliki beragam kandungan di dalamnya, sehingga memelihara ayam akan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Pemeliharaan ayam dapat dilakukan dari skala kecil hingga skala industri yang menggunakan kandang closed house. Salah satu kendala dalam budidaya ayam oleh masyarakat adalah ketersediaan waktu untuk memberikan makan atau memonitoring ayamnya setiap hari.

Oleh karenanya, diperlukan campur tangan teknologi canggih yang dapat membantu masyarakat dalam kegiatan budidaya ayam, sehingga dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Digitalisasi Peternakan Ayam Menggunakan Teknologi Internet of Things

Mengatasi permasalahan tidak tersedianya waktu untuk merawat dan memberi makan ayam peliharaan, Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Universitas Dinamika merancang prototypealat untuk memberi makan ayam secara otomatis dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT).

Alat yang digunakan untuk memberi makan ayam secara otomatis tersebut diberi nama Pakan Ternak IoT yang kemudian disingkat menjadi PATRIOT. 

Perangkat Pakan Ternak IoT (PATRIOT) tersebut selain digunakan untuk memberi makan ayam secara otomatis juga dapat memonitor suhu kandang ayam serta kelembaban dan kualitas suhu udara.

Keunggulan Perangkat Pakan Ternak IoT (PATRIOT)

Perangkat Pakan Ternak IoT (PATRIOT) tersebut memiliki berbagai keunggulan, karena telah terpasang teknologi Internet of Things, PATRIOT dapat dioperasikan dari jarak jauh menggunakan smartphone.

 

Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara Rizky Alief yang dikutip dari laman suarasurabaya.net, beliau mengatakan bahwa “Alat tersebut sudah terintegrasi dengan handphone sehingga pengguna bisa memantau kondisi kandang ayam dan juga memberi pakan ayam secara otomatis lewat handphone”.

Teknis pemberian pakan otomatis menggunakan PATRIOT tersebut adalah dengan mengatur jadwal pemberian makan ayam, kemudian secara otomatis pakan ayam akan jatuh dengan sendirinya ke dalam kandang.

Dukungan dari Dosen Universitas Dinamika

Inovasi yang diciptakan oleh Mahasiswa Universitas Dinamika tersebut mendapat dukungan penuh dari dosen, yaitu Bapak Harianto, S.Kom., M.Eng yang juga merupakan dosen pembimbing tim pencipta perangkat PATRIOT tersebut.

 

Menurutnya, inovasi tersebut sangat bagus karena dapat menunjang kegiatan produksi para pelaku peternak ayam, mengingat jumlah peternak ayam di Indonesia sangat banyak, baik dari skala kecil maupun industri.

 

Penggunaan teknologi penunjang tersebut menjadi penting karena ayam merupakan hewan yang membutuhkan perawatan khusus.

Pemeliharaan ayam harus dengan pemberian pakan sesuai pada waktunya, suhu, kelembaban, dan kadar amoniak yang terukur, sehingga penggunaan perangkat berbasis IoT akan sangat memudahkan para peternak ayam.

0
Masuk untuk memberikan balasan
pertanian-perkebunan-dan-peternakan
Pertanian Perkebunan dan Peternakan
243 Anggota • 718 Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia