Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/636a7e0ffd2b5144fa617897/kecanduan-k-pop-itu-mengerikan
Hari-hariku sungguh kacau. Itulah yang kualami beberapa waktu ini. Padahal, aku pernah mengalami masa yang sama, tapi bedanya kini terjadi pada 2022.  Ini perihal K-pop, rasanya hampir pengguna internet saat ini tahu ini tentunya. Aku mengenal K-pop pertama kali saat SMP, mungkin sekitar tahun 2012-2013.  K-pop sangat booming pada tahun itu dan bisa dikatakan itu adalah tahun-tahun awal budaya
Lapor Hansip
08-11-2022 23:04

Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!

Hari-hariku sungguh kacau. Itulah yang kualami beberapa waktu ini. Padahal, aku pernah mengalami masa yang sama, tapi bedanya kini terjadi pada 2022. 

Ini perihal K-pop, rasanya hampir pengguna internet saat ini tahu ini tentunya. Aku mengenal K-pop pertama kali saat SMP, mungkin sekitar tahun 2012-2013. 

K-pop sangat booming pada tahun itu dan bisa dikatakan itu adalah tahun-tahun awal budaya Korea ini menjamur di Indonesia. Berkat tv, aku mengenal semua budaya itu. Mulai dari K-drama, film Korea, hingga berbagai idol K-pop. 

Group K-pop yang kukenal awal-awal di antaranya Super Junior, BTS, EXO, Big Bang, 2NE1, dan SNSD. Aku begitu bersyukur dulu banyak stasiun tv yang menayangkan konser ulang konser K-pop di Indonesia. Bahkan, dulu SMTOWN pernah diadakan di Indonesia. 

Mulanya, aku hanya sekadar suka hingga aku menonton acara konser Super Junior. Dari tv, aku terpukau dengan penampilan Yesung "Super Junior" dan style-nya yang berbeda. Di sinilah aku mulai mengoleksi foto-foto, lagu, bahkan membuat kartu ucapan tentang Yesung. 

Terbatas biaya dan fasilitas, aku benar-benar hanya bisa mengakses hobi K-pop ini lewat tv dan terkadang via warnet. Mengenai BTS, kebetulan saat kelas 3 SMP, aku memiliki teman sekelas yang merupakan seorang ARMY, dan dia memiliki laptop hehehe.

Pulang sekolah aku biasanya mampir ke rumahnya, terutama saat libur atau sekolah pulang lebih awal. Di situlah aku mengenal BTS dan saat itu BTS masih boyband yang belum terlalu tenar tapi banyak acara variety show

Hingga memasuki SMA, perlahan hobi K-pop itu bergeser ke anime. Kuakui, pergaulan memang mempengaruhi kesukaan seseorang, termasuk diriku. Sebetulnya, aku suka anime sejak kecil. 

Ini lantaran kakakku juga menyukainya dan tiap hari Minggu, teman-temannya berkumpul di rumah orang tuaku lalu menonton anime bersama. Dari Dragon Ball, Naruto, One Piece, dan apa lagi ya...., pokoknya ada banyak waktu itu. Dan aku pun ikut nimbrung. 

Tapi, secara perlahan anime tersebut tergantikan dengan acara-acara tv lainnya yang buatku bosan hahahaha. Hanya Naruto yang masih terus bertahan saat aku SMA. Oh ya, ada juga Doraemon. 

Sayangnya, kakakku saat itu harus merantau sehinggga aku sendiri tidak punya teman untuk menonton anime di tv. Nggak sedih-sedih juga sebenarnya karena ada laptop. Bukannya melanjutkan hobi K-pop, justru aku terfokus pada anime One Piece. 

Semua itu gara-gara teman sekelasku, benar-benar racun yang membuatku tergila-gila dengan Luffy. Hahahaha, tapi aku sendiri bangga dengan hal itu. Anehnya, dunia anime masih membuatku cukup waras meski harus fokus mempersiapkan diri untuk masuk kampus. 

Masa SMA benar-benar gila, hahahaha. Aku bersyukur bertemu teman-teman yang mengenalkanku akan hal-hal baru. Btw, aku juga tetap suka Korea tapi lebih ke drakor. Soalnya, temenku yang ARMY, ELF, EXO-L tidak lagi satu kelas denganku saat SMA. Tapi, kami masih sering kumpul terkadang dan berujung reuni K-pop meski aku tak sesemangat dulu samaa menonton K-pop. Hahaha, benar-benar fans musiman, maafkan. 

Itu semua karena One Piece, karya Eiichiro Oda yang benar-benar membuatku gila (mohon maaf ini standar gilaku kwkawka). Saking gilanya, aku pernah menghabiskan kuota untuk streaming di Youtube nonton perang Marineford hingga tengah malam. Padahal, besoknya aku harus sekolah, hahaha. 

Untungnya, aku masih waras kok kwkawka. One Piece membuatku berani untuk bermimpi dan mengambil jurusan kuliah yang aku sendiri nggak terlalu paham. Gara-gara One Piece, aku memilih jurusan tentang perairan. Di sisi lain, memang aku juga suka hal-hal yang berbau lingkungan. 

Siapa bilang penyuka anime itu pemalas kwkawk? Malahan aku tetap fokus belajar dan makin giat karena pengen ketemu Luffy di Jepang. Sungguh, pikiran anak SMA yang gila sesuatu itu memang menggairahkan dan menggebu-gebu. 

Aku sangat gila belajar karena ingin lolos SNMPTN di salah satu kampus terbaik di negeri ini, sementara cuan kuliah saja nggak ada. Sadar diri, aku harus mempersiapkan itu semua sejak kelas 1 SMA. Jadinya, aku nggak punya banyak circle emang. Tapi, aku begitu beruntung masih ada teman-teman SMP meski sangat sedikit dan teman-teman SMA yang mengenalkanku pada One Piece. 

Selain One Piece, saat itu aku juga menonton beberapa anime lain seperti Bleach, Death Note, Fairy Tale, Kiseki no Sedai (aku sangat menyukai Kise Ryota, tapi gampang oleng ke Akashi Seijuro kkawkak). Dipikir-pikir, Kuroko no Basuke juga lucu, apalagi dia berambut biru karena aku sendiri menyukai warna biru. Hahaha, sungguh terdengar konyol rasanya. 

Beberapa hal yang membuatku rada gila dengan anime tapi masih dalam kadar wajar: 
1. Aku membuat catatan tanggal lahir setiap kru Mugiwara dan pernah membuat kartu ucapan ultah Zoro. 
2. Mengumpulkan episode One Piece dari ep1 - sekarang (tapi hiatus dulu karena kelamaan di Wano). 
3. Baca manga One Piece, tapi jadi skip karena kelamaan chapter di Wano. Padahal sekarang udah babak baru, belum kuat mulai dari Wano lagi kwkawka. 
4. Weekend jadinya waktu nonton anime sampe seharian. Bener-bener jangan ditiru ya, tapi ini tetep inget belajar kok hahahaha. Cuman ya gitu, sangat jauh dari dunia luar terutama pergaulan bebas atau sosial life :0
5. Suka nggambar anime tapi gak jago-jago amat. 
6. Ngumpulin banyak foto-foto anime sampe jadi wallpaper HP sama PC. 
7. Pertama kalinya beli merchandise anime, dari kaos sampe boneka. Padahal sangat anti beli-beli gituan kalo gak butuh kwkawka. Semua karena Luffy, nih. 
8. Niat banget masuk jurusan perairan karena termotivasi kehidupan Luffy di laut kwkawka. 
9. Suka cengengesan sendiri kalo ada part romantis di Naruto, ex Naruto & Hinata ya hahaha. Couple favorit, Sakura & Sasuke, Itachi & Izumi soalnya langka banget mereka hahaha. Sampe nyari-nyari terjemahan Itachi Shinden, tapi untungnya nemu soalnya emang gak ada novel terjemahannya emoticon-Frown

Hidupku benar-benar berwarna karena anime sih. Saat anak-anak SMA pada eksplore jati diri dengan coba-coba hal baru tapi negatif kek pacaran berlebihan, hangout kagak jelas sampe larut malam, apalah dayaku nongkrong depan PC sambil nyanyi "Chisana koroniwa ~" 

Tapi, ya gitu minus banget soal pengalaman hidup secara sosial. Eh, bukan berarti gak bisa bersosialisasi ya. Bisa kok, aman-aman saja soal itu mah cuman emang circle-nya dikit banget. 

Tapi, ya gara-gara itu aku begitu idealis untuk mengejar impian ke Jepang. Niatnya sih, kuliah S1 lulus, dapat beasiswa lanjut S2 ke Jepang. Oh tidakkkk, tak semudah anganku hahahahha. 

Kuliah adalah masa K-pop dan anime tersingkir secara perlahan. Meski aku sendiri masih ngelanjutin nonton One Piece, tapi soal K-pop bener-bener gak kesentuh lagi. Ada berita K-pop ya cukup tahu aja, soalnya udah begitu problematik sama kehidupan akademik yang tugasnya tumbuh terus bahkan menuju semester akhir huaaaaa. 

Barulah pas tingkat akhir, mulai nggak excited lagi sama One Piece. Udah gitu, Naruto tamat pula dan Boruto nggak semenarik kisah ayahnya. Aku cuman semangat pas ada part Sarada nyari ayahnya tuh kwkawka, lucu banget keluarga mereka. 

Pas tingkat akhir, ujung-ujungnya aku balik ke K-pop gara-gara video K-pop suka lewat tl di Youtube. Pertama sih, suka Shinee nonton macem-macem variety show mereka dan lagu-lagunya emang bagus. Terus, lanjut ke EXO. 

Untuk Shinee emang tahu, cuman sekilas gitu aja. Terus, karena lagu View, Encore, Rainy Day, Dream Girl, Lucifer, jadinya suka sama mereka. Apalagi Key itu lucu hahahaha. Nah, soal EXO juga udah kenal lama dari SMP. Cuman lebih ngeh sama D.O aja karena suka dramanya hehehe. 

Btw, makin ke sini gaya bahasaku makin ke sana ya. Iya, makin nyaman ngobrol non formal aja di sini kwkawka. Balik lagi ke EXO, baru nyadar Baekhyun, Chanyeol, dan Sehun itu sangat lucu. Apalagi, Baekhyun yang ngelawak mulu kerjaannya kwkawka. 

Eh, sebelumnya juga lewat SuperM sih gara-gara ada Taemin di situ. Terus jadi kenal Mark, Ten, Taeyong, Kai, Lucas, sama Baekhyun. Sebenarnya semua anggota itu aku tahu, cuman ya sekadar tahu aja. Lama-lama jadi suka sama mereka, apalagi Mark. 

Yah, merembetlah ke NCT kwkawka. Terus, unitnya banyak, anggota amat banyak pula. Btw, 2020 kan mereka dikenalin tuh 23 anggotanya. Nah, di situ sebenarnya info NCT ini suka lewat tl tapi ya begitu lewat aja. Kayak, oh NCT banyak banget anggotanya, terus pastinya awal-awal ngerasa, "mereka kok mukanya susah dibedain ya...". 

Pada akhirnya, sekarang ngenalin mereka semua nih kwkakwak. Dari NCT Dream, NCT 127, WayV, terus ada Shotaro sama  Sungchan. Aku menyukai mereka dari Mark dulu karena dia anak yang baik dan pekerja keras. Aku tahu Jaehyun dan Taeyong adalah visual grup, termasuk Jaemin. Tapi, Mark begitu memikat karena..., ya ntahlah karena suka saja sama kepolosan dan tingkahnya dia yang receh hahahahah. 

Eh, lama-lama aku melirik WayV hahahaha. Mereka sangat lucu, itulah alasanku suka mereka. Apalagi lagunya Love Talk, kujadikan alarm karena begitu candu hahahaha. Itu karena mereka datang di acara ITA kemarin, terus ngulik-ngulik variety show yang ada mereka. Hahahaha, sangat lucu. 

Bisa dibilang, aku menyukai para idol bukan sekadar karena visual. Toh, semuanya memang punya visual. Cuman, karena mereka sangat lucu, kelakuannya kadang bobrok hahahha, dan beberapa lagunya begitu kusukai. 

Lagu-lagu mereka memang enak buat kerja fisik, tapi aku lebih suka yang ballad atau ringan untuk pekerjaan yang butuh banyak mikir dan rileks. Kwkakwak. Lagu-lagu NCT yang awalnya kukenal itu dari NCT Dream - Chewing Gum. Sempet rame kan dulu, tapi karena kuliah ya gitu lewat aja. Dunia realita begitu menyita saat itu. 

Kalo sekarang jadi ada banyak. Apalagi lagu Beautiful sama Make a Wish, hahaha sangat candu. Kalo diminta memilih, rasanya tidak bisa kwkawka. Terus, sekarang ketambahan sama Seventeen, lagu mereka juga bagus dan terpenting mereka itu lucu hahahahaha. Astaga, maafkan aku yang punya selera aneh. 

Aku juga update berita-berita K-pop, tapi kebanyakan dari artis SM. Yang lain, juga suka tapi udah penuh rasanya kepala. Btw, buat Seventeen, suara DK sangat bagus dan aku memutar ulang terus saat dia tampil di drama musikal. Terutama saat adegan itu hahahaha, dia sangat tampan di sana. 

Dunia K-pop sangat membantuku tertawa saat tak ada teman. Aku punya teman, tapi banyak kepisah karena pada lulus kuliah. Apalagi teman SMP, SMA, duh jangan ditanya. Tinggal beberapa orang saja kwkawka, ternyata itu rasanya dewasa. 

Aku juga tidak seidealis dulu pas zaman SMP-SMA. Luffy, aku mulai jatuh sama realita tapi nggak nyerah buat ketemu dia secara langsung. Kwkawkak, aku benar-benar harus mewujudkannya meski sekarang masih berjuang membangun karir. 

Eh, ujungnya aku milih pindah haluan karir kwkawk. Padahal Luffy sempat jadi peta buatku terjun ke dunia lingkungan di perairan. Tak apa, masa depan tidak ada yang tahu memang kwkawk. 

Dewasa ini, aku agak sedih melihat para fans bergelut di media sosial. Bertengkar antar fandom karena masalah K-pop atau ada yang menghujat satu sama lain. Agak sedih sebenarnya. Belum lagi, dengan fans budaya lokal yang kadang ribut sama fans K-pop. Terkadang terjadi di sosmed khususnya Twitter, sericuh itu. 

Benar kata Pattrick, pemujaan yang berlebihan itu tidak baik. Aku sendiri yang sudah mengenal K-pop sejak 2012, sebenarnya agak menyayangkan fans-fans K-pop sekarang yang kadang bergelut di medsos satu sama lain. Ya, itu kadang nggak papa, tapi kata-katanya kurang baik memang mudah terlontar begitu saja di medsos. 

Di satu sisi, menjalani aktivitas online dengan hiburan juga online membuatku benar-benar lelah. Jadi, aku memilih mengurangi menonton K-pop sejenak. Kali ini, para idol khususnya NCT membuatku terus kepikiran tentang mereka. 

Benar-benar sulit memfokuskan diri dan aku sadari untuk perlahan mengurangi hal itu. Aku menyadari, mereka berjuang keras untuk meraih impiannya. Aku pun sama, aku harus berusaha pula. 

emoticon-Traveller
Diubah oleh yesung3424
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
kekoreaan
Kekoreaan
1K Anggota • 10.6K Threads
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 02:45
Apresiasi musiknya saja, tapi jangan sampaj memuja artisnya, apalagi berlebihan. Ingat aja, itu istilah idol itu berasal dari kata bahasa inggris yg artinya patung pemujaan. Kaum pagan membuat idol/patung pemujaan sebagai manifesfasi dewa-dewi yg mereka sembah saat itu. Idol nya dikasi sesembahan/sajen, bahkan paling ekstrim adalah mutilasi diri, pengorbanan manusia. Pokoknya diluar nalar,, logika, dan moral. Jadi apa yg dilakukan manusia pra-abrahamic religion di lakukan kembali oleh manusia modern dgn membuat idol dengan bentuk manusia sungguhan, dan membuat pemujanya melakukan sesuatu diluar nalar dan logika.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 05:14
Ane dari bocil beranjak ke remaja dan sekarang udah emak2 ga ada artis (pemeran) atau grup musik yang ane idolain sama sekali.
Suka ya sebatas suka aja, kalau udah bosen ya udah, ga sampe tergila-gila, terbawa mimpi, sampai stalking siang malem.

Kesukaan ane yang abadi cuma motogp aja 1
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 05:28
10 thn kemudian juga mereka lupa dan gak peduli
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 06:19
Dri anime one piece sama sihh yg nomer 2, ngumpulin episode 1 sampai 900 smpe movienya, hiatus di awal wano wkwk sama nihhemoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 06:32
Dari KPop beralih ke Wibu....
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 06:58
Tidak ada gunanya, untungnya, manfaatnya mengidolai manusia.
Mereka yg di idolai saja kagak kerasa, kagak tau, kagak bisa bantu.
Yg ada rugi. Yg ada menjadi dunia khayalan, yg ada mimpi2 terus.
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 07:17
K-Pop itu biang kerok hilangnya jadwal anime dari stasiun tv nasional
Diubah oleh Rinka17
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 08:52
Ane mulai gak paham pas bagian bahas k-pop emoticon-Wakaka

Ane dr smp ampe s1 dan skrng udah gawe dengerinnya band punk sama metal jadi gak paham nih soal budaya kpop ini, sama berita2 kpop. emoticon-Big Grin
Tapi satu yang ane bingung sampe skrng itu fans kpop kok rusuh bgt ya di twitter? Ane bkn pengguna twitter, Ane tau kabarnya pun dr portal berita sama kaskus. Yang terakhir ane tau itu ada remaja nyela artis kpop, terus mau dibawa ke ranah hukum sama emak2 yg ngaku ibunya artis kpop itu terus ngaku dia pny bekingan aparat sama dosen dia yg pengacara.

Aneh bener, maksud ane kalian gak akan dpt duit atau masuk surga jg krn ngebelain artis2 itu kenapa harus cape2 ribut di twitter. emoticon-Bingung



0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 09:04
Asal masih bisa sadar dengan kehidupan nyata dan menyukai sesuatu sesuai porsinya, ane pikir masih aman.

Jangankan suka Kpop, suka bola atau suka dangdut itu aja udah bisa memancing war kalau memang memuja berlebihan dan orangnya gak sadar diri.

Dan yang paling penting, kita harus saling menghormati kesukaan orang lain tanpa saling merendahkan. Orang yang kita anggap rendah, mungkin bisa jadi jodoh kita. Eh... emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 09:22
Sewaktu kuliah dulu, ane sempat dicekokin girlband korea namanya bambino, sampe akirnya nonton bareng, tapi untungnya ga bikin candu sih...
Agak teralihkan karena ane masih doyan berat ama hits jepang one ok rock, sama anime kuroko no basuke, slam dunk, naruto dan hunter x hunter yang sering ane tonton berulang2. emoticon-Traveller
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 09:24
"ngambil jurusan perairan karena luffy" anda the real nakama sekali yaah emoticon-Toast

kok kita sama2 hiatus di arc wano ya, ane jg hiatus pas otw arc wano, tp ane ga baca manga one piece, pure nntn anime doang.

kalo udah bosen dgn one piece bisa di explore anime lain kek rezero, mushoku tensei, danmachi, jujutsu kaisen, msh bnyk lg sih yg seru2, ane jg skrg ga ngerjar one piece karena kesibukan dan klo ada waktu malah nntn anime lain emoticon-Add Friend (S)

walopun setiap ada movie one piece wajib bgt untuk di tonton.

ane jg sama fans kpop taun 2012-2013 jaman SMP hahahaha pertama kali kenal itu SISTAR & T-ARA dulu, kl boyband lbh suka BIGBANG,MBLAQ sih dibanding SUJU hahaha , tp setelah generasi itu ga ngikutin lg sih
Diubah oleh SE W550i
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 10:46
ane masih ngga paham, apa sih yang bikin kayak gini gini candu? kok bisa sih meng idolakan ORANG sampe segitu nya.. kayak kasus kemaren di Central Park sampe bikin macet jalanan dan ngga bisa
akses mol saking penuh nya..

jujur ane ngga pernah mengidolakan siapapun, kayak aneh aja gitu.. dulu ane sempet ngikutin Kpop jaman SNSD, tapi yaa cuma sekedar suka aja sih ngga sampe yang super super excited terus ngikutin konser nya, beli merchandise nya gitu gitu.. mreka bisa cantik dan bertalenta itu semua di bentuk, memang ada team khusus yang membentuk mereka jadi se sempurna itu.. banyak orang orang sekitar kita juga cantik bahkan ngga kalah cantik..

mungkin yang sekarang jadi fans fanatik bisa jelasin kenapa kalian bisa se fanatik itu? apa bener cuma karena idol nya ganteng/cantik doang bisa sampe se melekat itu? aneh aja sih.. mereka para idol ngga kenal kalian, ngga perduli sama kalian, ngga tau kalian itu siapa.. kok bisa kalian begitu perduli sama mereka itu piyee..

kebanyakan halu..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 11:07
Iya gan apalagi budaya K-Pop Korea Utara. Serem emoticon-TakutKecanduan K-pop Itu Mengerikan!
profile-picture
darkwilliam00gg memberi reputasi
1 0
1
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 11:17
Plastik kok dipujaemoticon-Betty
profile-picture
ytbjts memberi reputasi
1 0
1
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 13:06
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 14:40
kalau mnrt ane kesukaan itu gak masalah, suka musiknya dan suka ntn anime, gak masalah, cuma harus diketahui mana yg nyata mana yang enggak, gak semua yg kita lihat di layar kaca/komik itu real emoticon-Cool
0 0
0
Kecanduan K-pop Itu Mengerikan!
09-11-2022 17:05
Pewjan ane tutup dulu ya gan emoticon-Cool

Edited :
Kisahnya mirip-mirip yang di marih
https://m.kaskus.co.id/thread/54108d...nya-bagaimana/
Diubah oleh squitward
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia