Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/636866364a49db6bc202373f/review-novel-kabut-dendam
Kemiskinan Tak Membuatmu Hina Hallo GanSist, apa kabar kalian semua? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Udah lama rasanya ane hiatus dari Kaskus, tapi meski pergi cukup lama. Itu tidak mengurangi rasa rindu ane pada Kaskus yang menggebu-gebu. Hei GanSist, ane tidak mau lama berbasa-basi. Kali ini ane mau bahas review novel karya dari penulis horor, siapa lagi kalau bukan Ciayo In
Lapor Hansip
07-11-2022 08:58

Review Novel Kabut Dendam

icon-verified-thread
Kemiskinan Tak Membuatmu Hina
Review Novel Kabut Dendam

Hallo GanSist, apa kabar kalian semua? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Udah lama rasanya ane hiatus dari Kaskus, tapi meski pergi cukup lama. Itu tidak mengurangi rasa rindu ane pada Kaskus yang menggebu-gebu.

Hei GanSist, ane tidak mau lama berbasa-basi. Kali ini ane mau bahas review novel karya dari penulis horor, siapa lagi kalau bukan Ciayo Indah. Ane pernah bahas satu novel beliau berjudul Review Novel Nyai Mursiyem, karena novel-nya itu berseri, satu dengan lainnya berhubungan. Jadi ane pengennya bahas satu-satu sebagai ungkapan rasa sayang ane terhadap novel karya Ciayo Indah.

Nah, kali ini GanSist, ane mau bahas soal novel Kabut Dendam. Novel kedua dwilogi dari Misteri Magrib. Sedikit kita bahas ISBN dan perjalanan novel ini yang sudah baik cetak dengan jumlah penjualan yang selalu ludes.

Quote:Judul : Kabut Dendam
ISBN : 978-602-5891-82-3
Desain Sampul : Dion Michael
Editor dan Layout : Aprial Umardi
Penerbit Uwais :
Cetakan Pertama, November 2018
Cetakan Kedua, April 2019
Cetakan Ketiga, Oktober 2019
Cetakan Keempat, Januari 2020


Itu dia sedikit ulasaan tentang cetakan buku, sekarang mari kita fokus ke isi buku. Kalian penasaran kenapa buku ini bisa best seller dan masuk di gramedia loh. Yups, karena tulisan, pengemasan, penyampaian, yang disuguhkan itu ringan tapi bisa membawa kita merasakan feel cerita setiap tokohnya dari pemeran utama hingga pembantu.

Review Novel Kabut Dendam

Kabut Dendam menceritakan tentang kehidupan seorang Saso, pemuda yang menjadi saksi hidup kengerian di kampungnya. Teror dari jin perempuan berjiwa iblis bernama Dahlia yang suka merasuki jiwa manusia, yang memiliki rasa takut dalam dirinya, misteri pembunuhan berantai yang terjadi membuat kita berpikir, siapakah dalang dibalik semua peristiwa ini.

Saso hanya pemuda biasa yang hidup dalam kemiskinan sejak kecilnya. Hinaan, cibiran, fitnah halus,dipandang rendah oleh lingkungan telah menciptakan jelaga dendam di hatinya. Setelah mengumpulkan keberanian, Saso akhirnya memutuskan pergi meninggalkan tempat lahir yang menorehkan banyak luka batin baginya.

Kepergian Saso menjadi pukulan berat bagi Roma, gadis muda cantik, anak dari Tuan Macan Sawit alias TMS di kampung tersebut. Perjalanan cinta mereka tidaklah mudah, Saso yang sadar diri tengang jati dirinya memilih pergi. Sedangkan Roma si gadis keras kepala dan agresif, berusaha mencari keberadaan kekasih hatinya.

Konflik sederhana hanya tentang perbedaan kasta si Tuan dan si miskin. Misteri-misteri yang diciptakan dalam narasi, membawa kita seperti sedang menonton film thriller. Kita bisa berimajinasi mengikuti setiap show dan tell dalam novel ini. Tapi karena pengemasan yang oke banget, ane sendiri baru sadar setelah tamat baca hahahaha.

Bukan cuma romansa cinta antara Saso dan Roma yang menarik di sini. Banyaknya ilmu tersirat, terselip pesan moral yang sangat banyak setelah ane baca berulang kali. Di sini perasaan kita akan diubek-ubek! Sedih dan ketawa terjadi barengan, kalau kalian baca sendiri jangan sampe dikira gila!

So sad banget deh kalau udah baca di bagian perjuangan Saso dan teman-temannya membuka lahan baru. Ditemani teror kuntilanak mengerikan yang bikin kalian bakalan jump scares meski cuma baca novel. Ane pastikan kalian akan sangat dendam kepada TMS, karena kekejamannya terhadap masyarakat sekitar. Terutama keluarga Saso yang jadi sasaran kebenciannya, sebab berani mencintai anak perempuannya.

Ada satu pesan yang ane suka dari buku ini dan jika diartikan, itu mempunyai makna yang mendalam. Nasihat Mang Karim ke Saso.

Review Novel Kabut Dendam
Foto pribadi

Quote:"Menanamlah sesusah apapun hidupmu, selama kau menanam, masih akan ada harapan."

Kalau ane terjemahkan sekilas, ini bisa diartikan bahwa kita tidak boleh lelah menanam kebaikan. Meski badai cobaan terus datang, selama kita fokus dengan kebaikan. Akan ada masanya kebaikan itu berbuah baik untuk diri kita.


GanSist, kalau kalian penasaran dengan novel ini, silahkan deh cari profil Mbak Ciayo Indah, seperti ane bilang tadi, bukunya sudah ada di Gramedia dan platform online milik Asma Nadia. Nanti ane spill di pageone ya.

Review Novel Kabut Dendam
Foto Pribadi (novel di Gramedia)

Tidak ada kritik yang bisa ane berikan untuk novel ini, karena plot twist banget dengan misteri yang bikin otak muter kaya rollercoaster. Cuma sedikit protes aja sih, kenapa bikin cerita sesadis ini😭😭😭 bikin mewek bombay, hatiku hancur berkeping-keping.

Sekian review dari ane Gansist. Semoga kalian teracuni dan otw masukin koleksi novel bagi yang suka baca 🀣🀣🀣🀣. Ane nggak bisa lebih panjang lagi bahas, karena takutnya jadi spoiler. So, buruan kepoin aja bukunya.

Create, foto, ulasan : Opini Pribadi
Ciamis 07 November 2022
Diubah oleh ummusaliha
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan muyasy memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
buku
Buku
2.9K Anggota β€’ 8.5K Threads
Review Novel Kabut Dendam
07-11-2022 08:58
Pageone
0 0
0
Review Novel Kabut Dendam
07-11-2022 09:02
Novel Mbak Ciayo Indah bisa kita baca di KBM ya gaes ya. Di Shopee juga udah banyak yang jual. So gak bakalan kehabisan kaya dulu awal-awal pesanan membludak.
0 0
0
Review Novel Kabut Dendam
08-11-2022 04:54
Novel mbak Ciayo indah. Ngeri ngeri sedepemoticon-Takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Review Novel Kabut Dendam
09-11-2022 12:18
wah keren, mksh infonya mimin emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Review Novel Kabut Dendam
14-12-2022 22:40
Ohh jadi begitu ceritanya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Review Novel Kabut Dendam
27-12-2022 05:34
Horor kah? Agak my cup of tea kalo horor. Walau agak ngeri2 sedap bacanya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia