others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/636718b0f7e27b260035f35f/cara-menanam-cabe-rawit-dari-biji-hingga-panen-terbaru
Cabai rawit (Capsicum frutescens) adalah tanaman asli Amerika. Lewat thread Kaskus kali ini, tim agronomi toko pertanian Lmga Agro akan berbagi tips cara menanam cabe rawit dari biji hingga panen terbaru. Benih Cabe Rawit | Kaskus Catatan : Tekan Show jika anda ingin melihat benih cabe rawit Cara menanam cabe dari biji petani harus menggunakan benih berkualitas hibrida atau unggul dengan kualitas
Lapor Hansip
06-11-2022 09:15

Cara Menanam Cabe Rawit Dari Biji Hingga Panen Terbaru

Cabai rawit (Capsicum frutescens) adalah tanaman asli Amerika. Lewat thread Kaskus kali ini, tim agronomi toko pertanian Lmga Agro akan berbagi tips cara menanam cabe rawit dari biji hingga panen terbaru.


Benih Cabe Rawit | Lmga Agro



Catatan : Tekan Show jika anda ingin melihat benih cabe rawit

Cara menanam cabe dari biji petani harus menggunakan benih berkualitas hibrida atau unggul dengan kualitas terbaik dan jelas sejarahnya. Jangan menggunakan benih dengan kualitas yang belum terbukti.


Agar lebih aman maka petani bisa menggunakan benih perusahaan benih terbaik yang ada di Indonesia. 

Cara menanam cabe dari biji hibrida dan unggul terbaik petani lebih terjamin keuntungannya.

Semoga materi ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca thread Kaskus semua. Terutama yang ingin mendapatkan hasil terbaik dari tanaman cabe.

Quote:Catatan :Benih cabe rawit dari biji buatan petani bukan hasil produksi perusahaan benih.



Tanaman ini kini menjadi salah satu komoditas andalan petani saat jalankan usaha mandiri bisnis berkebun.

Saat ini cabai rawit merupakan salah satu produk pertanian yang bernilai ekonomi tinggi di Indonesia.

Peningkatan jumlah petani cabai rawit  harus diikuti dengan keterampilan dan penguasaan materi tentang cara menanam cabe yang baik dan benar. 

Melihat pertumbuhan ini, tak ada salahnya saya ingin berbagi cara menanam cabe rawit dari biji hingga panen.

Semoga  menambah perbincangan dan informasi tentang cara menanam cabai rawit dari biji hingga panen yang Anda miliki selama ini.

Maka tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan petani yang masih menanam cabai. Permintaan  cabai rawit  juga terus meningkat di Indonesia.

Harga cabe rawit yang tinggi sepanjang tahun membuat petani semakin tertarik dengan tanaman penghasil rempah-rempah ini,

Hal ini tidak lepas dari kesukaan masyarakat Indonesia yang menyukai masakan  pedas.

Cabai rawit merupakan salah satu bumbu yang menambah kepedasan masakan ini. Apakah Anda salah satu yang menyukai makanan pedas??

Cabai rawit memiliki rasa yang paling pedas dan pedas jika dibandingkan dengan 3  cabai lainnya, seperti: cabai merah besar, cabe keriting hingga paprika.

Penasaran kenapa cabai rawit lebih pedas dibandingkan cabai lainnya. Cabai rawit mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin yang merangsang saraf di selaput lendir Anda.

Capsaicin kimia  dalam cabai rawit adalah yang tertinggi. Inilah yang memberi lada ini rasa pedasnya saat Anda menggigitnya.

Tingkat kepedasan dan kepedasan buah ini tergantung pada varietas, kematangan tanaman, kondisi tumbuh dari pupuk yang kami berikan.

Kepedasan dan intensitas setiap lada diukur pada skala Scoville. Kalau suka paprika manis, bisa pakai paprika manis dan ringan atau pedas, ada banyak pilihan.

Cabai rawit beradaptasi untuk tumbuh di daerah tropis, terutama di sekitar khatulistiwa. Menanam paprika di rumah itu mudah dan ada banyak varietas yang bisa dipilih.

Apakah Anda sedang mencari rasa, suhu atau warna, ada biji cabai yang cocok untuk setiap kesempatan.

Cara Menanam Cabe Rawit Dari Biji

Budidaya cabai biasanya dilakukan oleh petani. Tanaman ini kini menjadi salah satu komoditas hortikultura yang berkembang di kalangan petani.


Quote:Cara menanam cabe dari biji  banyak dilakukan oleh  petani. Petani sering memilih cabe rawit merah kering  dan menggunakannya sebagai bahan tanam.



Namun kondisi saat ini banyak petani  sudah  meninggalkan cara menanam cabai rawit dari biji yang hasil dari membuat sendiri.

Dengan membuat benih sendiri, petani menganggapnya tidak praktis dan tidak ada jaminan kualitas benih dari hasil yang petani buat.

Sehingga saat ini banyak petani yang mulai beralih menanam benih cabe hasil dari produksi perusahaan penghasil benih.

Cabai rawit  dari hasil penelitian perusahaan benih lebih aman dalam segala hal. Ini masuk akal karena kualitas varietas ini berasal seleksi induk terbaik yang pernah ada.

Benih produk terbaru dari perusahaan benih  sudah punya standar kualitas yang jelas. Yang lebih penting lagi benih sudah melalui seleksi dengan ketat dari tim ahli yang kompeten.

Tanaman cabai rawit  perusahaan benih  biasanya datang dalam dua  varietas. Yang pertama adalah  hibrida, sedangkan yang kedua adalah penyerbukan bebas (OP).

Tanaman cabai rawit untuk  hibrida biasa disebut dengan  F1, sedangkan untuk varietas OP kita kenal dengan benih unggul terbaik.

Bagi petani, menanam cabe rawit jauh lebih mudah daripada menanam cabai keriting, cabe  besar, sampai paprika.

Tanaman cabai rawit  lebih beradaptasi dengan lingkungan. Itu juga membuat merawat tanaman cabai ini  jauh lebih mudah.

Hal yang sama berlaku untuk ketahanan terhadap hama. Oleh karena itu, tidak salah jika dari segi luas dan kuantitas semakin banyak petani yang melakukan usaha mandiri di bidang budidaya cabai.

Cara menanam cabe dari biji bisa flexible. Anda bisa terapkan pada lahan kecil. Kita bisa menggunakan biji cabai rawit dari kita semua untuk memasak .

Namun, itu hanyalah hobi atau tangga bisnis rumah dengan tujuan memanfaatkan area di sekitar rumah yang ada.

Cara ini akan sangat cocok untuk sistem penanaman polybag dengan  hanya beberapa lusin tanaman. Tidak dalam skala usaha hortikultura seperti yang dilakukan petani.

Kita bisa memilih cabai buatan sendiri dengan jenis pedas biasa atau sangat pedas dan pedas.

Sangat serbaguna, Anda dapat menanamnya di dekat jendela yang cerah, di rumah kaca atau langsung di tanah.

Cabai rawit juga cocok untuk wadah seperti pot tanaman dan polybag yang kami hasilkan bisa berwarna cerah.

Adaptasi Tanaman Cabe Rawit

Tanaman ini paling cocok tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 0 sampai 500 meter di atas permukaan laut.

Meski begitu, cabai rawit tetap bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 1.000 mdpl.

Jika kita menanam cabe di daerah pegunungan, hasilnya akan menurun. Di dataran tinggi, tanaman cabai rawit masih bisa berbuah.

Menanam cabe rawit di pegunungan membutuhkan waktu panen yang lebih lama. Selain itu, produksi benih cabai rawit yang kurang, dapat dilihat sebagai kelebihan atau kekurangan.

Karena tentu saja konsumen mengapresiasi, namun bobot buah menjadi lebih ringan. Cabai rawit yang tumbuh di Indonesia sangat beragam.

Quote:Secara umum dikenal dua jenis cabai rawit, yaitu cabe rawit putih  dan cabe rawit hijau.  Padahal, jika kita mencatat dan mendata, setiap lokasi memiliki jenis cabai rawit yang berbeda-beda.



Menanam cabai rawit relatif kurang berisiko dibandingkan cabai besar. Tanaman ini lebih tahan terhadap hama dan penyakit, meskipun hama yang menyerang cabai besar juga dapat menyerang cabe rawit.

Lmga Agro saat ini memberikan layanan konsultasi tentang cara menanam cabe rawit, mulai dari pemilihan benih hingga penanganan pasca panen.

Seleksi Benih Cabai Rawit

Saat ini sudah banyak  benih cabe rawit hibrida dengan standar kualitas  masing-masing. Pilih benih yang  sesuai dengan kondisi masing-masing lahan.

Jika sulit ditemukan atau harganya mahal, kita bisa membuat benih cabe rawit sendiri dari hasil panen kita.

Cara menanam cabe dari biji dengan membuat sendiri lakukan darurat dan skala terbatas. Jangan sampai nanti biaya yang anda keluarkan tidak seimbang dengan hasil panen.

Namun, kualitasnya tidak akan sebagus hasil produk perusahaan benih tersebut. Seperti yang  saya tulis di atas. Pertimbangkan sebelum menggunakan benih cabe hasil buatan sendiri.

Jika ingin digunakan sebagai bahan tanam, perlu diingat bahwa pupuk tanaman harus dalam kondisi yang memadai.

Tambahkan nutrisi Fosfor, Kalium, Kalsium untuk menghasilkan kualitas benih yang  lebih baik. Cabai rawit dapat diperoleh dari  panen sebelumnya.

Gunakan buah dari  panen ke 4 sampai 6. Buah ini akan lebih optimal untuk media tanam. 

Buah yang dihasilkan pada masa panen ini biasanya memiliki penyemaian yang optimal.

Dari panen pertama hingga panen ketiga, bibit cabai rawit umumnya masih sedikit. Sedangkan menjelang  akhir masa panen, jumlah benih banyak tetapi ukurannya kecil.

Untuk memilih benih cabai rawit yang baik, pilihlah beberapa tanaman yang sehat dan kuat. Dari pohon-pohon ini pilih buah-buahan yang terbentuk sempurna, bebas dari hama dan penyakit.

Kemudian biarkan buah matang di pohon. Jika memungkinkan, biarkan buah  mengering di pohon. 

Setelah dipetik buahnya, potong kulitnya memanjang. Buang biji di pangkal dan ujung buah, ambil biji di tengah. Benih di tengah biasanya kualitas terbaik.

Kemudian rendam biji cabai rawit  dalam air bersih. Buang partikel-partikel yang mengambang,  yang cocok agar biji-biji itu berisi dan tenggelam di dalam air. Kemudian keringkan bijinya, sekitar 3 hari.

Kecuali  benih organik, kami dapat menyediakan fungisida untuk mencegah serangan jamur.

Kemudian, simpan benih di tempat yang kering dan jaga agar udara tetap bersirkulasi setiap saat.

Jika disimpan dengan benar, biji cabai rawit bisa bertahan hingga dua tahun. Benih yang baik memiliki pertumbuhan minimal 80%.

Semakin lama benih disimpan, semakin sedikit benih yang akan tumbuh. Jika tingkat pertumbuhannya kurang dari 50%, sebaiknya jangan menggunakan benih.

Rekomendasi Varietas Cabe Rawit Terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik dari tanaman cabai Anda. Anda dapat menggunakan benih cabai premium dan hibrida yang diproduksi oleh perusahaan benih.

Namun jika Anda memiliki usaha rumahan atau hobi berkebun, Anda bisa menerapkan cara menanam cabe rawit dari biji yang bisa Anda buat sendiri.

Keuntungan dan kerugian penyediaan bahan tanam untuk kedua sistem ini telah dirinci di awal artikel ini. Pertimbangkan baik-baik sebelum ambil keputusan.

Pembaca dan petani sama-sama dapat menggunakan benih dari produk unggul dan hibrida yang kami jual. Toko pertanian Lmga Agro hanya jual benih yang sudah terbukti memberi hasil terbaik bagi petani.

Anda dapat membaca semua kebutuhan benih cabe rawit Anda untuk usaha berkebun mandiri Anda melalui katalog produk kami cabe rawit.

Menanam cabe akan baik jika kita bisa menabur benih sendiri. Hal ini untuk memastikan bahwa benih yang kita tanam adalah asli dan tidak palsu.

Oleh karena itu, Anda semua harus memahami proses dan langkah-langkah menanam cabe rawit dari biji, terutama pada tahap pembibitan.

Kebutuhan benih untuk satu hektar tanaman cabai rawit sekitar 120 gram. Benih tersebut harus disemai terlebih dahulu untuk dijadikan benih.

Gunakan biji cabe sesuai kebutuhan. Anda bisa menggunakan bibit cabe rawit dari bibit yang sudah Anda siapkan atau dengan membeli produknya dari perusahaan bibit.

Siapkan lokasi pembibitan terbaik  khusus untuk mengurangi kerusakan. Gunakan naungan plastik UV untuk hasil biji-bijian yang lebih baik.

Hal ini diperlukan untuk menaungi pembibitan dari  sinar matahari langsung, hujan lebat, dan angin kencang.  Siapkan kantong polyester berukuran 6×8 cm dan isi dengan tanah hingga pot penuh.

Media persemaian terdiri dari campuran tanah, arang dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Pertama, ayak bahan dan aduk rata. Silakan pelajari lebih lanjut tentang  membuat media  pembibitan.

Saat persemaian sudah siap, rendam benih cabai rawit dalam air hangat selama kurang lebih 6 jam. 

Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan. Kemudian masukkan benih ke dalam pot semai sedalam 0,5 cm, tutupi permukaan pot dengan tanah.

Jangan lupa lakukan penyiraman dengan air di pagi dan sore hari. Untuk mencegah air merusak media pot, tutupi permukaan polybag dengan koran.

Kemudian, siram permukaan koran dengan air hingga air menetes ke permukaan polybag. 

Bibit cabe rawit akan menjadi bibit cabe rawit paling melimpah setelah dua minggu. Namun biasanya pada hari ke-7, benih mulai berkecambah.

Bibit cabe rawit baru bisa dipindahkan ke tanah terbuka setelah 3 - 4 helai daun atau sekitar 20 hingga 25 hari setelah semai.

Itu tadi adalah bagian tahapan cara menanam cabe rawit dari biji pada tahapan pembibitan yang harus anda kuasai. Jika ada yang kurang jelas silahkan hubungi tim kami.
 
Pengolahan Tanah Dan Penanaman

Setelah tahapan dengan materi pembibitan serta cara menanam cabe rawit dari biji kita lakukan. Maka kita juga harus jalankan proses pengolahan tanah.

Pengolahan tanah harus dimulai bersamaan dengan menabur benih. Jadi ketika bibit cabai rawit sudah siap tanam maka tanah sudah siap digunakan.

Penggarapan dimulai dengan cangkul atau penggarapan hingga kedalaman sekitar 40 cm. 

Jika tanah terlalu asam, netralisasi dengan dolomit umumnya sekitar 1 sampai 4 ha/ton tergantung pada keasaman tanah.

Kemudian pergi ke bedengan  lebar 100-110 cm, tinggi 30-40 cm tergantung kondisi medan, jarak antar bedengan lebar 60 cm.

Campurkan pupuk organik yang sudah kita fermentasi, pupuk kandang yang masak sempurna dengan jumlah 10-15 ton/ha, jika tanah kurang subur bisa ditambahkan Za, SP36, KCl secukupnya.

Menggunakan film plastik hitam perak memang akan meningkatkan produktivitas, namun hal ini harus dipertimbangkan dengan matang karena biaya. Apalagi saat ini harga mulsa plastik  terus meningkat dari hari ke hari.

Jika Anda masih ingin menggunakan pelapis plastik. Maka Anda bisa menggunakan harga mulsa plastik termurah.

Anda dapat membeli film plastik murah, yang dapat Anda beli melalui toko pertanian Lmga Agro.  Karena harga pasar rata-rata cabai rawit tidak setinggi cabai besar, penggunaan pelapis dapat merugikan.

Oleh karena itu, petani dapat menggunakan solusi lain, yaitu dengan menggunakan mulsa organik Anda bisa menggunakan jerami sebagai pengganti mulsa.

Namun, petani harus terus memantau agar mulsa jerami  tidak menjadi masalah baru. Jika dibiarkan, lapisan mulsa organik berupa jerami ini akan menjadi tempat berkembang biaknya hama.

Buat lubang tanam dengan jarak 50-60 cm, lubang tanam dua baris pada bedengan dengan jarak 60 cm.

Buat lubang zigzag yang tidak sejajar. Hal ini berguna untuk meningkatkan penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara. Ingatlah untuk membuat semua lubang pupuk dengan diameter 5 cm, 20 cm dari lubang tanam.

Pindahkan benih ke pot semai di lubang tanam dengan cara merobek atau mengeluarkan kantong semai.

Air agar tetap lembab. Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari Menanam di petak bunga dapat diselesaikan dalam satu hari.

Perawatan Tanaman Cabai Rawit

Penyiraman hanya pada musim kemarau. Jika kondisi terlalu kering, tanaman cabai rawit bisa mati.

Bedengan dapat disiram dengan cara menuangkan atau merendam  bedengan dengan menahannya selama 30 menit agar air dapat naik dan meresap ke dalam tanah.

Kita mungkin akan banjir seminggu sekali untuk melihat kondisi lingkungan yang ada.

Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur 15 hari setelah pindah tanam.

Anda bisa melakukannya secara langsung  atau bisa juga kita encerkan dengan air terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan setelah setiap panen.

Pupuk tambahan dapat digunakan dengan pupuk organik cair atau kompos, pemupukan setiap tanaman dengan 100 ml pupuk cair encer.

Perawatan lain yang diperlukan adalah penyiangan. Karena budidaya cabai rawit jarang menggunakan mulsa, maka penyiangan perlu dilakukan lebih hati-hati .

Kita perlu menciptakan  lingkungan  terbaik agar cabai rawit  tumbuh dengan baik. Selalu jaga agar lokasi penanaman cabai kami bebas dari gulma.

Kendalikan Penyakit Berbahaya

Tanaman cabai rawit sebenarnya cukup tahan terhadap hama dan penyakit. Tapi itu tidak berarti dia benar-benar kebal.

Hama yang menyerang cabai merah  juga bisa menyerang  cabai rawit, antara lain kutu daun, lalat buah, kepik, dan lainnya.

Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman cabai rawit adalah penyakit patek,  kerdil, keriting daun  dan busuk buah.
 
Penyakit ini terutama menyerang di musim hujan, terutama saat hujan lebat. Untuk kontrol yang lebih baik.

Jika anda mengalami masalah hama dan penyakit pada tanaman cabai anda saat berkebun. Konsultasikan segera dengan ahli agronomi di Lmga Farm Shop.

Anda akan mendapatkan solusi terbaik untuk hama  yang menyerang tanaman cabai rawit yang Anda tanam.

Memanen Cabai Rawit

Cabai rawit sudah mulai berbuah dan bisa dipanen 2,5-3 bulan setelah tanam. Masa panen bisa berlangsung selama 6 bulan atau lebih.

Bisa dipanen setiap 2-5 hari sekali, tergantung kematangan buah dan kondisi pasar. Disarankan untuk memilih cabai rawit  dengan tangkai untuk memperpanjang umur simpan.

Jika  dibiarkan matang di pohon, tidak ada bunga baru yang terbentuk dapat mengurangi hasil keseluruhan sebesar 25% atau lebih.

Maka ini adalah pilihan untuk Anda. Ingin memetik buah hijau atau merah  dengan  hasil  lebih tinggi.
 
Buah yang dipetik adalah yang berwarna jingga sampai merah. Panen di pagi hari sampai 09:30. 

Umur tanaman cabai rawit bisa mencapai 24 bulan. Frekuensi panen selama masa panen bisa 15 -18 kali .

Untuk budidaya intensif, tanaman cabai rawit biasanya dipelihara sampai berumur 12 bulan. Namun, itu semua tergantung pada jenis lada, cara menanamnya, dan cara perawatannya.

Hasil  cabai umumnya antara 10 dan 15 ton/ha, tergantung pada varietas dan teknik budidaya. Dalam budidaya yang optimal, potensinya bisa mencapai 20 ton/ha.

Namun, semakin tua pohon, semakin rendah hasilnya, sehingga tidak lagi layak secara ekonomi untuk dipelihara.

Demikian catatan kecil tentang cara menanam cabe rawit dari biji hingga panen ini bisa menjadi panduan singkat Anda.

Jika Anda menghadapi masalah saat menjalankan bisnis kebun cabai mandiri, Anda sekarang dapat berkonsultasi dengan tim di toko pertanian Lmga Agro.
0
Masuk untuk memberikan balasan
pertanian-perkebunan-dan-peternakan
Pertanian Perkebunan dan Peternakan
299 Anggota • 1.4K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia