Sports
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633900589320de40950ef29b/127-penonton-tewas-setelah-laga-arema-fc-vs-persebaya-ini-bukan-kejadian-biasa
Bukan fenomena biasa, 127 supporter sepakbola tewas setelah laga pertandingan Arema FC VS Persebaya Media sosial dan pemberitaan Nasional tengah heboh memberitakan kabar tragedi meninggalnya 127 orang supporter team sepakbola setelah laga pertandingan Arema FC Vs Persebaya pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Adapun kronologis kejadian tragis tersebut terjadi
Lapor Hansip
02-10-2022 10:07

127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa

icon-verified-thread
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
Bukan fenomena biasa, 127 supporter sepakbola tewas setelah laga pertandingan Arema FC VS Persebaya


Media sosial dan pemberitaan Nasional tengah heboh memberitakan kabar tragedi meninggalnya 127 orang supporter team sepakbola setelah laga pertandingan Arema FC Vs Persebaya pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Adapun kronologis kejadian tragis tersebut terjadi setelah peluit panjang yang mengakhiri pertandingan antara Arema FC dengan Persebaya Surabaya yang dimenangkan oleh Persebaya Surabaya dengan skor 3-2.

Euforia pertandingan menimbulkan kericuhan antar supporter yang mengakibatkan sebanyak 127 orang tewas dan puluhan orang mengalami luka serius dan kritis karena baku hantam, berdesak-desakan, dan juga disinyalir mengalami sesak nafas karena cairan gas air mata yang disemprotkan ke tribun penonton yang mengalami kericuhan.

Berdasarkan laporan terakhir dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam konferensi pers di Malang, pada hari ini Minggu 2 Oktober 2022, 127 orang tewas menjadi korban jiwa atas tragedi pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya.


127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa


Terjadinya kericuhan antar supporter yang menjadi penyebab tragedi tewasnya 127 orang ini benar-benar menjadi pukulan keras bagi masyarakat sekaligus pengurus persepakbolaan tanah air.

Adanya kejadian ini menambah panjang riwayat buruk persepakbolaan Indonesia, entah itu dari pengurus maupun penonton atau supporter yang belum bisa bijak dalam memberikan dukungan terhadap team sepakbola yang didukung.

Tewasnya supporter sepak bola diketahui di Indonesia sering sekali terjadi setelah adanya pertandingan antara dua team sepakbola yang memiliki penggemar atau suppoter fanatik. Tawuran dan kericuhan sudah dianggap sebagai ritual dan sekaligus tradisi yang dilakukan setelah pertandingan sepakbola dan terjadi karena pendukung tidak menerima team yang didukung mengalami kekalahan.

Tapi untuk tragedi tewasnya 127 orang supporter kali ini tidak bisa dianggap sebagai kejadian atau fenomena biasa, karena sepanjang sejarah pertandingan sepakbola di Indonesia dapat dikatakan baru kali ini ada kericuhan yang sampai mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

Dari adanya kejadian ini tentu pemerintah harus mengambil tindakan tegas untuk mencegah terjadinya kejadian serupa kedepannya. Sekaligus lebih meningkatkan kembali kualitas keamanan saat adanya pertandingan yang menghadapkan dua team besar yang memiliki pendukung fanatik dan identik dengan sifat anarkis dan rusuh.


127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa


Bukan hanya Pemerintah dan pengurus persepakbolaan Indonesia, masyarakat terkhusus para supporter sepakbola juga dituntut untuk bisa bijak dan tertib dalam memberikan dukungan kepada team yang sedang berlaga serta tidak membuat kericuhan ketika team sepakbola yang didukung mengalami kekalahan.

Tidak ada sepakbola yang seberharga nyawa manusia, itulah sebabnya kita semua harus bisa untuk tertib dan tidak membuat kericuhan hanya karena team yang didukung mengalami kekalahan dalam pertandingan.

Mari kita perbaiki bersama dunia sepakbola Indonesia. Jangan sampai hanya karena supporter yang bar-bar kemudian mencoreng nama baik Tim Nasional Indonesia di kancah Internasional dan mengakibatkan nama baik Indonesia ikut tercemar karena ulah supporter.

Semoga untuk para korban jiwa yang meninggal dunia diberikan ketenangan di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran.


127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk untuk memberikan balasan
sports
Sports
4.1K Anggota • 21.3K Threads
Halaman 1 dari 5
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:07
emoticon-Mewek bener-bener tragedi yang luar biasa
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan provocator.3301 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:07
emoticon-Turut Berduka semoga semua korban yang meninggal dunia diterima di sisi Tuhan
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan provocator.3301 memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:08
emoticon-Matabelo bisa-bisanya sampai 127 orang tewas, dan kemungkinan masih bertambah
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan provocator.3301 memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:20
emoticon-Mewek bisa-bisanya sampek 127 orang tewas
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:26
emoticon-Cape d... kenapa lagi ini sepakbola Indonesia
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:35
seluruh dunia tercengang.. memalukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 10:47
Baru juga timnas masuk Piala Asia, ini malah pada bikin ulah emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 11:20
Ngeri bre.... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 11:25
emoticon-Cape d... kok bisa gini ya, sampek 127 orang lebih yang mati
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 11:42
Quote:Original Posted By LordFaries4.0
Ngeri bre.... emoticon-Takut
emoticon-Cape d... ngeri banget gan

Quote:Original Posted By nurhuda008
emoticon-Cape d... kok bisa gini ya, sampek 127 orang lebih yang mati
emoticon-Matabelo bahkan kabarnya masih nambah lagi gan
0 0
0
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 11:47
untuk agan2 yg cukup cerdas, kalo mau nonton bola di indo mendingan di tv aja atau streaming, udah sering kejadian begini, yg gak mau ikutan ribut juga bakal kena kalo di tkp.
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 11:50
-Regulatornya sembrono
-suporternya katro
-broadcasternya gila rating
-Panpel nya mata duitan
-polisinya gatau aturan.

Kombinasi mematikan, REST IN PEACE SEPAK BOLA INDONESIA🥀🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:00
Itu senjata tajam ikutan ga itu?
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:07
RIP..... Ini tragedi persepakbolaan yg memalukan.

Pemerintah berikutnya musti memasukkan reformasi sepakbola ke program kampanyenya.

Mungkin ane terkesan itu2 lagi. Tapi harus ane katakan. Bayangkan dengan kondisi JIS yg sekarang, pintu keluar masuk yg kurang terbagi, akses luar yg terbatas, sehingga tdk memungkinkan superter berlawanan bisa dikeluarkan scr terpisah.
Belum lagi parkir yg tdk memadai, lingkungan sekitar yg perkampungan.

Kalo terjadi bentrok.... Aduh.... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:08
Ternyata selain Revolusi PSSI perlu adanya Revolusi Liga dan Revolusi para suporter
Diubah oleh afterglovv
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:09
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:21
Quote:Original Posted By angopmaksimal
RIP..... Ini tragedi persepakbolaan yg memalukan.

Pemerintah berikutnya musti memasukkan reformasi sepakbola ke program kampanyenya.

Mungkin ane terkesan itu2 lagi. Tapi harus ane katakan. Bayangkan dengan kondisi JIS yg sekarang, pintu keluar masuk yg kurang terbagi, akses luar yg terbatas, sehingga tdk memungkinkan superter berlawanan bisa dikeluarkan scr terpisah.
Belum lagi parkir yg tdk memadai, lingkungan sekitar yg perkampungan.

Kalo terjadi bentrok.... Aduh.... emoticon-Mewek
emoticon-Cape d... pasti bakal banyak korban karena berdesakkan

Quote:Original Posted By afterglovv
Ternyata selain Revolusi PSSI perlu adanya Revolusi Liga dan Revolusi para suporter
emoticon-Cape d... iya, semua perlu direvolusi

Quote:Original Posted By menachem.ali
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
emoticon-Mewek tambah lagi
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:24
emoticon-Turut Berduka
cb kt bertanya pd rumput yg bergoyang

"smg yg meninggal dunia di ampuni dosanya, di terima amal ibadahnya dan keluarga yg di tinggalkan di beri ketabahan"
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:29
Karena sepak bola nyawa bisa hilang sebanyak ituemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
127 Penonton Tewas Setelah Laga Arema FC Vs Persebaya, Ini Bukan Kejadian Biasa
02-10-2022 12:38
begitulah kalau fanatisme buta alias berlebihan. sehingga berat menerima kenyataan dariNya yang tak sesuai keinginan.

profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia