Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63368bcb29f4f726d65ca850/apakah-membuat-cerita-yang-bagus-sulit-untuk-perfilman-indonesia
Belakangan ini saya memutar kembali sebuah film lama. 12 Angry Men. Sebuah film tentang 12 orang yang merupakan juri sebuah persidangan memutuskan apakah seorang anak remaja bersalah karena telah melakukan pembunuhan atau tidak. Itu adalah film keluaran tahun 1957 tapi ditonton berkali-kali pun tetap saja rasanya luar biasa. Tak ada aksi, tak ada cgi, tak ada musik jreng-jreng, bahkan filmnya send
Lapor Hansip
30-09-2022 13:25

Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?

icon-verified-thread
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?

Belakangan ini saya memutar kembali sebuah film lama. 12 Angry Men. Sebuah film tentang 12 orang yang merupakan juri sebuah persidangan memutuskan apakah seorang anak remaja bersalah karena telah melakukan pembunuhan atau tidak. Itu adalah film keluaran tahun 1957 tapi ditonton berkali-kali pun tetap saja rasanya luar biasa.

Tak ada aksi, tak ada cgi, tak ada musik jreng-jreng, bahkan filmnya sendiri masih hitam putih. Hanya dengan modal cerita dan kemampuan akting para pemerannya film ini sukses menjadi salah satu film berating paling tinggi di ImDB.

Dan, seperti biasa, saya pun membandingkannya dengan film-film Indonesia. Saya tahu Indonesia tak bisa bersaing dalam hal CGI maupun kualitas aktor film Amerika, tetapi setelah menonton film ini saya pun harus menerima bahwa kualitas cerita film Indonesia bahkan tak lebih baik dibanding film Amerika 65 tahun yang lalu.

Pernah kepikiran nggak, kenapa cerita dari film maupun sinetron Indonesia itu nggak bagus-bagus amat? Tentunya dengan prinsip modal sesedikit mungkin dan untung sebesar-besarnya sinema Indonesia selalu menjadikan rating dan jumlah penonton sebagai patokan utama. Dengan kata lain, selera pasar adalah apa yang mempengaruhi cerita.

Dan menurut Anda seperti apa cerita yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia dan akhirnya tercermin dalam bentuk film maupun sinetron? Yeah, silahkan jawab sendiri.

Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?

Kenyataannya, saat negara-negara barat gempar-gemparnya memajukan literasi, masyarakat Indonesia terus jalan di tempat dengan cerita yang itu-itu saja. Ibu tiri kejam, anak durhaka, si kaya sombong, si miskin merana, dan tentunya serial-serial komedi. Dari cerita saja tidak bagus, dari karakter apalagi. Kebanyakan karakter dalam sinema Indonesia selalu hitam dan putih. Dengan kata lain satu pihak harus sangat jahat dan pihak lain harus sangat baik.

Mirisnya, dua jenis karakter itulah yang bisa dicerna oleh mayoritas masyarakat. Karakter yang abu-abu seperti orang oportunis atau netral hanya akan membuat penonton bingung. Selain itu penonton juga tak bisa mencerna cerita yang terlalu berat sehingga terkadang suara-suara hati para aktor harus dikeluarkan agar penonton bisa mengerti apa yang suatu karakter pikirkan.

Tepat di situlah masalahnya, kebanyakan penonton tak bisa mencerna karakter maupun cerita yang rumit meski sedikit sehingga cerita harus dibuat serendah-rendahnya. Tambahkan bumbu-bumbu komedi dan unsur dewasa maka film pun siap laku di pasaran. Mudah? Tentu. Menguntungkan? Itu benar. Kalau cerita yang jelek saja sudah untung mengapa harus buat cerita yang bagus?

Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?

Paham kan? Masalahnya ada di pihak penonton itu sendiri. Jika ada sutradara yang membuat film dengan cerita rumit maka sangat mungkin film tersebut akan merugi dan karena itulah film-film bagus sangat sulit ditemukan. Tak perlu CGI mahal maupun artis dari luar negeri, dari segi cerita yang seharusnya bisa menjadi titik saing adil saja Indonesia kalah telak dari film-film luar.

Menyedihkan? Ya, memang. Bukan berarti semua orang Indonesia itu bodoh, tetapi karena film-film Indonesia berkualitas rendah membuat orang-orang ini tak mau repot-repot menonton film lokal dan lebih menggemari film luar. Jangan salahkan mereka, tapi cobalah introspeksi diri sendiri.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
movies
Movies
8.7K Anggota • 18.8K Threads
Halaman 1 dari 4
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:27
Perfilman apa pertivian nih. Untuk film layar lebar kualitas film nasional sedang naik soalnya. Kalau sinetron ya ancur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dimazlane dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:29
Anehnya film film indo yang udah jelas banget niru film luar tetap nggak bisa dibilang bagus. Sekali lagi, selera pasar.

Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?


Edit:

Ada satu lagi yang kurang dari film indo. Quote! Di film luar banyak quote yg sampe dijadiin meme, di sini ane malah nggak pernah liat
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:44
Sebenarnya indo punya banyak gudang cerita sih. Entah mau adaptasi novel atau komik. Sayang aja produksi film di sini nggak begitu banyak

Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:52
sempet Indonesia punya film2 bermutu tinggi seperti 'pacar ketinggalan kereta', 'naga bonar', dan sejenisnya...

______________ emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:56
Mungkin bisa aja gan bikin film yg cerita bagus, tapi kan cerita bagus belum tentu bisa laku di pasaran sih. Pada akhirnya selera penonton yg menentukan wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 13:59
menurut ane cuma 3 masalahnya gan

1. Selera pasar
Mau sebagus apapun ceritanya, penerimaan di khalayak luas belum tentu positif
2. Resiko ke depan nya
Liat contoh film "?" bagus nggak?, kata ane bagus
cuma apa yang terjadi kemudian?
Intepretasikan sendiri
3. LSI
Sensor tentu saja annoying

Disamping variabel lain seperti contek contekan, harus ada tete dimana mana, dan sekuel2 yang terkesan dipaksakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:00
sepertinya memang sulit untuk bikin cerita sendiri, rata2 jiplak cerita negara lain

cek toko sebelah yg ane tonton si, ga tau jiplak apaemoticon-Ngakak
Diubah oleh ushirota
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:06
Yg penting (.)(.) Gede pasti laku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:10
3 idiot. Film india minim cgi. Tapi ceritanya luar biasa. Mengangkat isu tentang dunia pendidikan.

A few good men dan my cousin vinny. No cgi juga. Setting nya di situ2 aja. Tapi ceritanya menarik.

Drama yg disukai penonton Indonesia, hanya seputar percintaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:13
tukang bubur naik haji, TOP, preman pensiun bagus banyak penontonnya khususnya emak2 bor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:37
Sulit
Harus ada unsur senggama dan agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 14:59
Emg ide nya sih kayanya...
Juga terbentur sm budaya, aturan sih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:03
akting nya jelek gan,,

jujur kebanyakan jadi pemeran karena modal tampang, bukan modal karakter yang cocok dengan isi cerita (dimana isi ceritanya juga udah ga bermutu juga).

jadi udah lah cocok itu dua kombinasi, isi cerita yang ga mutu, pemeran nya jg ga mutu dari segi kecocokan, maksa aja artis ganteng cantik biar cepet laku film nya,,

dan artis2 itu kebanyakan dari mana? akting adalah karir, sama halnya dengan pekerjaan2 serius lainnya,,

klo mau berkarir di dunia akting setidaknya ambillah latar belakang pendidikan nya.

apakah itu artinya semua artis harus dari latar belakang pendidikan akting? tidak juga, banyak juga yang tidak belajar akting. Tapi bukan berarti dunia akting adalah dunia yang gampang digeluti, modal tampang selesai urusan, klo mindset seperti itu ya ga bakal maju dunia perfilman,,

masalahnya siapaaa yang punya kesadaran begitu? hanya segelintir orang, sisanya orang aji mumpung yang modal ganteng cantik, dipake di film, berharap laku sedikit udah seneng, yang penting maen film, tah film nya laku ato egak ga penting, yang penting udah digaji gede,, tar klo filmnya ga laku jg paling dapet tawaran maen iklan dsb,,,

udah muter di situ terus aja,,

dengan ekspektasi sekecil itu mau dikasi duit bermilyar2 buat bikin film jg gw rasa kaga bakalan laku,,

masalahnya bukan di penonton gw rasa, karena penonton film holywood yang berkelas dan jalan cerita yang rumit jg laku2 aja di indonesia,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:04
Film paporit ane...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:15
Di Indonesia ga ada sekolah atau kuliah khusus jurusan perfilan kali ya, jadi susah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:29
Masalah nya 2 sumber :
1. Produser yang malas untuk berkreativitas sehingga nyari jalan pintas dengan menirunya. Atau mengikuti selera pasar..
2. Pasar : konsumen kebanyakan menyukai konsep drama ala sinetron. Ga suka drama yang berkualitas buat mereka itu berat dipahami. Kalau ga film populer action, horor made in Hollywood. Soalnya klo bikinan Indonesia terlihat norak...

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:31
lah emang kita ga punya karakter film guys
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:55
Klo isi ceritanya pamer, julit, iri, dengki dan balas dendam yg laku di indo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightyear dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 15:58
menyedihkan, banyak orang yang seleranya rendah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Membuat Cerita yang Bagus Sulit untuk Perfilman Indonesia?
30-09-2022 16:01
kemarin nonton film indonesia "LOVELY MAN" yang mayan berani ambil view lain. cukup lumayan dibandingkan film film bokep horor yang pernah mewabah dulu.
profile-picture
profile-picture
lightyear dan famousrich memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia