Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
211
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63363a8be518ea02041077a0/menghapus-subsidi-bbm-sebenarnya-bisa-jadi-langkah-yang-bijak
Baru-baru ini ada seorang artis yang memberi usul(?) agar harga BBM dinaikkan hingga satu juta per liternya. Dia mendapat banyak cemohan—tentu saja—karena harga setinggi itu memang sangat tidak masuk akal. Meski demikian, coba kita lihat dari sisi lain, kira-kira bagaimana bila subsidi BBM dihapuskan sehingga harganya menjadi mahal? Mari kita lihat dulu situasi di lapangan. Tentunya kendaraan
Lapor Hansip
30-09-2022 07:38

Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

icon-verified-thread
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

Baru-baru ini ada seorang artis yang memberi usul(?) agar harga BBM dinaikkan hingga satu juta per liternya. Dia mendapat banyak cemohan—tentu saja—karena harga setinggi itu memang sangat tidak masuk akal. Meski demikian, coba kita lihat dari sisi lain, kira-kira bagaimana bila subsidi BBM dihapuskan sehingga harganya menjadi mahal?

Mari kita lihat dulu situasi di lapangan. Tentunya kendaraan bermotor seolah sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap rumah tangga sehingga BBM merupakan kebutuhan yang krusial. Meski demikian apakah subsidi BBM benar-benar tepat sasaran? Saya sedikit sanksi, bagaimanapun saya sering melihat mobil mewah yang beli BBM bersubsidi.

Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

Tidak akan aneh jika sebenarnya subsidi BBM lebih banyak dinikmati oleh kalangan orang-orang kaya. Harga BBM yang murah juga cenderung membuat orang-orang boros menggunakan bensin. Contohnya tetangga saya yang untuk pergi ke Indomaret yang jaraknya cuma seratus meter saja harus naik motor.

Lalu bagaimana bila subsidi BBM dihapus?
Mari lihat sisi positifnya terlebih dahulu.
Pertama, orang-orang akan membatasi penggunaan kendaraan bermotor dan beralih menggunakan kendaraan listrik, sepeda, kendaraan umum, atau berjalan kaki. Jika hal tersebut terjadi maka akan mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi udara serta suara. Semakin sedikit kendaraan berarti tak perlu lagi anggaran untuk pelebaran jalan, tak ada lagi waktu yang dihabiskan di jalan, dan tak ada lagi penyakit paru-paru.

Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

Kedua, peralihan ke kendaraan listrik. Kendaraan listrik saat ini memang belum benar-benar praktis, tetapi karena menggunakan listrik maka itu adalah kendaraan yang sehat dan ramah lingkungan. Dengan keadaan minyak bumi yang semakin menipis dan pemanasan global yang terus mengancam, tampaknya ini menjadi solusi yang benar-benar bagus.

Ketiga, menghemat anggaran. Pada tahun 2022 ada 502,4 triliun anggaran negara yang dihabiskan untuk mensubsidi BBM. Kembali ke poin pertama, BBM yang tidak disubsidi berarti tak perlu lagi anggaran pelebaran jalan, tak perlu anggaran kebersihan udara (ada nggak ya?), dan setidaknya akan mengurangi subsidi untuk bidang kesehatan. Katakanlah ada 1000 triliun yang dihemat akibat tindakan ini. Itu jumlah uang yang banyak untuk bidang-bidang yang lebih membutuhkan.

Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

Dan sekarang kerugiannya.

Pertama, Domino Effect. Harga BBM yang mahal akan mengakibatkan biaya transportasi menjadi tinggi, khususnya transportasi bahan-bahan kebutuhan pokok dari produsen ke konsumen. Karena semua barang memang perlu ditransport, maka tak bisa dipungkiri kenaikan BBM akan membuat segala kebutuhan menjadi lebih mahal.

Namun, kembali ke poin keuntungan nomor 3, ada 1000 T anggaran yang siap dialihkan. Pemerintah bisa memberi subsidi pada pupuk petani, pakan ternak, pelet nelayan, atau membangun tower internet hingga ke pedalaman. Beri subsidi pada kebutuhan-kebutuhan pokok. Dengan begini meski kebutuhan sekunder menjadi lebih mahal, kebutuhan primer jadi jauh lebih terjangkau, subsidi pun jadi lebih tepat sasaran.

Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak

Kedua, ongkos angkot mahal. Yep, baik orang kaya maupun miskin akan tetap dikenai harga yang sama saat naik angkot. Transportasi memang menjadi kebutuhan primer dalam berbagai bidang, khususnya bagi mereka yang harus bepergian cukup jauh. Tak semua orang sanggup berjalan kaki dan sepeda juga bukan kendaraan ayng praktis bagi sebagian besar orang.

Ada beberapa metode untuk mengatasi ini. Pertama, angkot listrik. Pemerintah harus membuat gebrakan cepat dengan 1000 T anggaran yang tersisih dan memastikan kendaraan listrik sekaligus chargernya bisa dijangkau hingga ke pedalaman. Beri penawaran pada para supir angkot agar mereka mau menukar angkot milik mereka dengan angkot listrik. Mereka tak akan punya pilihan, jika mereka ngotot menggunakan BBM maka mereka akan tersisih oleh angkot listrik yang lebih murah.

Kayaknya cuma itu sih kekurangannya, kalau ada yang lain silahkan tulis di bawah.

Intinya di sini, menghapus subsidi BBM sebenarnya bisa menjadi langkah yang amat baik dalam mengoptimalkan anggaran dan memajukan peradaban dan mencegah krisis iklim. Pertanyaannya, dalam praktek lapangan apakah hal ini sungguh-sungguh bisa terjadi? Well, silahkan dibayangkan.

sumur
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 27 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.7K Anggota • 916.2K Threads
Halaman 1 dari 6
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
05-10-2022 14:24
Ah, masa
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
03-10-2022 15:40
rasanya mau gimanapun solusi yg di tawarkan selama pemerintah nya gak beres, semua hanya cuma mimpi.
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 11:03
Subsidi masih diperlukan, untuk membantu sektor2 tertentu, disini subsidi sebagian besar salah sasaran, jadi ya begitulah
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 09:06
Subsidi sebaiknya juga untuk bahan pokok..
Stabilisasi harga kebutuhan, suka sedih klo lihat berita barang2 kebutuhan pokok bisa anjlok atau terlalu mahal di konsumen, tp di produsen ngga berubah banyak 🥺
Hal ini yg buat orang jd segan untk terjun ke bisnis bahan pokok 🥺
Produk barang2 kebutuhan pokok harus distandarisasi baik harga dan kualitas, agar bisa langsung didistribusi dari tangan pertama 🥲
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 07:31
tambahan gan.. belum lagi mafia2 minyak yang maenin bahan bakar subsidi untuk suplai ke perusahaan2 tambang dan lain2 yang menggunakan bbm dalam skala besar. sebenernya mereka yang paling kelimpungan. ketika subsidi bbm dicabut, mereka otomatis harus menggunakan bbm non subsidi yang harganya lebih mahal sehingga meningkatkan biaya produksi dan mereka ga bisa mendapatkan keuntungan maksimal. jadi yang paling merasa dirugikan sebenernya ya mereka2 itu. penggunan bbm berskala besar. Dihembuskanlah isu2 ke masyarakat sehingga digerakkan mahasiswa2 dan masyarakat yang gak lagi mengkaji kondisi untuk turun ke jalan2 demo.. and so on.. and so on.. serba salah memang. semoga Allah melindungi bangsa ini. Aamiin.
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 05:53
Bisa jadi, bisa juga salah.


Ane lebih ke perketat proses nya.

Dr import dan atau pengeboran Sampai konsumen.

Perpendek "lehernya" sehingga cepat sampai konsumen dan murah.
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 01:05
Ane ga percaya sama Pertamina dan yg utak utik bicara soal subsidi dan tetek bengeknya, jd ane lebih memilih SPBU Swasta emoticon-Embarrassment
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
01-10-2022 00:42
Bbm naik, gue kira pemerintah kasih solusi angkutan massal.
Ternyata malah rencana borong mobil listrik untuk kepentingan oemerintah.

Pro rakyat nya sebelah mana?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 23:22
Bertaun' gini" aj trs pembahasannya wkwk
profile-picture
kepalaember memberi reputasi
1 0
1
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 22:38
mau ikutan komen tapi ngeri, karena ane bukan ahli keuangan/ekonomi apalagi perminyakan. tapi yang namanya "monopoli" yaaaa gitu dah gan....
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 21:44
Renyah banget kek kacang goreng yak emoticon-Ngakak
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 21:17
Ide nya bagus gan mengalihkan kendaraan BBM ke listrik.
Masalahnya hal kayak gitu cuman bisa dilakuin sma orang2 mampu,
Buat yg gk mampu beli mh amsyong, apalagi pas2an, beli motor aja second 2 jutaan pajak mati, boro2 ke beli motor listrik.
Jadi harus dibuatin "jembatan" peralihannya gan.

Kebanyakan orang terlalu mikirin "orang kaya" sma "orang miskin",
Nah yg menengah ini gk pernah dipikirin, dapet bantuan pemerintah juga ngga, uang buat ngikutin 'regulasi' pemerintah juga gk ada.
Amsyong lah nasib kaum 'menengah'

emoticon-Hammer2
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 19:12
Berhentilah beralasan ini itu kenapa bbm perlu naik dan kenapa tidak.

Tanyakan ke diri masing2, emangnya bisa harga bbm itu turun?

Tidak bisa....

Krn sumber daya tidak terbarukan dan pasti suatu saat akan habis, sementara kebutuhan terus meningkat.

Pertanyaan sebenernya adalah,
Naiknya sekarang, atau nanti.

Sudah saatnya mulai membiasakan dg energi alternatif.
Motor/mobil listrik jadi barang umum itu tinggal nunggu waktu aja.....
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 19:08
subsidi dialihkan itu cm bahasanya pemerintah, harga bbm jd naik krn emang subsidinya jd bengkak makanya dinaikkan, yg artinya nggak akan ada pengalihan subsidi, orang udah pas2an.....
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 18:10
Udah lah hapus aja BBM bersubsidi. Uda salah sasaran masih aja dilanjutin. Kalau mau tepat sasaran gampang caranya. Tempatin personil polisi, tilang aja mobil / motor mahal yang isi BBM bersubsidi. Mamam tuh!
profile-picture
unsaved memberi reputasi
1 0
1
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 17:30
The main problem is corrupt

Itu aja dlu
Gk ush jabarin ini itu

Smua klo ada rules taat & gk ada abuse gw yakin negri ini bner emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kepalaember dan unsaved memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 17:20
Hapus subsidi
Pindah subsidi ke pendidikan gratis ampe s1
Dan kesehatan kaya apa miskin ditanggung pemerintah buat berobat ato rawat inap
0 0
0
Post ini telah dihapus
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 16:28
Mau gimana juga bbm ni udah jadi salah satu kebutuhan primer. Subs ga subs ttp aja bakal beli wkwk
0 0
0
Menghapus Subsidi BBM Sebenarnya Bisa Jadi Langkah Yang Bijak
30-09-2022 16:00
Hitung2annya harga keekonomian itu dari mana dulu??
Harus transparan. Jangan angka simsalabim langsung muncul. Seenaknya Pertamina saja
Kalau misal Pertamina rugi ya harus diaudit dulu kenapa kq bisa rugi???
Sektor mana yg tidak efisien, Apa gaji para petingginya yg mencapai Milyaran itu worthed buat perusahaan yg katanya " merugi " terus????
Jangan2 dikit2 bilang merugi trus rakyat lagi yg dikorbankan?
Nda ada bedanya rezim yg skrang sama rezim pendahulunya
profile-picture
unsaved memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia