News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6334fd34a0af0d6e7b66bd67/apa-salah-anaknya-goemon-kok-ikutan-direbus-juga
Gbr diambil dr kaskus Trit ini hasil "nyolong" ide dari trit Gan c4punk1950.... : Sejarah Robin Hood Asal Jepang! Ishikawa Goemon, Matinya Mirip Kozuki Oden :lehuga Jadi tritnya bercerita tentang Robin Hood-nya Jepang, si Goemon. Di salah satu bagian, diceritakan bahwa saat dihukum rebus, Goemon mengangkat tinggi-tinggi anaknya, supaya anaknya tidak kena rebus. Gara-gara cerita itu, munc
Lapor Hansip
29-09-2022 09:04

Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?

icon-verified-thread
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?

Gbr diambil dr kaskus

Trit ini hasil "nyolong" ide dari trit Gan @c4punk1950.... :
Sejarah Robin Hood Asal Jepang! Ishikawa Goemon, Matinya Mirip Kozuki Oden


emoticon-Leh Uga
Jadi tritnya bercerita tentang Robin Hood-nya Jepang, si Goemon. Di salah satu bagian, diceritakan bahwa saat dihukum rebus, Goemon mengangkat tinggi-tinggi anaknya, supaya anaknya tidak kena rebus.

Gara-gara cerita itu, muncullah pertanyaan di atas :
Quote:"Apa salah anaknya ya? Kok ikutan direbus juga?



Sebelum ane menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa hal yang perlu kita ingat, yaitu konteks sejarah dan sosial budaya pada waktu terjadinya hukuman ini. Goemon itu hidup di era-nya Hideyoshi, saat seorang pemimpin negara memiliki kekuasaan yang tidak terbatas.

Di jaman itu belum nyaring yang namanya pejuang Hak Asasi Manusia.

Untuk mempertahankan kekuasaannya, para pemimpin di jaman itu, bisa berbuat apa saja yang menurut mereka perlu.

Jepang, memiliki kemiripan dengan Cina, dan Korea, karena sama-sama banyak menganut paham Konfusianisme. Meskipun tentu saja, tidak mungkin Konfusius mengajarkan hukuman yang sifatnya tidak manusiawi seperti di atas. Akan tetapi, ada bagian dari ajaran Konfusianisme, yang menurut ane, menyumbang munculnya hukuman di atas.

Yaitu ajaran untuk menjunjung tinggi nilai orang tua dan leluhur. Put hau atau tidak berbakti, itu salah satu sebutan yang paling mengerikan buat orang Cina. Ketika seseorang mendapatkan label sebagai anak yang tidak berbakti, itu sudah seperti dosa yang terbesar yang bisa dia lakukan.

Sebagai efek samping, muncul pemikiran (buat yang suka baca cersil): "Basmi rumput harus sampai ke akar-akarnya."

Kenapa yang salah orang tuanya, kok anaknya ikut kena hukuman mati? Ya karena kalau anaknya dibiarkan hidup. Sebagai anak yang berbakti, maka suatu saat nanti, kemungkinan anak itu akan berusaha menuntut balas atas kematian orang tuanya. Goemon sendiri, berdasarkan sebagian cerita, membenci Hideyoshi karena Hideyoshi yang membunuh ayah Goemon. Jadi kalau anaknya Goemon dibiarkan hidup, sama saja mengijinkan hal yang sama terulang kembali.

Untuk yang suka nonton atau baca cerita silat, tentu sudah sering bertemu tema cerita seperti ini, di mana seorang kaisar menghukum mati seluruh keluarga. Biasanya diceritakan ada satu anak yang lolos dan kemudian tumbuh besar jadi pendekar sakti, lalu membalaskan dendam kematian orang tua dan keluarganya. Tema ini sering muncul, karena memang dalam sejarahnya, hukuman mati semacam itu ada, di mana bukan cuma yang bersalah tetapi juga keluarganya dihukum mati. 

Hukuman semacam itu diberi nama : "Nine familial extermination." Diberi angka sembilan (kalau tidak salah, cmiiw) karena hukuman matinya menyebar ke sembilan hubungan keluarga.

Jadi yang dihukum mati adalah :
- Si terhukum
Kemudian :
1 Isterinya.
2 Anaknya.
3 Cucunya.
4 Orang tuanya.
5 Mertuanya.
6 Kakek dan neneknya.
7 Saudara-saudaranya dan juga keluarga mereka.
8 Om dan tantenya si penjahat.
9 Saudara sepupu dan keluarganya.

Hukuman ini bisa dikatakan sangat kejam (karena yang tidak bersalah akan ikut terhukum), bahkan untuk jaman waktu itu. Tujuan dari hukuman ini biasanya untuk melanggengkan kekuasaan. Bukan sekedar masalah keadilan. Bayangkan kalau di jaman sekarang ini, mahasiswa yang tertangkap berdemo akan dihukum, bukan cuma dia tapi juga keluarganya.

Mungkin belum sampai si mahasiswa berangkat demo, dia sudah dihajar ama emak bapaknya sendiri di rumah.
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Jadi kalau menilik dari cerita Goemon, maka kemungkinan terbesar Goemon memang tertangkap saat mencoba membunuh Hideyoshi. Atau setidaknya ketahuan berusaha melakukan pemberontakan atau pembunuhan terhadap Hideyoshi. Sebab hukuman semacam nine familial extermination ini, biasanya hanya dijatuhkan untuk kejahatan amat berat : pengkhianatan terhadap negara, upaya menggulingkan kekuasaan, dsb.

Kalau Goemon cuma sekedar mencuri dan merampok dari orang kaya untuk dibagikan ke orang miskin, kemungkinan yang dijatuhkan bukan hukuman di atas.




Sumber referensi:

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Nine_f...exterminations

2. https://medium.com/lessons-from-hist...ve-7370527c3af
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
4.9K Anggota • 5.8K Threads
Halaman 1 dari 3
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 09:18
Terus kenapa itu anaknya ikut direbus, belum tentu juga balas dendam kan bisa diurus sama penguasa di doktrin anak orang lain, apalagi ikut perang jadi serdadu sekelas kopral yang kalau di medan perang jadi tumbal duluan emoticon-Bingung
Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 11:38
Hukuman 1 keluarga utuh ini masih berlaku di korut, serta sedikit di modifikasi di RRT pd masa kini....

1.
21st century

North Korea

In North Korea, political prisoners are sent to the kwalliso concentration camps along with their relatives without any fair trial.[58] North Korean citizens convicted of more serious political crimes are sentenced to life imprisonment, and the summary two generations of their family (children and grandchildren) will be born in the camps as part of the "3 generations of punishment" policy instigated by state founder Kim Il-Sung in 1948.[59][failed verification][circular reference] 

North Korea's political penal labor colonies, transliterated kwalliso or kwan-li-so, constitute one of three forms of political imprisonment in the country, the other two being what Hawk (2012)[60] translates as "short-term detention/forced-labor centers"[61] and "long-term prison labor camps"[62] for misdemeanor and felony offences respectively. In total, there are an estimated 150,000 to 200,000 political prisoners housed within the North Korean imprisonment system.[60] In contrast to these other systems, the condemned are sent there without any form of judicial process as are their immediate three generations of family members as kin punishment.


---- > jd, di korut, jk ada 1 org pembangkang, desertir, kabur ke LN, dsb nya, maka, biasanya seluruh anggota keluarganya yg tersisa akan dimasukkan ke kamp2 konsentrasi, yg biasanya semua anggota keluarganya akan jd budak pekerja, yg bs di siksa dgn segala cara ama aparatur negara nya dinasti KJU.....

2.
https://www.amnesty.org/en/location/.../report-china/

Weilina Muhatai, an ethnic Kazakh woman living in Xinjiang, and her two sons, Muheyati Haliyoula and Parisati Haliyoula, remained missing since August 2020. They may have been detained for their activism on behalf of their imprisoned husband and father, Haliyoula Tuerxun. Following their disappearance, other relatives were informed that Haliyoula Tuerxun died in detention in December 2020.

Following a stay in hospital, Uyghur woman Mahira Yakub was returned to Yining Detention Centre in Xinjiang in late November 2020, where she remained without access to her family or a lawyer of her choosing. She went missing in April 2019 and was indicted in January 2020 for “giving material support to terrorist activity” after transferring money to her parents in Australia to buy a house.8

The Chinese authorities continued to pressure other governments to return Uyghurs living abroad back to China. Idris Hasan was arrested at Casablanca airport on 19 July after flying to Morocco from Turkey. Detained for more than five months, Idris Hasan remained at risk of extradition to China where he could face lengthy arbitrary detention and torture and other ill-treatment.


---- > kalo di RRT, ada 1 pembangkang, kaum oposisi, aktivis, dst nya, maka seluruh anggota keluarganya yg tersisa bs jd tahanan rumah dan atau di cap dlm semua event di dlm RRT, sbg pembangkang, yg akan alami kesulitan (dipersulit) ama dinasti PKT, tuk berinteraksi, komunikasi, bepergian kemanapun...

Itu hukuman yg paling ringan.......
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 11:50
Wah mantap ada trit tandingannya
emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:09
ketika sebuah komen menjadi ide sebuah trit
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:22
gua kira rebus beneran bor
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:25
Harusnya di terapkan buat ngehukum koruptor ini..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:25
Analisanya dalam dan logis gan..
Pantesan di film anime Jepang banyak tema seperti itu.. kayak pembasmian klan uchiha yang dinilai memberontak sehingga dihabiskan seluruh klan khawatir terjadi balas dendam dari keturunan.. tentu saja Sasuke yang selamat ingin menghancurkan Konoha...

Serem juga ya demi melanggengkan kekuasaan itu...
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:27
Setau ane di Cina diterapkan. Keluarga koruptor dimiskinkan dan dipenjara..

Cmiww
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:37
parah bener...yg salah satu orang yang nanggung seluruh keluarga
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:47
di korut juga loh, yg salah anak, tapi sekeluarga di hukumemoticon-Leh Uga

mungkin lebih baik seperti itu, biar kejahatan berkurang, you salah, sekeluarga dihukum
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:50
Mantab nih kalo diterapkan diindonesia, khususnya untuk hukuman kejahatan2 luar biasa.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:54
saking takutnya kalo sampe balas dendam, sampe anaknya di-ekse emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
lurahbjngknyot dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 12:57
Bisa juga buat efek psikologis buat orang lain biar mikir 212 kali kalo mau memberontak, bisa2 keluarga yg dia cintai bakal bernasib sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nguikghur dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:17
Habis total satu keluarga emoticon-Smilie
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:20
hmm...masuk akal jg ya
good ,
ternyata di korut sm china masih menganut begini sih
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:25
wkwk rada gila ini mah
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:36
Mirip zaman orba ya, dicap anak / keluarga pki gak bisa ngapa2in.
Diubah oleh dxbike
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:41
Ingat !!
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Apa Salah Anaknya Goemon? Kok Ikutan Direbus Juga?
29-09-2022 13:59
Kaga ada videonya waktu di rebus wkwk.
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia