News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
219
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632c6a8eaf6e354fde36c650/apakah-kompor-listrik-lebih-murah-biaya-pengeluarannya
Sepertinya pemerintah mendorong masyarakat untuk konsumsi listrik dimasa depan, karena merupakan sumber daya yang tidak terikat pada barang tambang di alam dan bisa di produksi kapan saja. Pemenuhan listrik akan menjadi penting, melihat gas LPG semakin hari semakin ditarik subsidinya. Bahkan pemerintah menginginkan masyarakat beralih ke kompor listrik, salah satu terobosan yang bagus sebenarnya. K
Lapor Hansip
22-09-2022 21:00

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

icon-verified-thread


Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Sepertinya pemerintah mendorong masyarakat untuk konsumsi listrik dimasa depan, karena merupakan sumber daya yang tidak terikat pada barang tambang di alam dan bisa di produksi kapan saja.

Pemenuhan listrik akan menjadi penting, melihat gas LPG semakin hari semakin ditarik subsidinya. Bahkan pemerintah menginginkan masyarakat beralih ke kompor listrik, salah satu terobosan yang bagus sebenarnya. Karena kita tahu banyak gas oplosan di masyarakat dan cukup membahayakan bila terjadi bencana.

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Tapi apakah benar kalau kompor listrik bisa bikin ibu rumah tangga berhemat karena lebih murah dalam pengeluaran anggaran rumah tangga?

Oke, sekarang kita intip dulu harga dari gas LPG yang beredar di pasaran. Apalagi ketika pemerintah menaikkan harga BBM. Menurut kabar berita Pertamina telah menaikkan beberapa kali harga LPG non subsidi baik itu tabung 3 kg berwarna pink, 5,5 kg, maupun 12 kg.

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Kemudian di 10 Juli 2022 Pertamina telah menaikkan kembali harga LPG non subsidi. Harga LPG 3 kg non subsidi yang berwarna pink kini dipatok menjadi Rp 58 ribu per tabung.

Sementara untuk harga LPG 5,5 kg naik menjadi Rp 100.000 - Rp 127.000 per tabung. Sedangkan untuk LPG 12 kg rata-rata harganya mencapai Rp 213.000 - Rp 270.000 per tabung, tentu hal itu dilihat berdasarkan wilayahnya.

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Lalu LPG 3 Kg subsidi sekitar Rp 27 ribu, bagaimana dengan kompor listrik. Jadi begini, rata-rata kompor listrik membutuhkan daya 1.000 watt sampai 1.200 watt per unit.

Namun dengan semakin modernya zaman dan semakin canggihnya kompor listrik, kemungkinan besar sudah ada kompor listrik dengan watt rendah dari 100 watt, 600 watt, hingga 1.000 watt.

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Namun masalahnya adalah masak akan memiliki waktu yang lebih lama, sama seperti halnya magic com untuk menanak nasi dibutuhkan waktu cukup lama dari beras sampai menjadi nasi.

Kalau wattnya cukup tinggi seperti kompor gratis yang rencana akan dibagikan pemerintah 1.000 watt, tentu akan membuat pengeluaran untuk bayar listrik semakin tinggi bila harus membeli LPG subsidi. Tapi kalau LPG tak disubsidi, akan ada penghematan anggaran.

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Sama halnya pemakaian komputer pc, rata-rata 500 watt pemakaian 2 jam sehari saja, biaya listriknya bikin kantong langsung teriak di akhir bulan. Apalagi kompor listrik yang memang harus masak ini dan itu, berjam-jam.

Kalau di subsidi Panel Surya tiap kepala keluarga sih mungkin masih membantu, kalau bayar listrik seperti biasa? Wah, nanti dulu banyak wajan pantat melengkung bakal masuk museum. Pengeluaran buat beli peralatan dapur baru pun meningkat, padahal rakyat susah hidupnya serba pas-pasan.

Itu pendapat saya, tapi apa pendapat gan dan sis?

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?

Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
citizen-journalism
Citizen Journalism
989 Anggota • 11.4K Threads
Halaman 1 dari 5
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 21:01
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1syarif dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 21:02
0 0
0
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 21:02
0 0
0
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 21:49
Kendala nya itu tempat yang belum dijamah sama PLN, masih perlu LPG.

Terus masak pake kompor listrik sih hasil beda dari pake LPG, misal masak air bakal lebih lama dan pas mendidih air nya setau aneh ga se menggelora kalo dimasak pake api LPG (mungkin karena panas nya cuma dari bawah, samping kompor ga kena api)

Tapi ya asal bisa hemat subsidi, ane dukung aja. Secara biar ga perlu pengiriman fisik (hemat BBM mobil antar LPG), hemat biaya yang kirim2, semua via kabel PLN.

Kalo kayak gini, maka urbanisasi perlu digalakkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 21:54
Seperti yg sudah", kaya faksin, kalian aja dulu, yg kebagian, ini aja blum tentu kebagian semua. emoticon-Ngakak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 22:00
Belum ada yg bisa kasih komparasi biaya gas dan kompor listrik ya?.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 22:11
Ga setuju aku konversi dari gas ke kompor listrik. Kalo dipake di rumah sendiri gpp. Itu urusan masing-masing pemakai. Tapi masalahnya para pemilik warung kaki lima biasanya nebeng listrik ke pemilik rumah tempat warung mereka berada. Kalo sampai konversi ke kompor listrik 1200 Watt, ya kasihan yang depan rumahnya dipake jualan dong.

Diubah oleh Yuwen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 22:27
Di kasih kompor Targetnya bwt warga pemakai subsidi.. rumah msh pd pake daya 450va 900va.. mau masak harus matiin semua barang elektronik biar mcb ga trip.. ujung ujungnya harus bayar bwt naikin daya listrik..langsung balik modal emoticon-Ngakak
Diubah oleh siimoeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abunsaurus dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 22:30
Terus kalau yang sudah pakai gas alam gimana tuh gan?
Apakah di cabut?
profile-picture
profile-picture
hasbi93 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 22:31
Harus dikaji ulang dengan matang. Pake kompor listrik justru semua wajan2 nya juga perlu di ganti. Pake wajan khusus buat induksi listrik. Ini mungkin buat proyek rumah tangga menengah ke atas. Buat kalangan menengah kebawah sulit ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 23:06
Gak setuju banget lah daya listrik di rumah ane aja cuma 4 ampere alias 900 va sebulan habis buat bayar listrik sekitar 150rb gas 50rb kalo lpg di ganti listrik resiko nya harus ganti wajan menjadi model datar semuanya dan juga harus tambah daya listrik minimal jadi 1300 VA berarti rugi banyak gua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
22-09-2022 23:56
Mertuaku masak air pake kayu bakar!! emoticon-Mewek
Diubah oleh fredielogan14
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 00:31
Eke kurang suka kompor listrik itu krn gak semua manci bisa dipake jadinya emoticon-EEK!
Trus jadi gabisa pake wajan yg bentuknya macam setengah lingkaran (?) Dan eke masih sering pake wajan gini buat goreng krupuk, masak oseng, nasgor jd klo dipaksa ganti listrik menurut eke sih yg ada org bakal jd punya 2 jenis kompor nantinya emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ytbjts dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 01:58
Aneh, kelihatannya pinter2, cerdas2, pengetahuannya luas, tapi gk ada yg ingat ada kompor energi matahari. Males mikir tu kepalanya, kebanyakan ngegame.
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 04:08
Murah? hahaha

Kayak gak sadar aja tarif listrik akan selalu naik
Ntar juga jadi mahal emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 06:01
Di negara penghasil gas alam terbesar ke-13 di dunia, orang2nya disuruh konversi ke kompor listrik

Program pemerintah bagiin kompor juga mencurigakan
Yg dibagiin kompor 1000watt, padahal di pasaran yg merk lokal aja uda banyak yg 600watt
Trus katanya penerima kompor bakal dinaikin daya listriknya gratis jadi 3.500watt
Tapi kan yg pake 3.500watt ini bayar listriknya lebih mahal krn gak dapet subsidi

Kalo yg asalnya listrik 900watt rugi dong nerima kompor listrik
Dari kategori menengah kebawah dipaksa miskin
Pendapatan belum mencukupi dipaksa naikin taraf hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lumb3rjack dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 07:07
apalah daya ane cuman user listrik 450. otw cari kayu bakar aja deh gan. emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 07:09
Cabut aja semua subsidi biar terang. Berapa nilai tingkat inflasi dan nilai rupiah kita sebenarnya kalo hiperinflasi ya biar kita semua sadar bahwa membangun banyak infrastruktur itu bukanlah mendeskripsikan kemajuan suatu bangsa. Tetapi bagaimana masyarakat bisa bekerja dan memiliki kehidupan yang layak tanpa bantuan apapun itulah yang dikatakan negara mandiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 07:27
dasar kebijakannya kan "pln terlalu banyak menghasilkan listrik"

masa pemerintah malah mau bagi bagi panel surya? ya tetep aja pln over supply,



maunya pemerintah tuh biar masyarakat konsumsi listriknya naik.

kan taek bro, pemerintah genjot pembangunan pln tapi giliran oversupply masyarakat yang suruh tanggung dengan ngabisin listrik pake kompor listrik emoticon-fuck2


lagian kang gorengan dan kang kang yang lain masaknya gimana ntar? gendong aki? narik kabel dari rumah ke lapak dagangannya?




lawak emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Apakah Kompor Listrik Lebih Murah Biaya Pengeluarannya?
23-09-2022 07:46
Program elektrifikasi harus nya fokus ke kendaraan aja kek mobil, motor atau bis listrik..

Rumah tangga ga bisa lah pake kompor listrik..kudu naekin daya plus ganti peralatan masak jg..ribet dan mahal..

Kenapa ga dilanjutin lg progam pipanisasi PGN buat di alirkan ke rumah2..
Udah ada yg jalan kok ..cuma selama ini kan kendala nya pipanisasi PGN yg lumayan mahal..mending fokus disitu dah drpd bikin program yg nyusahin rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia