Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6323ae975b9f0078eb00d5fd/27-potret-yang-menunjukan-bahwa-mata-manusia-mudah-terkecoh
Ketika melihat suatu foto, otak manusia biasanya melakukan pendekatan pada objek-objek yang pernah dilihat sebelumnya. Hal inilah yang membuat kita tak perlu berpikir keras ketika melihat beberapa fotografi bermomen unik. Kita mudah menarik kesimpulan bahwa foto tersebut menyerupai sesuatu hal yang pernah kita lihat sebelumnya. Namun kadang-kadang pendekatan yang dilakukan oleh otak kita menemui b
Lapor Hansip
16-09-2022 06:00

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

icon-verified-thread

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Ketika melihat suatu foto, otak manusia biasanya melakukan pendekatan pada objek-objek yang pernah dilihat sebelumnya. Hal inilah yang membuat kita tak perlu berpikir keras ketika melihat beberapa fotografi bermomen unik. Kita mudah menarik kesimpulan bahwa foto tersebut menyerupai sesuatu hal yang pernah kita lihat sebelumnya.

Namun kadang-kadang pendekatan yang dilakukan oleh otak kita menemui batasnya sehingga beberapa foto yang memiliki kejadian sangat unik langsung mengecoh perhatian kita. Membuat kita terus menerus menatapnya dan kemudian mempersepsikannya sebagai hal yang salah.

Pada thread kali ini kita akan mengamati beberapa foto yang akan mengecoh matamu saking miripnya objek tersebut dengan suatu hal. Penasaran seperti apa potret tersebut, yuk check thread berikut!


Quote:
1. Tas Kartun

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Mirip seperti sticker pada aplikasi sosmed membuat kita langsung berpikiran bahwa potret ini tidak nyata. Ternyata tas-tas pada potret ini nyata hanya saja tekstur dan desainnya dibuat seperti kartun membuat kita terkecoh.


Quote:
2. Kuda Berkepala Dua

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Potret ini hanyalah dua ekor kuda yang bersebelahan. Namun karena warna kulit yang sama, potret kuda ini tampak seperti menyatu. Begitulah pendekatan yang dilakukan oleh otak kita membuat seolah-olah objek pada foto ini merupakan kuda berkepala dua.


Quote:
3. Wajah Kukang pada Kue

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Akui saja bahwa bentuk dari kue ini menyerupai wajah hewan kukang. Begitulah otak kita melakukan pendekatan pada hal yang pernah kita lihat sebelumnya.


Quote:
4. Ekspresi Senang pada Mesin

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Sulit sekali bagi kita untuk tidak mempersepsikan objek ini sebagai ekspresi senang. Lubang pada mesin yang berbentuk setengah lingkaran ditambah dua buah baut diatasnya membuat kita berpikiran demikian.


Quote:
5. Manusia Berkepala Anjing

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Anjing yang menutupi seluruh bagian wajah orang ini membuatnya seolah-olah seperti bagian kepala dari orang ini. Bahkan bulu yang lebat dari anjing ini membuat kaki dan tangannya menjadi tersamarkan. Alhasil wujud objek pada foto ini menyatu sempurna.


Quote:
6. Manusia Berkepala Anjing Tampak dari Samping

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Sudut pengambilan gambar yang tepat memang kadang-kadang membuat objek pada foto menjadi tampak menyatu. Akibatnya foto ini tampak menampilkan manusia berkepala anjing.


Quote:
7. Bayangan Wajah Sarjana

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Bayangan dari sisi tembok ini menciptakan ilusi bagaikan wajah seorang sarjana yang menggunakan topi toga wisuda. Bahkan bayangan tersebut menggambarkan ekspresi seseorang yang merenung memikirkan sehabis wisuda mau kerja apa.


Quote:
8. Pahatan Batu yang Berbentuk Dispenser namun Mirip Seperti Patung Easter Island 🗿

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Sebenarnya patung ini didesain berbentuk dispenser. Lihat saja dari bagian bawahnya yang begitu familier dengan dispenser di rumah agan. Namun bagian atasnya justru mirip seperti kepala 🗿 ketimbang galon. Apa ini karena otak kita yang mudah terkecoh.


Quote:
9. Donald Trump

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Kuping anjing ini ketika dibuka dan diamati kok malah menjadi mirip wajah Donald Trump. Potret ini lah yang menunjukan bahwa otak kita mudah sekali terkecoh dan mempersepsikan ke suatu hal.


Quote:
10. Anjing Bertubuh Besar namun Berkepala Kecil

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Potret ini hanyalah potret dari dua ekor anjing yang sedang bermain. Hanya saja ketika foto diambil si anjing besar sedang menunduk menciptakan ilusi optik seolah-olah kepala anjing yang lebih kecil adalah kepalanya.


Quote:
11. Anjing Berkacamata

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Wanita yang menaruh kacamatanya di rambutnya sedang menunduk sehingga menimbulkan ilusi optik bagaikan anjing berkacamata. Rambutnya yang berwarna pirang juga semakin menjadikan foto ini bagaikan anjing berkacamata.


Quote:
12. Bad Render pada Videogames

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Foto ini bukanlah screenshot dari suatu scene pada games yang memiliki bad render. Foto ini hanyalah kejadian matahari yang tepat berada di atas kepala membuat bayangan tidak terbentuk pada pagar ini. Hmm bisa gitu ya.


Quote:
13. Percikan Air yang Berwujud Kepala Gajah

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Gajah yang sedang bermain-main air ini secara tak sengaja menimbulkan cipratan air yang berwujud seperti kepala gajah. Wah benar-benar kejadian perfect timing yang luar biasa ya.


Quote:
14. Wajah Penuh Curiga dari Bagian Belakang Mobil

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Mobil ini memiliki bagian belakang yang mirip seperti wajah penuh curiga. Menurut agan & sista sendiri kira-kira bagian belakang mobil ini menyerupai wajah karakter apa ya?


Quote:
15. Rumah yang Terus Menerus Menatapmu

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Bagian atap dari rumah ini memiliki ventilasi kecil yang tampak seperti mata. Alhasil rumah ini tampak terus menerus menatapmu. Sepertinya rumah ini cocok dijadikan latar film bertemakan rumah hantu.


Quote:
16. Penampakan Hantu Es

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Siapa yang tak takut melihat wujud es seperti ini ketika malam hari. Awalnya pemilik rumah ini menjadi merinding ketika pertama kali melihatnya. Namun setelah didekati ternyata hanyalah es.


Quote:
17. Kaktus yang Sedang Memanjat

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Kaktus ini bisa-bisanya berwujud seperti manekin yang sedang memanjat. Wujud kaktus seperti ini dapat menjadi ide untuk pembuatan film "I am Groot"


Quote:
18. Tombol Lampu ini Terus Menerus menatap Gansis

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Saklar ini berwujud mirip sekali dengan wajah yang terus menerus menatap agan. Apakah saklar ini habis dimain-mainkan oleh Jin. Dari segala sisi saklar ini akan terus menatap agan kemanapun agan bergerak.


Quote:
19. Kucing Tanpa Kepala

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Kucing yang sedang menggerak-gerakan kepalanya menjadi seperti ini ketika difoto sehingga kepalanya menjadi tampak seperti tidak ada. Kejadian ini menunjukan pentingnya mengatur shutter speed yang tepat dalam momen seperti ini karena banyak sekali wujud penampakan jin yang tercipta akibat shutter speed yang lambat.


Quote:
20. Rollercoaster yang Menembakan Keretanya Ke Langit

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Contrail atau bekas pesawat melintas ini dipotret pada sudut yang tepat menimbulkan ilusi seolah-olah kereta rollercoaster telah meluncur ke langit. Apalagi lebar contrailnya juga cukup besar semakin membuat potret ini tepat sekali.


Quote:
21. Wajah yang Menunggu Kedatangan Pemilik Mobil

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Di sisi kiri foto tampak terlihat tumpukan salju pada mobil yang menyerupai wajah. Wajah ini menyerupai ekspresi tidak senang akibat pemilik mobil yang meninggalkannya terlalu lama.


Quote:
22. Gokil! Kencing di Celana

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Pantulan gambar dari mimbar kaca ini membuat pria ini tampak seperti kencing di celana. Haduh kasian juga ya pria ini kalau fotonya disebarluaskan. Orang-orang akan dengan mudahnya menuduhnya kencing dicelana padahal hanya pantulan gambar semata.


Quote:
23. Abu Vulkanik yang Menyerupai Manusia Raksasa

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Penampakan manusia raksasa yang ditimbulkan dari abu vulkanik ini mengingatkan kita pada adegan-adegan dalam film superhero yang mana vilain sebesar ini merupakan klimaks pada film. Sang superhero harus mencari cara untuk mengalahkan villain ini.


Quote:
24. UFO berwarna ungu

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Pantulan gambar di kaca jendela menciptakan ilusi adanya UFO besar di langit. Beginilah akibatnya jika agan mengambil foto pada malam hari. Cahaya di dalam ruangan akan terpantulkan pada kaca jendela.


Quote:
25. GTA Vice City

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Pemandangan jalanan di Florida, Amerika Serikat beserta mobil-mobil keren yang berlalu lintas mengingatkan kita pada game GTA Vice City. Dengan sedikit pengaturan saturasi dan whitebalance, foto realistis ini tampak menjadi scene pada jalanan di dalam game.


Quote:
26. Wanita Berkaki Belang-Belang

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Posisi duduk yang tepat membuat wanita ini seperti memiliki kaki dan bokong zebra. Bayangkan saja bila bagian kepala patung zebra ini ditutupi seluruhnya maka wanita ini benar-benar seperti memiliki kaki zebra.

contoh


Quote:
27. Anak Kecil Berwajah Tua

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh

Sepertinya agan & sista sudah cukup familier dengan potret ini. Ilusi optik menyebabkan potret anak kecil ini memiliki wajah yang boros atau tua. Padahal sebenarnya wajah si anak tersamarkan dengan sempurna karena warna kulit yang sama dengan sang ayah.


Itu dia 27 potret yang menunjukan bahwa mata manusia mudah terkecoh. Bila dipikir-pikir sebenarnya kita sering mendapati kejadian seperti beberapa foto di atas namun dari beberapa kejadian mungkin lupa kita abadikan lewat foto. Apakah gansis memiliki kejadian yang serupa juga? Tuliskan di kolom komentar! Oh iya potret mana saja yang paling mengecoh gansis? Tulis di kolom komentar


Sumber : Disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.3K Anggota • 911.6K Threads
Halaman 1 dari 2
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 06:02
Klik emoticon untuk melihat thread terbaru dompet-jadi-peci


profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
1 0
1
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 07:03
Hidup itu adalah ilusi...

Ilusi itu adalah hidup...


emoticon-sundulganoli
Diubah oleh ytbjts
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 07:40
Ilusi adalah jendela imajinasi
profile-picture
profile-picture
ytbjts dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 07:56
Otak kita memang luar biasa.
Menipu panca indera hanya sebagian kecil dari kemampuan nya.
Istilah medisnya, pareidolia.
Itulah yang terjadi saat kita melihat hantu atau semacamnya.

Otak akan memproses apa yang ditangkap oleh mata kemudian memproyeksikan nya, dengan terlebih dahulu memadukan sinyal yang masuk dengan memori yang tersimpan, termasuk memori yang tersimpan di alam bawah sadar.

Jangan heran kalo kita sering merasa melihat penampakan wajah pada awan atau bercak di tembok.
Otak akan mengarahkan apa yang kita lihat ke objek yang familiar dan sudah terekam dalam memori nya, dalam hal ini wajah orang.

Mekanisme yang sama dipakai otak kita untuk mengenali orang yang sudah kita kenal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
materaitempel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 09:22
makanya kita perlu melihat pake mata hati bre emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 09:24
wah dibikin juga request-an ane trit ilusi optik.. emoticon-2 Jempol

mantul bree... emoticon-Wagelaseh

emoticon-Toast emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 10:47
matanya jelalatan, makanya ikutan kya gitu, ambil dari sudut pandang yg berbeda aja, jangan ikut2an yg kagak bener
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 11:01
No.14
Drakula yang sedang mengintai mangsanya
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 11:09
Gambar yang terakhir kepala anak kecil kemana? emoticon-Bingung
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 11:18
Bisa ngepas gitu momennya emoticon-Matabelo
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 11:37
ahay keren juga bor

27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 11:38
potret nyata n tak ada yg terkecoh27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 12:51
semwa itu hanyalah masalah sudut pandang semata mata...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 13:56
Yang anjing pake kacamata ane masih bingung itu beneran anjing pake kacamata atau ilusi optik?

Yg foto terakhir ane musti deketin mata ane ke tuh foto biar jelas muka anaknya dimana, ternayata muka lagi menyamping + tuh anak pake kacamata.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 14:32
foto2 bgitu butuh timing juga sih gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 15:45
Ilusi tak bertepi emoticon-Matabelo
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 16:36
Makanya seharusnya manusia itu sadar... Ada hal2 yg bisa dilihat oleh mata....
Mata juga bisa menipu... Apa yg terlihat ternyata tidak seperti kenyataannya...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 16:49
Quote:9. Donald Trump


Emang mirip dengan donald trump telinga anjing ini emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 19:38
minggu lalu, udah gelap, Jakarta ujan deras. ane lewat tol ancol sempat lihat ada ufo di arah sunter. lampu2 kecil di langit membentuk lingkaran besar. waktu dilihat2 lg eh itu kyknya stadion JIS.... emoticon-Hammer2

sempat foto sekilas
UFO di Jakarta?
Diubah oleh anak manis
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
27 Potret yang Menunjukan Bahwa Mata Manusia Mudah Terkecoh
16-09-2022 19:55
Lagi gan, lagi!
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia