Tech
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/630c9ad4689bec43e27eec15/cara-merawat-mesin-cuci-agar-selalu-bersih-dan-tidak-berbau
Pemakaian mesin cuci yang rutin ternyata bisa membuat mesin cuci mengeluarkan bau yang kurang sedap. Padahal, secara kasat mata mesin cuci selalu terlihat bersih setelah dipakai. Faktanya ada beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci berbau, seperti tersumbatnya saluran pada detergen bubuk, hingga penumpukan jamur hitam di bawahnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada mesin cuci, Anda harus me
Lapor Hansip
29-08-2022 17:54

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Selalu Bersih dan Tidak Berbau

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Selalu Bersih dan Tidak Berbau
Pemakaian mesin cuci yang rutin ternyata bisa membuat mesin cuci mengeluarkan bau yang kurang sedap. Padahal, secara kasat mata mesin cuci selalu terlihat bersih setelah dipakai. Faktanya ada beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci berbau, seperti tersumbatnya saluran pada detergen bubuk, hingga penumpukan jamur hitam di bawahnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada mesin cuci, Anda harus membersihkan mesin cuci dengan cara yang benar. Ini akan memberikan manfaat kebersihan dan mampu memperpanjang masa pakai unit mesin cuci Anda. Simak penjelasan cara merawat mesin cuci agar bersih dan terhindari dari bau tidak sedap di bawah ini.

Penyebab Mesin Cuci Berbau

Kinerja mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas relatif berbeda. Mesin cuci bukaan depan dirancang agar lebih efisien dengan putaran yang lembut untuk pembersihan pakaian. Namun, mesin cuci bukaan depan cenderung sensitif dengan permasalahan bau.


Dengan penggunaan air yang lebih sedikit dibandingkan mesin cuci bukaan atas, mesin cuci bukaan depan berputar hanya pada sumbu horizontal. Ini membuat pakaian yang dicuci akan jatuh melalui air. Jika Anda menggunakan deterjen dan pelembut yang tidak tepat, maka bisa membuat jumlah air yang lebih sedikit tidak mampu membilas pakaian dengan maksimal. Hal inilah yang membuat drum mesin cuci dipenuhi buih sabun dan memicu munculnya jamur dan bakteri.


Cara Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan 

Untuk membuat mesin cuci terbebas dari bau dan selalu segar, Anda dapat menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Pilih Detergen yang Tepat

Untuk mesin cuci bukaan depan, Anda harus selalu menggunakan detergen yang dibuat untuk mesin berefisiensi tinggi. Detergen biasa umumnya hanya menghasilkan banyak busa, yang mana akan berdampak buruk pada mesin cuci. Banyaknya buih detergen bisa memicu keberadaan jamur dan bakteri. 

2. Jaga Drum Agar Tetap Kering

Pastikan untuk selalu mengeluarkan cucian Anda segera setelah siklus pencucian berakhir. Selain itu, biarkan pintu bukaan mesin cuci terbuka apabila tidak digunakan. Hal ini mampu mengeluarkan kelembaban yang ada di dalam mesin cuci. Bila perlu, Anda bisa menghidupkan kipas angin di sekitar tempat mesin cuci Anda.

3. Bersihkan Gasket

Gasket merupakan segel karet pada bagian pintu mesin cuci. Sebagai solusi untuk menghilangkan kotoran pada area karet pintu mesin cuci, Anda perlu membersihkannya secara rutin seminggu sekali. Mungkin saja banyak kotoran yang terperangkap di dalam gasket tersebut. Anda dapat menyeka area tersebut dengan larutan pembersih yang terbuat dari campuran cuka dan air dengan komposisi yang sama.


Cara Mengatasi Bau Pada Mesin Cuci

Apabila mesin cuci Anda sudah terlanjur mengeluarkan bau yang tidak sedap, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan tahap-tahap berikut ini.

1. Gunakan Soda Kue

Campurkan 1/4 cangkir soda kue bersama air dengan jumlah yang sama. Masukkan larutan ini ke dalam wadah detergen mesin cuci Anda.

2. Tambahkan Cuka
Tuang dua cangkir cuka putih ke dalam drum mesin cuci. Kemudian atur siklus normal dengan suhu tinggi tanpa pakaian apapun.

Penggunaan soda kue dan cuka mampu memecah sisa kotoran yang menempel pada drum serta membunuh jamur yang ada. Keduanya akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci.
3. Gosok Kotoran yang Tersisa
Apabila setelah tahap 1 dan 2 masih ada noda yang tersisa, maka gunakan campuran cuka putih dan air dengan bantuan bagian kasar pada spons. Gosok hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar mesin cuci tidak mengeluarkan bau dan lebih segar. Apabila ada permasalahan pada mesin cuci Anda, Anda bisa memanggiljasa service mesin cuci melalui Sejasa. Kunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa.


0
Masuk untuk memberikan balasan
home-appliance
Home Appliance
1.8K Anggota • 2K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
CCPB - Shareware & Freeware
nord-vpn
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia