News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ff7d7e1e2a4c1d3f3fb92f/akhirnya-ditetapkan-tersangka--ini-jejak-putri-candrawathi-istri-ferdy-sambo
Sosok Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.  (Sumber: Tribunnews) JAKARTA, Penyidik Polri resmi menetapkan istri mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Pol Nofriansya
Lapor Hansip
19-08-2022 19:09

Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo

Quote:Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy SamboSosok Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.  (Sumber: Tribunnews)


JAKARTA, Penyidik Polri resmi menetapkan istri mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

Penetapan tersangka terhadap Putri ini, usai penyidik melakukan pemeriksaan mendalam dengan teknik scientific crime investigation serta melaksanakan gelar perkara.

"Penyidik telah melakukan pemeriksaan mendalam dengan scientific crime investigation, berdasarkan alat bukti yang ada dan gelar perkara, Polri telah menetapkan saudari PC sebagai tersangka," kata Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, dalam konferensi pers, Jumat (19/8/2022). 

Penetapan Putri Candrawathi sebagai tersangka ini menjadi babak baru dalam perkembangan kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

Berikut jejak istri Ferdy Sambo dalam kasus kematian Brigadir J hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka:

Laporan Putri Candrawathi soal Dugaan Pelecehan

Seperti diketahui, mulanya, penembakan terhadap Brigadir J ini diklaim berawal dari pelecehan seksual yang dilakukan ajudan Ferdy Sambo tersebut kepada Putri Candrawathi.

Putri Candrawathi pun lantas membuat laporan dugaan dua tindak pidana berbeda kepada Polda Metro.

Laporan pertama diajukan pada 8 Juli 2022 terkait kasus dugaan percobaan pembunuhan, dengan korban Bharada E dan terlapor Brigadir J.

Adapun laporan tentang percobaan pembunuhan teregister dengan nomor LP368/A/VII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan tanggal 8 Juli 2022 tentang dugaan tindak pidana percobaan pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 338 KUHP juncto Pasal 53 KUHP.

Lalu laporan polisi kedua diajukan pada 9 Juli 2022. Laporan itu terkait peristiwa pelecehan seksual terhadap dirinya, di mana Brigadir J sebagai terlapor.

Putri menyebut peristiwa pelecehan tersebut terjadi di Komplek Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7).

Laporan soal pelecehan ini teregister dengan nomor LPB1630/VII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya tanggal 9 Juli 2022 tentang kejahatan terhadap kesopanan dan atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual.

Status dua laporan tersebut sempat naik sidik. Namun, pada Jumat (12/8), Bareskrim Polri mengumumkan telah menghentikan laporan kasus dugaan pelecehan seksual dan ancaman pembunuhan kepada Putri yang diduga dilakukan oleh Brigadir J tersebut.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi menyampaikan alasan penghentian kasus dugaan pelecehan seksual itu, yakni karena tidak ditemukannya tindakan pidana.

"Kita hentikan penyidikannya karena tidak ditemukan peristiwa pidana. Bukan merupakan peristiwa pidana," ujar Andi.

Putri Candrawathi Sempat Ajukan Perlindungan ke LPSK

Setelah kejadian tewasnya Brigadir J, Putri Candrawathi juga sempat mengajukan perlindungan atas dugaan kasus pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada 14 Juli 2022, atau sepekan setelah peristiwa pembunuhan ajudan suaminya itu.

Untuk mengabulkan permohonan Putri, LPSK melakukan asesmen psikologi. Namun, kendati sudah dua kali LPSK mengagendakan asesmen tersebut yaitu pada 3 dan 9 Agustus, Putri terus menolak dengan alasan masih trauma.

LPSK pun akhirnya menjemput bola atau mendatangi Putri di kediamannya untuk melakukan pemeriksaan psikologis pada Selasa (9/8).

Namun, saat ditanya dalam proses asesmen psikologis, kata-kata yang terucap dari Putri Candrawathi hanya "malu". Selain itu, istri Ferdy Sambo ini juga disebut lebih banyak diam dan menangis ketika dimintai keterangan.

LPSK pun akhirnya memutuskan untuk tidak memberikan perlindungan kepada Putri Candrawathi.

"LPSK memutuskan untuk menolak atau menghentikan penelaahan terhadap Ibu P (Putri)," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo dalam konferensi pers, Senin (15/8).

Hasto menjelaskan, keputusan tersebut diambil lantaran Polri telah menghentikan penyidikan laporan dugaan pelecehan kepada Putri yang dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Selain itu, Putri juga dinilai tidak sungguh-sungguh membutuhkan perlindungan, dan menduga hanya mengajukan permohonan agar terlihat seakan benar-benar terjadi pelecehan seksual.

Putri Candrawathi Ditetapkan Jadi Tersangka

Setelah melakukan pemeriksaan dan gelar perkara, Polri pun saat ini telah menetapkan Putri Candrawathi sebagai tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, Putri Candrawathi dijerat dengan pasal yang sama dengan suaminya Ferdy Sambo, yakni Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Andi menuturkan, istri Ferdy Sambo ini menjadi bagian dari dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J.
Hal tersebut berdasarkan dari kamera pengawas atau CCTV yang diperoleh dari dekat tempat kejadian peristiwa (TKP) hingga pos satpam dekat rumah dinas Kadiv Propam Polri.

“Bukti elektronik berupa CCTV, baik yang ada di Saguling, di lokasi Saguling, maupun yang ada di dekat TKP yang selama ini menjadi pertanyaan publik, yang diperoleh dari DVR pos satpam,” ujar Andi, Jumat (19/8).

“Inilah yang menjadi bagian daripada sirkumstansial epidermis atau barang bukti tidak langsung yang menjadi petunjuk bahwa PC ada di lokasi sejak di Saguling sampai dengan di Duren Tiga dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi bagian daripada perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua,” terangnya.

Selain bukti elektronik tersebut, Brigjen Pol Andi Rian menyampaikan, penyidik juga mengantongi keterangan dari saksi-saksi soal dugaan keterlibatan Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Selain itu, kata Brigjen Pol Andi Rian, penyidik juga sudah memeriksa Putri Candrawathi sebanyak tiga kali.

“Banyak teman-teman mungkin yang bertanya, ini kapan diperiksa? Kita sebenarnya, yang bersangkutan sudah kita lakukan pemeriksaan sebanyak tiga kali,” ujarnya.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, namun Putri Candrawathi belum ditahan karena alasan kesehatan.
SUMBER

Quote:
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, Putri Candrawathi dijerat dengan pasal yang sama dengan suaminya Ferdy Sambo, yakni

Pasal 340 KUHP
tentang
PEMBUNUHAN BERENCANA


emoticon-Turut Berduka



profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
24K Anggota • 641.5K Threads
Halaman 1 dari 2
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:14
Suami istri terancam hukuman metong emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:14
Jelas jelas gak kooperatif koq ga ditahan ??
Alasan kesehatan?? Sapa yang bilang ? Dokter polisikah ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didududi dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:15
Prediksi :

1.sambo tetap bersikukuh kalo penembakan dilatarbelakangi kasus pelecehan
2. Penyidik mendesak sambo agar memberikan motif. Kalo tidak memberikan motif, maka putri dijadikan tersangka
3. Karena tuntutan waktu pemberkasan yang mepet, dan sambo tidak memberikan motif, alkhirnya putri dijadikan tersangka

4. Tanpa motif, sulit kepolisian untuk membuktikan pasal pembunuhan berencana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didududi dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 50 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 50 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:17
Dari keluarga jendral jadi keluarga pembunuh.
Karir cemerlang sekejap jadi kotoran.
Sambo jadi Sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:20
paling minimal ya sudah ikut dalam persekongkolan untuk menghilangkan nyawa orang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:24
Tak kira kasus laporan palsu..Kalau kena pasal pembunuhan berencana bisa sampai mati dalam penjara. Ngeri.. keluarga sampai anak2 nya hancur total..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GZuron dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:27
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:27
perselingkuhan otomatis terbantahkan krn putri ada di tempat kejadian psmbunuhan

dan ditetapkan tersangka kena pasal pembunuhan berencana 340

kalo pasal 340 diterapkan ke putri dipastikan tidak ada perselingkuhan, bagaimana mungkin ada percintaan sementara yg perempuan merencanakan pembunuhan sadis thd pasangannya J

Logikanya teori perselingkuhan tdk mungkim terjadi
Diubah oleh erdigun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:33
Oke kalo pasal pembunuhan berencana, bola bakal liar kembali
Masih penuh misteri dan drama sampai akhir
emoticon-Ultah
Diubah oleh converti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:35
astagfirullah ya alloh emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:36
kalo pelecehen tidak ada...pengacaranya mesti cari bukti bisnis haramnya supaya ada motif pembunuhan berencana gitu?

kasus ini (masih) menarik... emoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:38
emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:40
Bo..Sambo..sambo..

Bo..Sambo..sambo..

emoticon-Kaskus Radio
Diubah oleh steven.thereds
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:41
Jadi sebenarnya motifnya apa kalau suami istri bekerjasama membunuh si J?
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 19:43
Dalam hal mbedhil-mbhedil ndak semua bisa tahan.

Pun dalam sejarah sipil-algojo, konon banyak yang mendadak edhan aka gemblung.
Dikenal dengan PTSD (Sindrom disorder,red) akibat mdehil sembarangan dan atau kaget melihat orang merenggang nyawa. emoticon-Belo emoticon-Frown emoticon-Nohope

Konon hanya angkatan era gen PD-2 (Veteran-Purnawiran) yang sanggup mbedhil happy. Tetap normal (ndak ptsd, red). emoticon-army



nb. Mengapa bisa demikian, Masih misteri pun. emoticon-Cool


Diubah oleh scorpiolama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didududi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 20:02
Sukurin.emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan jhonthor501 memberi reputasi
2 0
2
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 20:02
Aduh nego gagal, si pelaku cuma gombal berarti janji transfer tapi ga jadi2 emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 20:03
Waspada putusan hakim entar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 20:04
Quote:Original Posted By scorpiolama
Dalam hal mbedhil-mbhedil ndak semua bisa tahan.

Pun dalam sejarah sipil-algojo, konon banyak yang mendadak edhan aka gemblung.
Dikenal dengan PTSD (Sindrom disorder,red) akibat mdehil sembarangan dan atau kaget melihat orang merenggang nyawa. emoticon-Belo emoticon-Frown emoticon-Nohope

Konon hanya angkatan era gen PD-2 (Veteran-Purnawiran) yang sanggup mbedhil happy. Tetap normal (ndak ptsd, red). emoticon-army



nb. Mengapa bisa demikian, Masih misteri pun. emoticon-Cool


Menurut ane sih mental veteran PD2 sudah tertempa oleh peristiwa PD1. emoticon-Entahlah

Jaraknya pun ga terlalu jauh kan, sekitar 2 dekade.
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Ditetapkan TERSANGKA !!! Ini Jejak Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo
19-08-2022 20:09
ane jadi kasian sm anak2nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jhonthor501 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
kado-natal-1000-gulden
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia