Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ff0666907ad41da108782b/kibarkan-bendera-terbalik-harusnya-ditembak-ditempat-seriusan-ini-jawabannya
Belum lama ini beredar kabar dimedia online tentang pengibaran bendera Merah Putih yang terbalik Upacara peringatan HUT ke-65 RI di Manokwari, Papua Barat. Ironisnya, insiden memalukan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Papua Barat, Abraham O Ataruri beserta para Muspida dan tamu undangan. Tentu saja ini menjadi insiden yang kurang baik dilihat oleh siapapun mengingat ini adalah acara sakr
Lapor Hansip
19-08-2022 10:41

Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

icon-verified-thread
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Belum lama ini beredar kabar dimedia online tentang pengibaran bendera Merah Putih yang terbalik Upacara peringatan HUT ke-65 RI di Manokwari, Papua Barat. Ironisnya, insiden memalukan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Papua Barat, Abraham O Ataruri beserta para Muspida dan tamu undangan.

Tentu saja ini menjadi insiden yang kurang baik dilihat oleh siapapun mengingat ini adalah acara sakral dan posisi bendera jika terbalik menjadi satu hal yang buruk, setidaknya bagi team Paskibra itu sendiri.

Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Melihat hal ini saya pribadi sih memaklumi tapi jujur saja akan terkejut juga karena seluruh mata fokus disana dan menjadi bagian dari inti isi acara pengibaran bendera itu sendiri. Bendera mewakili derajat dan martabat bangsa, kalau sampai salah menempatkan bisa menyinggung nasionalisme setiap orang.

Yah, namanya juga manusia.. meskipun sudah dilatih berbulan-bulan, orang yang menjadi pengibar adalah orang pilihan, mampu secara fisik dan psikologis, tapi karena kesalahan kecil jadinya berakibat fatal.

Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Dulu saya sempat menjadi pengibar bendera, tapi dulu waktu es-em-pe, hehe. Berdasarkan pengalaman biasanya karena kesalahan dalam mengait tali atau kesalahan saat melipat benderanya.

Nah, rumor yang berkembang kalau pengibar bendera gagal dalam menjalankan tugasnya saat mengibarkan bendera atau membentuk kupu-kupu saat bendera dibentangkan akan ditembak ditempat.

Siapa yang menembaknya kabarnya adalah 3 orang berseragam merah yang mendampinginya selama proses pengibaran itu berlangsung. 3 orang ini selalu memegang senjata sebagai pengawalan, jika diacara kenegaraan biasanya diisi oleh TNI, Polri atau Paspampres.

Rumor ini sepertinya sudah lama beredar dimasyarakat tapi kebenarannya sampai saat ini belum pernah terkonfirmasi dan belum ada kejadian.

Tapi setelah saya renungkan rumor ini rupanya memiliki makna lain, yaitu untuk memotivasi para pengibar bendera agar bertugas dengan lebih hati-hati dan penuh tanggung jawab.

Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Dan informasi yang pernah saya dengar dari mulut ke mulut apabila pengibar bendera melakukan kesalahan (baris berbaris misalnya) atau gagal menjalankan tugasnya (mengibarkan bendera) mereka akan mendapatkan hukuman fisik yang cukup berat, hukuman semi militer bisa mereka dapatkan karena ini menyangkut kewibawaan dan kesatriaan seorang paskibra.

Dan yang terkena getahnya bukan hanya kelompok yang sedang bertugas tapi rekan-rekan Paskibra seangkatannya juga akan ikut terkena karena dianggap gagal mendidik dan membina adik angkatannya.

Meskipun terlihat berlebihan hanya karena kesalahan dalam baris berbaris atau mengibarkan bendera tapi kegiatan Paskibra itu secara tidak langsung memupuk rasa nasionalisme dan juga kekompakan antar anggotanya.


Mohon maaf ada kesalahan informasi di paragraf pertama dan sudah saya edit. Terimakasih emoticon-Nyepi

Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Sebuah opini
Img. Gugel


Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.2K Anggota • 911.5K Threads
Halaman 1 dari 5
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 10:41
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)

Quote:Original Posted By jw.89
kalo nonton upacara bendera, yg seru cuma bagian bendera ini aja sih, kalo kebalik bisa jadi bahan gibahan... emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By sutian
justru kesalahan2 kecil seperti itu yg harus di antisipasi buat anggota2 paskibra berikutnya...
tetep semangat buat anggota2 paskibra generasi yg akan datang..
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By lovablenana
Hukuman ga mske sense. Mau niatnya menakut-nakuti juga tetap salah. Ajari mamusia itu kelembutan, bukan kekerasan.


Quote:Original Posted By wahgila
Kalo bendera jepang mungkin bolak balik gak masalah.


Quote:Original Posted By indrastrid
Ane bukan Paskibra ya, tapi dulu waktu kecil pernah terpilih jadi anak pengibar bendera cukup sering.
Kan ada trik melipat dan mengikat bendera? Ikat tali yg ada pada ujung merah paling atas, tengah kelihatan ada kain merah dan putih, dan ujung putih paling bawah.
Kalo dah seperti itu rasanya gak mungkin salah sampe terbalik deh.

Satu-satunya ketakutan ane dulu cuma satu: narik bendera kecepatan sampe sementara lagu belum selesai, kan jadi bengong kitanya emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By rohde11
ane pas sekolah kalo ada bendera terbalik, anggota upacara harus berbalik badan dulu ketika petugas sedang memperbaiki posisi benderanya


Quote:Original Posted By luxm4n
Ya gimana ya, saya juga denger kalo bendera gk boleh nyentuh tanah karena sama saja menghina bendera, tapi kan faktanya banyak bendera-bendera "mini" yg dibagikan berakhir berserakan di tanah malah dibuang di bak sampah ketika dibersihkan, itu loh mainan bendera merah putih yg biasanya dibeli anak-anak.


Quote:Original Posted By fiskykio
Iya gue juga sering denger... Bahkan nyokap dlu salah ngibarin bendera terbalik.. dia 1bulan wajib lapor


Quote:Original Posted By ianalamsukarso
manusia tempatnya salah...
kalau saya pribadi ya memaafkan kesalahan sang pengibar jika terbalik... yang penting segera dibenahi, kalau tau kebalik lalu terus dinaikan sampai selesai, itu baru perlu dikasih pelajaran...

hihihihii


Quote:Original Posted By entertainer
serius tololnya kalo masih bisa terbalik,

biasanya udah ditandain kok kalo bagian atas itu talinya merah, bagian tengah talinya merah putih, bagian bawah itu talinya putih, ditiangnya juga udah ditandain pake spidol atau pilox, merah dan putih tempat tapi itu harus diiket, jadi gak mungkin terbalik kecuali paskibranya buta warna


Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
Ngibarin bendera terbalik, ga sengaja, ditembak? Koruptor lu tembak. Ga ada korupsi ga sengaja.


Quote:Original Posted By anti.suap
Rumor yang sangat goblok krim.
Penjahat aja kagak ada yg ditembak ditempat kecuali melawan.
Ini kibarin bendera kebalik mau ditembak di depan umum.

Yg percaya rumor gituan keseriagan nonton hoax di tiktok


Quote:Original Posted By henwig
Dulu pas jaman GAM/DOM diaceh....pernah disuruh hormat bendera satu keluarga...gara2 lupa nurunin bendera pas maghrib...😆😆
Padahal gue tinggal di kompleks BUMN..masih masuk juga ABRI ngecek2...😆


Yah pengalamanlah...eh sekarang tinggal di Jakarta.liat orang2.bendera kaga diturun2in sebulan selama bulan agustus...
Malah kadang ada yg lupa september baru diturunin...

🙄


Quote:Original Posted By bagoesdevi
Kenapa yah gk d bikin aja cantolan benderanya yg satu putih yg satu merah...kan antisi sapi


Quote:Original Posted By ushirota
kalo terbalik ya itu kadang terjadi, masih bisa di maafkan, ga sampe tembak ditempat juga, gilaemoticon-Takut

coba di korut masang bendera terbalik, hukumannya apa ya?


Quote:Original Posted By simeutliar
Serba serbi upacara agustusan. Selalu ada kejadian yg tdk mengenakkan bagi tim paskibraka. Berlatih keras belum tentu berhasil, silakan coba lagi next upacaraemoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By nonasaiof
btw ttg bendera terbalik, gue dulu kalo mau pulang dan pergi sekolah pasti lewatin batalyon, dan ada satu hari yang gue telat dan itu hari senin dan army nya lagi upacara, dan pas benderanya dibuka, putihnya dong yang di atas dan merahnya di bawah. dan itu bikin semua orang dalam angkot yang gue tumpangin pada gasping, termasuk reaksinya 1 army yg jaga di jalan dan nyetopin ini angkot.

pas angkotnya udah dibolehin jalan dan udah agak jauh baru deh pada nyeletuk, "mama yo itu nanti dorang bagaimana e?"



..,
Diubah oleh iskrim
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 10:42
BTW DIRGAHAYU RI YANG KE 77

emoticon-Hansipemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Hansip
emoticon-Motretemoticon-Ultahemoticon-Motret

Diubah oleh iskrim
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 11:12
Kalo sampe ditembak mungkin berlebihan. Tapi ane sih setuju jika ada konsekuensi yg sangat berat jika itu sampai terjadi.

"Yaelah lebay amat, gitu doang"

Gitu doang pala lu pitak. Banyak nyawa yg sudah gugur demi bendera itu bisa berkibar di negara ini. Memperlakukan bendera Indonesia sudah seharusnya zero tolerance.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 11:31
kejadian yg di solo bukannya talinya putus ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 11:48
ditembak ama gebetannya... happy ending.. lanjut ke kosan emoticon-I Love Indonesia

_________ emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
cois737 dan harsontol memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 11:50
pada ga mau jadi paskibra kalao tembak ditempat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 12:45
Menurut ane pribadi kalo sampe ditembak ditempat itu konsekuensi yg terlalu berlebihan, bukan krn itu bendera kebangsaan atau apa, tapi niatan awalnya aja, kalo tidak disengaja ngapain ditembak, baru klo dengan sengaja membuat bendera itu terbalik, silahkan langsung tembak ditempat.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan nandangrahman memberi reputasi
2 0
2
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:13
Emang suka gitu, pas latihan lancar, gak pernah gagal. Giliran hari-H malah gagal total emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:16
Artikel harusnya ditulis lengkap & disebutkan penyebabnya apa, jadi ngga kayak wartawan sabun.

Lengkapnya : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6239851/kronologi-bendera-merah-putih-gagal-berkibar-saat-upacara-hut-ri-di-solo

Naban menyebutkan bendera tidak dapat dikibarkan karena pengait pada tali rusak.
"Besi yang untuk mengibarkan bendera patah," kata Naban seperti dilansir dari detikNews, Rabu (17/8/2022).
Lebih lanjut Naban menjelaskan bendera merah putih saat itu sudah sempat dicantolkan. Namun, karena pengaitnya rusak tidak dapat dikibarkan .
"Sebenarnya sudah sempat dicantolkan," tambahnya.


Diubah oleh gondez2011
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandangrahman dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:16
Bendera polandia emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:17
yang di Solo ga terbalik gan, itu benderanya lepas dari pengait karena pas dibentangkan terlalu keras, jdi benderanya kelepas, ga dikibarkan, cuma mbentangin bendera doang sambil diperdengarkan Indonesia Raya
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:19
terbaru kemarin ada tuh yg benderanya pas dibentangkan kesrimpet/ ga bsa dibentangin, alih alih mbenerin posisi tangan, dia malah muter badan dia,
asli fatal bgt sih ini, malu maluin aja, kasian TNI yg udah ngelatih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:26
Pasti deg-degan, malu & takut banget. Padahal beberapa hari kemudian juga orang2 yg nontonnya udah lupa emoticon-Big Grin
Semoga kejadian demikian menjadi pelajaran berharga, semangat emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:29
Kek korut aje salah dkt maen doremoticon-Takut
profile-picture
mancitybest memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:32
makanya ane suka ngeri2 sedap nonton upacara bendera resmi gitu..

entah kerekan copot, tali putus, masang kebalik, atau paskibranya tepar.. emoticon-Takut (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:42
yang di solo cuma putus bre..emoticon-Sundul
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:45

Gpp nanti pulang ke kosan bisa c*li, buat menenangkan pikiran, atau main sama yayang
profile-picture
profile-picture
satyagilang dan piscerian memberi reputasi
2 0
2
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:46
Pernah punya pengalaman, pas masih jadi calon paskibraka . Kebetulan Capaska suka diikutsertakan pada kegiatan upacara hari besar nasional. waktu itu petugas pengibar benderanya senior saya, dan ada kejadian yang sangat tidak diinginkan oleh semua anggota paskibraka pastinya , yaitu pas lagu Indonesia Raya sudah selesai dikumandangkan, tapi posisi bendera masih belum mentok di atas tiang.

Dan pastinya senior saya habis lah dibentak2, di suruh push up oleh pelatih setelah upacara. pokoknya dikasih peringatan keras biar sadar kalau kejadian itu memang salah besar, biar gak terulang lagi dan mereka yang bertugas mengibarkan bendera harus menerima konsekuensinya.

Gatau gimana jadinya kalau sampai bendera terbalik atau kelipat seperti pita. mungkin bisa lebih dari sekedar bentakan dan push up.

betul kata TS Bendera adalah harga diri negara, jadi kita harus memperlakukan dengan baik. karena, pendahulu kita memperjuangkannya mengorbankan nyawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 13:54
jepang mungkin gak pernah punya kekuatiran,benderanya kebalik ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kibarkan Bendera Terbalik Harusnya Ditembak Ditempat (Seriusan, Ini Jawabannya)
19-08-2022 14:04
Dia kira di negara Polandia emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia