News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fd7537256c3c7b70042571/jokowi-pamer-3-megakorupsi-dibongkar-icw-upaya-tutupi-kebobrokan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membanggakan tiga kasus korupsi besar berhasil dibongkar dalam pidato di sidang tahunan MPR. Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti pidato Jokowi terkait korupsi itu. "Pidato Presiden Joko Widodo, khususnya untuk isu pemberantasan korupsi, dalam sidang tahunan MPR RI 2022 sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, Presiden berupaya semaksimal mungkin menutupi ke
Lapor Hansip
18-08-2022 06:09

Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan



Presiden Joko Widodo (Jokowi) membanggakan tiga kasus korupsi besar berhasil dibongkar dalam pidato di sidang tahunan MPR. Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti pidato Jokowi terkait korupsi itu.

"Pidato Presiden Joko Widodo, khususnya untuk isu pemberantasan korupsi, dalam sidang tahunan MPR RI 2022 sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, Presiden berupaya semaksimal mungkin menutupi kebobrokan pemerintah dengan mengatakan pemberantasan korupsi terus menjadi prioritas utama. Padahal faktanya justru bertolak belakang," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).


Menurut Kurnia, isu pemberantasan korupsi saat ini kian dipinggirkan. Kurnia lantas menyinggung kondisi KPK saat ini yang dinilai tak tahu arah.

"Isu pemberantasan korupsi kian dipinggirkan, bahkan diruntuhkan saat era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Bukti paling kuat dan terlihat adalah kondisi KPK yang semakin carut marut tanpa arah," jelasnya.

"Jangan lupa, runtuhnya KPK terjadi karena ketidakjelasan sikap Presiden juga, mulai dari merevisi UU KPK hingga memilih pelanggar etik menjadi pimpinannya. Akibatnya, kepercayaan publik pun anjlok terhadap lembaga antirasuah tersebut. Apakah sikap politik hukum pemberantasan korupsi semacam itu yang dibanggakan oleh Presiden?" lanjutnya.


Selain itu, Kurnia juga menyoroti pidato Jokowi terkait indeks persepsi korupsi. Menurutnya, indeks persepsi korupsi yang naik hanya satu angka bukanlah sebuah prestasi.

"Belum lagi narasi mengenai Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang seolah melihat kenaikan satu angka sebagai sebuah prestasi gemilang. Padahal, pada faktanya era Presiden Joko Widodo IPK Indonesia anjlok luar biasa, dari 40 ke 37 tahun 2020 lalu. Penting untuk dicatat, fenomena turunnya IPK belum pernah terjadi sejak tahun 2008. Jadi, angka 38 itu baiknya dimaknai sebagai kemunduran, karena masih terpaut dua poin dari pencapaian tahun 2019," kata dia.

Mengenai isu legislasi terkait undang-undang korupsi, Kurnia juga mengkritisi. Menutnya, selama Jokowi menjabat sebagai Presiden belum ada satu pun undang-undang yang memperkuat pemberantasan korupsi.

"Yang mana peran Presiden Joko Widodo sangat minim untuk menghasilkan undang-undang pro terhadap pemberantasan korupsi. Bisa dibayangkan, delapan tahun pemerintahan era Presiden Joko Widodo berjalan tidak ada satu pun legislasi yang memperkuat pemberantasan korupsi diundangkan, mulai dari RUU Perampasan Aset, RUU Pembatasan Transaksi Uang Kartal, maupun RUU Tindak Pidana Korupsi. Mirisnya, UU yang diundangkan justru menggembosi pemberantasan korupsi itu sendiri, yakni RUU KPK," kata dia.




Lebih lanjut, Kurnia menilai pidato Jokowi terkait pemberantasan korupsi hanya megah dibaca saat pidato. Akan tetapi, kata dia, realita yang terjadi saat ini membuat masyarakat bertanya-tanya tentang pemberantasan korupsi.

"Jadi, apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terkait isu pemberantasan korupsi dalam sidang tahunan MPR RI 2022 hanya mentereng serta megah ketika dibaca sebagai naskah pidato saja, namun ketika dibandingkan dengan fakta dan realita bisa membuat masyarakat mengernyitkan dahi," tutur dia.

Baca artikel detiknews, "Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6240...pi-kebobrokan.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
24K Anggota • 641.5K Threads
Halaman 1 dari 2
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 06:19
Lapak dibuka, yuk mumpung masih anget emoticon-Shakehand2
profile-picture
zahroyun memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 06:36
Kalau untuk masalah korupsi, memang sudah gak ada obat

Bansos covid aja dikorupsi, apalagi yang lain2.
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:09
jago komentar disuruh jadi pemain nggak mau. no respect. nggak beda sama yang mendirikan pusat anti korupsi, berakhir jadi advokatnya koruptor.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:15
Yang dulunya bilang ga pake dana APBN dan ternyata pake dana APBN, itu termasuk korupsi gak ya ?

Intinya kan merugikan keuangan negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:18
ICW apanya IWC

emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:31
Puluhan tahun diajari pola hidup yg korup…udh mendarah daging memang tabiat ini. Demikian juga komentator bs lebih jago dari pemainnya 😂
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:31
Crottttt yang bagus2 diomong yang jelekndiumpetin
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:40
Itungan 3 itu sejak 2019 atau sejak 2014? Klo 2019 tiap thn 1 megakorupsi? Selama covid-19 gw rasa byk korupsi. Selain yg bansos pasti ada
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:44
Selama kagak ada tikus negara yg ditembak kepalanya
Semuanya cuma omdoemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan katana.ichi memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 07:47
Dulu yang mantan pimpinan KPK sekarang dimana ya salah satunya?
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 08:20
Hmmmmm....
Khusus yg mega2 kayak ny...

emoticon-Cool
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 08:26
Potong kambing terus bosen kan, sapi deh dipotong, kalau macam gajah atau paus susah soalnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 08:29
Terima kasih Rambo sdh berhasil mengalihkan isu emoticon-Imlek

Terima kasih surya darmaji emoticon-Imlek
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 08:40
isu korupsi sdh ga serame dulu memang,

panggung beralih ke polri dan kejaksaan.

linier orang icw juga kehilangan panggung

mangkanya bawaanya ngamuk mulu






emoticon-Wkwkwk
profile-picture
lenktaywonk memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 09:36
Kita harus mulai bikin Indonesian IPW Watch

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 09:42
kalo pamer jis?
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 09:55
Kalo pidato nya diganti dgn mode presentasi, steve jobs pun kalah saing
profile-picture
caseopia memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 09:56
lha dah muncul RUU kan?
berarti eksekutif sudah melakukan pembahasan dan perancangan UU nya
tinggal pihak legislatifnya melakukan pembahasan dan pengesahan jadi tuh barang
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 10:06
Kalau mau did selidiki open FBI, ITU infrastructure, bumn donatur PARTAI, aparat afiliasi partai, SUDAH kena cabut sekampung rombongan
0 0
0
Jokowi Pamer 3 Megakorupsi Dibongkar, ICW: Upaya Tutupi Kebobrokan
18-08-2022 10:43
Di nkri itu korupsi sudah kayak bernafas,krn sudah menjadi kearifan nationalemoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
kado-natal-1000-gulden
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia