News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fce46f126837637365dada/sutejo-ungkap-alasan-tak-beragama-dan-usul-penghapusan-kolom-agama-di-ktp
Sutejo Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP Sutejo blak-blakan alasan memilih tak beragama. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa) REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Sutejo (42), warga Jalan Rembang-Blora, pemilik warung sosial (warsos), yang kemarin menggelar demonstrasi tunggal menolak kolom agama di KTP, menegaskan lebih memilih tidak beragam
Lapor Hansip
17-08-2022 19:51

Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo blak-blakan alasan memilih tak beragama. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Sutejo (42), warga Jalan Rembang-Blora, pemilik warung sosial (warsos), yang kemarin menggelar demonstrasi tunggal menolak kolom agama di KTP, menegaskan lebih memilih tidak beragama.

Ia secara blak-blakan mengungkapkan alasan mengapa memilih tidak beragama, meski sebelumnya adalah pemeluk Islam.

Kepada suaramerdeka-muria.com, Selasa 9 Agustus 2022 kemarin, Sutejo menyebut, meski sudah menyatakan tidak beragama, namun di kolom KTP miliknya masih tertulis Islam.
Di KTP miliknya masih tertulis kolom agama lantaran untuk menghapus ke Dindukcapil belum bisa.

Meski ia menyatakan tidak beragama, Sutejo mengaku istri dan keluarga intinya masih tetap meyakini Islam.
“Kalau saya menganggap bahwa agama harusnya di bawah Pancasila. Agama adalah salah satu ketuhanan yang Maha Esa,” ujarnya.

Sutejo merasa, selama ini mendapatkan dogma (ajaran diterima) yang sebetulnya malah tidak pancasilais.

“Artinya, dogma-dogma yang dibawa oleh pembawa agama-agama menjauhkan saya dari kepancasilaan. Akhirnya menjadi orang lain, tidak menjadi jati diri saya sendiri. Dogma yang ada melarang banyak budaya. Jati diri dikikis oleh dogma yang ada,” kata dia.

Ia mencontohkan, berjilbab bukan budaya orang Indonesia dan bukan budaya dari Islam.

Menurutnya, itu adalah budaya Arab.
“Saya merasa dikibuli oleh dogma, dan berpandangan dogma tidak menjadikan Indonesia berpancasila, akhirnya terorong oleh dogma itu,” paparnya.

Atas hal yang dirasakannya itu, Sutejo memutuskan tidak beragama.
Tetapi Sutejo mengaku bertuhan.

“Pancasila kan harusnya begitu, Ketuhanan yang Maha Esa. Agama artinya bagian dari Ketuhanan yang Maha Esa. Agama A, B C bagian dari ketuhanan,” tandasnya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Rembang, Suparmin mengaku, sampai saat ini belum pernah menerima pengajuan penghapusan kolom agama di KTP.

"Silakan mendaftar lagi kalau memang syarat-syaratnya terpenuhi. Kalau Juli kemarin ada yang agama dari Budha ke Katolik," jelas Suparmin.

https://muria.suaramerdeka.com/muria...-di-ktp?page=2

Salut , sudah mulai sadar , sudah nggak mau lagi jadi pangsa pasar pengembangan Ideologi radikalisme agama




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
23.4K Anggota • 640.9K Threads
Halaman 1 dari 2
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:06
cebby pasti seneng nihemoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:27
Semua agama mengaku Tuhannya yang paling benar, tapi ketika diminta bukti, bukan bukti yang disampaikan tetapi dijawab dengan banyak alasan

Kenapa ?emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:38
kebebasan beragama itu artinya bebas punya agama atau tidak punya agama. kolom agama nggak perlu dihapus tapi boleh diisi apa aja, termasuk kosong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:41
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coxoncoumo dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:42
Gw setuju. Apus aja tuh
0 0
0
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 20:53
alhamdulillah sutejo murtad emoticon-Maaf Agan
profile-picture
lizarazil memberi reputasi
1 0
1
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 21:04
Tejo remaja anak baru gede.....

emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
corobikang memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 21:05
mending hapus aja kolom agama di ganti kolom suku

kayak di singapur gitu loh

aelah bre emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 21:18
Duh Surti...bojomu yokpo iki?🙄
0 0
0
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 22:16
Gini ya bre
Kalau lu gak pegang salah satu agama
Nanti kalau mati lu itu mau di makamkan seperti apa?
Itu aja sih pikiran ane yang simple, kalau ada yang bisa jelasin atheis itu akan dimakamkan gimana bolehlah buat tambahan pengetahuan ane, apa di kubur di kremasi di pocong dipeti dibuang kelaut atau gimana? emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 22:35
Kirain sutejo djiwo 😂
0 0
0
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 22:41
Udah siap bangkek nya ditolak tanah wakaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lizarazil dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 22:53
Sampai kapanpun mungkin tidak akan pernah dihapus itu Kolom agama selama Indonesia masih mayoritas Islam emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 22:57
Astaghfirullah. emoticon-Kagets

Ini pasti bagian dari konstipasi wahyudi, mamarika, tanterika, kuminis, salibis, remason, geliga, balpirik. emoticon-Mad
0 0
0
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 23:09

Faktanya tu kan gini...............



Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

emoticon-Imlek emoticon-Salaman
Diubah oleh qavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxbike dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 23:16
Quote:Atas hal yang dirasakannya itu, Sutejo memutuskan tidak beragama.
Tetapi Sutejo mengaku bertuhan.

“Pancasila kan harusnya begitu, Ketuhanan yang Maha Esa.


Pengen nyanggah tapi kok ya pernyataannya bener emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
qavir dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 23:32
Gw akuin nyalinya gede


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
17-08-2022 23:59
Quote:Salut , sudah mulai sadar , sudah nggak mau lagi jadi pangsa pasar pengembangan Ideologi radikalisme agama


Harus ada peran nyata dari wakil rakyat yang enak enak duduk di kursi empuk buat doi yang merasa sedang berjuang sendiri demi Pancasila

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
18-08-2022 00:18
agama urusan individu dengan Tuhannya, yg lain kok mau tau aja
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
18-08-2022 01:02
Kalau semuanya 'menurut saya', sekalian aja gantu kebebasan agama seperti di amrik, semua berhak buat agama sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia