News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fadce8f61014261136a7a0/pencurian-di-alfamart-diviralkan-apa-bisa-dijerat-uu-ite
Jakarta - Kasus pencuri coklat vs pegawai Alfamart tengah menjadi perhatian publik. Bahkan sampai saat ini, topik Alfamart, UU ITE, dan maling masih trending topic di linimasa media sosial Twitter. Persoalan ini bermula ketika seorang pegawai Alfamart memergoki wanita bernama Mariana yang mengambil cokelat tanpa membayarnya terlebih dahulu di kasir. Mariana mengaku tidak sadar membawa cokelat ke d
Lapor Hansip
16-08-2022 06:55

Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?

 Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?

Jakarta - Kasus pencuri coklat vs pegawai Alfamart tengah menjadi perhatian publik. Bahkan sampai saat ini, topik Alfamart, UU ITE, dan maling masih trending topic di linimasa media sosial Twitter.

Persoalan ini bermula ketika seorang pegawai Alfamart memergoki wanita bernama Mariana yang mengambil cokelat tanpa membayarnya terlebih dahulu di kasir. Mariana mengaku tidak sadar membawa cokelat ke dalam tasnya.

Video rekaman Mariana menyerahkan cokelat curiannya yang akan pergi dengan mobil mewahnya Mercedes Benz harus balik lagi ke Alfamart, pun viral di dunia maya. Mariana sebelumnya mengancam akan melaporkan pegawai Alfamart yang telah memergokinya mengambil cokelat di mini market dengan UU ITE.

Adapun kasus ini terjadi di Alfamart Sampora, Cisauk, Tangerang, beberapa hari lalu.

Terkait kasus pencuri cokelat vs pegawai Alfamart itu, pengamat teknologi dari ICT Institute Heru Sutadi mengatakan jika memang kasus itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan, maka tidak perlu menyebarluaskan ke internet.

"Kecuali kasusnya ditingkatkan ke pidana pencurian atau sebenarnya kasusnya belum kelar. Agar tidak main hakim sendiri, maka bisa saja Kepolisian turun tangan. Tapi, memastikan lebih dulu bagaimana kasus pencuriannya, kalau benar terjadi, maka kasus ITE bisa gugur," ujar Heru, Senin (15/8/2022).

Di sisi lain, banyak yang menyayangkan tindakan Mariana yang menekan pegawai Alfamart pakai UU ITE dengan menggunakan pengacara.

"Harusnya memang tidak seperti itu, yang salah meminta maaf. Karena kita mendapatkan versi berbeda tiap yang terlibat, maka harus pengadil. Kalau dibawa ke ranah hukum, silakan saja, agar lebih terang siapa benar siapa salah. Masyarakat tinggal mengawal saja," tuturnya.

Mantan komisioner BRTI ini menambahkan ketika akan menyebarkan suatu video itu mesti dilihat, apakah kasus sudah benar-benar selesai, dan apakah penyebaran dilakukan setelah kasus selesai atau sebelum ada penyelesaian.

"Kalau benar ada kasus pencurian dan belum selesai, harusnya tidak bisa dikenakan UU ITE karena bukan fitnah atau pencemaran nama baik. Tapi, merupakan fakta dan pelajaran agar toko lain tidak kena pencurian juga," pungkasnya.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-6...dijerat-uu-ite


banyak tidak mudeng dgn kasus ini

banyak yg hanya melihat kasus pencuriannya semata,
padahal ini kasus pelanggaran kesepakatan damai

sudah seapakat damai, tapi masih diviralkan dimedsos


contoh,
bagaimana jika kalian bawa mobil lalu menabrak mobil lain,
kecelakaan ini terekam dashcam mobil korban

tapi kalian mau ikhtiar mengaku salah dan mengganti rugi semua kerusakan

tapi setelah semua kerusakan sudah digantikan dan diselesaikan,

tahu2 bulan depan si korban mengupload video kecelakaan dgn dalil memberitakan mobil yg ugal2an, yg membuat kalian malu

apa kalian marah dan tersinggung ?
video kecelakaan kalian dijadikan konten oleh korban,
padahal kalian sudah berdamai dan mengganti semua kerugian si korban

kasus kecelakaan memang benar terjadi, kalian memang salah dan ugal2an
tapi bukan berarti harus terus menanggung kesalahan yg sudah kalian selesaikan



begitu juga kasus ini
si cici memang mencuri, tapi sudah diselesaikan dgn si kasir
bukan berarti harus terus menanggung kesalahannya seumur hidup dan terus dicongkel2 kesalahannnya


kalau si kasir tidak mau damai, boleh saja,
bawa ke kantor polisi,
video rekamannya bisa dijadikan bukti kalau s cici ngotot tdk mencuri dan tidak mau berdamai untuk mendapat dukungan publik

lucu saja, kasus sudah selesai dan sudah berdamai,
masih mengupload ke medsos hanya untuk tujuan konten
Diubah oleh meteror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 12 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
26.4K Anggota • 645.4K Threads
Halaman 1 dari 2
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 17:28
Mbak alfanya dah bener, jangan sampe bawa pengacara atas nama UU ITE garagara membela yang salah. Udah tau nyolong kok enakmen membenarkan kesalahannya. Indo jadi negara hukum rimba?
0 0
0
Post ini telah dihapus
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 11:40
lagian itu mother mature kenapa sempet2nya harus ny*l*ng coklat dan shampo ya emoticon-Bingung

pdhl klo itu m*rcy nya dijual kan bisa buat beli coklat dan shampo sampe segudang penuh kan emoticon-Hammer2
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 11:17
Saling melaporkan saja, biar sama² puasemoticon-Betty
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 10:24
Gampang kok ko mau gak kena ITE, sebelum posting, sensor dulu muka si tante...
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 10:00
Kalaupun ga damai pun bisa ke uu ite, mustinya si mbak kasih ke manager toko nya biar langsung diurus sama mangement ke polisi. Jaman sekarang pada sok2 an pengen viral sih emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 09:46
Bukannya nyebar dengan maksud menimbulkan kebencian juga bisa kena ya? hm..
0 0
0
Post ini telah dihapus
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:58
Positip nya viral kan mba2 mini mart bisa ngejagain kalo doi dateng pas belanja, biar penyakit nya ga kambuh. Kan kasian kalo kambuh mendadak. emoticon-Cool
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:58
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Bisa2 aja
nanti terserah hakim vonisnya bijimana

emang UU kampret ini
emoticon-Ngakak
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:52
Ending kasus kan udah jelas, keluarga cici coklat minta maaf dan mengakui "nyolong 3 coklat dan 2 shampo" dan pengamcaman .... bang haji sang pengacara minta maaf dan mengaku telah melakukan "intimidasi" sebelumnya...

Pihak tersangka ga bargain apa pun.. terima semua kesalahan yg di lakukan.. Kalau emang pasal UU ite bisa di terapkan, " pengakuan minta maaf bakal lebih halus.. mungkin bakal ngeles dengan Kleptomaniac "...

Jadi gamblang ga bisa menuntut balik si mbak alfamart, kalau emang ada opsi ini ?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:45
pdhl tinggal bikin klarifikasi kalau mengidap klepto, ga bakal jadi segede ini.

malah dengan arogan ngancam, bawa pengacara (katanya palsu juga) pula.
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:38
Emang kasusnya udah selesai di tempat?

Orang dia ketahuan nyolong aja si kasir sampai harus nguber sampai ke dalam mobilnya si nenek

Udah gitu dia ga ngaku lagi. Pas disuruh buka keranjang di jok sebelah baru ketahuan ada coklat

Terus dia balikin sambil nyolot dan tutup pintu.

Tapi karna disuruh bayar dia baru bayar, terus pergi

Itu masalah belum selesai di situ. Ga ada kesepakatan apa-apa yg terjadi di situ.

Setelah diupload ke sosmed baru besoknya si nenek datang bawa orang yg katanya pengacara buat intimidasi



profile-picture
profile-picture
areszzjay dan starcrazy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:37
Bener juga gan, mesti diliat status permasalahannya dulu ya, kalo dinyatakan selesai dan dikemudian hari ditampilkan kembali kesalahan pelaku kasihan bener si pelaku.
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:34
 Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?

Bener sih dah slese
Bener sih harusnya ga diupload

Tapi.....

Jujur aja ane eneg liat arogansi si ibu, pake sewa pengacara & ngancam pake pasal uu ite...ya sah sah saja sih si ibu mau begitu..toh itu emang hak dia yg merasa dirugikan

Sayangnya antiklimaks ga ada perlawanan begitu ditampol hotman paris

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:23
coklat nya dibayar, tapi bukti cctv menyebutkan bahwa dia juga mengambil barang lain, yaitu shampoo
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:19
Quote:kasus kecelakaan memang benar terjadi, kalian memang salah dan ugal2an
tapi bukan berarti harus terus menanggung kesalahan yg sudah kalian selesaikan


Trus salahnya yg bikin narasi ugal2an dimana??
emoticon-Bingung
profile-picture
didududi memberi reputasi
1 0
1
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:13
Coba tolong menko hukum pak Mahmud md, kejaksaan dan MA menjelaskan kepada masyarakat!

Secara jelas ini hukum yang berlaku seperti apa!




Karena memang "M" sudah ada terjadi pengambilan tidak sah

Di ketahui dan terekam kamera cctv

Kemudian oleh pihak penjual disini karyawan meminta bayaran !

SOP di pintu masuk "Setiap pencurian akan di laporkan ke polisi"

Tapi ini tidak sesuai SOP terjadi penyelesaian damai

Setelah selesai ada vid bukti pengutilan tersebut di masukan ke media sosial (tiktok)

Kemudian pegawai alfamart tersebut kena ancaman uu ITE

Hingga ada vid pegawai tersebut minta maaf!



Meskipun kasus sudah selesai secara damai saat ini

Di dalam masyarakat ternyata ada dua sisi pendapat yang berbeda tentang hukum yang terjadi pada kasus tersebut

Anggap bahwa peristiwa ini terjadi pertama kali

Kemudian anggap peristiwa ini bukan terjadi pertama kali (entah ke berapa kali )


Kalau peristiwa yang nyata ini bukan kali pertama di lakukan oleh "M"



Diubah oleh SunDaimond
0 0
0
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:12
Brarti pas kejadian ga ada kata minta maaf, cm banting duit ,trus cus pegi. maren aja pas damai di polres yg ngomong minta maap anaknya. Emang udah watak belagu emaknya itu ngerasa jago sedunia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 08:12
Dulu kayanya tersangkapun disesor mukanya, gatau deh sekarang keluarganyapun dikorek-korek
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia