News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f27a94f33b8b541902229c/pejabat-china-diejek-netizen-gegara-sebut-banyak-resto-china-di-taiwan
Beijing - Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China diolok-olok oleh netizen karena komentar onlinenya. Olok-olokan itu berkaitan dengan komentar via Twitter di mana pejabat senior China itu menggunakan jumlah restoran China di Taipei untuk menegaskan klaim Beijing atas Taiwan. Seperti dilansir AFP, Senin (8/8/2022), komentar yang memicu olok-olokan netizen itu disampaikan Hua Chunying sel
Lapor Hansip
09-08-2022 22:17

Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan

 Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan

Beijing -

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China diolok-olok oleh netizen karena komentar onlinenya. Olok-olokan itu berkaitan dengan komentar via Twitter di mana pejabat senior China itu menggunakan jumlah restoran China di Taipei untuk menegaskan klaim Beijing atas Taiwan.

Seperti dilansir AFP, Senin (8/8/2022), komentar yang memicu olok-olokan netizen itu disampaikan Hua Chunying selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri China pada Minggu (7/8) tengah malam waktu setempat.

"Peta Baidu menunjukkan bahwa ada 38 restoran pangsit Shandong dan 67 restoran mie Shanxi di Taipei," tulis Hua dalam komentarnya via Twitter.

"Citra rasa tidak menipu. #Taiwan selalu menjadi bagian dari China. Anak yang telah lama hilang pada akhirnya akan kembali pulang," imbuhnya.

Cuitan Hua itu muncul di tengah ketegangan di Selat Taiwan, saat China marah dengan kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pemerintah China merespons kunjungan itu dengan menggelar latihan militer besar-besaran hingga melibatkan peluncuran rudal balistik dan membatalkan serangkaian pembicaraan dan perjanjian kerja sama dengan AS.

Cuitan Hua itu justru menjadi bumerang, dengan ribuan pengguna Twitter -- yang dilarang di China dan hanya bisa diakses menggunakan VPN khusus -- menyindir logika pemikiran Hua soal restoran China di Taiwan itu.

"Ada lebih dari 100 restoran ramen di Taipei, jadi Taiwan jelas merupakan bagian dari Jepang," tulis seorang pengguna Twitter dengan nama profil Marco Chu membalas cuitan Hua.

"Google Maps menunjukkan ada 17 McDonalds, 18 KFC, 19 Burger Kings, dan 19 Starbucks di Beijing. Citra rasa tidak menipu. #China selalu menjadi bagian dari Amerika. Anak yang hilang sejak lama akhirnya akan pulang," kicau seorang pengguna Twitter lainnya, @plasticreceiver, menyindir cuitan Hua.

Pengguna Twitter lainnya melontarkan lelucon jika logika Hua digunakan, maka Beijing bisa mengklaim wilayah-wilayah lainnya di luar kawasan Asia-Pasifik.

"Ada 29 rumah pangsit di area Greater Los Angeles, belum lagi 89 restoran mie," tulis seorang pengguna Twitter dengan nama profil Terry Adams.

"Menggunakan logika Hua, LA (Los Angeles) selalu menjadi bagian dari China," imbuhnya.

Cuitan Hua itu tidak menjadi momen pertama saat diplomat China memancing kehebohan dengan komentar-komentar via media sosial yang sebenarnya dilarang oleh pemerintah. Beberapa waktu lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian sering mempromosikan teori konspirasi via Twitter, termasuk gagasan bahwa militer AS mungkin membawa virus Corona (COVID-19) ke China.

sumber
profile-picture
profile-picture
yoseful dan batigols memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
berita-luar-negeri
Berita Luar Negeri
3.8K Anggota • 74.7K Threads
Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan
10-08-2022 06:07
0 0
0
Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan
10-08-2022 10:34
krik krik krik
0 0
0
Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan
10-08-2022 17:36
Memang benar kok, ketika suatu negara terlalu banyak didominasi brand dan produk asing sebenarnya secara tidak langsung negara tersebut sedang dikuasai asing

Sayangnya banyak orang awam tidak memahami hal sederhana ini
profile-picture
vandebay memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pejabat China Diejek Netizen Gegara Sebut Banyak Resto China di Taiwan
11-08-2022 02:00
ude.. mau aje diadu dombe
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
kado-natal-1000-gulden
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia