News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f0c2a758ad5661237741cc/polri-act-diduga-selewengkan-dana-boeing-rp-1073-miliar
Jakarta - Dittipideksus Bareskrim Polri melakukan audit terhadap aliran dana Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) soal dugaan penyelewengan dana donasi. Total ada Rp 107,3 miliar dana dari Boeing yang diduga disalahgunakan. "Dari hasil pendalaman penyidik Bareskrim Polri dan tim audit bahwa dana sosial Boeing yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya diduga sebesar Rp 107,3 miliar," k
Lapor Hansip
08-08-2022 15:00

Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar

Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar

Jakarta - Dittipideksus Bareskrim Polri melakukan audit terhadap aliran dana Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) soal dugaan penyelewengan dana donasi. Total ada Rp 107,3 miliar dana dari Boeing yang diduga disalahgunakan.

"Dari hasil pendalaman penyidik Bareskrim Polri dan tim audit bahwa dana sosial Boeing yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya diduga sebesar Rp 107,3 miliar," kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Nurul mengatakan bahwa dana sosial Boeing yang diperuntukkan untuk pembangkit sarana sosial hanya dikucurkan sebanyak Rp 30,8 miliar.

"Kemudian, didapati fakta juga bahwa ternyata dana sosial Boeing yang digunakan untuk kegiatan pembangunan sarana sosial sesuai proposal ahli waris, berdasarkan hasil audit diduga hanya sebesar Rp 30,8 miliar," ucapnya.

Berikut rinciannya:

- Dana pengadaan Armada Rice Truk Rp 2.023.757.000 (miliar);
- Dana pengadaan Armada Program Big Food Bus Rp 2.853.347.500 (miliar);
- Dana pembangan pesantren peradaban Tasikmalaya Rp 8.795.964.700 (miliar);
- Dana talangan kepada Koperasi Syariah 212 sebesar Rp 10.000.000.000 (miliar);
- Dana talangan kepada CV CUN Rp 3.050.000.000 (miliar);
- Dana talangan kepada PT MBGS Rp 7.850.000.000 (miliar);
- Dana untuk operasional yayasan (gaji, tunjangan, sewa kantor dan pelunasan pembelian kantor);
- Dana untuk yayasan lain yang terafiliasi ACT.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan Presiden ACT Ibnu Khajar dan mantan Presiden ACT Ahyudin sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan dana donasi. Ahyudin dan Ibnu Khajar serta dua tersangka lainnya terancam hukuman 20 tahun penjara.

"Kalau TPPU sampai 20 tahun," kata Wadirtipideksus Bareskrim Polri Kombes Helfi Assegaf di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/7).

Dua tersangka lainnya yakni Hariyana Hermain yang merupakan salah satu pembina ACT dan memiliki jabatan tinggi lain di ACT, termasuk mengurusi keuangan. Ada juga tersangka lain, yakni Novariandi Imam Akbari (NIA), selaku Ketua Dewan Pembina ACT.

Keempatnya pun disangkakan Pasal Tindak Pidana Penggelapan dan/atau Penggelapan Dalam Jabatan dan/atau Tindak Pidana Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Tindak Pidana Yayasan dan/atau Tindak Pidana Pencucian Uang Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 KUHP, lalu Pasal 374 KUHP.

Selain itu, Ibnu Khajar dkk disangkakan Pasal 45 a ayat 1 juncto Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang 11 Tahun 2008 tentang ITE. Kemudian Pasal 70 ayat 1 dan ayat 2 juncto Pasal 5 Undang-Undang 16 Tahun 2001 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, lalu Pasal 3, 4, 6 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, dan Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP.

https://news.detik.com/berita/d-6222...rp-1073-miliar

Ane jamin.. Setan aja bakalan minder liat kelakuan ACT.. emoticon-Malu (S)

Coba bayangin.. Hampir 80% dana bantuan boeing buat korban lion air malah d tilep ACT.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
24.2K Anggota • 641.8K Threads
Halaman 1 dari 3
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:05
Dengan kejadian ini, gw bener2 kecewa sama nih lembaga dan pihak2 yang berurusan dengan ini..... karena banyak pemuka2 agama yang main disini.... itulah dunia... penuh kepalsuan dan kemunafikan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
floriantito dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:12
Makin naek aj nilai korupnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:14
Setan/iblis bakalan malu dan jdi rendah diri di depan Ahyudin cs.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:17
dibiarin nih? ga dimiskinkan gitu? keluar2 penjara ttp bnyk duit dong. bisa bkin lembaga yg sama lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:20
nambah lagi? warbiyasah ya akhi, emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:21
Ahli waris boeing itu pasti ada anak yatim/piatu, diembat buat bayar hutang orang2 pea 212 emoticon-Matabelo
Super sekali emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:27
emoticon-Najis
Kalau mau amal mending kasih ke orang susah langsung. Yang model model gini udah gak bisa dipercaya.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:35
ini namanya percayakan makanan ke tikus. jualan agama memang gurih gurih nyoy... cocok hukuman mati ini sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:38
salah satu ciri orang munafik itu kalo dikasih kepercayaan ia khianat. boeing ngasih kepercayaan buat mengatur pembagian uang kepada korban, tanpa ijin ke boeing dan korban, tiba2 dipake keperluan pribadi (yayasan)

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:45
"Yawlo bikin susah idupnya, seretkan rezekinya, jgn berkahi nafkahnya, jgn sembuhkan penyakitnya, biar dapat penyakit yg belum ada obatnya.

Biar susah jalan hidupnya, biar dipecat dari kerjaannya, biar ditinggal lari bininya, biar lakinya kawin lagi, biar anak2nya ngelawan sama dia, biar idupnya ga bahagia, ga dapat anak keturunan yg solihin & soleha, idupnya ancur2an, ga ada berkah. Gundah gulana tiap ari, susah tiap ari."


Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apriyatna dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:45
Rekening untuk biaya "entertainment" nga dibuka?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:48
Wow... emoticon-Matabelo

Tgg event hamas roket isroil n dibales balik kena warga.sipil lagi .. tgl apakah msh pada brani nyumbang lwt kesitu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:50
tenang

budak eh ummat pasti selalu dengerin apa kata ngulamakemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:51
lebih haram dari makan babi bagi seluruh yang terafiliasi dengan ACT baik tahu, pura² ga tahu dan tidak tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:56
Sebenarnya banyak sih yg model begini, mengumpulkan uang untuk keperluan pribadi dengan mengatasnamakan agama. Ngga cuma Islam aja sebenarnya, tapi karena di sini Islam adalah mayoritas ya kejadiannya kebanyakan atas nama Islam.

Mulai dari yang kecil2an, model orang yang minta sumbangan di jalan untuk pembangunan rumah ibadah. Semua yg terlibat di situ biasanya dapat komisi atas dana yang dikumpulkan.

Agak besar dikit, membuat yayasan yatim piatu atau pesantren trus minta sumbangan ke publik dan juga minta bantuan ke pemerintah. Padahal ada begitu banyak yayasan yatim piatu atau pesantren, kenapa ngga digabung aja ?

Sampai yg besar model lembaga2 filantropi model ACT ini, yang target dananya juga mencakup dana CSR perusahaan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:58
orang mayo Indonesia sungguh pemaaf ya akhi... ga ada yg marah2 ama act ini emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 15:59
Kriminalisasi umat ini nih emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-Mad

Umat siap bela agama emoticon-Mad
Diubah oleh yxgk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 16:06
Sejak kasus act viral

Buzzerp balaikota yg membela wan abud siang malam, kok menghilang semua di bp ?

Honornya tertahan kah ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Polri: ACT Diduga Selewengkan Dana Boeing Rp 107,3 Miliar
08-08-2022 16:12
Duit halalan thayyiban ya akhiemoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia