Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
219
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f04278826ba9401209c32d/melihat-hukum-di-indonesia-yang-sakit-sejak-kasus-sengkon-dan-karta
Semakin peradaban berkembang, semakin kritis netizen Indonesia ditambah dengan adanya pengacara-pengacara yang masih takut kepada Tuhan untuk mengungkap rekayasa kasus yang dimainkan dalam penanganan hukum di Indonesia saat ini. Bisa jadi ini langkah besar agar bisa menyelamatkan sebuah negara, dimana hukum bak sebuah pisau yang hanya tajam kebawah namun tumpul keatas. Ironi keadilan ini sebenarny
Lapor Hansip
08-08-2022 05:53

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

icon-verified-thread


Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Semakin peradaban berkembang, semakin kritis netizen Indonesia ditambah dengan adanya pengacara-pengacara yang masih takut kepada Tuhan untuk mengungkap rekayasa kasus yang dimainkan dalam penanganan hukum di Indonesia saat ini.

Bisa jadi ini langkah besar agar bisa menyelamatkan sebuah negara, dimana hukum bak sebuah pisau yang hanya tajam kebawah namun tumpul keatas.

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Ironi keadilan ini sebenarnya bukan sekarang saja, dimana yang berkuasa, yang bertahta, dan yang berharta tidak bisa tersentuh, bahkan ada cerita Edy Tansil sang koruptor kelas kakap yang dapat melarikan diri dan hilang ditelan bumi hingga sekarang. Mirip dengan mas Harun, yang tak pernah ada kabar beritanya.

Tapi, bagaimana kalau ada korban salah tangkap akibat kasus pembunuhan pasangan suami istri Sulaiman dan Siti Haya di Desa Bojongsari, Bekasi. Mereka dipaksa mengaku dengan beebagai siksaan sebagai pelakunya pada tahun 1974.

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Walau keduanya telah membantah melakukan hal itu, namun cerita berujung duka untuk mereka hingga akhirnya di bulan Oktober 1977, Sengkon mendapatkan vonis penjara selama 12 tahun, sedangkan Karta divonis lebih ringan yakni 7 tahun.

Namun ternyata, pelaku sebenarnya berbicara hingga tahun berganti tahun keduanya sudah di penjara hingga tahun 1980, barulah pelaku sebenarnya Gunel akhirnya dijatuhi hukuman 12 tahun penjara.

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Di tahun 1981 barulah keduanya bisa bebas, karena adanya jalur peninjauan kembali. Lantas apa yang mereka dapatkan dalam kasus salah tangkap ini? Kehancuran kehidupannya, karena apa yang ia alami hanya penuh cerita duka.

Hidupnya tak seindah dulu, keluarganya sudah kocar-kacir. Harta pun sudah ludes terjual, tapi apa yang terjadi setelah bebas, semakin menderita dan tak tentu arah.

Sengkon dan Karta juga sempat mengajukan tuntutan ganti rugi Rp 100 juta kepada lembaga peradilan yang salah memvonisnya, namun MA menolaknya dengan alasan tidak pernah mengajukan permohonan kasasi.

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Inilah yang menjadikan keadilan di negeri ini tidak akan pernah berpihak pada rakyat kecil. Bahkan kasus yang sedang hangat sekarang ini tentang polisi tembak polisi, kalau tidak adanya medsos dan netizen kejadian yang menimpa Brigadir J dengan pelakunya Bharada E yang harusnya tunggal, menjadi berkembang.

Kini nyanyian Bharada E mulai membuka tabir, akan ada babak baru ketika jabatan rendah dijadikan tumbal.

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Apa tanggapan juragan dari peran medsos dan netizen terhadap kasus-kasus hukum di Indonesia?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!

Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!









profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 42 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.2K Anggota • 913.9K Threads
Halaman 5 dari 5
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
08-08-2022 20:01
Quote ini aja dah emoticon-Cool

Quote:Original Posted By roni.riyanto
Polisi terkenal dengan cara klasiknya menyiksa hingga pihak terduga akhirnya mengaku melakukan hal yang dituduh (kdang terduga memang tidak bersalah).

maka itu terciptalah dongeng TNI AD,AL,AU Dan Polisi yang berlomba mencari kelinci putih yang dilepas kehutan.

Giliran pertama TNI AD, orang terpilih mewakili AD untuk mencari kelinci tersebut dan diberi waktu 6 jam. namun kelinci tak ditemukan

Kemudian TNI AL melakukan hal yang sama, dan juga tak menemui hasil.

Bahkan sampai Giliran TNI AU yang juga meminta bantuan helikopter untuk mengintai, juga tak berhasil menemukan kelinci tersebut.

Hingga tibalah giliran Polisi, Jika yang lain dalam 6 jam tak menemukan apa2. berbeda dengan polisi yang hanya dalam waktu 1 Jam sudah kembali dari Hutan, ditangannya ada seekor tikus putih yang bulunya nampak sudah ada bercak darah.. lalu terdengar sang tikus berkata. "Ampun pak polisi, iya saya ngaku.. saya kelinci"

Tamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oliv48 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
08-08-2022 20:06
Kasus Sengkon dan Karta merupakan ironi salah tangkap. Sebagian agan melihat ini bukti hukum tajam ke bawah tumpul ke atas. Mungkin ada benarnya. Namun kita mungkin perlu melihat dari sisi yang lain. Seperti yang ditulis di atas, sejak kasus ini maka dikenal istilah Peninjauan Kembali. Suatu upaya hukum luar biasa, setelah vonis akhir dari Mahkamah Agung. Ini menjadi catatan dari sejarah perkembangan bangsa.

Perjalanan bangsa ini begitu panjang, dan perlahan kita mulai setahap demi setahap.
1945-1950 perjuangan fisik demi memperoleh kemerdekaan
1950-1965 upaya perjuangan mempertahankan negara kesatuan RI. banyak pemberontakan, banyak keinginan untuk berpisah, perang saudara, maka berbagai upaya dilakukan untuk bersatu dulu, sebagian dengan senjata
1965-1998 dalam upaya mempertahankan persatuan, maka berbagai slogan pembangunan dilakukan, diupayakan kita mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Satu arah, satu langkah, tidak ada oposisi, tidak ada suara beda. Yang penting pembangunan jalan.
1998-hingga kini, barulah kebebasan berpendapat digemakan. Orang bebas bicara, daerah diberi kebebasan membangun apa yang dibutuhkan.. bisa milih pemimpin dari berbagai pilihan. milih wakil rakyat sendiri..

bayangkan jika kebebasan berpendapat kita taruh di awal merdeka, pasti tidak akan ada Indonesia. Kini orang bebas pendapat, namun tidak ada keinginan memisahkan diri dari NKRI. Intinya kita hanya ingin didengar kan... Negara ini memang berproses, tidak ada yang instan..

Hukum pun juga berproses. Dulu mungkin kita terpaksa diam, jika ada korupsi. Hari ini kita punya media untuk menyampaikan pendapat bahwa ada suatu korupsi.
Dulu kasus kayak gini mungkin hilang tak tentu rimba, hari ini ada media massa dan media sosial yang akan mengawalnya. Suka atau nggak suka, perubahan mesti ada.

Jangan dulu berkeluh kesah menganggap semuanya buruk. USA saja merdeka 1776, 80 tahun kemudian mereka perang saudara masalah perbudakan, dan baru 1960 an mereka bisa mencoba bebas dari isu rasial. Proses akan selalu ada
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan drenovsky memberi reputasi
2 0
2
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
08-08-2022 20:39
Apabila keadilan manusia dibungkam, biarlah keadilan Tuhan yg berbicara kelak..





Tp lama nunggu mati duluemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
08-08-2022 21:47
dipikir2 mendingan problem anak citayem fashion, ngga sampe kusut ruwet begini 😀, ampe bunuh2an
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
09-08-2022 01:21
HUKUMnya sdh bener,oknum dan aparat2 penegak hukum nya yg banyak bermain disitu..
klo contoh kasus udh banyak bgt,ga cuma sengon-karta aja
yg baru2 ini terjadi jg ada kok..
tp jgn lupa,skrg mau ada pembaruan RKUHP aja malah di demo trus
pdhl menurut ane biarin aja dulu disahkan,lalu tinggal gugat aja ke MK pasal2 yg sekira nya tdk relevan dan bisa berpotensi jd pasal karet
klo di demo trus,ga akan disahkan,maka sampai kpn pun hukum tertulis indonesia akan memakai hukum peninggalan kolonial
padahal di negara asli nya sana (belanda) hukum nya sdh sangat modern,bahkan warga yg dipenjara jg minim sekali..
Ga semua polisi,hakim,jaksa itu buruk..
msh banyak yg baik dan jujur tp kalah sama keadaan dan tekanan2 yg berbau politis
kita jg hrs liat dr 2 sisi dan hrs fair jg,ga semua kasus mudah di selesaikan..
Diubah oleh martenvdbroek
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
09-08-2022 01:37
Netizen Indonesia Juga tak Obyektif, cenderung sesuai kesukaan juga..Kasus sembunyikan dan Barada E baru di ekspose besar2 an,Dulu itu penyidik KPK di siram air keras sampai mata hampir buta.. banyak netizen yg dukung polisi..termasuk buzzer..apa gak ingat.. banyak lagi kasus lain..percuma sajalah...di negara Amerika dan barat atau negara maju pembenahan nya dengan sistem.. polisi dalam pengawasan ketat dan di oecah2,.di negara bagian atau provinsi ada polisi nya sendiri dalam pengawasan dan perintah gubernur dan DPR daerah..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
09-08-2022 06:42
Yang kecil selalu diinjak dan dijadikan pijakan dari yg lebih berkuasa gans, dan ini kenyataan bukan hanya bualan semata, ngeri memangnya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Melihat Hukum Di Indonesia Yang Sakit, Sejak Kasus Sengkon dan Karta!
09-08-2022 16:31
Kasi sisir dulu ama pengacara bharada e itu.. sakit mata ngliatny
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia