Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ed4c8852352c52e7608ad6/malas-servis-motor-ke-bengkel-bisa-bikin-banyak-masalah-loh
Servis motor adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin untuk merawat kondisi motor. Sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar bagi pemilik motor. Tapi sayangnya, masih ada aja yang malas servis atau bahkan gak tahu bahwa servis itu wajib dilakukan. https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSXOoNUurQaQEUdgvJRA2sLj7Eojea7GCfDcA&usqp=CAU Servis rutin buat motor itu biasanya meliputi gant
Lapor Hansip
05-08-2022 23:59

Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!

Servis motor adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin untuk merawat kondisi motor. Sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar bagi pemilik motor. Tapi sayangnya, masih ada aja yang malas servis atau bahkan gak tahu bahwa servis itu wajib dilakukan.

Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...CfDcA&usqp=CAU

Servis rutin buat motor itu biasanya meliputi ganti oli mesin dan bersihin CVT, serta pengecekan coolant radiator, kampas rem, tegangan aki, busi, filter udara, dll. Ini standarnya dilakukan setiap 2000-3000 kilometer atau maksimal sekitar 2-3 bulan. Tergantung jenis motor dan frekuensi penggunaan motor serta jarak yang ditempuh.

Terus, kalo jarang servis, jadi gimana? Ya jelas bisa menimbulkan berbagai masalah pada motor, misalnya ini:

1. Kenyamanan kendaraan berkurang

Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...RCgwQ&usqp=CAU

Jarang servis bisa memunculkan kerusakan pada mesin. Kalo dibiarkan, kerusakan-kerusakan itu bisa jadi semakin parah dan pasti berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Misalnya suara mesin yang berubah jadi lebih berisik, kasar, tarikan mesin jadi berat, pokoknya berkendara tuh jadi kerasa kurang nyaman. Kalo yang ngerti sih pasti peka dengan perubahan atau keanehan yang muncul dari motornya itu dan akan segera membawa motornya ke bengkel untuk dicek dan diservis. Nah, kalo yang gak ngerti, motornya tetap diajak ngegas terus setiap hari walaupun asap knalpotnya udah hitam pekat dan mesinnya mengeluarkan suara yang gak wajar. Yang penting masih ada isi bensinnya, ya jalan teruuuss emoticon-Frown

2. Performa mesin berkurang

Meskipun kondisi motor terasa baik-baik aja, servis secara berkala tetap perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan/keausan yang mungkin terjadi. Mekanik di bengkel bisa mengecek kondisi motor dan menginformasikan seandainya ada kerusakan atau komponen yang perlu diperbaiki. Nah, kalo motor dibiarkan berbulan-bulan gak diservis, termasuk gak ganti oli, bisa jadi performa mesin akan berkurang. Apalagi oli itu penting banget untuk menjaga kondisi mesin dan berperan dalam pelumasan, pembersihan, serta pendinginan komponen dalam mesin.

3. Biaya reparasi lebih besar

Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...NGVzQ&usqp=CAU

Mungkin ada sebagian orang yang malas servis dengan alasan agar hemat. Padahal, kalo mesin motor rusak gara-gara gak rajin diservis, biaya reparasinya justru lebih besar. Ganti oli dan servis ringan paling di bawah 100 ribu aja. Nah, kalo mesinnya udah rusak parah dan harus diperbaiki, bisa habis ratusan ribu sampai jutaan. Plus motornya kudu nginep di bengkel beberapa waktu, jadi gak bisa dipake dulu deh. Yok jangan males dan jangan pelit ngeluarin uang buat servis motor. Pilih bengkel yang terpercaya dan komponen serta olinya asli, bukan KW.

4. Nilai jual rendah

Kalo suatu saat kalian berniat menjual motor sedangkan si motor jarang servis, bisa dipastikan harga jualnya bakal turun lebih rendah dibanding motor yang rutin servis. Karena jarang servis membuat kondisi mesin motor kurang prima. Meskipun body-nya mungkin mulus. Tapi kalo mesinnya kurang oke, ya percuma aja. Orang yang mau beli juga pasti takut kondisi motornya terus menurun

Begitulah konsekuensinya kalo jarang atau males servis motor secara rutin. Kalian gimana memperlakukan motor kesayangan? Udah rajin servis rutin kan?

emoticon-Jempol

Diubah oleh beergembira.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
otomotif
Otomotif
3.3K Anggota • 24K Threads
Halaman 1 dari 2
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 00:21
Masalah apa lagi yang bisa timbul karena malas servis motor?
0 0
0
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 01:39
Kadang begitu, bisa beli motor, bisa beli bensin, tapi gak mau servis karena katanya mahal emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 01:45
Dah 7 bln blm serpis motor nih..ngeri2 sedap jg klo knp2 dijalan palagi pas bawa motor tengah malem emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 05:54
Alasan lain malas ke bengkel adalah ketika lu lg di ruang tunggu bengkel dan tiba2 mekaniknya nyamperin sambil berkata... Mas, kesini sebentar deh...
emoticon-Takut

Alamat ambrol dah celengan
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 05:59
jadwalkan maintenance motor

syukur-syukur sih punya skill itu
profile-picture
fredielogan14 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 06:36
susahnya mentalitas mayoritas pengguna kendaraan ya selalu tunggu masalah timbul baru dibawa ke bengkel, padahal seringnya ya udah telat. sama persis kaya badan kita, ngga dijaga tapi berharap sehat terus kan ngga mungkin juga yak, harus dimaintain berkala dengan olahraga dan diet yang baik. demikian pula motor & mobil, kalo udah waktunya diservis rutin ya masukin bengkel aja, ngga ada ruginya dicek2 komponen2nya. giliran rusak eh mewek mahal ya salah sendiri.
profile-picture
profile-picture
beergembira. dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 06:47
Yg parahnya plg bengkel bkn lebih mulus, malah tambah ancur emoticon-Leh Uga
Diubah oleh greasemonkey09
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 06:49
Beranikan dirilah
Belajar dikit2
Di chanel ytb udah banyak tuh tutor
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan fredielogan14 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 07:46
Baut hilang satu
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 08:20
Motor vario karbu ane turun mesin gara2 ngga ganti oli sampe setengah tahun, abis hampir 2jt.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 08:28
minimal rutin ganti oli
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 08:29
Gw gk pernah servis motor,cuma rutin ganti oli dan cairan2 lainnya.
Apa begitu jga bsa merusak motor?

Krna skrg mekanik didealer pn bnyak kerjaannya yg gk beres,,klo sya perhatikan mekaniknya kebanyakan anak SMK magang,sedangkan mekanik internal dealernya cuma ngawasin doang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 09:04
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!

Pake motor minion ini uda 6 bulan gak service rutin, cuma paling cek tekanan angin sama kampas rem aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 09:41
Motor matic yang penting harus rutin ganti oli.
Servis agak males masih oke lah.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 09:49
3 tahun kepemilikan masih rajin ke beres, sambil ngabisin tanda servis di buku yg dikasi pas beli

selebihnya bisa 4-5 bulan sekali, kalo oli mah beli di spbu ae, kebetulan motor ane pake fastron
0 0
0
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 09:51
bukan menaruh ketidakpercayaan pada bengkel resmi, tapi banyak dari oknum tersebut malah melakukan sabotase seakan kendaraan kita dalam kondisi yang buruk ketika masuk ke bengkel mereka apalagi yg bawa tidak mngerti sama sekali tentang permesinan. makanya banyak dari pemilik kendaraan lebih memilih untuk melakukan perbaikan sendiri atau ke tempat bengkel lain yang mereka percaya.
garansi bengkel resmi juga tidak menjamin harga jual terdongkrak karena rutin service di bengkel resmi, itu cuman doktrin dari makelar, makanya waktu beli kendaraan bekas baik nya ditemani sama orang yg ngerti
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 10:04
Sebenarnya klo utk service rutin, bs dilakukan sendiri tanpa ke bengkel.. utk motor karbu ya bersihkan karbu n saringan hawanya... oli beli sendiri terus isi sendiri jg bs....
0 0
0
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 10:37
Bkn MLS gan,tp faktor duitemoticon-Sorry
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 11:02
Saya juga sering telat ganti oli karna malas...ehhh tau2 ngebul sekarang...
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
06-08-2022 11:18
Rawatlah motor karena klo uda rusak lebih mahal biayanya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia