Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e9c6c1a1cb7f1bc4597559/8-makanan-khas-betawi-selain-kerak-telor-gak-kalah-lezat-gan
Sumber gambar: cookpad.com & wikipedia.com :hai Kalo mendengar kuliner Betawi, yang paling melekat mungkin adalah kerak telor. Ane sendiri salah satu penggemar kerak telor, tapi makannya harus pas masih panas biar enak dan telurnya pake bebek. Tapi di thread ini sengaja ane gak masukin kerak telor karena udah banyak tau gan wkwk. :Yb Dan kalau ngomongin soal kuliner Betawi, sebenarnya gak berhenti
Lapor Hansip
03-08-2022 07:52

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!

icon-verified-thread
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com & wikipedia.com

emoticon-Hai
Kalo mendengar kuliner Betawi, yang paling melekat mungkin adalah kerak telor. Ane sendiri salah satu penggemar kerak telor, tapi makannya harus pas masih panas biar enak dan telurnya pake bebek.

Tapi di thread ini sengaja ane gak masukin kerak telor karena udah banyak tau gan wkwk. emoticon-Blue Guy Peace

Dan kalau ngomongin soal kuliner Betawi, sebenarnya gak berhenti di kerak telor. Ada kuliner lain yang sebenarnya jadi makanan khas Betawi. Khususnya Jakarta dan sekitarnya. Adakah yang pernah coba?

Semoga thread ini bisa jadi referensi buat kamu yang mau berkunjung atau pindah ke Jakarta dan sekitarnya.

Langsung gas! emoticon-Smilie

1. Roti Buaya

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: wikipedia.com

Roti buaya mirip roti pada umumnya, namun bentuknya yang unik menjadi ciri khas tersendiri. Roti ini berbentuk buaya dan biasa hadir di acara pernikahan. Kenapa berbenturan buaya, karena untuk simbolisasi. Buaya adalah hewan yang setia dan hanya kimpoi dengan satu betina saja. Simbol roti buaya merupakan doa agar pasangan bisa langgeng selamanya.

2. Gado-gado

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini sudah tak asing lagi di telinga. Berupa aneka sayuran yang dicampur lalu disiram dengan saus kacang. Gado-gado nikmat dimakan dengan lontong dan juga kerupuk. Makanan ini cukup mudah ditemukan. TS sendiri lebih suka gado-gado yang pedas maksimal pakai cabe rawit.

3. Soto Betawi

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Salah satu ciri khas soto betawi adalah kuahnya yang kental berkat tambahan santan dan juga susu. Mungkin sedikit perbedaan dibanding soto lainnya. Selain berisi daging, soto betawi juga menggunakan jeroan seperti ati, babat dan lainnya.

4. Nasi Ulam

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini salah satu favorit TS. Nasi ulam adalah nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Berkat daun kemangi, nasi ini jadi terasa wangi. Apalagi ditambah parutan kepala di atasnya. Paling enak makan nasi ulam sama ayam goreng gan, atau kalo mau lebih enak pake daging sapi juga. Jangan lupa kerupuk.

5. Asinan Betawi

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Asinan Betawi adalah makanan berupa sayuran yang telah melalui proses pengacaran, seperti tauge, timun dan banyak lagi. Sayuran-sayuran itu lalu disajikan dengan disiram saus kacang yang cair. Kalau makan asinan Betawi tak lengkap rasanya kalau tak pakai kerupuk mi.

6. Gabus Pucung

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini memakai bahan utama yaitu ikan gabus. Ikan yang bentuknya agak mirip dengan ikan sapu-sapu. Gabus Pucung biasanya dimasak dengan kuah hitam yang mirip dengan rawon. Warna hitamnya diambil dari buah Pucung. Rasanya gurih dan sedikit pedas, apalagi kalau pake cabai rawit gan.

7. Soto Tangkar

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

Apa bedanya soto Tangkar dengan soto Betawi. Setelah ane googling, perbedaannya ternyata ada di bumbu. Soto Tangkar menggunakan tambahan bumbu seperti jintan dan kapulaga, dua bumbu yang tidak ada di soto Betawi. Selain itu, soto Tangkar memakai daging iga. Namun keduanya sama-sama makanan khas Betawi. (Cmiiw)

8. Semur Jengkol

8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
Sumber gambar: cookpad.com

TS sendiri gak pernah makan jengkol. Dan gak tau gimana rasanya, bahkan TS juga gak tau apa bedanya semur jengkol Betawi sama semur jengkol biasa. Tapi karena request dari emak TS, jadi TS masukin sesuai dengan arahan beliau. Menurutnya, semur jengkol Betawi memiliki kuah sedikit dan lebih kering.

emoticon-2 Jempolemoticon-Hai

Itulah yang bisa TS berikan mengenai kuliner Betawi. Mohon koreksinya jika ada yang salah dan keliru. Semoga bisa bermanfaat. Salah satu yang paling sering TS makan adalah roti buaya, tapi itu dulu pas SD ada tukang roti buaya kecil yang harganya cuma 3 ribu.

Terus nasi ulam, baru kemarin makan pas saudara TS selametan. Gak bakal lewat deh kalo ada nasi ulam, pasti makan.

Kalo kalian pernah makan yang mana nih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
3.1K Anggota • 7K Threads
Halaman 1 dari 3
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 08:17
Gabus pucung baru denger
0 0
0
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 10:55
Asinan betawi sama soto betawi favorit gue.. yum.. yum..
profile-picture
profile-picture
nouah dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 10:59
mantap tuh gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:14
ketoprak tu asli jakarta ga siy?? emoticon-Bingung (S)


gabus pucung sih the best banget dah emoticon-Jempol tapi makin susah nyari gabusnya
paling mantep pake gabus liar yang gede,, beuhh... emoticon-Belo emoticon-kisssing


nice thread brehh emoticon-2 Jempol

0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:24
Semur jengkol betawi, asinan betawi, gabus pucung. Favo
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:38
gua doyan sobet bor
0 0
0
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:46
@Rainbow555 ayo komen sis.. 8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
profile-picture
Rainbow555 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:49
Semuanya kaporit ane gan kecuali roti buaya ama gabus pucung soalnye kaga pernah nyobain.. padahal dideket rumah ortu ane dibekasi ntu ada gabus pucung yang enak kate kawan ane cuma emang sekarang lg kerja diseberang aje jd kaga sempet dah nyobain ntu gabus pucung..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:56
Rujak juhi

Ikan asin jambal roti
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:57
gabus pucung baru dnger ane, klo asinan betawi sih dulu sering beli soalnya ada abangnya keliling..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 11:58
Suka semua kecuali gabus Pucung. Ga doyan ikan sih. Sama sayur besan dong mantullllllemoticon-Goyang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 12:38
sayur babanci
0 0
0
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 12:50
Gabus pucung kelihatannya enak, semoga suatu saat bisa mencobanya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 13:01
sayur babanci blom masup gan..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 13:15
ane yg ga suka jengkolnyeee
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 14:31
Nasi kudu ga ada gan?
Itu doang sama gorengan tempe tepung + sambel kacang pedes udah cukup banget buat ane
emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 14:47
Udah hampir semuanya ane makan, kecuali gabus pucung, mungkin karena ane nga terlalu doyan makan ikan kali yah.
Tapi yang paling ane doyan sih Soto Betawi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 15:09
no. 8 paling mangstab gan.... ane doyan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor! Gak Kalah Lezat Gan!
03-08-2022 16:13
12 tahun di jakarte belum pernah ngerasain apa itu roti buaya dan kerak telor 😭😭😭😭
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia