News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c5afe7b71cba75bc40f13f/rkuhp-final-penista-agama-penjara-5-tahun
Jakarta, CNN Indonesia -- Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) versi final masih mencantumkan pasal pidana untuk pelaku penodaan atau penistaan agama. Pasal 302 RKUHP mengancam penista agama dengan hukuman penjara hingga 5 tahun. Sanksi denda pun membayangi pelaku hal tersebut. "Setiap Orang Di Muka Umum yang: a. melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan; b. menyatakan kebenc
Lapor Hansip
06-07-2022 22:53

RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun

Quote:RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun

Jakarta, CNN Indonesia -- Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) versi final masih mencantumkan pasal pidana untuk pelaku penodaan atau penistaan agama.
Pasal 302 RKUHP mengancam penista agama dengan hukuman penjara hingga 5 tahun. Sanksi denda pun membayangi pelaku hal tersebut.

"Setiap Orang Di Muka Umum yang:

a. melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan;

b. menyatakan kebencian atau permusuhan; atau

c. menghasut untuk melakukan permusuhan, Kekerasan, atau diskriminasi, terhadap agama, kepercayaan, orang lain, golongan, atau kelompok atas dasar agama atau kepercayaan di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak kategori V," bunyi pasal 302 RKUHP draf tanggal 4 Juli 2022.

Pasal berikutnya mengatur penodaan agama melalui teknologi informasi. Pelaku tindak pidana itu diancam hukuman penjara maksimal lima tahun.

Ada pula ancaman hukuman bagi orang yang mengajak orang lain tidak beragama. Pelaku tindakan itu diancam hukuman dua tahun. Jika disertai kekerasan, pelaku akan mendapatkan hukuman yang lebih berat.

"Setiap Orang yang dengan Kekerasan atau Ancaman Kekerasan memaksa seseorang menjadi tidak beragama atau berkepercayaan atau berpindah agama atau kepercayaan yang dianut di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV," bunyi pasal 304 RKUHP.

Penodaan agama telah diatur dalam KUHP yang berlaku saat ini. Aturan itu tertuang dalam pasal 156a KUHP.

Pasal tersebut sempat menjadi sorotan saat kasus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kala itu, Ahok divonis penjara dua tahun karena terbukti menodai ajaran agama Islam.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...enjara-5-tahun


Sebagai informasi, DPR dikuasai oleh partai2 kubu Jokowi.
Diubah oleh freezaa12
profile-picture
memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
26.3K Anggota • 645.2K Threads
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 22:54
Somad terbahak bahak mendengar ini
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 22:55
Nunggu komentar bajjer goblog yg hobi ngadrun²in org
Entah udah bunuh diri belon mreka smua
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 22:59
S&K: Kajian internal, walaupun memenuhi unsur penghasutan dan/atau dilakukan di tempat umum dan/atau disebarkan melalui media konvensional maupun elektronik, apabila sudah sesuai ajaran agama yg dikaji, maka pasal ini tidak berlaku.
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 23:09
Blangsak emang PDIP dan cebong2 ini.
Tau pasal penistaan agama ini selalu berat sebelah hanya menghukum bila yg dihina agama islam, sedangkan agama lain hampir tidak pernah diurus.
Tapi tetep aja dinaikin ini pasal ngawur.
Waktu si ngahoax kemarin dipenjara, bilangnya mau ngapus ini pasal.
Lah sekarang malah bikin kyk begini.
Apa gara2 si ngahoax udah bebas jadi gak ada beban?
Atau cuma stunt doang, biar si ngahoax tau diri karena pernah membangkang sama DPRD kubu PDIP?
Yang mana sekaligus menarik hati rakyat agar milih PDIP lagi waktu 2019?

Tai kucing lah partai mafia hipokrit bajingan yg cuma peduli dgn posisi mereka di pemerintahan supaya tetap bisa menggeruk duit rakyat.
KPK dilemahin, bikin presidential threshold biar capres cuma orang2 yg diangkat koalisi mereka dan koalisi sebelah yg dipimpin oleh temen mereka juga (gerindra atau si brewok).
Diubah oleh sepedamerah7.
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 23:30
Berarti yg menghina dan menista setan pun berlaku sama
Secara ada minoritas pemuja setan juga, maka kl setan di hina, di nista, di salahin, tentu akan menimbulkan kebencian dan permusuhan dr para pemuja nya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
06-07-2022 23:58
Setiap orang dimuka umum itu termasuk kajian internal ndak?emoticon-Malu
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 01:31
S&K : hanya berlaku ke minoritas


ngemeng2 kasusnya roy suryo gimana yahemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 05:31
Tidak banyak berubah sih dari aturan lama.

Yang saat ini berlaku:
KUHP Pasal 156
Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barangsiapa dengan sengaja dimuka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan :

a. Yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalah-gunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia :

b. Dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga, yang bersendikan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa.

RKUHP:
Setiap Orang Di Muka Umum yang:

a. melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan;

b. menyatakan kebencian atau permusuhan; atau

c. menghasut untuk melakukan permusuhan, Kekerasan, atau diskriminasi, terhadap agama, kepercayaan, orang lain, golongan, atau kelompok atas dasar agama atau kepercayaan di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak kategori V," bunyi pasal 302 RKUHP draf tanggal 4 Juli 2022.
-=----

Mari kita bahas.

Perbuatan pidananya:
LAMA (156):
-mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan
-bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan agama
-agar orang tidak menganut agama

BARU (302)
-melakukan perbuatan/menyatakan/menghasut
-bersifat permusuhan/kebencian/melakukan kekerasan/diskriminasi
-terhadap agama/kepercayaan/(orang/golongan/kelompok atas nama agama)

Yang tidak lagi dipidana:
-penyalahgunaan atau penodaan agama

Yang ditambahkan:
-kebencian, kekerasan, diskriminasi
-terhadap agama/kepercayaan atau penganut agama/kepercayaan.

======

Silakan dipikirkan apa efeknya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 06:08
Berarti sukro bakalan 5 taon nih
emoticon-Ngakak
0 0
0
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 07:23
Quote:

Sebagai informasi, DPR dikuasai oleh partai2 kubu Jokowi.



Adalah betul emoticon-shakehand

Di rejim ORang BAik dan parpol (mengaku) paling pancasilak & nasionalis, indeks demokrasi malah menurun.

Kopkamtib sekarang diganti pasukan cyber, yang siap men-doxxing, merundung dan nge-hack akun pengkritik.

Tapi tentu saja, para pendukung garis keras pura-pura tidak tahu ini.
emoticon-Traveller
Diubah oleh wiry
0 0
0
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 10:38
idealnya sih berlaku untuk SEMUA agama yang dinista

tapi faktanya ? emoticon-Big Grin
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
07-07-2022 12:48
Apa ya itu 'mengajak orang lain tidak beragama'.
0 0
0
RKUHP Final: Penista Agama Penjara 5 Tahun
11-07-2022 22:48
Benda abstrak bisa diinistaemoticon-Bingung
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia