Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c54e4f31386c62ad49ef35/rkuhp-final-pelaku-santet-dipenjara-15-tahun
Dalam draf RKUHP yang diterima CNNIndonesia.com, ancaman pidana dari tindak pidana ilmu gaib alias santet berkurang, dari maksimal 3 tahun menjadi 1,5 tahun. Foto: iStockphoto/VeraPetruk Pasal mengenai santet alias ilmu gaib masih tercantum di dalam draf Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) terbaru yang diserahkan pemerintah ke DPR, Rabu (6/7). Dalam draf RKUHP yang diterima CNNIndon
Lapor Hansip
06-07-2022 15:56

RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun

RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
Dalam draf RKUHP yang diterima CNNIndonesia.com, ancaman pidana dari tindak pidana ilmu gaib alias santet berkurang, dari maksimal 3 tahun menjadi 1,5 tahun. Foto: iStockphoto/VeraPetruk


Pasal mengenai santet alias ilmu gaib masih tercantum di dalam draf Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) terbaru yang diserahkan pemerintah ke DPR, Rabu (6/7).

Dalam draf RKUHP yang diterima CNNIndonesia.com, ancaman pidana dari tindak pidana ini berkurang, dari maksimal 3 tahun menjadi 1,5 tahun.

Santet menjadi salah satu pasal yang menuai kontroversi jelang pengesahan RKUHP pada 2019 silam. Pasalnya, hubungan kausalitas antara santet dan akibat yang ditimbulkan dari santet sulit dibuktikan.

Kini, santet masih diatur di Pasal 252 draf RKUHP terbaru. Pasal tersebut tetap memuat dua ayat.

Di ayat pertama berbunyi, "Setiap Orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori IV."

Kemudian, di ayat kedua berbunyi "Jika Setiap Orang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, pidananya dapat ditambah 1/3 (satu per tiga)."

Perubahan terkait pasal ini kemudian terjadi di bagian penjelasan, di mana frasa black magic atau ilmu hitam dihilangkan pada draf RKUHP 2022.

Penjelasan Pasal 252 di draf RKUHP 2022 kini berbunyi, "Ketentuan ini dimaksudkan untuk mencegah praktik main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga masyarakat terhadap seseorang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib dan mampu melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan penderitaan bagi orang lain."

Pemerintah telah resmi menyerahkan draf Rancangan Undang-undang Pemasyarakatan (RUU PAS) dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) ke DPR.

Penyerahan itu dilakukan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Eddy Hiariej ke Komisi III DPR RI dalam rapat kerja yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7).


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...njara-15-tahun



Pembuktian dan barang bukti santet itu nanti gimana yaa? emoticon-Matabelo
profile-picture
apawaal memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
21.4K Anggota • 638.2K Threads
Halaman 1 dari 2
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:03
Di ayat pertama berbunyi, "Setiap Orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain
.....
inkluding pawang hujan? anak lndigo?
urgensi negara design regulasyon about black magic apaan?
Diubah oleh cacarakan
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:05
nih pak pelakunya emoticon-Ngakak

RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:06
nggak akan bisa dihukum dong pelaku santet, karena polisi, jaksa, sampai hakim yang nanti menyidangkan aja takut kena santet... zaman sekarang masih percaya hal macam ini sih mengerikan.
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:07
pas mau sidang pada disantet2in

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
profile-picture
dnaltalf memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:07
Ane kayaknya kena santet guna-guna jarak jauh antar negara nih gan!!!

Soalnya ane jadi nafsu banget sama penyihir ini


RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun


RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun



Bakal ane tuntut 1,5 tahun dia karena bikin ane horny berat!!!

Semisal dia keberatan, bisa diganti kimpoi kontrak sama ane 1,5 tahun aja!!!

Sah?
Sah!
Crottt!!!
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:14
KUHP abad 21 serasa KUHP abad 12emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:15
Quote:Original Posted By mr.josh.mantap
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun


Pembuktian dan barang bukti santet itu nanti gimana yaa? emoticon-Matabelo


gampang, nanti pakai pembuktian terbalik aja, nanti terdakwa disuruh membuktikan kalau dia tidak melakukan santetemoticon-Hammer2

profile-picture
37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:19
Hakim dan jaksa nya harus yg jago ini... Bisa2 kena santet juga.
emoticon-Takut
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:32
11-12 sama uuk penis nih.
nggak suka maka tinggal tuduh orang lagi nyantet.
makanya ahli santet pun berbondong-bondong pake kulit ulegmek iclam agar kebal hukum.
coba aja buka arsip dijital, dengarkan "doa" yang disemburkan ulegmek seperti si cucuk nabik itu, kira-kira mengandung kutuk serapah santet nggak?emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:32
Produk hukum abad 21 berdasar keyakinan abad ke 6…

Target market penganut kepercayaan

Selamat emoticon-Matabelo
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
3 0
3
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 16:53
Sama seperti pasal penipuan kan?

Kenapa hanya santet, pelet juga dipidana dong.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:03
Do we... actually need this law? emoticon-Cape d...

Nah, kidding, I guess this law is needed to weed out the charlatans.


Barangkali santetnya sekarang harus pakai VPN biar nggak terlacak.
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
raptordeltadunn memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:07
Yg ada tulisan Matra bahasa arab pastinyaemoticon-Matabelo
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:21
Jangan ngomong2 klo bisa nyantet berarti
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:28
Quote:Penjelasan Pasal 252 di draf RKUHP 2022 kini berbunyi, "Ketentuan ini dimaksudkan untuk mencegah praktik main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga masyarakat terhadap seseorang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib dan mampu melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan penderitaan bagi orang lain."



Main hakim sendiri sdh ada hukumnya: pengeroyokan, penganiayaan, pembunuhan,dll

Bisa juga tuduhan sepihak. Bukan dukun santet difitnah dukun santet.



0 0
0
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:51
Penyedia jasa a.k.a Dukun santetnya ya yg bisa dijerat hukum. Pengguna jasanya ga bisa di dijerat?
Lagian serem2 juga nangkap dukun, harus ada detasemen khusus ilmu sihir (mystic art), mungkin harus kerjasama sama dr Strangeemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 17:52
Bubarkan FORSUP kaskusemoticon-DP:
0 0
0
RKUHP Final: Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun
06-07-2022 18:01
Bisa jadi ayat utk memfitnah nantinya emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia