Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c4be7c8bf6770d15708a24/bikin-tik-tik-talas-sendiri-yuk-manis-oke-gurih-oke
Assalamualaikum wr.wb Apa kabar Agan Sista, Sahabat Kaskus di manapun berada. Semoga hari ini dalam keadaan sehat, tetap semangat. Jumpa kembali di Thread saya kali ini. Sebelumnya saya ingin cerita dulu, ketika saya silaturahmi ke rumah saudara jauh, trus ngobrol-ngobrol tentang apalagi kalau bukan makanan, anak, suami, makanan favorit sampai pada satu makanan yaitu talas, nah kata saudara jauh s
Lapor Hansip
06-07-2022 05:43

Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!

icon-verified-thread


Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista, Sahabat Kaskus di manapun berada. Semoga hari ini dalam keadaan sehat, tetap semangat.
Jumpa kembali di Thread saya kali ini.

Sebelumnya saya ingin cerita dulu, ketika saya silaturahmi ke rumah saudara jauh, trus ngobrol-ngobrol tentang apalagi kalau bukan makanan, anak, suami, makanan favorit sampai pada satu makanan yaitu talas, nah kata saudara jauh saya ini, talas tuh bagus banget buat orang yang sering minum obat, katanya buat netralin zat-zat kimianya.

Maksud hati ingin dong beli yang namanya talas, kalau beli di pasar kadang ada kadang nggak, nah pas scroll FB nemulah teman yang sedang posting jualan talas. Per kilo harganya Rp 10.000, mau nyoba nih beli sekilo dulu, kalau enak bisa nambah lagi.
Eh dibawain dua kilo, yaudah gak apa-apa. Dapat 4 buah ada yang kecil ada yang besar. Talas yang pertama dikukus aja, terus waktu sudah matang saya taburin garam saja.
Ditaruh di meja, yang makan cuma suami dan saya anak-anak gak suka.
Padahal talasnya itu cemenil banget, enak lah, tapi yang namanya anak-anak gak tertarik hehehehe.

Berikutnya muncul ide, gimana kalau digoreng aja. Dibuat kripik manis.
Dibuatlah Tik-tik Talas. Anak-anak pasti suka nih.

Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!


Bahan untuk membuat tik-tik talas adalah sebagai berikut:

buah talas
gula pasir
sedikit garam
Minyak untuk menggoreng
Ini untuk yang tik tik manis

Kalau untuk yang gurih, dengan bumbu garam, bawang putih dan ketumbar dan sedikit air.


Cara membuat Tik tik talas adalah sebagai berikut :

pertama-tama kupas talas, cuci bersih, dan iris tipis -tipis memanjang, seperti korek api, kemudian goreng dalam minyak panas sampai kering dan bunyi kletik kalau sudah matang. Angkat dan tiriskan. Tunggu sampai adem, kemudian panaskan gula pasir tambahkan sedikit garam buatlah seperti caramel kemudian masukan talas goreng tadi, aduk-aduk kemudian angkat, tunggu sampai dingin dan taraaaa jadilah cemilan tik tik yang manis, dan anak-anak ternyata pada suka, gak sia-sia dong perjuangannya, bikin cemilan ini.

Untuk membuat tik tik yang gurih, caranya sama talas dikupas cuci bersih lalu iris tipis memanjang. Kemudian goreng. Buat bumbu gurih dengan garam, bawang putih dan juga ketumbar dihaluskan tambahkan air. Ketika menggoreng talas dan sudah kering tambahkan satu sampai dua sendok makan bumbu cair tadi, tunggu sampai merata bumbunya kemudian angkat.
Mudah bukan cara membuat cemilan tik tik talas. Selamat mencoba ya.

Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!


Okey deh Agan Sista semuanya, sampai di sini Thread dari saya semoga bermanfaat.
Tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta, sampai jumpa di Thread selanjutnya bye...bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri

profile-picture
betiatina memberi reputasi
12
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
3K Anggota • 7K Threads
Halaman 1 dari 3
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 05:43
Reserved
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 05:43
Bikin cemilan tik tik
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 05:45
Wah aku sukaemoticon-Goyang
profile-picture
aghora memberi reputasi
3 0
3
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Post ini telah dihapus
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 07:24
Tinggal jejak gan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:08
Mantap sist emoticon-Recommended Seller
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:10
Coba ah cari resep singkong pake Katakunci tik-tik.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:16
beli 2000 di depan sekolah sd udah dapet banyak emoticon-Leh Uga
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
3 0
3
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:20
Enyak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:21
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:22
Ini cemilan yg kalau makan terus sampai abis ya ..
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:26
kalau saya pernah buat pakai buah sukun
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
3 0
3
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:33
kl ak suka yg gurih..
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:40
Aduh repot bikin, udah beli aja
Biar ekonomi berputar
Jangan semua mau di kerjain sendiri
Dasar orang Indonesia
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 08:55
enak nih, saya suka emoticon-Matabelo
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 09:35
talas/taro susah bray ditempat ane, banyaknya ubi keladi yg kecil2 itu bray
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 09:46
Mantab gans, makanan yang tak pernah lekang oleh waktu ini gans, meski sudah ada sejak dulu sampai sekarang masih saja laku dan dicari banyak orang lo
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 09:57
Teringat jajanan tela tela Ganemoticon-Mewek
profile-picture
black.robo memberi reputasi
3 0
3
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 10:43
Di tempat gw namanya puldes kimpul pedes sedikit beda bumbunya karena pake gula merah, cabe, bawang. Rasanya pedes asin manis gurih pokoknya emoticon-2 Jempol
Termasuk camilan jadul ini emoticon-Big Grin
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Bikin Tik-Tik Talas Sendiri Yuk? Manis Oke, Gurih Oke!
06-07-2022 10:51
goreng talas ini doyanan keluarga ane nih emoticon-Big Grin
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia