Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c2ccb231619808d669dd83/belajar-membuat-product-yang-dicintai-user-dengan-quot10-usability-heuristicsquot
Halo agan agan forum UX Kaskus semoga pada sehat yak. ini thread pertama ane, maaf kalau berantakan. yak kali ini ane mau share soal “10 Usability Heuristics” yang mungkin bisa aja sangat berguna buat agan agan yang sedang bikin sebuah produk digital, dengan harapan product digital yang agan bangun ini dapat dicintai oleh user ketika nanti sudah go-live.  Yuk langsung aja. 10 Usability Heur
Lapor Hansip
04-07-2022 18:19

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

Halo agan agan forum UX Kaskus semoga pada sehat yak.

ini thread pertama ane, maaf kalau berantakan.



yak kali ini ane mau share soal “10 Usability Heuristics yang mungkin bisa aja sangat berguna buat agan agan yang sedang bikin sebuah produk digital, dengan harapan product digital yang agan bangun ini dapat dicintai oleh user ketika nanti sudah go-live. 



Yuk langsung aja.



10 Usability Heuristics, ini dikenalkan sama Jakob Nielsen tahun 1994, sedikit info aja kalo Pak Jakob ini tu seorang HCI Consultant, dia punya firma UX Research & consulting bernama NN Group. Meskipun 10 Usability Heuristics ini dikenalin tahun 1994, tapi menurut ane masih sangat bisa diterapin dalam perancangan design product digital sampe sekarang.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"



Nah 10 Usability Heuristic ini akan ane bahas masing masing per point nya.



1. Visibility of system status




Quote:"The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time"



intinya adalah user itu "harus" diberi feedback atas apa yang sedang terjadi dari action yang dia lakukan. sebagai contoh, ketika user selesai melakukan submitdokumen / foto / text dll. maka pada saat proses sumbit, sistem baiknya memberikan feedback berupa prosesi submit yang berlangsung, dapat berupa loading atau bar proses.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"



tapi tidak melulu dalam bentuk visual, bisa juga dalam bentuk suara seperti warning sound pada OS Windows ketika terjadi error.




2. Match between system and the real world




Quote:"The system should speak the users’ language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms"



saat merancang sebuah product digital, ada baiknya menggunakan hal hal (eg : icon / illustrasi / dll) yang familliar dengan user. sebagai contoh : penggunaan icon kotak sampah (recycle bin) pada sistem operasi berupa kontak sampah.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

hal ini tentunya sangat familiar dengan user, karena kotak sampah pada dunia nyata memang diperuntukkan untuk membuang sampah, sedangkan pada sistem operasi recycle bin ini digunakan untuk penambungan data data yang agan hapus. hal semikian akan membuat user lebih familiar.



3. User control and freedom




Quote:"Users often choose system functions by mistake and will need a clearly marked “emergency exit” to leave the unwanted state without having to go through an extended dialogue"



agan harus memikirkan kemungkinan pengguna melakukan kesalahan atas fitur / produk digital yang agan design, dengan demikian agan juga harus memikirkan solusi dari kesalahan yang mungkin dilakukan oleh user dengan mudah. sebagai contoh pada aplikasi ws.word terdapat button undo dan redo.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

hal ini untuk memberikan kendali pada user atas hal hal yang mungkin saja terjadi diluar kontrol user seperti ketika ada yang tidak sengaja terhapus.




4. Consistency and standards




Quote:"Users should not have to wonder whether different words, situations, or actions mean the same thing"



nah ini nih penting juga menurut ane, yaitu konsistensi. konsistensi pada product digital yang agan bangun dapat berupa konsistensi penamaan fitur, penggunaan icon, penggunaan komponen, dan masih banyak lagi. Dengan nerapin konsistensi pada produk digital yang agan rancang, user tidak akan bingung ketika menjumpai sebuah komponen yang sama, karena keduanya mempunyai fungsi yang sama.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contoh, penggunaan menu dan icon pada aplikasi ms world, excel dan power point.




5. Error prevention




Quote:"Even better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action"



Dalam penggunaan sebuah product digital, user tentu tidak terlepas dari yang namanya error atau kesalahan. nah, maka dari itu, dalam merancang sebuah product digital agan agan harus memikirkan juga bagaimana cara untuk meminimalisir kesalahan user. 


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

sebagai contoh, diberikan tombol konfirmasi ketika user ingin melakukan sebuah action penting seperti submit, delete, update, dll.



6. Recognition rather than recall


Quote:
"Minimize the user’s memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate"




Ane sebagai pengguna mempunyai kecenderungan "malas" untuk mengingat ingat. nah ternyata menurut teori 10 heuristiknya pak jakob ini memang pengguna itu harus dibuat sedemikian nyaman dengan mengurangi hal hal yang membuat pengguna harus recall memoryjauh kebelakang. Hal yang bisa digunakan untuk mengurangi recall memory adalah dengan memberikan option atau rekomendasi kepada user.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contohnya ada pada google search, google akan memberikan rekomendasi rekomendasi yang memungkinkan dari keywordyang kita input pada kolom search.




7. Flexibility and efficiency of use

Quote:"Accelerators — unseen by the novice user — may often speed up the interaction for the expert user such that the system can cater to both inexperienced and experienced users"



Berikan jalan pintas yang bisa membuat user jadi cepat dalam mengakses sebuah fitur, jalan pintas ini bisa berupa icon, menu, kombinasi tombol (keyboard) seperti untuk melakukan Copy, banner pada halaman utama dan masih banyak lagi.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

sebagai contoh pada icon youtube di iphone ketika di long press akan memunculkan shortcut seperti search, subscribe dan create.

8. Aesthetic and minimalist design
Quote:"Every extra unit of information in a dialogue competes with the relevant units of information and diminishes their relative visibility"



less is more, mungkin agan agan pernah baca kalimat tersebut. Dalam sebuah tampilan ada baiknya jika kita memfokuskan pada sesuatu hal yang penting dan membuang hal hal yang dirasa tidak penting ada halaman tersebut.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
Sebagai contoh, tampilan halaman utama google search yang memfokuskan user pada kolom pencarian, dan menghilangkan hal hal yang dirasa tidak penting.



9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors


Quote:"Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution"



Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"


pernah gaksi agan agan nemuin error yang sulit dipahami kayak gambar diatas ini? isinya error code.  ane sebagai pengguna tentu akan bingung kalau tiba tiba muncul dialog error yang sulit dipahami. nah kalau agan agan lagi membangun sebuah product digital, perlu diperhatiin nih case untuk error yang mungkin terjadi, dan bagaimana menginformasikan ke usernya. error yang disampaikan ke user harus jelas dan mudah dipahami.




Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contoh diatas merupakan salah satu contoh memberikan informasi yang jelas kepada user atas error atau kesalahan yang dialami user.


10. Help and documentation


Quote:"Even though it is better if the system can be used without documentation, it may be necessary to provide help and documentation. Any such information should be easy to search, focused on the user’s task, list concrete steps to be carried out, and not be too large"



Berikan halaman atau fitur khusus dimana user dapat menemukan pusat bantuan yang dapat digunakan saat user mengalamai kesulitan. 

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

------

Demikian sedikit rangkuman dari 10 Usability Heuristics, semoga dapat jadi wawasan bersama dan berguna buat kita dalam merancang product digital kedepannya, kalau agan agan ada saran atau tambahan boleh banget kita diskusi dikolom komentar.
Diubah oleh sedikitkurus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
ux-kaskus
UX KASKUS
503 Anggota • 67 Threads
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
04-09-2022 16:54
mantep nih. ane bikin paper penelitian pake pendekatan heuristic ini
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
05-07-2022 11:47
Jaman digital....semua menjadi mudah.....
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
05-07-2022 08:02
Bagian UI/UX sama marketing nih
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
04-07-2022 19:48
wah kok keren. sepertinya sudah jarangn ada thread sekeren ini di Kaskus.

emoticon-terimakasih
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia