Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bf94c5b2dc727de51086fd/kenapa-memberi-utang-itu-lebih-mudah-dibanding-menagih-utang-ini-alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang? Perlu diketahui, ini dia alasannya Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun. Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang G
Lapor Hansip
02-07-2022 07:43

Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya

icon-verified-thread
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang?
Perlu diketahui, ini dia alasannya


Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun.

Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang GanSis, baik itu yang memberi utang tapi tidak kunjung mendapatkan pembayaran, atau orang yang berhutang tapi tidak kunjung bisa membayar.

Bukan hanya itu, masalah orang yang ditagih utang lebih galak saat ditagih utang juga tidak luput mewarnai drama utang piutang yang seringkali sampai menimbulkan dendam bahkan berujung tindakan kriminal dan lain sebagainya.

Adapun yang menjadi permasalahan disini, kenapa kebanyakan orang mudah memberi utang namun kesulitan saat menagih utang?

Mungkin banyak Agan Sista yang penasaran dan ikut bertanya-tanya. Mari kita coba bongkar apa yang menjadi alasan orang-orang lebih mudah memberi utang dibandingkan menagih utang.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Datang memelas dengan menjelaskan banyak masalah yang tengah dihadapi dan meminta bantuan utang untuk menyelesaikan semua masalah dengan janji akan segera membayar dalam waktu dekat saat sudah ada uang. Jika kondisinya seperti ini, maka beberapa alasan ini bisa menjadi penyebab kenapa seseorang bisa dengan mudah memberi utang.


1. Simpati dan Empati

Perasaan kasihan kepada orang terdekat yang sedang mendapat masalah dan butuh bantuan, ini menjadi alasan kenapa dengan mudahnya seseorang bersimpati untuk meminjamkan uang.

Bentuk empati inilah yang dimanfaatkan oleh orang yang hobi berhutang, mereka yakin bahwa seseorang akan memberi pinjaman utang jika cerita yang dijual sangat mendramatisir.

2. Perasaan Tidak Enak

Meskipun sudah beberapa kali memberi utang tapi tidak kunjung dibayar, seseorang masih memiliki kecenderungan untuk tetap memberi utang karena perasaan tidak enak.

Perasaan tidak enak untuk menolak karena alasan masih saudara dekat, teman, atau sahabat adalah sebab kenapa seseorang dapat dengan mudah memberi utang.

3. Mampu Memberikan Pinjaman

Mudah memberi utang karena memang mampu memberi pinjaman juga menjadi alasan kenapa Agan Sista tidak berpikir terlebih dahulu saat memberikan utang kepada orang lain GanSis. Tetapi tidak semua orang yang mampu akan terus mampu GanSis, sedangkan orang yang membantu belum tentu akan mendapatkan bantuan saat mereka membutuhkan bantuan, jadi ini harus dijadikan sebagai pelajaran.

Tiga alasan di atas adalah alasan kenapa seseorang dapat dengan mudah memberikan pinjaman, sedangkan di bawah ini adalah alasan kenapa menagih utang itu susah.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


1. Tidak Tega

Alasan pertama kenapa Agan Sista sulit dalam menagih utang adalah karena perasaan tidak tega GanSis.

Masih banyak orang yang tetap menjual drama kehidupan saat ditagih utang yang kemudian akan membuat si penghutang mundur teratur karena merasa kasihan.

2. Tidak Berani

Orang yang memiliki utang lebih galak dari yang memberi utang, tentu akan membuat ketar-ketir saat akan menagih utang GanSis.

Tidak sedikit kasus utang piutang yang mana orang yang diberikan utang mencak-mencak saat ditagih utang karena sudah jatuh tempo. Bahkan ada juga orang yang mengutang sampai bermain kasar kepada si penagih utang.

3. Tidak Ada Jaminan

Selain dua alasan di atas, alasan tidak adanya jaminan atas utang yang diberikan juga nembuat seseorang sulit saat menagih utang GanSis.

Saat tidak ada jaminan utang maka seringkali orang yang berhutang akan semena-mena terhadap si pemberi utang, bahkan tega berkata kasar atau mengata-ngatai si pemberi utang dengan perkataan yang tidak baik.

Beda keadaan jika ada jaminan utang, maka saat si penghutang sulit untuk ditagih maka pemberi utang berhak menyita jaminan utang yang sudah diberikan.

Itulah GanSis alasan kenapa memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang.

Akan sangat lebih baik jika Agan Sista berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman utang kepada teman atau keluarga. Jika memang ada kemungkinan untuk tidak dibayar maka kalian sudah harus ikhlas saat kemungkinan tersebut benar-benar terjadi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan Sista semua.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.5K Anggota • 911.7K Threads
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 09:49
Masalah utang piutang dgn teman & sodara itu ribetnya minta ampun.

Kl sekarang ada temen bahkan sodara yg pinjem duit tp mereka track record ruwet, langsung tak arahin buat pinjol aja.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan pard0 memberi reputasi
4 0
4
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 13:36
Sett dah..teringat temen ktr gw...srg minta transferan, kecil2 sih ud berkali2 gak prnh ada inisiatif unt dibalikin dan selalu hrs di tagih2.. atau pas ditagih jawabannya...
"Yaelah...segitu aja ditagih..."
Ya ud...gw ikhlasin aja..dan unt kedepan maaf aja...
Diubah oleh voicer2357
profile-picture
seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 12:17
Bener sekali gan.

Ane kapok asli!!

minjemin uang ke banyak orang bahkan sohib sendiri nggak balik, sumpah sampe geleng-geleng klo inget.
Tarohlah dari 20 orang yang minjem, cuma satu yang bayar hutang itupun belom semua di lunasin.

mana nominalnya gede-gede pas ngutang dan gue itu gak enakan dan suka kasihan orangnya.
Ga tegaan gitu lah.

Begitu gue tau ada 1 orang yang pinjem buat alasan bantu nyokap, eh taunya dia bohong, minjem duit buat angsuran kredit motor soalnya baru masuk kerja 2 bulan dia di keluarin, info dr temen gw dia nyolong di tempat kerjanya.
asli sakit banget hati gue

Yang paling sering, minjem alasan ini itu sedih sedih ceritanya, giliran di tagih susah tapi hobbynya flexing di socmed+sok royal ke pacarnya emoticon-Marah

nggak ngerti lagi dah gue. mulai sekarang udah ogah minjemin, bukan gak mau tapi ketika denger kata minjem, rasanya sakit banget keinget selalu di khianatin.
profile-picture
pard0 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 12:03
pinjamkan uang pada yang MAU melunasi bukan yang MAMPU , kalo niat bayar utang pasti ada caranya
profile-picture
pard0 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 11:59
Ane jadi sasaran temen ane, karena disangka ane single gaada tanggungan..
Tapi emang bner wkwk..
Ane ampe gatau nilai sebuah uang, ane biasa nabung tapi bodohnya ane gatau tujuannya nabung mau dibuat apa..
Bknnya ane anak org berada, ane biasa aj, prantauan, ngekost, motor supra, sehari makan 2x, jajan udud, uda bahagia tenang..
150jt pertama ane cm ngendep aj di rekening dan dipinjem2in tmen..
Total 2 jt yg blm balik,
Dan parahnya, dgn gmpangnya ane glontorin itu duit ke saham, kripto..
Waktu itu emosi bner2 ga stabil gara2 sesuatu,
Jadinya? Nyangkut parah..
Baru skrg mau masuk 30th ngrasa butuhnya, terpaksa nabung dr sisa sisa lg..
Bijaklah menggunakan uang,
nabung itu penting, yg paling penting tau tujuan nabung itu apa,
Klo mo ngutangin temen, liat2 kondisinya, sesuai ato ga kerjaan sm kemampuan dia balikin pinjemannya
profile-picture
pard0 memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 11:16
Mending jangan simpen duit. Jadiin semuanya barang² bernilai tapi konstan. Simpan emas misalnya. Jadi kalau ada yang pinjem tinggal bilang : "maaf gak punya uang" emoticon-Big Grin
profile-picture
pard0 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:36
Yang minjemin dan yang ngutang salah semua, yang benar hanya uangnya.
profile-picture
pard0 memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 10:01
Kalau urusan uang gak usah empati empati, memberikan hutang tanpa bukti tertulis adalah tanda donasi.

Capek kerja kok rela hasilnya untuk orang gak jelas. emoticon-linux2
profile-picture
pard0 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 07:44
emoticon-Matabelo mending gak usah ngasih utang kalau masih berharap uang kembali
profile-picture
drkhntr3ss memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 07:44
emoticon-Ngakak ada yang pernah ngalamin
profile-picture
seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
The Lounge
agamamu-apa
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia