Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bf94c5b2dc727de51086fd/kenapa-memberi-utang-itu-lebih-mudah-dibanding-menagih-utang-ini-alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang? Perlu diketahui, ini dia alasannya Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun. Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang G
Lapor Hansip
02-07-2022 07:43

Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya

icon-verified-thread
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
Memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang?
Perlu diketahui, ini dia alasannya


Memberi utang atau pinjaman kepada saudara atau teman terdekat, mungkin Agan Sista pernah melakukan hal ini sebelum akhirnya dikecewakan karena utang tersebut tidak kunjung dibayar sampai berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun.

Permasalahan utang piutang memang masih menjadi permasalahan bagi banyak orang GanSis, baik itu yang memberi utang tapi tidak kunjung mendapatkan pembayaran, atau orang yang berhutang tapi tidak kunjung bisa membayar.

Bukan hanya itu, masalah orang yang ditagih utang lebih galak saat ditagih utang juga tidak luput mewarnai drama utang piutang yang seringkali sampai menimbulkan dendam bahkan berujung tindakan kriminal dan lain sebagainya.

Adapun yang menjadi permasalahan disini, kenapa kebanyakan orang mudah memberi utang namun kesulitan saat menagih utang?

Mungkin banyak Agan Sista yang penasaran dan ikut bertanya-tanya. Mari kita coba bongkar apa yang menjadi alasan orang-orang lebih mudah memberi utang dibandingkan menagih utang.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Datang memelas dengan menjelaskan banyak masalah yang tengah dihadapi dan meminta bantuan utang untuk menyelesaikan semua masalah dengan janji akan segera membayar dalam waktu dekat saat sudah ada uang. Jika kondisinya seperti ini, maka beberapa alasan ini bisa menjadi penyebab kenapa seseorang bisa dengan mudah memberi utang.


1. Simpati dan Empati

Perasaan kasihan kepada orang terdekat yang sedang mendapat masalah dan butuh bantuan, ini menjadi alasan kenapa dengan mudahnya seseorang bersimpati untuk meminjamkan uang.

Bentuk empati inilah yang dimanfaatkan oleh orang yang hobi berhutang, mereka yakin bahwa seseorang akan memberi pinjaman utang jika cerita yang dijual sangat mendramatisir.

2. Perasaan Tidak Enak

Meskipun sudah beberapa kali memberi utang tapi tidak kunjung dibayar, seseorang masih memiliki kecenderungan untuk tetap memberi utang karena perasaan tidak enak.

Perasaan tidak enak untuk menolak karena alasan masih saudara dekat, teman, atau sahabat adalah sebab kenapa seseorang dapat dengan mudah memberi utang.

3. Mampu Memberikan Pinjaman

Mudah memberi utang karena memang mampu memberi pinjaman juga menjadi alasan kenapa Agan Sista tidak berpikir terlebih dahulu saat memberikan utang kepada orang lain GanSis. Tetapi tidak semua orang yang mampu akan terus mampu GanSis, sedangkan orang yang membantu belum tentu akan mendapatkan bantuan saat mereka membutuhkan bantuan, jadi ini harus dijadikan sebagai pelajaran.

Tiga alasan di atas adalah alasan kenapa seseorang dapat dengan mudah memberikan pinjaman, sedangkan di bawah ini adalah alasan kenapa menagih utang itu susah.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


1. Tidak Tega

Alasan pertama kenapa Agan Sista sulit dalam menagih utang adalah karena perasaan tidak tega GanSis.

Masih banyak orang yang tetap menjual drama kehidupan saat ditagih utang yang kemudian akan membuat si penghutang mundur teratur karena merasa kasihan.

2. Tidak Berani

Orang yang memiliki utang lebih galak dari yang memberi utang, tentu akan membuat ketar-ketir saat akan menagih utang GanSis.

Tidak sedikit kasus utang piutang yang mana orang yang diberikan utang mencak-mencak saat ditagih utang karena sudah jatuh tempo. Bahkan ada juga orang yang mengutang sampai bermain kasar kepada si penagih utang.

3. Tidak Ada Jaminan

Selain dua alasan di atas, alasan tidak adanya jaminan atas utang yang diberikan juga nembuat seseorang sulit saat menagih utang GanSis.

Saat tidak ada jaminan utang maka seringkali orang yang berhutang akan semena-mena terhadap si pemberi utang, bahkan tega berkata kasar atau mengata-ngatai si pemberi utang dengan perkataan yang tidak baik.

Beda keadaan jika ada jaminan utang, maka saat si penghutang sulit untuk ditagih maka pemberi utang berhak menyita jaminan utang yang sudah diberikan.

Itulah GanSis alasan kenapa memberi utang lebih mudah dibandingkan menagih utang.

Akan sangat lebih baik jika Agan Sista berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman utang kepada teman atau keluarga. Jika memang ada kemungkinan untuk tidak dibayar maka kalian sudah harus ikhlas saat kemungkinan tersebut benar-benar terjadi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan Sista semua.


Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.5K Anggota • 911.7K Threads
Halaman 1 dari 5
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
26-09-2022 10:24
Karena biasanya kalau mau hutang memberikan kesan susah....menderita...pokoknya yang sedih sedih....jadi mau gak mau kadang kita memberi hutang....dan tanpa perjanjian juga.
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
14-07-2022 08:53
Iya sampe ngerusak pertemanan gara" hutang..malah yg pinjem uang lebih sadis..
0 0
0
Post ini telah dihapus
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
04-07-2022 18:50
Memberi hutang itu ibarat berak di jamban, situ mau ngorek2 kotoran alias eek lu di situ?
Diubah oleh dxbike
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
04-07-2022 12:42
memberi hutang memang mudah, namun berkelit saat ditagih hutangnya adalah lebih mudah, cobalah!
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
03-07-2022 07:15
Kadang ane minjemin uang ke sodara itu biar dimasa depan sodara ane ga minjem dengan nominal yg lebih gede dr sekarang,, krn ane tau bakalan kecil kemungkinan utang itu di balikin
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
03-07-2022 05:20
Kalo emang mampu sih, dan rejeki lebih, kasih aja, itung2 sedekah.

Daripada ngutangin malah potensi ngerusak hubungan baik, palagi ama temen atau sodara.. udah terbukti lahh

emoticon-Traveller
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
03-07-2022 03:29
Tagihan sulit pegimane ?
Pinjaman yak pasti ada jaminan, ngapain sulit ?? Pan ada yg dijaminken harga nya melebihi yg dipinjam klo mleset kagak bayar malah ente untung. emoticon-Cool
emoticon-Bingung klo pinjaman tanpa anggunan itu yg bisak cuman OJK, bank dan pemerintah, mereka terintegrasi dengan kepolisian, khusus masalah tagihan.
Jika ada pinjaman selain itu maka emoticon-Ngakak sudah bisak dipastikan itu bocil, mintak ditilep duid nye bwat pelajaran.
Diubah oleh mibmobz
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
03-07-2022 03:23
Agamanya apa?
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
03-07-2022 01:18
Alasan yg pasti:
1. Menjanjikan admin ( ganti admin tarik duit dari Bank dan anggep klo duit itu usaha bisa ngasilin lebih )
2. Memakai jaminan barang berharga atau surat berharga ( bukan surat cinta, tilang, atau tagihan)
3. Peminjam menyudutkan dan merengek, bilaa tdk dikasih menjelek-jelekan.

Alasan susah ngembalikan
1. Orangnya belun minat ngembalikan
2. Orangnya menyepelekan dgn janji
3. Peminjam kemakan omongan sendiri, misalnmenjajikan admin tp malah buat bayar pokok aja blm tentu bisa
4. Galinlobang tutup lobang
5. Meminjam untuk makan foya-foya, habis pinjam uang beli bakso banyak porsi buat sekeluarga yg cuma 1x santap. Klo bikin / olah sendiri bisa buat makan 2-3hari.
6. Peminjam tidak jujur dalam urusanya ( ini menurut opini aja pribadi), jujur yg dimaksud misal : Pinjam uang bilang untuk beli obat, bayaran sekolah. Tp jumlah pinjaman melebihi kebutuhan utama. Nah disni susah kebelakangnya
7. Perilaku minjam untuk kebutuhan sehari-hari bukan untuk mendesak.
8. Saat minjam dipersulit sampe merengek sampe njanjikan imbalan, habis dikasihnterus ngefitnah si pwminjam sebagai lintah darat, kedengan peminjam dan warga tau realnya, pemfitnah malu nemuin.
0 0
0
Post ini telah dihapus
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 22:53
Triknya dong buat nyadepin orang ngutang yang gak mau pergi sebelum diberi utang. emoticon-Bingung (S)
Udah dibilangin gak ada uang tetep aja ngotot emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 22:04
Semua point sdh ane rasain tepat nya skg mundur perlahan krn susah di tagih n ane ambil positifnya si penghobi ngutang gak akan lagi meng gas ane kl perlu duit lagi.. cukup sudah..
Diubah oleh anyelire
profile-picture
seojoon memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 21:30
Kita sebagai Negara Beragama soalnya, akhlak dan agama menjadi pedoman hidup
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 19:09
Banyak sedekah saja supaya ga pikiran, ikhlas, enak jalaninnya. Misalnya, ada yang mau pinjam Rp 10juta, ikhlasan Rp500ribu untuk dipinjamkan. Bilang, bisa bantunya hanya segitu. Ini bisa tahu apakah itu akan dibayar cepet atau ga.
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 18:21
Percuma lah emang kang ngutang meresahkan tapi beda dg orang yg punya utang kepikiran sampai harus bayar krn dlm hati ngerasa gak enak
profile-picture
seojoon memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 17:58
Bisnis paling menguntungkan di dunia itu adalah hutang piutang.

Kebodohan yg ngutangin klo ga bisa nagih
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 17:34
kalo ane minjem pertama maxi 100 rebu..sesuai janji boleh pinjam lagi naek 100..max 200..sekali telat..iklasin..pasti gak bakal minjem lagi...masih berani ngutang?..gak usah dipinjemin...
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 17:10
klo ane daripada harus nagih2 mending ane kasih uang seikhlasnya
0 0
0
Kenapa Memberi Utang Itu Lebih Mudah Dibanding Menagih Utang? Ini Alasannya
02-07-2022 16:34
Prinsip ekonomi berlaku... memberi mudah karena percaya, menagih susah karena yg dipercaya belum tentu benar2 dapat dipercaya...
profile-picture
pard0 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia