Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bf85109e329e730a5b1757/e-tilang-diterapkan-di-beberapa-daerah-kecurangan-pengendara-kendaraan-mulai-beragam
Elektronik tilang diterapkan di beberapa daerah, cara pengguna kendaraan dalam mencegah tilang mulai beragam Elektronik tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas yang menggunakan sistem elektronik dengan bantuan kamera CCTV. Saat ini di beberapa daerah sistem E-Tilang telah diterapkan, guna untuk mempermudah penegakan hukum lalu lintas dan m
Lapor Hansip
02-07-2022 06:36

E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam

icon-verified-thread
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
Elektronik tilang diterapkan di beberapa daerah, cara pengguna kendaraan dalam mencegah tilang mulai beragam


Elektronik tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas yang menggunakan sistem elektronik dengan bantuan kamera CCTV.

Saat ini di beberapa daerah sistem E-Tilang telah diterapkan, guna untuk mempermudah penegakan hukum lalu lintas dan mencegah pungli atau pungutan liar yang dari dulu menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai.

Menggunakan sistem tilang elektronik ini, pengendara motor atau mobil yang tertangkap melakukan pelanggaran saat berkendara maka mereka akan mendapatkan konfirmasi secara langsung melalui pesan singkat SMS ke nomer handphone yang berlaku atau mendapat surat tilang yang dikirim langsung ke rumah.

Adanya kecanggihan teknologi memang sedikit banyak merubah situasi dan kondisi GanSis. Jika dulu proses tilang dilakukan secara langsung oleh Polisi di jalanan, sekarang kamera CCTV telah mengambil alih tugas menilang pengendara di jalan raya. Cara ini diberlakukan selain dengan harapan dapat mengurangi pungli, juga dapat lebih menertibkan lalu lintas dari masyarakat yang memang belum sadar akan pentingnya patuh aturan berlalu lintas.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Penerapan elektronik tilang sendiri dapat mencakup atas beberapa pelanggaran GanSis, mulai dari pelanggaran berkendara melawan arus, ganjil genap, batas kecepatan, traffic light, pelanggaran marka jalan, penggunaan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, dan beberapa jenis pelanggaran lainnya.

Sistem E-Tilang di beberapa daerah kini sudah mulai diterapkan, tetapi masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang apa itu elektronik tilang dan yang sudah tahu mulai mencari solusi untuk terhindar dari tilang.

Beberapa kali di media sosial viral beredar video pengendara motor yang melakukan aksi-aksi tidak terduga guna untuk mencegah terkena tilang elektronik.

Mulai dari menutup plat nomor Polisi dengan menggunakan masker, sampai dengan memasang celana dalam di plat nomor kendaraan, dilakukan oleh para pengendara motor di jalan raya guna untuk menghindari tilang elektronik.

Tentu cara-cara curang yang dilakukan oleh para pengendara kendaraan di jalan raya ini sangat disayangkan GanSis. Ternyata masih banyak masyarakat kita yang masih belum taat aturan dan lebih memilih untuk berlaku curang agar pelanggaran yang dilakukan tetap aman.

Penerapan elektronik tilang yang semula diberlakukan dengan tujuan untuk mencegah pungutan liar dan mempermudah menertibkan aturan lalu lintas ternyata tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Masih banyak masyarakat yang ternyata juga memikirkan bagaimana cara untuk terhindar dari tilang yang sebenernya tilang sendiri diberikan atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan di jalan raya.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Melihat masih banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para pengendara kendaraan di jalan raya untuk menghindari tilang elektronik membuktikan bahwa ternyata masyarakat kita masih belum dapat sepenuhnya meninggalkan kebiasaan buruk yang sudah turun temurun dilakukan.

Tilang elektronik sendiri sebenarnya dapat dihindari dengan cara yang cukup mudah tanpa repot-repot harus menutup plat nomor kendaraan dengan menggunakan masker atau celana dalam GanSis. Cukup dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang dapat ditangkap oleh ETLE maka Agan Sista akan terhindar dari tilang elektronik.

Cara tersebut lebih sederhana dibandingkan harus memasang masker atau celana dalam pada plat nomor kendaraan yang akhirnya tidak hanya mempermalukan diri sendiri melainkan membuat fokus pengendara lain yang ikut terganggu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.1K Anggota • 911.4K Threads
Halaman 1 dari 8
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
08-07-2022 11:30
emang mending beli motor seken emoticon-Wakaka
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
06-07-2022 12:03
emang ad undang2 yg melarang menutup plat nomor kendaraan?jadi pengen tahu
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
06-07-2022 07:14
peluang bisnis plat yg kalo diliat dari atas atau kamera warnanya ilang... hehehe
0 0
0
Post ini telah dihapus
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
05-07-2022 09:10
kemaren gw liat bapak ibu, anak naek motor g pake helm semua emoticon-Ngakak, ditilang sama plokis, difoto diang platnya, tu bapak mukanya mrengut emoticon-Ngakak
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
04-07-2022 08:25
Cctv buat mencari2 kesalahan ini namanya, giliran laporan pencurian lama prosesnya. 😃😃
Diubah oleh dxbike
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 17:25
Tapi di tol kok masih banyak PJR ya
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 17:11
Ada apa denganmu Indonesia.. Ada apa??!
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 11:16
kalo dijalan raya besar, antar kota antar provinsi gak papa lah.. masa kemarin jalan desa pinggir sawah di kenain jg. kan kasian tuh bapak2 mungkin cmn lg nengokin sawah nya.
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 10:53
itu cangcut gede amat bisa buat nutup plat + spakbor emoticon-Ngakak
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 10:25
Emang berfungsi etilang nya? emoticon-Bingung
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 09:51
Ngeri2 sedap hu..
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 08:42
Quote:Original Posted By afterimage90
E-tilang mah asli klo niat modal hp kamera dgn kualitas kamera tinggi pake wifi/paketan super, nongkrong dipasar pake baju preman sama dilampu merah. Sehari jutaan orang kena tilang, klo sehari 1 juta pelanggar x denda 50ribu aja.. sehari dah bisa omset 50M kalo limit sampe bner pelanggaran 2.5jt maka x 50 lagi.. pwndapatan tilang menyenangkan APBN

emoticon-Matabelo iya gan, begitulah

Quote:Original Posted By wickidy
Ampun dah

emoticon-Matabelo iya dah

Quote:Original Posted By zaaxion.7k
Di baikin ngelunjak, di kasarin disebut polri pungli, represif...

Padahal tertib berlalu lintas itu buat keselamatan bersama...

emoticon-Matabelo iya, aneh emang

Quote:Original Posted By bang.toyip
Kebanyakan etil etil... Naik angkot lagi ajalah....

emoticon-Ngacir2 _________ emoticon-Traveller

emoticon-Matabelo gak papa gan, malah bagus

Quote:Original Posted By whyaeff888
Makanya mau maju susah kl semua dicari "cheat"nya, btw kl pelanggar aturannya si "oknum" kita foto trus upload kemana? Hehehe...

emoticon-Cape d... iya gan

Quote:Original Posted By primawidhie
Lucunya lucunya.... emoticon-Wakaka

emoticon-Ngakak iya

Quote:Original Posted By El.Hadji.Diouf
Kebanyakan aturan , haduh ngeri juga makin hari , mau masyarakat Indonesia itu taat itu mustahil, lah masih buang sampah aja dipinggiran sungai, bakar sampah seenaknya, limbah pastik yg berbahaya gak kedaur aja cuma buang seenaknya gak dipisah, ini mau bikin aturan lalulintas, aturan lingkungan aja gak serius dikerjakan emoticon-Cape d...

emoticon-Matabelo iya gan
0 0
0
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 08:37
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Malsuin plat dah bikin isolop nambah kerjaan emoticon-Hammer2

emoticon-Matabelo iya, tapi ya bayar kan bikin plat baru

Quote:Original Posted By Kingkafir
Sebenarnya ga jadi polemik saat tidak diterapkan berbarengan dengan aplikasinya Pertamina, Peduli lindungi untuk migor curah, Trus sandal jepit
bikin lecet kakinya. Apalagi ada etle mobile yg ke sawah sawah. Seandainya nih yaa daripada terkesan otoriter dan sewenang-wenang. Kenapa ga full aja, pelarangan/ pembatasan kendaraan roda dua atau 3 karena kurangnya safety. Jadi kalau dilarang beredar otomatis kan pada jalan kaki semua tuh trus naik angkutan umum deh. Kalau dibatasi ya cukup 1000 unit baru/ pertahunnya. Trus untuk kendaraan roda 4 ke atas. Plat body nya harap ditebalkan sekitar 15-30cm dan terbuat dari baja titanium. Dan para pengendaranya diharuskan memakai armor suit. Insya Allah, korban jiwa kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin.

emoticon-Ngakak iya, ribet banget semua pakai aplikasi

Quote:Original Posted By boyet007
pintar juga ya

emoticon-Matabelo iya gan, antara pintar dan licik


Quote:Original Posted By ai1501
Mereka itu ndak takut ditilang, cuman gak kuat bayar denda tilang+denda gak punya sim plus pajak motor yg tahunan gak dibayar bayar..

Kalau sudah gak taat aturan dijalan sudah pasti gak bayar pajak.. ini diluar motor bodong ya

emoticon-Matabelo kan dendanya juga gak besar gan

Quote:Original Posted By peter.parkour
Kreatif mirip koruptor emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak iya

Quote:Original Posted By mitrokemis
Kenapa yang dipilih celana dalam?

emoticon-Matabelo biar bisa menutupi semuanya
profile-picture
mitrokemis memberi reputasi
1 0
1
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 08:05
Kebanyakan aturan , haduh ngeri juga makin hari , mau masyarakat Indonesia itu taat itu mustahil, lah masih buang sampah aja dipinggiran sungai, bakar sampah seenaknya, limbah pastik yg berbahaya gak kedaur aja cuma buang seenaknya gak dipisah, ini mau bikin aturan lalulintas, aturan lingkungan aja gak serius dikerjakan emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 07:57
Lucunya lucunya.... emoticon-Wakaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 05:21
Makanya mau maju susah kl semua dicari "cheat"nya, btw kl pelanggar aturannya si "oknum" kita foto trus upload kemana? Hehehe...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 05:17
Kebanyakan etil etil... Naik angkot lagi ajalah....

emoticon-Ngacir2 _________ emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 03:43
Di baikin ngelunjak, di kasarin disebut polri pungli, represif...

Padahal tertib berlalu lintas itu buat keselamatan bersama...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
03-07-2022 03:42
Ampun dah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia