Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62be658c3e2c0f3f912b0243/pakar-yang-bikin-ramai--jokowi-anti-islam-adalah-pendukungnya-sendiri
Judul asli : Pakar: Yang Angkat Isu dan Bikin Ramai di Medsos “Jokowi Anti Islam” pada Pilpres 2019 Adalah Pendukungnya Sendiri Kamis, 30 Juni 2022, 04:31 WIB Warta Ekonomi, Jakarta - Salah satu PR besar di dunia perpolitikan Indonesia adalah menyelesaikan masalah polarisasi yang kian hari dirasa makin tajam. Polarisasi atau pembelahan di masyarakat makin terasa jika sudah berkaitan dukung-men
Lapor Hansip
01-07-2022 10:10

Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri

Judul asli :
Pakar: Yang Angkat Isu dan Bikin Ramai di Medsos “Jokowi Anti Islam” pada Pilpres 2019 Adalah Pendukungnya Sendiri
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
Kamis, 30 Juni 2022, 04:31 WIB

Warta Ekonomi, Jakarta -
Salah satu PR besar di dunia perpolitikan Indonesia adalah menyelesaikan masalah polarisasi yang kian hari dirasa makin tajam. Polarisasi atau pembelahan di masyarakat makin terasa jika sudah berkaitan dukung-mendukung calon pemimpin.

Masalah polarisasi ini juga dibahas pada diskusi yang diadakan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) pada Rabu (29/6/22) dengan judul “Polarisasi Politik Pemilu 2024, Akankah Kembali Berulang?” yang diadakan secara daring.

Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit,
yang hadir sebagai salah satu narasumber berbicara panjang lebar mengenai analisis terkait polarisasi yang menjadi percakapan di media sosial.

Pada awal pembahasn Fahmi menyinggung soal penyebaran informasi salah alias Hoax yang mana menurut penelitian justru dilakukan oleh manusia bukan “BOT”.

“Fake news menurut penelitian di MIT paling banyak tersebar bukan oleh robot tetapi oleh manusia itu sendiri,” ujar Ismail Fahmi dalam diskusi tersebut, dikutip Rabu (29/6/22).

Dalam lanjutan materi pembahasannya, Ismail menyingung masalah atau isu turunan dari polarisasi yakni “politik identitas”.

Politik Identitas secara sederhana dapat diartikan pemberian batas yang sangat tegas untuk menentukan siapa yang diterima dan ditolak dalam kaitannya pemilihan dan keterpilihan politik

“Apa yang sering dipakai? Agama dan Pancasila sering dipakai. Saya Islam Anda bukan Islam, Saya Pancasila Anda bukan Pancasila, semua itu jadi politik identitas. Politik Identitas bisa dilakukan oleh banyak pihak,” jelas Ismail.

Ismail memberikan beberapa contoh serangan terkait politik identitas yang kerap terjadi pada momentum pemilihan umum (pemilu).

Satu yang cukup terasa adalah tudingan di pilpres 2019 bahwa Jokowi merupakan sosok yang anti Islam-ulama dsj. Analisis data yang Ismail lakukan menunjukkan hal menarik tentang tudingan “Jokowi anti Islam”.

Menurut Ismail, isu tersebut memang cenderung ramai bahkan heboh tetapi justru yang mengangkat bukanlah dari kubu lawan, tetapi dari pendukung Jokowi sendiri.

“Jokowi anti Islam dan Ulama, ini kan politik identitas. pertanyaannya siapa yang mengangkat isu itu. Di dalam percakapan ternyata 01 pendukung Pak Jokowi, 02 nggak mengangkat. Artinya isu ini memang ramai tetapi tidak diangkat oleh pendukung Prabowo tapi diangkat oleh pendukung Pak Jokowi sendiri, semacam self victim” ujar Ismail.

Kubu lawan justru tercatat melakukan percakapan besar sebagai “bahan serangan” terkait Janji-janji Jokowi yang dianggap belum ditunaikan selama menjabat di periode pertama.

Terkait kubu lawan Jokowi yakni Prabowo di Pilpres 2019, Ismail berdasarkan data dan analisisnya menunjukan isu Prabowo "pemarah" justru datang dan diramaikan oleh para pendukung Prabowo sendiri

Warta ekonomi

Quote:Original Posted By pilotwaras108
Masalah polarisasi ini juga dibahas pada diskusi yang diadakan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) pada Rabu (29/6/22) dengan judul “Polarisasi Politik Pemilu 2024, Akankah Kembali Berulang?” yang diadakan secara daring.

Dia lagi, dia lagi, bosen gw 😅
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
Diubah oleh pilotwaras108
profile-picture
viniest memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
21K Anggota • 637.8K Threads
Halaman 1 dari 3
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:11
Denni Siregar dkk dibayar mahal untuk itu emoticon-Embarrassment
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
7 0
7
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:11
Gw kagak tau nh pakar mabok apaan

Tapi klw dia mw bagi2, gw minta 1 linting aja😂
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:12
Ini maling teriak maling, atau kagak pernah dengar WA itu apa dan ga pernah ikut emak2 arisan?
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
9 0
9
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:13
Untung gua abstain
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:14
Desi ....Desi emoticon-Ngakak
profile-picture
pilotwaras108 memberi reputasi
2 0
2
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:15
Buzzerp kan hobynya bahas agama
profile-picture
banpuku memberi reputasi
1 10
-9
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 35 balasan
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:17
Jkw uda kelar 2 periode... Move on bray...

emoticon-Salaman
profile-picture
itkgid memberi reputasi
8 0
8
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:17
Ini orang tolol bgtemoticon-Cape deeehh

Yg ngomong perang badar, nggak ada adzan klo jkw naik, jkw antek komunis dsb yg keluar dari mulut amien rais, riziek shihab cs itu kagak ngefek ke sebagian umat muslim indonesia?.
WA hoax di kalangan pendukung wowo juga banyak bertebaran di kalangan kubu wowo klo jkw itu musuh islam.

Ane sendiri pernah liat tuh WA nya dan berdebat ke kawan2 ane.
Ane bicara dgn bukti berita media kredibel dan mereka bicara dgn katanya ustadz, habib dsb via WAemoticon-Traveller
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
viniest memberi reputasi
22 0
22
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:19
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
6 0
6
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:20
bahas twitter doang?
emoticon-Leh Uga

saya pancasila politik identitas?
abis ngelem ya emoticon-Leh Uga

lu bilang gitu boleh asal pancasila dah bukan ideologi negara
Diubah oleh bellx
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
5 0
5
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:20
emoticon-Traveller pakar apa zakar nih...kok pekok..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
4 0
4
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:20
https://www.kompasiana.com/sintjan/54f6893ea3331169168b4e04/mengapa-pks-begitu-membenci-jokowi?page=all&page_images=1
0 0
0
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:21
Sakarepmu emoticon-Ngakak
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
4 0
4
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:23
Ternyata, diem2 kadroen jadi pendukung setia wiwik toh? emoticon-Leh Uga
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
6 0
6
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:23
buzzer kadrun berusaha membalikkan tuduhan ke lawan dengan hoax baru
licik banget ckckck
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
6 0
6
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:23

Ini kayak onta teriak onta.

Padahal kalau mau bukti tinggal dengar aja omongannya si Novel gigi hiu, Rizieq, Tungku Zul alm., Fadli Zon, Amien Rais, Gatot, Refly, ....
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
5 0
5
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:23
Seperti biasa.. pley piktim.. emoticon-Cool
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
7 0
7
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:25
kirain pakar politik , ternyata pakar drone , pantes opini nya ga nyambung emoticon-Ngakak
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
8 0
8
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:25
Marik dipilih emoticon-Ngakak
- Bikin NKRI beragama
- Bikin negara agama NKRI
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pakar: Yang Bikin Ramai “Jokowi Anti Islam” Adalah Pendukungnya Sendiri
01-07-2022 10:26
biasa,.denial.kas kadrun. emoticon-Ngakak
lha yang bergoni gurun pengikut bibib jijiq dan si nabik fetamburan yang dulu saban hari teriak pemerintah anti ulegmek iclam itu artinya adalah.pendukung jkw.dong ya, atau minimal dibayar jkw kalo kata kadrun kaskus.emoticon-Ngakak

asli lawak. kadrun kaskus di mari yang tiap hari teriak anti jkw ternyata bajer bayaran jkw.
insepsi coy.emoticon-Ngakak
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia