Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
221
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bb99e591d9835ec063a954/inilah-alasan-motor-kopling-masih-diterima-masyarakat-matic-moge-minggir-dulu
Di Indonesia sekarang, kalau saya perhatikan segmen pemakai motor terbesar terbagi menjadi 3. Saya sebutkan berdasarkan urutan pemakai terbanyak dulu ya, dimulai dari; pemakai motor matic, pemakai motor bebek, dan pemakai motor kopling. Dari ketiganya motor koplinglah sepertinya penjualannya terkecil dibanding matic dan bebek yang penjualannya selalu bersinar dan disambut hangat oleh pecintanya da
Lapor Hansip
29-06-2022 07:16

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

icon-verified-thread
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Di Indonesia sekarang, kalau saya perhatikan segmen pemakai motor terbesar terbagi menjadi 3. Saya sebutkan berdasarkan urutan pemakai terbanyak dulu ya, dimulai dari; pemakai motor matic, pemakai motor bebek, dan pemakai motor kopling.

Dari ketiganya motor koplinglah sepertinya penjualannya terkecil dibanding matic dan bebek yang penjualannya selalu bersinar dan disambut hangat oleh pecintanya dan selalu ditunggu kehadirannya mulai anak bocil baru bisa naik motor, pekerja, emak-emak, sampai kakek nenek.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa pasar motor kopling the real moge hingga detik ini seolah tidak tergerus oleh matic dan bebek? Padahal kita tahu belajar dan naik motor kopling itu termasuk susah dan "lebih tidak praktis" dibanding motor lain.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

FAKTA. Yang jarang orang sadari adalah naik motor kopling untuk melatih dan menguji kesabaran untuk tidak ngebut secara instant, tapi begitu melesat akan meninggalkan semua.

Sekarang kita lihat peminat motor bebek yang semakin sedikit, penjualan mulai lesu karena menurut saya sudah tidak seramai dulu, konsumen sudah bosan dan bebek semakin minim inovasi. Melihat ada tawaran yang lebih fresh dan praktis tinggal gas dan rem maka matic kini menjadi idola baru.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kembali ke motor kopling atau batangan, semua pasti setuju akselerasinya motor kopling berbeda. Semua motor memang bisa diajak ngebut, tapi ngebut pake motor kopling itu asiknya beda, sensasinya beda, kalau lagi iseng bisa 'bleyer-bleyer' mainin knalpot dan bergaya ala pebalap internasional.

Soal perawatan dan keawetan motor kopling harian lebih minim perawatan dan partnya murah, karena diameter ban yang lebih besar, profil ban lebih lebar maka ketika melibas jalan keriting lebih nyaman akan lebih tahan lama juga karena rotasi ban dan rantai jadi lebih sedikit, engine brake dan spontanitas gas yang mantap, minim getaran dan badak. Kalau motor bebek atau matic pasti bergetar semuanya, harus pelan saat melewati jalan rusak ataupun polisi tidur.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kelebihan motor kopling dibanding motor lain semakin kencang akan semakin enak di kecepatan tinggi, tampilan sangat manly dan sporty, karena profil bannya lebih lebar dengan body lebih besar maka akan lebih stabil meski bertemu di jalan basah dan di tikungan, untuk perjalanan jauh pastinya lebih menyenangkan.

Dari banyaknya kelebihan dimotor kopling tantangan dan kesulitan yang dihadapi adalah kita tidak bisa memakai motor kopling hanya dengan satu tangan, harus oper gigi untuk mendapat akselerasi lebih baik, karena berbobot dan berdimensi lebih besar ketika bertemu kemacetan membuat pengemudinya cepat lelah (tangan kiri cepat pegal karena jadi sering memainkan kopling, sulit manuver di celah sempit, jalan yang sering stop and go membuat kaki terasa panas karena berada di dekat mesin), ekstra sabar karena sering didahului motor lain yang dimensinya lebih kecil dan lincah ditempat sempit.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Menurut saya orang yang membeli motor kopling biasanya memang pecinta motor sejati dan kemungkinan dia juga punya motor kedua, entah motor bebek atau motor matic sebagai pemakaian hariannya. Jadi sepertinya kehadiran motor kopling masih lebih panjang dari keberadaan motor bebek yang sempat menjadi idola era 90an seperti halnya motor matic sekarang ini.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Dimasa depan mungkin motor kopling akan tetap ada dan diproduksi meski secara angka tidak besar, tujuannya adalah untuk menjaga pasar, menunjukkan produsen pernah dan bisa membuat motor kopling yang modern dimasanya dan kelak menjadi barang koleksi pecinta motor batangan sejati. Setuju?


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Sebuah opini
Img. Gugel


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
rassakhiy memberi reputasi
28
Masuk untuk memberikan balasan
otomotif
Otomotif
3.4K Anggota • 24.1K Threads
Halaman 1 dari 7
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 07:16
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Quote:Original Posted By dikamaru
Ane motor kopling buat harian malahan, meski cuma piksen yang penting enjoy karna ane tinggiin stangnya dan dikasih box. Udah dari 2010 sejak punya thunder pakenya motor laki. Sebelumnya sering pinjem suzuki TRS punya sodara.

Ada matic namek tapi lebih sering dipake sama bini dan feelingnya beda aja.


Quote:Original Posted By sp4rknvmm
dan ane pecinta motor kopling dari pertama punya motor sampe sekarang emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

belajar motor waktu pertama itu ada baik nya lansung kopling jangan metik ataupun bebek.. klo uda bisa kopling mau bawa bebek, metik, apapun itu dijamin gaspol...

bener deh ngga ada yang ngalahin asik nya pake motor kopling, apa lagi model sport fairing.. tarikan nya memang ngga instant, stop n go nya ngga se enak metik ato bebek, tapi klo soal manufer, tarikan tengah atas beehh cakep.. soal pegel? ah klo uda biasa juga ngga berasa lah pegel nya, ane bolak balik tempat kerja pake model sport fairing yang nunduk fine fine aja si..

cuma yaa itu, jelek nya motor kopling/batangan dari segi utilities nya jelek banget.. susah bawa barang, susah bonceng orang.. klo buat pake sendiri sih ciamik emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By blezzernet
dulu... katanya motor kopling lebih awet daripada gear semi otomatis... skrg katanya motor matic lebih awet daripada semi otomatis... gw rasa salah.. motor kopling paling awet mesinnya terbukti RX-k masih berkeliran di jalanan ibukota.. disusul bebek kopling dari suzuki yaitu satria FU emoticon-Angkat Beer dah lah akui aja emang system kopling itu perpindahannya paling baik dan paling "tahan lama" untuk umur mesin emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By gushastoko
Gak tau kenapa lebih suka kopling. Apa karena body motor gede dan saya badannya gede juga wkwkwkwk.

Tp ya pegel koplingan mulu klo lagi macet, mending macet berhenti ini merayap wkwkwk. Klo udah begini mendiing naik matik aja deh hehehehhe


Quote:Original Posted By aioyups
Kalo suka jalan jauh sih jelas lebih enak moge kopling ya lbh anteng dan stabil badan ga cape.
Tp klo jaraknya cuma sekitaran 10-20km entah knp motor kopling malah bikin capek.
Jd wajarlah klo moge kopling ga ada matinye beda ama bebek yg mulai ditinggal krn digerus matic. emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By don7ing
apapun sepeda-motornya yang penting bukanlah sekuter-matic

ane mantan joki harian verza, kawasnini superkips, ninja250, sekarang fulltime bebek kopling sentrifugal.


Quote:Original Posted By autumnfairy
Iya betul, yg beli motor kopling pasti kebanyakan cuma emang orang yg hobi.

Sama kyk gw juga nolak pindah ke mobil matic, padahal sekarang jauh lebih murah dan irit ketimbang mobil manual, tapi gw tetep ngotot di manual karena gw hobi nyetir.


Quote:Original Posted By anakpenakut
motor kopling kalau buat jalan jauh paling enak, tapi kalau buat kerja ttp beralih ke matic emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By gudgudgud3kali
Umur 27 thn baru belajar naik motor kopling gegara kepincut ama cb150x,
Bener bener nol pengalaman pas naikin ni motor,
Tinggi ya rata rata org indo, jadi pas naik ni motor otomatis jinjit, untung nya udahh punya pengalaman mainin kopling mobil manual, paling nggak ngerti lah gimana konsep naikin kendaraan manual
Tapi emang butuh penyesuaian pas naik turunin gigi sama ngerem/megang kopling, dari sma sampek kuliah dan kerja cuma pernah naik motor matic doang, bapak juga motornya matic gk pernah di ajarin cara naikin motor kopling,

Pengalaman pas pertama naik cb150x terus pelan pelan ngelepas kopling sampek motor jalan masih grogi dan nervous tapi begitu dah ganti gigi 2,3,dst, wah enak banget, bikin nagih pokoknya,

Dan sampai sekarang klo buat harian lebih milih naik cb daripada metic vario, lebih seru aja gk bosenin pas muter muter


Quote:Original Posted By bernardpoohbern
judul tritnya salah gan. Pada prinsipnya semua transmisi kendaraan itu pake kopling. Mungkin maksudnya antara otomatis, semi otomatis, dan manual (full kopling tangan/kaki).
Cuma bermaksud mencerahkan supaya bangsa ini tidak terjerumus semakin dalam ke dalam pengertian yg salah.

Banyak hal lain di bidang teknologi yg dalam istilahnya masih banyak orang yg salah paham. Seperti storage HP dan laptop yg masih banyak disebut memory oleh banyak orang indo. Padahal memory itu tepatnya merujuk ke RAM bukan storage.
Kondisi ini diperparah dengan brosur yg beredar di toko2 hp/laptop yg menulis memory internal padahal seharusnya internal storage.
Dan pedagangnya juga kadang nggak paham juga.
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Swararuri
Praktis, hemat bahan bakar, perawatan mudah, cepat akselerasi. Pilihan..........

Bisa bawa galon, panci somay, gerobak bakso, ojek.
Kebutuhan.........


Quote:Original Posted By uselesstrash
bener kalo yg make motor kopling pake ban profil gede, lebih safety dan menambah top speed. Realitanya malah banyak dijalanan pake motor kopling dg ban cacing, knalpot brisik, tapi larinya ga seberapa...


Quote:Original Posted By agunsaja
mungkin kedepannya gak ada produksi motor combustion engine lagi gan.. udah listrik semua.. motor listrik berkopling pun kemungkinan untuk moge listrik aja yg fungsinya mereduksi putaran agar tidak terlalu agresif krn sifat atau karakteristik motor listrik itu spontan sekali putarannya agar tidak membahayakan..

dan sepertinya jika menggunakan kata2 kopling atau non kopling saat ini sepertinya kurang tepat gan.. karena motor matic pun sebenarnya menggunakan kopling namun dengan konstruksi yang berbeda tidak seperti pada kopling konvensional..


Quote:Original Posted By AirFie
Motor atau kendaraan transmisi manual lebih ke "total kontrol". Jadi si pengendara harus belajar untuk benar2 menguasai kendaraannya.

Karena ada aja orang males +mendang-mending, akhirnya muncul motor semi-auto (bebek) & full auto (matik). Fasilitas yg membuat orang mengesampingkan keahlian berkendara, yg penting sekali plintir gas jalan.

Ada perbedaan jelas dari akselerasi antara manual & otomatis. Manual langsung terasa loncatan tarikannya, sedangkan otomatis ngeden dulu sampai dicapai rpm tertentu baru narik.

Satu lagi soal engine brake, manual lebih terasa hentakkannya, karena bisa loncat gigi rendah. Sedangkan otomatis hentakkannya halus sebagai mana dia akselerasi halus, dan linear-nya.

Yg membuat motor stabil & lincah di kecepatan adalah panjang wheelbase. Semakin panjang semakin stabil tapi tidak lincah untuk bermanuver, begitu juga sebaliknya.


Quote:Original Posted By anto2310
Ane pilih motor kopling biar ga bisa dipinjem buat beli galon sama gas lpg emoticon-Malu


Quote:Original Posted By VanBowie
enak buat jarak jauh gak pegel emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Dulu ane waktu bocah belajar kopling pake CB-100 punyanya om ane

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
ilustrasi


Sayang udah ilang
padahal mayan motor klasik
emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By vhitriani
pastinya lebih safety dibandingkan matic, kenapa tuh?
1. punya engine break sebagai penambah daya rem ketika rem kurang mumpuni melahap daya laju motor
2. kaki kaki pastinya lebih kokoh karena daya redam besar dibandingkan motor kecil
3. ketika terjadi tabrakan, biasanya motor akan mati karena kopling tidak tertarik, beda dengan matic yang lebih sering glosor masih bergerak gasnya.


Quote:Original Posted By yudi97
Honda gl pro neotech haaadiiirrrrrrrrr


Quote:Original Posted By tottorotooot
Dari dulu belajar motor ampe sekarang pake manual terus. Dulu bahkan ga mau pindah dari 2 tak ke 4 tak, karena lebi berasa tarikan dan manuver lebih enak karena titik beratnya seimbang, dan engine brake minim.

Sekarang buat harian kerja masih pake manual, cari yg murmer aja walaupun kurang seneng jenisnya yg sport, ane lebih seneng standar turing atau standar cruiser.
Dah ga suka kebut2an, dah ga berani juga, apalagi sekarang, masih penyembuhan mental gara2 berbulan2 kondisi jalan licin, motor nilep terus pas belok kanan, ketauan dah lama ada beberapa yg kudu diganti, terakhir ganti laher komstir, tapi tetep butuh waktu percaya ama motor ama jalan lagi.


Quote:Original Posted By m.a.m.u
emang enak sih kalo motor kopling kalo knalpotnya racing emoticon-Big Grin
tapi paling males kalo udah macet emoticon-ridingsenja


Quote:Original Posted By sedarahsexxyz
sama aja,
mau kopling or ngga, gw terima,
yg ga gw terima adalah,
bawa motor, spion ada, tapi ga digunain,
malah ditutup,
bhangsat yg kaya gitu


Quote:Original Posted By xmmmmx
suspensi motor kopling lebih nyaman dan tidak bikin mules karena ukuran ban dan rangkanya yang juga lebih besar. Motor bebek juga enak suspensinya tetapi tangki bensinya lebih besar banget motor kopling jadi bisa jarak jauh tanpa sering isi bensin, 1 tangki 12 liter, motor 150 cc, motor kopling bisa tempuh jarak hampir 300 km, kecepatan suka-suka asal aman buat kita dan pengguna jalan lain. Cocok buat jalanan yang makin lama tidak mulus.

kalau motor matic enakan buat ke pasar dan santai dekat-dekat saja.


Quote:Original Posted By awan.kegelapan
banyak orang kere duit pas-pasan cuma punya 1 motor, motor kopling fairing lagi.. udah tau kantornya pada jauh, mstinya ganti motor ama yg praktis, matic misalnya.. dasar emang pengen dibilang keren aja ama orang-orang, biar dikira adaan, gengsi..! ujung2nya ga kepake tu motor, ngejagrak di ruang tamu, mubadzir jadinya.. ke kantor pilih naik kendaraan umum emoticon-Ngakak

yg bener tuh klo mo hobi siapin dana lebih, tau diri aja, punya 1 matic buat harian, ga nyusahin diri sendiri


Quote:Original Posted By mangdodog
Udah gak kuat bre..
Ane udah tua udah gak kuat ngebut ngebutan pake motor kopling. .
Ane dibonceng naek sepeda family muter muter halaman kelurahan aja pulangnya badan langsung meriang..

emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By andhikap1102
Tempat ane pegunungan...
orang tinggal sini pake bebek atau motor kopling, yg pake matik cm orang datang wisata


Quote:Original Posted By john..wick
pakai motor kopling emng seru


Quote:Original Posted By faransiscus
semua bebek bukannya termasuk motor kopling juga yak om? tapi kopling otomatis..bahkan bebek sekarang yg cc 150an juga sudah pake kopling manual kalo ga salah...mungkin yang membedakan adalah feel ridingnya sama ergonominya antara bebek dengan yang batangan,..menurut ane salah satu nikmatnya motor kopling yg batangan itu ya di feel riding nya soalnya posisi jok nya cukup tinggi dan enak di bawah riding jauh, tapi kalo performa ga beda jauh sih sama bebek 150 cc an sekarang yg dah kopling manual secara mesin 11/12 sama yg batangan beda konfigurasi aja...
kekurangannya motor batangan ya tempat penyimpanan nya yang tidak luas, semoga saja ada motor batangan 250cc atau 150 cc yg model tangkinya kaya honda nc750x yg bisa naro helm di tangki, kalo ad sih ga pikir panjang bakal gw beli...


Quote:Original Posted By nadnos
KARENA DESAINNYA GAGAH

sudah karena itu aja. Coba lihat matic yg gede2 itu desainya kayak cewek Gembrot! Mana bisa buat cuci mata?? Nanti kalo ada matic yg langsing kaya motor kopling, barulah motor kopling akan menghilang dengan sendirinya


Quote:Original Posted By thefathony
Ane jatuh cinta dari belajar motor kopling pake supra xx karena kendali torsi sepenuhnya ada di tangan gan


Quote:Original Posted By babangpg
gw mah ngantuk brey klo gak pake motor kopling. cuman narik gas doang klo matic mah


Quote:Original Posted By servesiwi
Pespa jadi saksi bisuemoticon-Cool


Quote:Original Posted By Ultramen.T
Asli asik banget lo mainan kopling ini gans, kalau di tempat macet sih memang jadinya agak menjengkelkan, tapi kalau diluar kota nikmat banget dah jadinya


Quote:Original Posted By sitinfront26
apalagi kalau pinang yg merk ini gan, real nyari masalah🤭 bengkelnya udh banyak tutup dimana-mana. Tapi yaaa gmn namanya udh suka, bodoamat😂Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!


Quote:Original Posted By TuanLi
ada yang bilang sih sepeda motor sejati ya ber kopling nanual


Quote:Original Posted By pulaukapok
Vespa sprint 76 termasuk Ndak?


Ane belajar motor naik inih Vespa



...
Diubah oleh iskrim
profile-picture
faransiscus memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 07:19
Anak jalanan emoticon-Matabelo
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 07:52
Buat touring ke luar kota sih oke,
Lebih stabil, lebih irit, dan kapasitas tangki nya besar.

Buat harian PP ke tempat kerja yang tiada hari tanpa macet, pegel...!!
emoticon-Ngakak
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:02
Dari motor kopling Anda akan :

- sabar, karena menyelaraskan putaran gas dan posisi gigi itu nggak sembarangan.
- sporty... Gansist akan terlihat unik.. nggak semua orang suka dan mampu menggunakan kendaraan begini.

Kendaraan begini masih banyak penggemarnya...

Enak diajak jalanan lurus, trabasan pake trail, santai pakai Vespa tua, old skool pake Royal Enfield klasik, atau mau Kenceng pake Bandit 400....

" Rasa" itu tidaklah ada pada motor CVT manapun.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
9 0
9
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:19
pengguna motor kopling hadir om emoticon-Request


kopling adalah jalan ninjaku emoticon-Ngakak (S)
dah kebiasaan pake kopling sejak belajar motor pertama kali, ampe sekarang enakan kopling laaah

emoticon-Cool
profile-picture
jiresh memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:27
klo ngomongin real moge motor kopling, di eropa sana sebenernya juga sama aja, yg laku matic yg kecil sampai besar, yg beli moge sport biasanya yg emang hobi motor
alasannya krn walau lebih murah dr di indo, harga mode disana jg dianggap mahal, bisa beli mobil duitnya. jd orang sana pilih mobil selain lebih aman. juga krn disana negaranya dingin jd naik matic lebih praktis krn banyak heater aksesoris yg bs dipasang di motor utk menghangatkan badan
profile-picture
jiresh memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:45
Salam blayer bro.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:46
ane cari yg simple-simple aja deh gan. yg mana aja boleh yang penting ga nyusahin dijalan. emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:47
Temen aing, biasa bawa motor naked kwk 250,dipakai harian dia cerita tiap tahun ganti ban.

Wajar sih, tiap hari dipakai kerja, akhir minggu dipakai outting.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:47
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:52
Pengguna kopling hadir


profile-picture
iskrim memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 10:58
Quote:Original Posted By iskrim
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Di Indonesia sekarang, kalau saya perhatikan segmen pemakai motor terbesar terbagi menjadi 3. Saya sebutkan berdasarkan urutan pemakai terbanyak dulu ya, dimulai dari; pemakai motor matic, pemakai motor bebek, dan pemakai motor kopling.

Dari ketiganya motor koplinglah sepertinya penjualannya terkecil dibanding matic dan bebek dimana penjualan mereka selalu bersinar dan disambut hangat dan riuh oleh pecintanya dan ditunggu kehadirannya mulai anak bocil baru bisa naik motor, pekerja, emak-emak, sampai kakek nenek.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa pasar motor kopling the real moge hingga detik ini seolah tidak tergerus oleh matic dan bebek? Padahal kita tahu belajar dan naik motor kopling itu termasuk susah dan "lebih tidak praktis" dibanding motor lain.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

FAKTA. Yang jarang orang sadari adalah naik motor kopling untuk melatih dan menguji kesabaran untuk tidak ngebut secara instant, tapi begitu melesat akan meninggalkan semua.

Sekarang kita lihat peminat motor bebek yang semakin sedikit, penjualan mulai lesu karena menurut saya sudah tidak seramai dulu, konsumen sudah bosan dan bebek semakin minim inovasi. Melihat ada tawaran yang lebih fresh dan praktis tinggal gas dan rem maka matic kini menjadi idola baru.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kembali ke motor kopling atau batangan, semua pasti setuju akselerasinya motor kopling berbeda. Semua motor memang bisa diajak ngebut, tapi ngebut pake motor kopling itu asiknya beda, sensasinya beda, kalau lagi iseng bisa 'bleyer-bleyer' mainin knalpot dan bergaya ala pebalap internasional.

Soal perawatan dan keawetan motor kopling harian lebih minim perawatan dan partnya murah, karena diameter ban yang lebih besar, profil ban lebih lebar maka ketika melibas jalan keriting lebih nyaman akan lebih tahan lama juga karena rotasi ban dan rantai jadi lebih sedikit, engine brake dan spontanitas gas yang mantap, minim getaran dan badak. Kalau motor bebek atau matic pasti bergetar semuanya, harus pelan saat melewati jalan rusak ataupun polisi tidur.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kelebihan motor kopling dibanding motor lain semakin kencang akan semakin enak di kecepatan tinggi, tampilan sangat manly dan sporty, karena profil bannya lebih lebar dengan body lebih besar maka akan lebih stabil meski bertemu di jalan basah dan di tikungan, untuk perjalanan jauh pastinya lebih menyenangkan.

Dari banyaknya kelebihan dimotor kopling tantangan dan kesulitan yang dihadapi adalah kita tidak bisa memakai motor kopling hanya dengan satu tangan, harus oper gigi untuk mendapat akselerasi lebih baik, karena berbobot dan berdimensi lebih besar ketika bertemu kemacetan membuat pengemudinya cepat lelah (tangan kiri cepat pegal karena jadi sering memainkan kopling, sulit manuver di celah sempit, jalan yang sering stop and go membuat kaki terasa panas karena berada di dekat mesin), ekstra sabar karena sering didahului motor lain yang dimensinya lebih kecil dan lincah ditempat sempit.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Menurut saya orang yang membeli motor kopling biasanya memang pecinta motor sejati dan kemungkinan dia juga punya motor kedua, entah motor bebek atau motor matic sebagai pemakaian hariannya. Jadi sepertinya kehadiran motor kopling masih lebih panjang dari keberadaan motor bebek yang sempat menjadi idola era 90an seperti halnya motor matic sekarang ini.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Dimasa depan mungkin motor kopling akan tetap ada dan diproduksi meski secara angka tidak besar, tujuannya adalah untuk menjaga pasar, menunjukkan produsen pernah dan bisa membuat motor kopling yang modern dimasanya dan kelak menjadi barang koleksi pecinta motor batangan sejati. Setuju?


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Sebuah opini
Img. Gugel


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Suhu Otomotif @jlamp komen donk om

nambahin aja sebagai pengguna motor seprot buat harian

alasan gw kenapa pilih motor kopling

1. Full/Total Control, tidak seperti matic yang "pasrah" bae

2. Banyak sistem remnya, enggak sekadar dua rem depan dan belakang, Kopling dan Engine Break itu juga bisa berfungsi sebagai rem sebelum benar2 pakai remnya, ditambah lagi di beberapa motor juga dilengkapi ABS

3. Double Throttle atau apalah namanya gw lupa, gak seperti motor2 metic kebanyakan, motor seprot biasanya sudah punya Throttle 2 arah, jadi masih terkait nomor 2, membantu sistem pengereman, selain bisa ditarik untuk jalan, bisa juga didorong untuk menurunkan putaran mesin yang artinya juga menurunkan kecepatan

jadi kalau ngerem mendadak, enggak nyungsep macam metic, sekali ngerem mendadak itu udah kayak ngeluarin combo di game fighting

engine break dengan throttle down, gear shift, teken kopling, injak rem belakang, pencet rem depan, dan terakhir ABS kalau ada (CMIIW ya, ini combo gw, kalau salah mohon para suhu koreksi)

kalau metic biasanya ciwi2 kaget langsung pencet rem kanan kiri ala naik sepeda, dalam kecepatan menengah dan kencang udah auto ndlosor di aspal, gak ada angin ga ada ujan aja bisa ndlosor

4. Body Motor lebih besar, beserta Bannya juga lebih lebar, menghasilkan kestabilan yang lebih tinggi dibanding motor2 matic krempeng macam embit, tp klo sekelas NMax & XMax ya gk begitu beda jauh lah ya soal kestabilan

pengalaman gw pakai motor bebek yg gak jauh beda dengan matic ukurannya, itu entah sudah berapa banyak celana gw robek dan luka permanen yang membekas di tangan dan lutut gw hahaha

setelah gw ganti ke motor seprot, alhamdulillah motor gw banyak lecetnya tp bukan karena jatoh, dilecetin sama orang di berbagai parkiran -_-

karena gw gk pernah jatoh, meskipun secara fisik gw lagi menderita skoliosis dan pelvic tilts alias "cacat fisik", jadi ngendarain motornya miring2 geje, tp selama gw berkendara di jalan yang penuh dinamika orang2 goblok dan kontur jalanan yang nyaris bikin gw celaka, gw tetap bisa ngontrol jauh lebih baik dibanding saat gw mengendarai bebek/moped, apalagi kalau semua tulang2 di badan gw masih sehat dan normal

terutama saat pengereman, salah satu alasan gw berkali2 jatoh saat naik bebek itu karena sering banget terjadi brake lock dan slip

meanwhile motor seprot gw sekarang meskipun blom dilengkapi ABS enggak pernah terjadi brake lock, pernah terjadi sekali itupun gw rasa karena kurang maintenance aja tapi gk jatuh tuh, masih bisa gw kontrol

nah, motor bebek atau metic krempeng itu juga pasti lebih oleng ketika di tikungan, apalagi klo ada pasir beuh, makanya gw beberapa kali slip dan jatoh ketika belok


jadi kalau kata TS yang make motor kopling itu karena pecinta motor itu benar, tapi kalau saya sendiri bukan cuma itu, selain pecinta motor saya juga pecinta keselamatan dan ketertiban dalam berkendara

karena faktanya banyak pemakai motor kopling terutama yang seprot2 itu goblok, mereka beli motor itu simply karena hobi atau pingin keren semata, makanya penampilannya dan gaya berkendaranya enggak mencerminkan sebagai orang yg peduli keselamatan,

yang gak pakai helm atau pakai tapi helm abal tp motornya dimodif + knalpot aftermarket kw

yang spion dilipet atau bahkan dicopot seperti yang baru viral

yang sign lamp depan diganti model tempel, yang sign lamp belakang diganti tipe mini atau bahkan dicopot beserta dudukan platnya juga

yang boro2 pake riding gear lengkap dan berkualitas seperti jaket dengan windshield, shoulder, chest, back dan elbow protector dan sarung tangan dengan protector, ini malah pake sendal jepit, celana pendek sama kaos doank tp motoran ke jalan besar
Diubah oleh KyraAltair
profile-picture
hojosenpai861 memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:03
kangen pake motor kopling emoticon-Mewek
skrnag karna fungsionalitas jd pake matic dulu emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
3 0
3
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:10
4 bulan lalu ane baru minang CBR 150 , alasan utama beli ini ya karena dulu pas zaman abg pengen beli ini ngga kesampaianemoticon-Leh Uga
setelah 11 tahun pake supra bapak akhirnya motor ganti juga ke CBR ya walau tahun produksinya sama (CBR 150 ane versi tahun 2011 yg masih cbu thailand)
Pas kumpul" kenalan sekolah , ada yg komentar ngapain beli motor kopling gue udah cape dari zaman sma pake motor kopling,
(Ane dalam hati bergumam iyalah pantek elu-elu pas zaman sma bapaknya tajir" gue doang yg pake motor supra(ini juga giliran kalo bpk gue mau pake) , yg lain pake satria fu, atau vxion)
penampakan cbr kehujanan

Buat riding sendiri & jauh emang mantep kalo pake motor sport, beda lagi ya kalo boncengan mening pake bebek atau metik deh ..
Diubah oleh mubafirs
profile-picture
iskrim memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:17
susah belajr motor kopling apa blajar mobil ya gan...?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
3 0
3
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:21
Siap gan... wkwk emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:21
karena motogp ga pake matic emoticon-Bingung
profile-picture
mubafirs memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:31
Sampai sekarang, kenapa ga ada motor dengan transmisi bebek atau matic dengan tampilan sporty?
Diubah oleh emineminna
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:34
Eneg gw liat trend matic gedong

Intiny mah "matic" emoticon-fuck3

Gk ush ngarep bnyk
Dsr indon emoticon-Cape d...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
3 0
3
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
29-06-2022 11:40
Dari ketiga segmen sepeda motor yg disebutkan TS, alhamdulillah ane pernah punya semua... Tiga2nya punya kelebihan & kekurangan masing2
profile-picture
iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia