Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b3f01598d20e27334b8cb8/hari-keluarga-nasional-harganas-di-bulan-juni-cobain-game-uno-deh
Bulan Juni masih tersisa kurang dari 10 hari lagi, tapi ane menemukan 1 fakta unik tentang bulan JUNI ini dan ane yakin tidak banyak orang Indonesia tau tentang ini. yaitu pada tanggal 29 JUNI di Indonesia ditetapkan sebagai HARI KELARGA NASIONAL (Harganas).  Penetapan ini dilatarbelakangi pemberian penghargaan kepada rakyat Indonesia yang telah berjuang merebut dan mempertahankan RI dengan menin
Lapor Hansip
23-06-2022 11:46

Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

icon-verified-thread
Bulan Juni masih tersisa kurang dari 10 hari lagi, tapi ane menemukan 1 fakta unik tentang bulan JUNI ini dan ane yakin tidak banyak orang Indonesia tau tentang ini.
yaitu pada tanggal 29 JUNI di Indonesia ditetapkan sebagai HARI KELARGA NASIONAL (Harganas).  Penetapan ini dilatarbelakangi pemberian penghargaan kepada rakyat Indonesia yang telah berjuang merebut dan mempertahankan RI dengan meninggalkan keluarganya setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaan di 1945 namun kondisi nasional masih belum kondusif. Harganas mulai diperingati sejak tahun 1993 hingga saat ini masih berjalan.
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

Nah, ane ada 1 permainan yang akan sangat cocok dimainkan pada saat berkumpul keluarga di rumah maupun bersama teman-teman. nama permainan ini adalah UNO. Sebuah permainan kartu dengan aturan simple dan sangat mudah dimainkan namun perlu strategi untuk bisa memenangkannya.

Satu dek UNO berisi 108 kartu yang terdiri dari:

Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

4 kartu 'Wild', artinya GanSis dapat menentukan warna yang harus dimainkan pada giliran selanjutnya.
4 kartu 'Wild Draw 4', artinya GanSis dapat menentukan warna yang harus dimainkan pada giliran selanjutnya + pemain berikutnya mengambil 4 kartu ditengah dan kehilangan gilirannya
100 kartu yang terbagi atas 4 warna (merah, kuning, hijau, biru), masing-masing warna terdiri atas:
1 kartu angka 0
2 kartu masing-masing angka 1 sampai 9
2 kartu 'Skip', artinya pemain setelah GanSis di skip atau dilewati.
2 kartu 'Reverse', artinya arah permainan di balik, sehingga pemain yang bermain sebelum GanSis mengeluarkan kartu kembali mendapatkan giliran.
2 kartu 'Draw +2', artinya pemain berikutnya harus mengambil 2 kartu dan gilirannya dilewati.
Katu Draw +2, Skip, Reverse, Wild, dan Wild Draw 4 disebut kartu AKSI

Quote:
CARA BERMAIN UNO

Cara bermain UNO sendiri cukup mudah, dah biasanya lebih enak menjelaskannya saat langsung praktek (bermain). Namun bagi GanSis yang mungkin belum tahu UNO ini, berikut cara bermain UNO:

1. Jumlah pemain bisa 2 orang dan maksimal 10 orang. setiap orang diberikan 7 kartu tertutup yang telah di kocok dan diberikan secara acak. sisa kartunya taruh ditengah untuk digunakan kembali dalam permainan.
Biasanya ditempat ane, jika pemain lebih dari 4 orang, maka kartu UNO yang digunakan menjadi 2 dek. mungkin agar permainan tidak cepat selesai ya emoticon-Big Grin dan ingat jangan bairkan pemain lain tahu kartu kalian ya GanSis.
2. Setelah itu, pertandingan bisa dimulai. Yaitu keluarkan kartu UNO sesuai pemain pertama.
Nah ditempat ane yang jalan pertama ialah pemain yang mengocok kartu UNO. bisa dikatakan ini sebagai hadiah atas "tambahan kerja" ya.. heuheuheu
3. Pemain selanjutnya tinggal mengeluarkan kartu sesuai warna, simbol, atau angka pada kartu yang telah dibuka. pemain selanjutnya berada disebelah kanan dari permain pertama ya GanSis, tapi arah permainan bisa diubah ko memakai kartu 'Reverse'.
4. Jika GanSis tidak memiliki kartu yang bisa di keluarkan, silahkan ambil kartu dari tumpukan di tengah tadi ya (di tempat ane disebut "nyangkul"), dan bisa berhenti mengambil kartu jika setelah menemukan kartu yang sama warna, simbol, atau angka ya (rules no.3)
5. Saat kartu GanSis tersisa 1 kartu, jangan lupa mengatakan "UNO" ya.. jika ada pemain lain yang bilang "UNO" sebelum GanSis, maka GanSis akan mendapatkan 'penalty' yaitu mendapatkan 2 kartu dari dek tengah.
Rugi banget ya padalah udah mau jadi pemenang. Ini suka menjadi 'senjata' bagi orang yang pelupa kek ane. dan teman/sodara ane dapet aja moment saat ane lupa bilang "UNO". Namun saat mengatakan UNO tidak perlu di tambahin dengan kata lain, SANDI*GA misalnya emoticon-Big Grin
6. Pemain yang berhasil mengeluarkan semua kartu di tangannya ialah yang menjadi PEMENANG..
7. Cara bermain UNO terakhir yaitu menghitung poin setiap ronde. Pemain yang memenangkan permainan akan mendapatkan poin dari jumlah kartu yang tersisa di tangan para pemain lain. Catat poin untuk setiap ronde dan tetap bermain sampai ada pemain yang bisa mencapai 500 poin.
spoiler
Quote:
STRATEGI ANE BERMAIN UNO

Walaupun permainan ini terlihat simple, tapi akan bahaya jika sampai kita kalah (ingat, ada hukuman bagi pecundang sesuai kesepakatan bersama). Kali ini ane akan membocorkan rahasia terbesar ane dalam bermain UNO (cieelah segala rahasia terbesar..)
1. Simpan kartu AKSI (Reverse, Skip, Draw, Wild) diakhir, jangan mengeluarkan kartu tersebut jika dirasa tidak perlu. apalagi kartu Wild Draw +4, harus dijaga betul supaya moment saat mengeluarkan nya saat kartu tinggal 1 (UNO).
2. Perhatikan jalannya permainan, tiap pemain pasti memiliki kelemahan dalam kartunya, cari tau Angka atau Warna apa yang dia tidak memilikinya. terutama pemain disebelah kiri-kanan GanSis, hal itu akan menjadi "senjata" GanSis dalam mengalahkan pemain lain dan sangat berdampak pada jalannya permainan.
3. Lihat jumlah kartu pemain lain. ini juga penting karena jika perbedaan jumlah kartu GanSis dengan pemain lain cukup jauh, maka dia akan cepat bisa mengalahkan GanSis. Namun ini bisa diakali dengan kartu AKSI, jika harus pakai kartu Wild Draw +4 dan tentukan Angka/Warna yang dia tidak punya.
4. Sebisa mungkin simpan WARNA dan ANGKA yang berbeda ya GanSis. jangan hanya menyimpan satu warna atau angka yang sama. jadi meskipun misalnya warnanya sama, namun akan lebih baik jika Angka nya berbeda. trust me it's work.
5. Ini mungkin bisa dibilang curang, namun ane sering banget pake trik ini. Jadi saat kita "nyangkul" atau mengambil kartu di dek tengah, manfaatkan waktu tersebut untuk mencari kartu AKSI sebanyak-banyaknya, jika beruntung GanSis dapat menemukan kartu WILD DRAW +4. namun perhatikan jangan terlalu banyak simpan kartu ditangan ya, dan perhatikan juga agar tidak mengundang curiga pemain lain.

Quote:
KEUNTUNGAN BERMAIN UNO

Karena permainan ini sangat cocok dimainkan bersama keluarga atau teman, memang tidak dipungkiri bermain UNO sangat seru hingga kadang suka lupa waktu. Namun ane menyimpulkan ada beberapa keuntungan (ane tidak bilang manfaat, takut dikira jualan obat emoticon-Hammer) jika GanSis bermain UNO.
1. Sarana mengakrabkan diri bersama keluarga atau teman.
Yups ini sudah dibuktikan sendiri oleh ane, saat ada kumpul dengan teman-teman 1 atap yang sama (kos-kosan) kami suka bermain UNO, yang awalnya kami hanya kenal tentangga kiri-kanan namun saat bermain UNO kami jadi kenal hampir semua kamar KOS. Setelah itu seperti tidak ada dinding pembatas karena kami sudah saling kenal dan akrab.
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

2. Asah otak dan melatih ingatan
Setiap permainan pastinya harus dengan strategi, tak terkecuali dengan UNO ini. Strategi yang bisa dipakai pun bermacam-macam, salahsatunya sudah ane jelaskan diatas tadi. Seiring berjalannya permainan otak kita akan terus memikirkan strategi agar kita menjadi pemenang, dan dalam mimikirkan strategi, ingatan pun akan terus mengingat kartu mana saja yang bisa kita pakai untuk "menyerang" pemain lain. Baik itu secara Angka atau Warna.
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

3. Membuat anak-anak menyukai Warna dan Angka
Terkadang pembelajaran formal sedikit banyak kurang disukai oleh anak-anak terutama dalam hal ANGKA dan WARNA, maka perlu adanya alternatif agar anak-anak bisa belajar dengan FUN tentang hal tadi. Nah, di UNO sendiri yang basic nya adalah permainan kartu dengan menyamakan ANGKA dan WARNA maka akan akan menjadi sesuatu yang mudah diterima oleh anak-anak.
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

4. Mengurangi pemakaian Gawai (gadget) dalam bersosial
Ini mungkin yang jarang disadari oleh sebagian orang, pada zaman serba teknologi sekarang, saat ada acara kumpul-kumpul (bukan kumpul kebo ya) masing-masing orang biasanya sibuk dengan gadget nya sendiri, dan jarang berkomunikasi atau bersosial. Padahal berkomunikasi secara langsung itu sangat penting bagi manusia, dan dengan adanya permainan fisik (offline, yaiyalah mana ada fisik secara online) secara tidak langsung didalamnya akan ada komunikasi dan obrolan-obrolan ngalor ngidul.

Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!

Jadi di Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni nanti, pastikan Quality TimeGanSis tetap bisa dijaga ya. dan semakin mempererat hubungan keluarga kecil, keluarga besar maupun keluarga yang dipilih (sahabat).

SEEYOU NEXT THREAD



Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
referensi: 123
gambar: google
narasi: @standalone17

Diubah oleh standalone17
profile-picture
profile-picture
erwin102361 dan Rainbow555 memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
games
Games
5.3K Anggota • 36.6K Threads
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
23-06-2022 11:58
Pertamax yessemoticon-Goyang
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
23-06-2022 12:00
Suka pada main UNO gk nih???
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
23-06-2022 12:01
Apa HUKUMAN GanSis yang kalah main UNO?
kalo ane biasanya coret muka pake spidol/kopi di kasih aer sedikit..
emoticon-Ngakak
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
23-06-2022 12:08
Terakhir main unok 2015 abis itu gapernah main lagi.
Temen sepermainan udah pada pindah semua. Giliran ngajak temen baru buat main pada gabisaemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
23-06-2022 17:13
Pernah ane main uno sama orang Malaysia & Singapore, ternyata peraturannya beda sama Uno di Indo. Terutama soal giliran, urutan main, sama mekanisme ambil kartu.
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
24-06-2022 15:30
gan, gw beli kartu UNO bundling dengan balok2 kecil warna warni. Cara memainkannya balok2 tsb gimana ya gan? gw cuma tau main kartu UNO nya doank.
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
24-06-2022 16:54
Quote:Original Posted By standalone17
Apa HUKUMAN GanSis yang kalah main UNO?
kalo ane biasanya coret muka pake spidol/kopi di kasih aer sedikit..
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By lapar.bang
Terakhir main unok 2015 abis itu gapernah main lagi.
Temen sepermainan udah pada pindah semua. Giliran ngajak temen baru buat main pada gabisaemoticon-Hammer (S)

temen tongkrongan udah beda lg ya gan.. pada makin tua makin pada sibuk sendiri2 emang haha
perlu di ajarin dulu gan, 1x praktek ane yakin pada bisa maeninnya ko
0 0
0
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
24-06-2022 17:02
Quote:Original Posted By ideotlogi
Pernah ane main uno sama orang Malaysia & Singapore, ternyata peraturannya beda sama Uno di Indo. Terutama soal giliran, urutan main, sama mekanisme ambil kartu.

ohya? bedanya apa aja tuh gan?
ane baru tau soalnya. kirain aturannya kaya gitu semua


Quote:Original Posted By sehau76
gan, gw beli kartu UNO bundling dengan balok2 kecil warna warni. Cara memainkannya balok2 tsb gimana ya gan? gw cuma tau main kartu UNO nya doank.

ane baca-baca caranya hampir mirip kaya UNO kartu gan.

Quote:cara bermain UNO stacko:
1. Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.
2. Setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus meletakkan kembali balok tersebut di bagian atas menara.
3. Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.
4. Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

profile-picture
sehau76 memberi reputasi
1 0
1
Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di bulan JUNI, Cobain GAME UNO deh!
25-06-2022 04:49
Masih main dan menangan lawan anak istri
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia