• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!


Belum lama ini saya mendengar perdebatan kecil perihal kaki-kaki mobil yang dikeluhkan oleh salasatu teman saya, suatu hari disebuah kedai kopi. Keduanya nama samaran Andrian dan Baja, dimana Andrian mengatakan kalau ban yang nggak center seharusnya di Balancing bukan di Spooring.

Saya yang kebetulan duduk satu meja dengan mereka awalnya juga agak bingung dengan kedua istilah ini karena keduanya bisa dibilang serupa tapi tak sama. Serupa karena sama-sama permasalahan di kaki-kaki, tapi tak samanya adalah proses perbaikannya ada yang sedikit berbeda.

Akhirnya perdebatan dimeja bundar itu bisa diselesaikan dengan saling mencari info di gugel dan (lagi) menambah segelas kopi dan juga sebatang rokok, kami bertiga akhirnya bisa menuntaskan pembicaraan dengan kesepakatan bersama dan berakhir Baja besok pagi harus kebengkel langganannya, untuk Balancing.

"Ban, gw habis ngehajar lobang, bro,"katanya diawal pembicaraan dan ditutup dengan kata: "Ok, berarti yang harus gw lakukan adalah Balancing ya, bukan Spooring karena salah satu bannya terlihat miring setelah menghajar lobang". Untung deh, si Baja segera paham dan memantapkan dirinya untuk mem-Balancing ban depan kirinya besok pagi.



Hasil nyilum di gugel dikatakan bahwa yang namannya Spooring adalah pekerjaan meluruskan ke empat ban agar semuanya berada pada kedudukan yang sama standar pabrikan. Sedangkan Balancing adalah bagaimana memperbaiki dan menyeimbangkan ke empat ban agar semuanya stabil, memiliki berat yang sama, biasanya akan ditambahkan beberapa timah yang ditempel dibagian velg dibagian ban yang diperlukan. Tuh, kan terdengar serupa tapi tak sama, tapi memang keduanya saling berhubungan.

Lalu tanda-tanda ban diperlukan perbaikan jika ada gejala mobil berjalan tapi kelamaan mobil dominan ke kiri atau kekanan sendiri ketika steer dilepas dijalan yang lurus maka diperlukan yang namanya Spooring, ketika perkir ditempat datar terlihat ada ban yang tidak tegak/menapak sejajar pada tanah, merasakan ada goncangan saat membelokkan steer padahal kondisi jalan rata dan normal.

Jika ada gejala steer bergetar disaat berjalan mulai dari 80km/jam dengan kondisi tangan memegang steer maka pekerjaan Balancing harus dilakukan. Getaran ini disebabkan ada ban yang tidak center dan tidak sejajar dengan ban lainnya.

Tapi untuk hasil terbaik jika kasusnya seperti mobilnya si Baja sebaiknya selain melakukan Balancing tapi juga Spooring agar ke empat bannya kembali center dan normal kembali, terutama saat mobil berjalan dikecepatan diatas 80km/jam.

Ingat, pekerjaan ini harus diserahkan kebengkel karena dibutuhkan alat khsusus dan pengamatan serius agar hasil yang didapatkan presisi. Sedang untuk biaya Spooring tergantung dari jenis mobilnya (sekitar 150-175rb permobilnya) dan 10-30rb/ ban untuk Balancing.




Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 22-06-2022 16:25
Icen.JrAvatar border
jireshAvatar border
SwararuriAvatar border
Swararuri dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.