Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62aaee63958a4943d32543d4/art-review---lukisan-affandi-potrei-diri-i-1981
Affandi merupakan salah satu sosok pelukis besar Indonesia yang namanya sudah mendunia. Karya lukisnya patut diapresiasi karena berbagai kelebihan dan keistimewaan yang digambarkan di setiap karyanya. Dengan menciptakan teknik melukis langsung dari Tube catnya, yang mendapat apresiasi pada ajang Venice Biennale. Lukisan ini berjudul Self Portrait I yang dibuat pada tahun 1981 di atas kanvas beruku
Lapor Hansip
16-06-2022 15:48

Art Review - Lukisan Affandi Potrei Diri I, 1981

Art Review - Lukisan Affandi Potrei Diri I, 1981

Affandi merupakan salah satu sosok pelukis besar Indonesia yang namanya sudah mendunia. Karya lukisnya patut diapresiasi karena berbagai kelebihan dan keistimewaan yang digambarkan di setiap karyanya. Dengan menciptakan teknik melukis langsung dari Tube catnya, yang mendapat apresiasi pada ajang Venice Biennale.

Quote:Art Review - Lukisan Affandi Potrei Diri I, 1981
Lukisan ini berjudul Self Portrait I yang dibuat pada tahun 1981 di atas kanvas berukuran 113,5 x 97 cm dengan cat minyak. Dalam lukisan ini Affandi sebagai pelukis ingin menunjukan refleksi wajah dirinya sendiri dengan ciri khas gayanya. Lukisan ini terbentuk dari gaya ekspresionis dan teknik plototan cat minyak Affandi, yang digoreskan dengan berbagai warna primer yang kuat yaitu merah, hijau, hitam, kuning dan putih..

Bentuk kepala Affandidigambar dengan plototan cat berwarna merah dan hitam dengan beberapa goresan cat berwarna hijau, yang menggambarkan bahwa Affandipada saat itu sudah tidak memiliki rambut di bagian tengah kepalanya.

Bentuk rambut panjang, janggut dan kumis digambarkan dengan perpaduan warna hijau, putih dan hitam. Begitu juga dengan bentuk wajah dengan raut yang datar terdapat mata dengan warna hitam, hidung dengan warna kuning, mulut atau bibir dengan warna merah, serta satu gigi berwarna kuning.

Lalu ada objek lain di bagian kanan bawah lukisan yaitu matahari, tangan dan kaki serta tanda tangan dan tahun pembuatan lukisan ini. Ini adalah simbol favorit yang selalu ada disetiap lukisan favorit Affandi.

Dengan gaya ekspresionis dan teknik melukis yang dimilikinya serta objek yang digambarkan, lukisan ini menunjukan bahwa Affandi adalah seorang pelukis yang jujur dan apa adanya. Pada lukisan ini Affandi sangat berani untuk menggambarkan kepala dengan tanpa rambut di bagian tengahnya, karena menunjukan kondisi pada saat itu yang berumur 74 tahun.

Spontanitas goresan dan plototan cat yang khas dari Affandi tertuang dalam lukisan ini, spontanitas terlihat dari pemilihan warna dimana Affandi hanya memilih warna primer. Dengan latar belakang berwarna putih Affandi dengan keahliannya memadukan warna kontras yang kuat sehingga menghasilkan karya yang indah. Serta simbol yang hadir di bawah kanan lukisan menunjukan bahwa ini adalah salah satu lukisan favorit yang dibuat oleh Affandi.

Affandi ingin sekali menunjukan kepada kita bahwa dalam lukisan ini penuh dengan kesederhanaan, sesuai dengan keadaannya pada saat itu tidak dilebihkan dan tidak dikurangkan.

Dalam dunia seni Self Portrait atau Potret Diri merupakan gambar seorang pelukis yang digambar oleh dirinya sendiri. Pesan yang ingin disampaikan adalah ekspresi melihat dirinya sendiri, emosi terhadap dirinya dan refleksi bagaimana ia ingin dilihat oleh orang lain.
Dalam lukisan ini Affandi ingin menunjukan spontanitas dan kejujuran dirinya dalam berkarya.

Lukisan berjudul “Self Portrait I, 1981” karya Affandi ini sangat bagus dan menarik untuk dikoleksi. Bentuk wajah yang hampir sempurna dengan gaya ekspresionisnya dan teknik khas yang dimiliki, Affandi menunjukan bahwa ia adalah pelukis yang berani dan jujur, dengan kesederhanaan yang membawa namanya harum di setiap lukisannya.


Masterpiece: Southeast Asian, Chinese & Modern Contemporary Art
Online Auction 16 June - 5 July 2022



Register and Bidding


Website:



Art Review - Lukisan Affandi Potrei Diri I, 1981



Diubah oleh masterpieceauct
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
koleksi-lukisan-tua
Koleksi Lukisan Tua
534 Anggota • 29 Threads
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia