Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6290de02cb98e16ebd4b0085/suara-keras-buya-syafii-maarif-dalam-kasus-ahok-6-tahun-lalu
Buya Syafii Maarif bersama Ahok. Instagram TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii Maarif meninggal dunia hari ini, Jumat 27 Mei 2022. Berita duka itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir lewat akun twitternya. Buya Syafii Maarif dulunya merupakan seorang jurnalis yang cukup aktif di Majalah Suara Muhammadiyah.
Lapor Hansip
27-05-2022 21:19

Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu

Quote:
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
Buya Syafii Maarif bersama Ahok. Instagram



TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii Maarif meninggal dunia hari ini, Jumat 27 Mei 2022. Berita duka itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir lewat akun twitternya.

Buya Syafii Maarif dulunya merupakan seorang jurnalis yang cukup aktif di Majalah Suara Muhammadiyah. Selain dikenal sebagai sosok yang kritis, ia juga dikenal sebagai tokoh yang menjunjung kebinekaan sebagai pemersatu bangsa. Bagi pendiri Maarif Institute ini, untuk mencapai persatuan nasional, bangsa harus memahami dan menghormati perbedaan.

Ia juga pernah memberikan tanggapannya mengenai fenomena hukum yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok dipolisikan atas tuduhan penistaan agama dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada September 2016. Kala itu, Ahok mengutip penggalan Surat Al Maidah ayat 51 untuk menggambarkan isu SARA yang digiring lawan politiknya demi mengalahkannya pada Pilkada Bangka Belitung.

Dalam sebuah opini yang dimuat di Koran Tempo, Edisi 2 Desember 2016, dengan judul 400 Tahun untuk Ahok, Buya Syafii Maarif mengusulkan agar Ahok dihukum 400 tahun jika terbukti benar menghina Alquran. Jika tidak ada pasal sanksi tentang rentang hukuman sekian ratus tahun di KUHP, dia mengusulkan agar pasal tersebut dibuat. Sehingga pihak-pihak yang menuduh terpuaskan tanpa batas.

Entah anjuran atau sindiran yang dimaksud Syafii Maarif saat itu. Menurutnya, biar generasi yang akan datang yang menilai berapa bobot kebenaran tuduhan itu. Sebab bagi Buya Syafii Maarif, generasi masa mendatanglah yang diharapkan lebih stabil dan lebih arif dalam membaca politik Indonesia “yang sarat dengan dendam kesumat”. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga berharap Ahok menyiapkan mental untuk menghadapi sistem pengadilan Indonesia “yang patuh pada tekanan masif pihak tertentu”.

Syafii Maarif juga mengkritisi pihak tertentu yang memanfaatkan kasus Ahok sebagai wadah untuk memojokkan suatu etnis atau golongan. Kala itu, di media sosial, dalam minggu-minggu yang panas itu, beredar kicauan bahwa, melalui Ahok, konglomerat “Sembilan Naga” akan lebih leluasa menguasai ekonomi Indonesia. Menurut Syafii Maarif, memang sebagian besar ekonomi Tanah Air berada dalam genggaman mereka.

“Tapi tidak perlu melalui Ahok yang mulutnya dinilai liar dan jalang itu, karena prosesnya sudah berjalan puluhan tahun, jauh tersimpan dalam rahim paruh kedua abad ke-20 setelah kekuasaan Bung Karno terempas karena salah langkah dalam mengurus bangsa dan negara,” tulis Syafii Maarif.

Lewat tulisan itu, Syafii Maarif menyiratkan pesan agar umat Islam berkaca. Ketimbang panas karena ucapan seorang non muslim, dan mengaitkan Ahok sebagai kaki tangan konglomerat “Sembilan Naga”, Syafii Maarif mengajak pembaca untuk menyibak siapa fasilitator di balik mereka. “Tidak sulit mencari jawaban atas pertanyaan ini: fasilitatornya adalah penguasa dan pihak perbankan Indonesia yang sebagian besar beragama Islam. Sekali lagi, sebagian besar beragama Islam,” tulisnya.

Menurut Syafii Maarif, pihak-pihak inilah yang memberi surga kepada para naga itu untuk menguasai dunia bisnis di Indonesia. Bahkan ia menyebut pihak-pihak tersebut bermental anak jajahan, sekalipun sering berteriak sebagai patriot sejati, atau, mungkin juga, berbisnis dengan kalangan sendiri belum tentu selalu taat janji, karena tidak jarang yang punya mental menerabas. Untuk itu, menurutnya, harus ada terobosan dari negara untuk mendidik warganya ke arah pemberdayaan anak bangsa secara keseluruhan. Tujuannya supaya punya mental manusia merdeka yang terampil berbisnis, bukan manusia hamba yang lebih senang tetap menjadi “wong cilik”.

“Adalah sebuah angan-angan kosong sekiranya Ahok dijatuhi hukuman selama 400 tahun, sementara mentalitas terjajah atau jongos tetap diidap sebagian kita,” tulis Buya Syafii Maarif.



Sumber :
https://nasional.tempo.co/read/15957...u/full?view=ok




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
19.2K Anggota • 634.4K Threads
Halaman 1 dari 2
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:28
rip buya...

so sad, biarpun indonesia punya orang kayak gini...

tetep masyarakatnya kepala batu...



emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:28
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ILW dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:29
Edited: setelah ane baca ulang, ternyata beliau ga seperti yg ane duga diawal, orang cerdas ini.
Diubah oleh mang.jebot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ILW dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:31
Kocak klo kadrun bilang Ahok nurut 9 Naga, justru Ahok jatuh jg krn melawan naga, cek aje yg kena kasus Raperda Reklamasi yg seharusnya pemprov dapet kompensasi 5% jadi 2 % siapa? Si Sanusi adeknya taupiG lobster kena sogok Aguan...,, eh si Badut Yaman malah ngasih lebih 1000 IMB ke pengembang reklamasi & raperda reklamasi tsb akhirnya hilang tanpa jejak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:38
orang baik cepat dipanggil Tuhan, yg kurang baik diberikan waktu lebih lama supaya cepat bertobat sebelum terlambat. Semoga bapak repot nasi menyadarinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ILW dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:44
Ane ingat Buya ini kalau ke Jakarta misal ada urusan ke istana (dari sebelum Jokowi) dari jogya naik kereta. Untuk ukuran ulama besar ketua ormas kedua terbesar di Indonesia, kemana2 naik kereta, plus sepeda onthel, padahal sewajarnya seperti ketua2 organisasi besar yang lain dengan fasilitas yang lebih mewah. Ini ulama yang ga cinta dunia. Insyaallah Husnul khatimah, wafat di hari baik.
Diubah oleh Jalan Cinta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dnaltalf dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 21:51
Quote:Original Posted By mang.jebot
Edited: setelah ane baca ulang, ternyata beliau ga seperti yg ane duga diawal, orang cerdas ini.


Udah dikadrunkan, dimaki-maki, kok ditarik lagi, diedit lagi.
Buzzer magang kau njing anjing?

emoticon-Marah

Itu sudah berpulang beliaunya, bisa-bisanya kau maki-maki segala.
Baca baik-baik kalimat threadnya, jangan asal bela Ahok lalu memaki-maki tokoh bangsa ini.

emoticon-Blue Guy Bata (L) Buzzer anjing kau!

Kualitas pendukung Ahok memang menjijikan!

Aseng penista gitu kau bela mati-matian dengan memaki-maki sumpah serapah ke tokoh Muhammadiyah.

Anjing kau zer buzzer! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ILW dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 22:28
Ya dtgl orang kritis n cerdas bisa membaca situasi negara ni emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
ILW dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 22:44
Innalillahi wainna ilaihi rojiun.emoticon-Turut Berduka

Semua yang beliau ajarkan dan praktekkan :
-Segregasi agama (Islam) dan politik/kekuasaan demi purifikasi (pemurnian ajaran agama Islam)
-Toleransi universal antar umat beragama dan kepada yg tidak beragama
-Kesederhanaan hidup

Adalah ajaran yang tetap relevan bagi masyarakat Islam di dunia untuk 200 tahun ke depan.
Karena hal2 tsb adalah fundamen bagi terwujudnya Islam rahmatan lil alamin,
Walaupun, bagi ane, tugas itu terlalu berat untuk dapat diemban oleh para ulama manapun di dunia,
Termasuk mereka yang toleran dam cinta damai sekalipun.
Mereka belumlah punya kapasitas dan derajat spiritual yang tepat.
Allah don't send Mahdi (the second Jesus) for nothing.

Selamat jalan guru keberagaman dan toleransi Indonesia.emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciu.brangkal dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
27-05-2022 22:48
kl gw lihat kasus ahok itu mmg unik. dibelakangnya org2 krestod dan munafikun kental banget wkwkwk

kl urusannya professional, kerja, apapun agamanya gw setuju. tp di indonesia ndak spt itu
profile-picture
profile-picture
ILW dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 00:14
selamat jalan buya
salah satu tokoh yg melawan arus, membela ahok, disuruh tabayyun jgn langsung menghakimi sampai2 ormasnya sendiri protes
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 00:15
(LIES)
suara meningi memamerkan betapa hebatnya diri anda
merasa paling benar dan pintar
tidakah anda ingat dari mana asalnya ?
suara meminta sumbangan dan simpati dari orang”
bisa kah engkau melihat impianya ?

dengan membawa nama” yang berkuasa berpura” anda juga berkuasa
mendiskusikan wewenang dan kekayan
lupakah anda dari mana asalnya?
bisakah engkau jujur menceritakanya ?

bisakah kau merasakan nya ? bisakah kau menceritakanya ? menyanyikanya ? mengambarkanya ? 
di hadapan semua orang ? bisa kah kau mempertangung jawabkan ?
karna saat engkau mendapatkanya maka berikutnya godaan yang akan datang 
bisakah engkau mengendalikanya ?

berhatilah kepada si penipu , pengoda ,dan penyesat ,dsb
menghancurkan kebenaran dengan dusta
menyesatkan jalan benar degan kabut sesat
membodohi kepandaian dengan kebodohan
merusak perdamaian dengan permusuhan
cinta dengan benci , harapan dengan keputus asaan 
kesetiaan dengan penghianatn , kemakmuran dengan kemiskinan
kebahagian menjadi kesedihan , cinta menjadi kebencian
mengantikan pribadi  baik  dengan pribadi jahat 
mereka menebar penyakit mematikan yang terus berkebang hinga tidak ada yang tersisa yang ada hyanyalah kehampaan kesia-siaan belaka

ingatkah anda darimana kehidupan itu berasal ? dan taukah anda makna kehidupan itu ?
perjuangkanlah apa yang kalian inginkan .. bukanlah kebahagian yang abadi itu indah 
jujurlah pada diri anda sendiri bukankan kejujuran itu dihargai dan dipercaya
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 00:15
Anjrit ! Dalem insightnya SM emoticon-Matabelo
Bener2 kualitas jurnalis kritis khas tempo dulu

Ini ibarat SM mau bilang singkat :

Mau sampe kapan junjungan2 kadrun mau nipu anak buahnya ?


Damnn emoticon-Matabelo
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 00:44
Innalillahi wa inna ilaihi raji'un.
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 04:11
Satu persatu generasi tua bijak meninggal. Entah apa yang akan terjadi kalau generasi yang sekarang memimpin.
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan ILW memberi reputasi
2 0
2
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 04:50
Kalo ini karma Ahok juga ngga bong?emoticon-Malu (S)
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 05:05
Pluralis sudah betul. Sesama manusia tidak boleh membully anjing
profile-picture
ILW memberi reputasi
1 0
1
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu
28-05-2022 09:08
Suara Keras Buya Syafii Maarif dalam kasus Ahok 6 Tahun Lalu


longor longor,, cck..cck.emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia