Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/629045cfc660b875bc7176c8/teknik-melewati-polisi-tidur-buat-pemula-serasa-professional-share-pengalaman
Bagi pengemudi pemula teknik ini sebenarnya sangat mudah, tapi gampang-gampang susah karena diperlukan persiapan dan filling yang kuat saat melewati polisi tidur (speed bump) agar bisa disebut pengemudi professional bebas hambatan. Inti 'sukses' dari melewati polisi tidur adalah pengemudi dan penumpang harus tetap nyaman, tidak mengalami kejutan dan goyangan yang berarti, apalagi hentakan keras ak
Lapor Hansip
27-05-2022 10:30

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

icon-verified-thread
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Bagi pengemudi pemula teknik ini sebenarnya sangat mudah, tapi gampang-gampang susah karena diperlukan persiapan dan filling yang kuat saat melewati polisi tidur (speed bump) agar bisa disebut pengemudi professional bebas hambatan.

Inti 'sukses' dari melewati polisi tidur adalah pengemudi dan penumpang harus tetap nyaman, tidak mengalami kejutan dan goyangan yang berarti, apalagi hentakan keras akibat lanju mobil dan pengaturan gas dan rem yang kurang tepat.

Ini berdasarkan pengalaman, saya share tips melewati polisi tidur agar kita tetap nyaman dan aman terutama buat pemula. Berikut tipsnya, ya Gan (Mohon koreksi jika ada kekurangan dan salahnya).


Quote:
1

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Cek pengeraman apakah bekerja dengan baik, lalu perhatikan kondisi tekanan angin ke 4 ban dan mengenali tipe mobilnya (utk pemula lebih baik fokus pada tekanan angin ban dulu) jika sebagian ada yang lebih keras tentu sangat tidak nyaman.

Terlalu kempes membuat suspensi meredam efek kejut jadi terlalu dalam, tekanan angin keempat ban yang tidak sama juga menghambat traksi mobil, Bagaimana cara melewati polisi tidur dalam keadaan darurat adalah kita harus memperlambat laju mobilnya.





Quote:
2

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Umumnya pemula cenderung bingung dan mudah khawatir mobil tidak kuat atau takut mati mesin ketika melewati polisi tidur. Karena filling belum terasah biasanya mereka malah menambah gas atau spontan mengerem dalam. Tentu saja cara ini membuat seluruh penumpang merasa tidak nyaman, kepala bisa terbentur, atau pusing dibuatnya.

Buat pemula tetaplah tenang, bayangkan polisi tidur menjadi hal yang menyenangkan, majukan mobil perlahan tapi stabil dan rasakan perputaran keempat roda melintasi polisi tidur secara bersamaan dengan aman.





Quote:
3

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Seperti kita tahu, di Indonesia ini banyak sekali 'varian' polisi tidur yang akhirnya tidak terstandarisasi sehingga perlu perlakuan yang berbeda saat melewatinya. Berdasarkan pengalaman saya polisi tidur yang kecil tapi tinggi terlebih ada bahan karetnya sangat tidak nyaman sehingga dibutuhkan kesabaran dan perlambatan ekstra.

Bagi pemula perlu kesabaran dan kosentrasi ekstra agar sukses melewati polisi tidur dan jangan sampai dia terbangun! Tidak perlu malu menyalakan lampu hazard dulu sebelum melewatinya, lalu matikan segera jika sudah terkondisikan aman.





Quote:
4

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Ketika mulai melihat ada polisi tidur dari kejauhan mulailah untuk memperlambat laju mobil, berjalanlah dengan kecepatan konstan dan ketika ban mulai mendekati polisi tidur jalankan mobil seolah bergerak meraba permukaan jalan.

Rasakan dan bayangkan ban sedang merayap dengan hati-hati, momen 'kunci' ini menentukan nyaman dan tidak nyaman saat melewati polisi tidur. Ini adalah rahasia profesional ketika melewati polisi tidur.





Quote:
5

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Tetap fokus ke jalan saat berkendara memang sangat penting, salah satunya adalah agar mengemudi tetap aman dan nyaman. Bentuk polisi tidur yang tidak seragam plus seringkali tidak ditemukan tanda berupa cat bergaris pada permukaan polisi tidur seringkali pengemudi seperti terjebak dan kaget seketika.

Jika pemula lengah bisa-bisa mobil menerjang dan terpental karena tidak memperlambat laju mobilnya. Selain kerugian materiil tapi juga akan menimbulkan trauma seiisi mobil.





Quote:
6

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Jika kondisi jalan sedang ramai tetaplah menjaga jarak dengan kendaraan didepannya, memposisikan jarak aman adalah ketika plat nomor mobil di depan kita masih terlihat atau kedua ban belakangnya masih terlihat dari pandangan pengemudi pemula.

Kita tidak tahu apakah pengendara didepan itu seorang pemula juga atau mungkin sedang tidak berkosentrasi. Dengan tetap menjaga jarak tujuannya untuk mencegah mobil kita menyundul mobil didepan, untuk menghindar jika mobil didepan mengerem mendadak atau tiba-tiba mati mesin.





Quote:
7

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Saya menetapkan jarak aman adalah sekitar 20 meter sebelum melewati polisi tidur sambil melakukan pengereman secara halus bertahap dan perdalam lagi tipis saja injakan rem jika dirasa laju mobil masih terlalu kencang.

Hal lain yang harus diingat bagi pengemudi pemula adalah tetap mengamati situasi dan kondisi sekitar seperti mungkin akan ada motor yang tiba-tiba menyalip, memotong jalan, atau ada hewan menyeberang tanpa perhitungan.





Quote:
8

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Mengetahui bobot barang bawaan dimobil sendiri, jika semakin berat maka jarak pengereman ditambah semakin jauh 25-30 meter, pertahankan laju mobil digigi rendah 1 atau 2.

Jika mobil sedang kondisi ringan tanpa beban berat cukup rem tipis-tips saja dijarak 20 meter sebelum mendekati polisi tidur. Ingat mobil kondisi ringan justeru lebih beresiko lebih 'tidak nyaman' dari biasanya karena kerja suspensi dan ban tidak terlalu ekstra meredam beban.





Quote:
9

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Selain itu, jika pengemudi pemula sedang membawa barang terlalu berat perhatikan situasi jalan, jika sangat sepi bisa melakukan teknik berjalan maju tapi agak menyerong (diagonal) bukan maju lurus.

Tujuannya agar bagian bawah mobil tidak menyentuh polisi tidur, kerja traksi mesin jadi lebih ringan, jadi lebih nyaman, dan mobil jadi lebih cepat melewati polisi tidurnya.





Quote:
10

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Teknik diatas tadi bisa juga dilakukan ketika sering menemukan jalan terlalu rusak atau tidak rata. Tetap lajukan mobil dengan pelan atau kecepatan sedang, nyalakan lampu hazard sementara.

Jika malam hari nyalakan lampu dekat dengan kondisi lampu terang optimal dan jika melewati jalan propinsi sesekali menyalakan lampu jauh untuk membaca kontur jalan didepan sebagai antisipasi dan cepat dalam mengambil keputusan untuk mencari jalan yang rata.





Quote:
11

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Bagi pemula jangan pernah terfikirkan untuk mendahului kendaraan lain saat melewati polisi tidur. Seorang pengemudi berpengalaman saja pasti akan berfikir ulang untuk melakukannya.

Resiko yang didapat jika memaksakan diri mendahului disituasi ini selain pengemudi dan penumpang tidak nyaman, akan memperpendek usia suspensi, tapi juga beresiko adu banteng dengan kendaaraan berlawanan arah.





bonus

Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Sebuah opini
Img. Gugel


Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
otomotif
Otomotif
2.9K Anggota • 23.8K Threads
Halaman 1 dari 3
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 10:30
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)

Quote:Original Posted By Stravin
Kalo dalam komplek masih okelah

Kalo jalanan besar pake bump gitu eneg jugaemoticon-Nohope

Tuh dekat sekitaran Ruang Guru , asli sih gak berotak yang pasang bump di jalanan gedeemoticon-Hammer


Quote:Original Posted By icaruzvby
Gedek ane sampe skrg, tiap kampung yg ada gang pasti ada speed bump ny, malah ad jalan bagus mulus di kasih speed bump udh kayak batu nempel d aspal tinggi2, yg msih ane penasaran dan bingung dishubdar sama dinas PU kemana y? Gag ada gtu laporan atau permintaan tiap kampung bikin speed bump


Quote:Original Posted By zimbenk
dulu sering lewat gang kecil yg ketika pada suatu hari tiba2 ada "pondasi" eh poldur yg tidak sesuai dgn aturan.
Kalau lewat meski dengan kecepatan rendah saja bisa mentok dek bawah(motor saya masih standar). Lalu tiap kali lewat jalan di situ kurangi kecepatan samapai berhenti, kaki turun sambil lihat ke bawah untuk melihat dek bawah kebentur/tidak. Jangan lupa sambil mengumpat emoticon-Big Grin dan usahakan ada orang2 yg tinggal di sekitar jalan itu melihat dan mendengar emoticon-Big Grin
Beberapa hari kemudian ketinggian pondasi sudah berkurang setengahnya dan tidak berbentuk kotak lagi emoticon-Big Grin




....
Diubah oleh iskrim
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
1 0
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 10:37
Paling gampang








Jalan kaki sajaTeknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
profile-picture
profile-picture
jiresh dan provocator3301 memberi reputasi
2 0
2
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 11:17
Rasanya pengen naik stoom siang2 panas bolak balik lewatin tuh pulisi tidur.
Atau kalau dah rusak tuh jalan jangan diaspal lagi, biar pada jalan pelan2.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 12:35
Saya tidak pernah merasakan polisi tidur karena selalu menggunakan drone untuk bepergian...
emoticon-Cool
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 13:06
Khusus motor yak...

Buat speed trap agak rapet... Kondisi sokbreker juga berpengaruh... Kalo udah lemah bakalan mantul mantul.

Dan kalo sudah keburu deket polisi tidur, maka angkat bokong kayak bawa motocross.... Ini lebih enak daripada terpaksa mengerem.

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 13:12
Pas lewatin polisi tidur, bayangkan mau ngelindes polisi beneran yg pernah pura2 nilang lu.
Pasti lega setelah lewat.
Diubah oleh gondez2011
profile-picture
profile-picture
profile-picture
payungpromo2012 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 13:16

Pengemudi Pemula

Polisi tidur itu gampang.... yg sulit itu lewat jalan sempit dan berliku2 emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lord.Dexvils dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 13:34
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
Caranya teknik melewati polisi tidur kayak ini gimana gan
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 13:58
Quote:Original Posted By baybayz
Rasanya pengen naik stoom siang2 panas bolak balik lewatin tuh pulisi tidur.
Atau kalau dah rusak tuh jalan jangan diaspal lagi, biar pada jalan pelan2.

Gempeng kaya ayam geprekkk emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By gondez2011
Pas lewatin polisi tidur, bayangkan mau ngelindes polisi beneran yg pernah pura2 nilang lu.
Pasti lega setelah lewat.


Siapa mau duluan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:00
Quote:Original Posted By rajkapoor
Polisi tidur itu gampang.... yg sulit itu lewat jalan sempit dan berliku2 emoticon-Big Grin

Udah kek judul lagu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By meimeiput
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
Caranya teknik melewati polisi tidur kayak ini gimana gan
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia


profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:11
kerjanya tidur mulu gimana kagak gendut emoticon-Ngakak
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:30
Gas terus aja yg kenceng kalo ada polisi tidur
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:37
tekniknya
bayangin orang yg bikin tu poldur
trus lu giles pake 4 ban mobil elu

emoticon-Ngacir Tubrukan

di tempat ane ada tambahan 2 poldur baru setelah sebelumnya sudah ada 2 poldur yg cukup besar tapi bagus, di jalan akses menuju komplek perumahan.. untuk orang yang dari objek wisata nyebrang ke parkiran bis nya...
org perumahan yg kena imbasnya

* object wisata di jalan akses ke perumahan
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:44
Eh...
Ternyata ada aturannya...
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 14:55
Ampe 11 step. Cara paling gampang ya bangunin dulu polisinya baru izin lewat.
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 15:25
Baca Polisi Tidur langsung auto ingat Humor Gus Dur emoticon-Leh Uga
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 15:29
Polisi tidur aja bikin repot, apalagi polisi bangunemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 15:52
Polisi tidur mah hajar aja. Kecuali kalo ground clearance-nya 1 cm nah baru pake trik khususemoticon-Wakaka
Diubah oleh alketam
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 15:53
emoticon-Jempol

wah mantebh gan tips'nya bisa dicoba untuk yang pemula atau baru belajar bawa mobil....
0 0
0
Teknik Melewati Polisi Tidur Buat Pemula, Serasa Professional (Share Pengalaman)
27-05-2022 16:32
Speed bam ...... Nggak ngaruh banyak
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia