
Bagi pengemudi pemula teknik ini sebenarnya sangat mudah, tapi gampang-gampang susah karena diperlukan persiapan dan filling yang kuat saat melewati polisi tidur (speed bump) agar bisa disebut pengemudi professional bebas hambatan.
Inti 'sukses' dari melewati polisi tidur adalah pengemudi dan penumpang harus tetap nyaman, tidak mengalami kejutan dan goyangan yang berarti, apalagi hentakan keras akibat lanju mobil dan pengaturan gas dan rem yang kurang tepat.
Ini berdasarkan pengalaman, saya share tips melewati polisi tidur agar kita tetap nyaman dan aman terutama buat pemula. Berikut tipsnya, ya Gan (Mohon koreksi jika ada kekurangan dan salahnya).
Quote:
1

Cek pengeraman apakah bekerja dengan baik, lalu perhatikan kondisi tekanan angin ke 4 ban dan mengenali tipe mobilnya (utk pemula lebih baik fokus pada tekanan angin ban dulu) jika sebagian ada yang lebih keras tentu sangat tidak nyaman.
Terlalu kempes membuat suspensi meredam efek kejut jadi terlalu dalam, tekanan angin keempat ban yang tidak sama juga menghambat traksi mobil, Bagaimana cara melewati polisi tidur dalam keadaan darurat adalah kita harus memperlambat laju mobilnya.

Cek pengeraman apakah bekerja dengan baik, lalu perhatikan kondisi tekanan angin ke 4 ban dan mengenali tipe mobilnya (utk pemula lebih baik fokus pada tekanan angin ban dulu) jika sebagian ada yang lebih keras tentu sangat tidak nyaman.
Terlalu kempes membuat suspensi meredam efek kejut jadi terlalu dalam, tekanan angin keempat ban yang tidak sama juga menghambat traksi mobil, Bagaimana cara melewati polisi tidur dalam keadaan darurat adalah kita harus memperlambat laju mobilnya.
Quote:
2

Umumnya pemula cenderung bingung dan mudah khawatir mobil tidak kuat atau takut mati mesin ketika melewati polisi tidur. Karena filling belum terasah biasanya mereka malah menambah gas atau spontan mengerem dalam. Tentu saja cara ini membuat seluruh penumpang merasa tidak nyaman, kepala bisa terbentur, atau pusing dibuatnya.
Buat pemula tetaplah tenang, bayangkan polisi tidur menjadi hal yang menyenangkan, majukan mobil perlahan tapi stabil dan rasakan perputaran keempat roda melintasi polisi tidur secara bersamaan dengan aman.

Umumnya pemula cenderung bingung dan mudah khawatir mobil tidak kuat atau takut mati mesin ketika melewati polisi tidur. Karena filling belum terasah biasanya mereka malah menambah gas atau spontan mengerem dalam. Tentu saja cara ini membuat seluruh penumpang merasa tidak nyaman, kepala bisa terbentur, atau pusing dibuatnya.
Buat pemula tetaplah tenang, bayangkan polisi tidur menjadi hal yang menyenangkan, majukan mobil perlahan tapi stabil dan rasakan perputaran keempat roda melintasi polisi tidur secara bersamaan dengan aman.
Quote:
3

Seperti kita tahu, di Indonesia ini banyak sekali 'varian' polisi tidur yang akhirnya tidak terstandarisasi sehingga perlu perlakuan yang berbeda saat melewatinya. Berdasarkan pengalaman saya polisi tidur yang kecil tapi tinggi terlebih ada bahan karetnya sangat tidak nyaman sehingga dibutuhkan kesabaran dan perlambatan ekstra.
Bagi pemula perlu kesabaran dan kosentrasi ekstra agar sukses melewati polisi tidur dan jangan sampai dia terbangun! Tidak perlu malu menyalakan lampu hazard dulu sebelum melewatinya, lalu matikan segera jika sudah terkondisikan aman.

Seperti kita tahu, di Indonesia ini banyak sekali 'varian' polisi tidur yang akhirnya tidak terstandarisasi sehingga perlu perlakuan yang berbeda saat melewatinya. Berdasarkan pengalaman saya polisi tidur yang kecil tapi tinggi terlebih ada bahan karetnya sangat tidak nyaman sehingga dibutuhkan kesabaran dan perlambatan ekstra.
Bagi pemula perlu kesabaran dan kosentrasi ekstra agar sukses melewati polisi tidur dan jangan sampai dia terbangun! Tidak perlu malu menyalakan lampu hazard dulu sebelum melewatinya, lalu matikan segera jika sudah terkondisikan aman.
Quote:
4

Ketika mulai melihat ada polisi tidur dari kejauhan mulailah untuk memperlambat laju mobil, berjalanlah dengan kecepatan konstan dan ketika ban mulai mendekati polisi tidur jalankan mobil seolah bergerak meraba permukaan jalan.
Rasakan dan bayangkan ban sedang merayap dengan hati-hati, momen 'kunci' ini menentukan nyaman dan tidak nyaman saat melewati polisi tidur. Ini adalah rahasia profesional ketika melewati polisi tidur.

Ketika mulai melihat ada polisi tidur dari kejauhan mulailah untuk memperlambat laju mobil, berjalanlah dengan kecepatan konstan dan ketika ban mulai mendekati polisi tidur jalankan mobil seolah bergerak meraba permukaan jalan.
Rasakan dan bayangkan ban sedang merayap dengan hati-hati, momen 'kunci' ini menentukan nyaman dan tidak nyaman saat melewati polisi tidur. Ini adalah rahasia profesional ketika melewati polisi tidur.
Quote:
5

Tetap fokus ke jalan saat berkendara memang sangat penting, salah satunya adalah agar mengemudi tetap aman dan nyaman. Bentuk polisi tidur yang tidak seragam plus seringkali tidak ditemukan tanda berupa cat bergaris pada permukaan polisi tidur seringkali pengemudi seperti terjebak dan kaget seketika.
Jika pemula lengah bisa-bisa mobil menerjang dan terpental karena tidak memperlambat laju mobilnya. Selain kerugian materiil tapi juga akan menimbulkan trauma seiisi mobil.

Tetap fokus ke jalan saat berkendara memang sangat penting, salah satunya adalah agar mengemudi tetap aman dan nyaman. Bentuk polisi tidur yang tidak seragam plus seringkali tidak ditemukan tanda berupa cat bergaris pada permukaan polisi tidur seringkali pengemudi seperti terjebak dan kaget seketika.
Jika pemula lengah bisa-bisa mobil menerjang dan terpental karena tidak memperlambat laju mobilnya. Selain kerugian materiil tapi juga akan menimbulkan trauma seiisi mobil.
Quote:
6

Jika kondisi jalan sedang ramai tetaplah menjaga jarak dengan kendaraan didepannya, memposisikan jarak aman adalah ketika plat nomor mobil di depan kita masih terlihat atau kedua ban belakangnya masih terlihat dari pandangan pengemudi pemula.
Kita tidak tahu apakah pengendara didepan itu seorang pemula juga atau mungkin sedang tidak berkosentrasi. Dengan tetap menjaga jarak tujuannya untuk mencegah mobil kita menyundul mobil didepan, untuk menghindar jika mobil didepan mengerem mendadak atau tiba-tiba mati mesin.

Jika kondisi jalan sedang ramai tetaplah menjaga jarak dengan kendaraan didepannya, memposisikan jarak aman adalah ketika plat nomor mobil di depan kita masih terlihat atau kedua ban belakangnya masih terlihat dari pandangan pengemudi pemula.
Kita tidak tahu apakah pengendara didepan itu seorang pemula juga atau mungkin sedang tidak berkosentrasi. Dengan tetap menjaga jarak tujuannya untuk mencegah mobil kita menyundul mobil didepan, untuk menghindar jika mobil didepan mengerem mendadak atau tiba-tiba mati mesin.
Quote:
7

Saya menetapkan jarak aman adalah sekitar 20 meter sebelum melewati polisi tidur sambil melakukan pengereman secara halus bertahap dan perdalam lagi tipis saja injakan rem jika dirasa laju mobil masih terlalu kencang.
Hal lain yang harus diingat bagi pengemudi pemula adalah tetap mengamati situasi dan kondisi sekitar seperti mungkin akan ada motor yang tiba-tiba menyalip, memotong jalan, atau ada hewan menyeberang tanpa perhitungan.

Saya menetapkan jarak aman adalah sekitar 20 meter sebelum melewati polisi tidur sambil melakukan pengereman secara halus bertahap dan perdalam lagi tipis saja injakan rem jika dirasa laju mobil masih terlalu kencang.
Hal lain yang harus diingat bagi pengemudi pemula adalah tetap mengamati situasi dan kondisi sekitar seperti mungkin akan ada motor yang tiba-tiba menyalip, memotong jalan, atau ada hewan menyeberang tanpa perhitungan.
Quote:
8

Mengetahui bobot barang bawaan dimobil sendiri, jika semakin berat maka jarak pengereman ditambah semakin jauh 25-30 meter, pertahankan laju mobil digigi rendah 1 atau 2.
Jika mobil sedang kondisi ringan tanpa beban berat cukup rem tipis-tips saja dijarak 20 meter sebelum mendekati polisi tidur. Ingat mobil kondisi ringan justeru lebih beresiko lebih 'tidak nyaman' dari biasanya karena kerja suspensi dan ban tidak terlalu ekstra meredam beban.

Mengetahui bobot barang bawaan dimobil sendiri, jika semakin berat maka jarak pengereman ditambah semakin jauh 25-30 meter, pertahankan laju mobil digigi rendah 1 atau 2.
Jika mobil sedang kondisi ringan tanpa beban berat cukup rem tipis-tips saja dijarak 20 meter sebelum mendekati polisi tidur. Ingat mobil kondisi ringan justeru lebih beresiko lebih 'tidak nyaman' dari biasanya karena kerja suspensi dan ban tidak terlalu ekstra meredam beban.
Quote:
9

Selain itu, jika pengemudi pemula sedang membawa barang terlalu berat perhatikan situasi jalan, jika sangat sepi bisa melakukan teknik berjalan maju tapi agak menyerong (diagonal) bukan maju lurus.
Tujuannya agar bagian bawah mobil tidak menyentuh polisi tidur, kerja traksi mesin jadi lebih ringan, jadi lebih nyaman, dan mobil jadi lebih cepat melewati polisi tidurnya.

Selain itu, jika pengemudi pemula sedang membawa barang terlalu berat perhatikan situasi jalan, jika sangat sepi bisa melakukan teknik berjalan maju tapi agak menyerong (diagonal) bukan maju lurus.
Tujuannya agar bagian bawah mobil tidak menyentuh polisi tidur, kerja traksi mesin jadi lebih ringan, jadi lebih nyaman, dan mobil jadi lebih cepat melewati polisi tidurnya.
Quote:
10

Teknik diatas tadi bisa juga dilakukan ketika sering menemukan jalan terlalu rusak atau tidak rata. Tetap lajukan mobil dengan pelan atau kecepatan sedang, nyalakan lampu hazard sementara.
Jika malam hari nyalakan lampu dekat dengan kondisi lampu terang optimal dan jika melewati jalan propinsi sesekali menyalakan lampu jauh untuk membaca kontur jalan didepan sebagai antisipasi dan cepat dalam mengambil keputusan untuk mencari jalan yang rata.

Teknik diatas tadi bisa juga dilakukan ketika sering menemukan jalan terlalu rusak atau tidak rata. Tetap lajukan mobil dengan pelan atau kecepatan sedang, nyalakan lampu hazard sementara.
Jika malam hari nyalakan lampu dekat dengan kondisi lampu terang optimal dan jika melewati jalan propinsi sesekali menyalakan lampu jauh untuk membaca kontur jalan didepan sebagai antisipasi dan cepat dalam mengambil keputusan untuk mencari jalan yang rata.
Quote:
11

Bagi pemula jangan pernah terfikirkan untuk mendahului kendaraan lain saat melewati polisi tidur. Seorang pengemudi berpengalaman saja pasti akan berfikir ulang untuk melakukannya.
Resiko yang didapat jika memaksakan diri mendahului disituasi ini selain pengemudi dan penumpang tidak nyaman, akan memperpendek usia suspensi, tapi juga beresiko adu banteng dengan kendaaraan berlawanan arah.

Bagi pemula jangan pernah terfikirkan untuk mendahului kendaraan lain saat melewati polisi tidur. Seorang pengemudi berpengalaman saja pasti akan berfikir ulang untuk melakukannya.
Resiko yang didapat jika memaksakan diri mendahului disituasi ini selain pengemudi dan penumpang tidak nyaman, akan memperpendek usia suspensi, tapi juga beresiko adu banteng dengan kendaaraan berlawanan arah.
bonus

Sebuah opini
Img. Gugel


Copyright © 2016 - 2022 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS