Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/628d8d4895a1be7de0379f5a/rekayasa-genetik-untuk-apa-ingin-menjadi-tuhan
Saat ini manusia peradabannya semakin modern dan ilmu dalam merekayasa genetika juga sudah dianggap biasa. Inilah sebuah peradaban, percepatan ilmu dan teknologi tidak bisa terbendung. Tema ini memang akan memberikan perdebatan, dan kontroversi, untuk itu silahkanlah juragan untuk berdiskusi secara santun. Tubuh manusia atau mahluk hidup tentu mempunyai DNA atau yang menyimpan gen, menurut Penelit
Lapor Hansip
25-05-2022 08:58

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

icon-verified-thread


Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Saat ini manusia peradabannya semakin modern dan ilmu dalam merekayasa genetika juga sudah dianggap biasa. Inilah sebuah peradaban, percepatan ilmu dan teknologi tidak bisa terbendung.

Tema ini memang akan memberikan perdebatan, dan kontroversi, untuk itu silahkanlah juragan untuk berdiskusi secara santun.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Tubuh manusia atau mahluk hidup tentu mempunyai DNA atau yang menyimpan gen, menurut Peneliti di University of California Santa Cruz, yang dipimpin oleh Karen Miga bahwa gen manusia itu sudah dapat semuanya dipetakan.

Maka, manfaat dari pemetaan ini manusia dapat merekayasa gen dari manusia atau mahluk hidup yang lain. Jadi, pada dasarnya manusia saat ini sudah dapat memanipulasi DNA kemudan memindahkannya dari suatu organisme ke organisme lain, yang menariknya manusia juga dapat memasukkan sifat dari hampir semua organisme.

Sungguh luar biasa kehebatan ilmu sekarang ini, tujuannya saat ini banyak untuk pengembangan kebutuhan pangan dan kesehatan di masa depan dengan kualitas yang lebih baik.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Jadi perumpamaannya gini genetik dari warna iris mata, tinggi badan, dan sebagainya dapat direkayasa sesuai apa yang di inginkan. Kalau masa lalu adalah peradaban yang lebih banyak ilmu fisika, seperti terbang ke bulan, menciptakan satelit dan banyak lainnya hal itu terkait dengan fisika.

Namun dimasa depan, peradaban biologi mulai dikembangkan kemungkinan tahun 2030 adalah awal dari ilmuwan biologi semakin banyak menciptakan sesuatu yang baru. Maka, dari tahun sekarang saja sudah terimbas virus corona variant baru ini tak lepas dari biologi.

Rekayasa genetik manusia menjadi tonggak sejarah baru, dimana nanti akan bisa menciptakan banyak manusia kualitas super dengan merekayasa gen-gen mereka.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Hebatnya lagi adalah teknologi genetika dan sel punca, dapat merekayasa hewan yang sudah punah untuk hadir kembali dimasa depan. Bahkan bisa saja teknologi pembaruan sel yang tua direkayasa kembali muda, maka tak heran sekarang banyak yang berumur tua namun nampak masih muda.

Metode ini dinamakan CRISPR merupakan singkatan dari Clusteres Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats. Jadi, ciptaan Tuhan saat ini bisa di edit alias dirubah.

Hal ini tentu memberikan dampak yang luas dimasa depan, dimana orang-orang kaya nanti bisa mengedit anaknya dalam kandungan ketika lahir akan bisa pinter, ganteng, berotot, dan sebagainya. Sedangkan yang miskin tak bisa melakukan itu.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Maka, kesenjangan ekonomi, sosial, politik dan sebagainya akan semakin timpang. Dan etika inilah yang menghambat teknologi ini, padahal teknologinya sudah ada namun bisa menjadi masalah bila dilakukan.

Tapi, dari sisi teknologi yang lain yaitu dunia digital sudah menerebos membuat AI (artificial intelligence) yang semakin cerdas. Jadi, tidak ada alasan lagi teknologi biologi akan tertahan dimasa depan.

Kalau dulu banyak pemuka agama berkata "sebuah ciptaan tidak bisa mengungguli kecerdasan penciptanya" namun dalam dunia sains hal itu terbalik. Kini AI bisa lebih cerdas dari manusia itu sendiri, seperti Artificial Super Intelligence yang sedang dikembangkan.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Dimana akan terjadi Technological Singularity, yaitu kondisi dimana Artificial Intelligence sangat cerdas dan jauh melampaui kecerdasan manusia. Tentunya hal ini tak dapat dihindari, mungkin 50 tahun kedepan teknologi ini sudah hadir ditengah manusia. Maka cerita film seperti Terminator, i-Robot, dan sebagainya akan menjadi kenyataan dimana manusia akan hidup berdampingan dengan AI dan robot yang tidak hanya cerdas namun bisa saja nantinya berkesadaran.



Lihat wawancara kepada robot 2 tahun yang lalu

Jadi pekerjaan manusia dimasa depan akan banyak digantikan oleh robot, yang awalnya adalah ciptaan manusia.

Jadi ini menjadi masalah, kalau manusia tidak merekayasa genetik pada keturunannya dimasa depan maka akan tertinggal oleh ciptaannya sendiri yaitu AI.

Rekayasa genetik untuk menciptakan manusia cerdas, juga agar mencegah de populasi agar bumi tetap terjaga dan manusia dapat mencari solusi untuk membuka peradaban baru di planet lain.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Menariknya dalam kode genetik, para ilmuwan menemukan ada kode genetik dimana manusia diciptakan tidak berkehendak bebas. Karena ditemukan dua gen yaitu gen MAOA dan Cadherin 13 (CDH 13), dimana gen ini adalah kecenderungan untuk berbuat kekerasan.

Berbuat kekerasan, bisa membuat manusia bertindak menjadi jahat. Ini tentu menjadi dilema terbesar abad ini, karena secara genetik manusia telah diciptakan sesuai plotnya.

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Bahkan perbedaan gen antara lelaki dan manusia juga jelas, jadi kalau mau disetarakan ini menjadi janggal. Dan ini membantah para aktivis feminisme.

Jadi ketika genetik membuka kotak pandora seperti ini, apakah manusia ingin menjadi Tuhan atau mengalahkan Tuhan? Karena sudah dapat mengedit ciptaanNya. Dan pemahaman filsafat dan keyakinan saat ini juga banyak yang berbenturan. Jadi, apa tanggapan kalian.dengan hal ini dimasa depan?

emoticon-Angel

Sumber klik, klik, klik, klik, klik, klik






Diubah oleh .nona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
42.7K Anggota • 907.7K Threads
Halaman 1 dari 3
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 08:59
Quote:Original Posted By jw.89
Setahu ane, ada 1 hal yg masih belum terpetakan oleh rekayasa genetika, yaitu waktu dan kondisi perintah eksekusi memberhentikan pertumbuhan, atau mulainya menjadi tua...
jadi, genetik mana yg memerintahkan untuk berhenti tumbuh, membalikan pertumbuhan (dari dewasa ingin jadi anak2 lg), atau mulainya menjadi tua masih belum terpetakan, sebab kalo berhasil terpetakan maka manusia bisa mencapai keabadian (dengan catatan bisa mati kalo kena penyakit atau dibunuh) dan memiliki tubuh umur berapa yg dikehendaki...


Quote:Original Posted By profesorlucu
Rekayasa genetik

Lah kan udah jadi tuhan sejak dulu.

Smangka tanpa biji. Bibit jagung, gandum, dan padi. Berbagai macam buah dgn genetik lebih cepat berbuah.

Gen di sapi perah agar produksi susu lebih banyak. Breed sapi tanpa tanduk.


Quote:Original Posted By langitbiru987
Dgn berhasilnya rekayasa genetik apakah itu berarti benar bahwa Tuhan itu hanya lah dongeng belaka bahwa kita manusia memang tdk pernah diciptakan tetapi muncul dengan sendirinya seperti sains memandang proses terbentuknya alam semesta


Quote:Original Posted By AirFie
Manusia lupa, bahwa itu hanyalah usaha, tetapi hasil dikendalikan oleh Tuhan.
Diubah oleh .nona.
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 09:01
Mari diskusi dengan santun, jangan saling menghina dan menjatuhkan karena ini sebuah forum publik
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 09:14
Tuhan aja ndak marah kok.

Kl Tuhan nda suka rekayasa genetika, kan tinggal bim salabim, jd goblok semua ilmuwannya.

emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 37 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 09:47
terlalu jauh rekayasa genetik manusia, tanaman aja yg kita kenal sekarang beberapa hasil rekayasa genetik lho
profile-picture
profile-picture
pard0 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 10:18
Emang bisa?
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 10:30
kl menurut ane, ane cmn setuju dengan 1 tujuan dari rekayasa genetik ini, utk menghilangkan penyakit keturunan ataupun cacat bawaan bayi setelah lahir entah karena kecelakaan ataupun karena cacat di dna nya supaya anak / orang tidak harus meninggal karena kesalahan yg tidak pernah dia buat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 10:52
Jikalau berhasil 'sempurna' tentulah hal ini jadi salah satu puncak pencapaian ilmu pengetahuan
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 10:53
Kagak
Itu mah cuma mau uji coba sajaRekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 11:17
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!

Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 11:53
manusia mengarang tuhantu, hanya sebatas klaim subjektif

rekayasa genetik kek tsb, toh solusi objektif
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 12:32
Rekayasa genetik hny utk menghasilkan sesuatu (produk) yg lbh unggul & tangguh

Utk saat ini, populasi manusia sudah sangat banyak. Byk yg cerdas, namun tdk byk yg bijaksana.
Rekayasa genetik di masa kini & depan sangat dibutuhkan utk melestarikan hewan & tumbuhan yg terancam dari kelangkaan & ataupun kepunahan

profile-picture
nguikghur memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 12:34
Berarti kalau percobaan rekayasa genetik berhasil, bukan cuma bentuk tubuh yang bisa diubah? Otak manusia juga bisa yah?

Jadi pengen otak ane direkayasa genetik, biar agak pinteran dikit emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 12:35
rekayasa genetik mah dari jaman orang kenal bercocok tanam. jagung kuning itu juga rekayasa genetik jaman baheula. aslinya kan warna warni. beras juga gitu , ayam pun sama. istilahnya semua yang liar di domestifikasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nguikghur dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 12:53
Emg Tuhan itu hasil dri rekayasa genetik ya?
Kt mah rekayasa lalu lintas aj ud puyeng
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 13:17
Merubah-rubah ciptaan Allah itu dosa besar, karena ada dampak buruknya yang kebanyakan manusia ngga tau. Suatu hari nanti pasti tau konsekuensinya, contoh nyata LGBT
0 0
0
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 13:28
Menarik, nyatanya kita manusia sudah sejak lama mencoba bermain-main untuk menjadi Tuhan (Playing God) dan sudah sejak peradaban pertama umat manusia (Mesopotamia) kita selalu ingin hidup abadi..

Biasanya seorang programer itu akan meninggalkan kode penciptan ke dalam karya yang dia buat, kalau kita manusia bisa menemukan kode tersebut, maka kita bisa tau asal usul kita secara menyeluruh dan bisa tau siapa sebenarnya pencipta kita dan apa tujuannya..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 14:09
Quote:Karena ditemukan dua gen yaitu gen MAOA dan Cadherin 13 (CDH 13), dimana gen ini adalah kecenderungan untuk berbuat kekerasan.


Itu dominan ? Atau baru kalau dari pihak kedua ortu sama-sama ada, baru kemudian mengada ?
Kalau itu mengada secara alamiah, biarkan aja. Tidak ada yang bisa memberi kepastian, bahwa dunia yang kita tinggali saat ini, tidak bisa berubah kembali seperti jamannya si Flintstone, secara alamiah. ===> Bencana alam besar, kejatuhan meteor gede atau semacamnya. ===> Itu alat untuk bertahan hidup.
Diubah oleh bingsunyata
0 0
0
Post ini telah dihapus
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 14:43
Chimera.. mnusia setengah hewan,setengah tumbuhan, setengah mesin...apalah pokoknya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Rekayasa Genetik, Untuk Apa? Ingin Menjadi Tuhan!
25-05-2022 15:29
Bawa pemuka agama, ayatnya mana woi
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia