Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/628ccbcebb03a51b4466babc/aliran-filsafat-pendidikan
Filsafat pendidikan adalah filosofi yang digunakan dalam studi masalah pendidikan yang belum dijawab atau tidak oleh cabang ilmu yang ada.  Keberadaan filsafat di dunia pendidikan diperlukan untuk menemukan sifat sesuatu, mencoba menghubungkan sebab dan akibat dan mencoba menafsirkan pengalaman kehidupan manusia. Secara harfiah, pemahaman filsafat yang berasal dari kata Philo (cinta) dan Sophos (
Lapor Hansip
24-05-2022 19:13

Aliran Filsafat Pendidikan

Aliran Filsafat Pendidikan

Filsafat pendidikan adalah filosofi yang digunakan dalam studi masalah pendidikan yang belum dijawab atau tidak oleh cabang ilmu yang ada.

 Keberadaan filsafat di dunia pendidikan diperlukan untuk menemukan sifat sesuatu, mencoba menghubungkan sebab dan akibat dan mencoba menafsirkan pengalaman kehidupan manusia.



Secara harfiah, pemahaman filsafat yang berasal dari kata Philo (cinta) dan Sophos (kebijaksanaan) memiliki arti cinta untuk kebijaksanaan. Namun, filosofi pendidikan bukan hanya cinta pendidikan, tetapi bagaimana menciptakan cinta dan mencoba memperoleh, memusatkan perhatian dan menciptakan sikap positif terhadap pendidikan.

Aliran-aliran filsafat pendidikan

Filsafat telah mengalami perubahan sepanjang waktu dalam suatu kegiatan atau kegiatan yang menempatkan pengetahuan atau politik sebagai tujuan utamanya. Dengan cara yang sama dalam filosofi pendidikan. Ada beberapa arus filsafat yang digunakan di dunia pendidikan.

1. Aliran filsafat idealisme


Idealisme adalah filosofi tertua dengan figur sekolah ini adalah Plato (427-347 SM), yang dianggap sebagai bapak idealisme di dunia barat. Sejarah idealisme dimulai dengan pemikiran Plato tentang kebenaran empiris yang terlihat dan terasa di kerajaan yang ideal (esensi) atau ide. Aliran filsafat idealisme menekankan moralitas dan realitas spiritual sebagai sumber utama dalam sifat ini.

Idealis adalah doktrin yang mengajarkan bahwa sifat dunia fisik hanya dapat dipahami sebagai ketergantungan pada jiwa dan roh. Idealis diambil dari "ide" yang merupakan sesuatu yang ada dalam jiwa. Idealis memiliki argumen efisitimologisnya sendiri dan aliran ini melihat dan mempertimbangkan gagasan sebenarnya. Idenya selalu diperbaiki atau tidak mengalami perubahan dan perubahan.

2. Aliran filosofi perenialisme.


Perennialisme berasal dari kata abadi yang dapat ditafsirkan abadi, abadi atau fana (tak berujung). Perenialisme berarti segala sesuatu yang ada dalam sejarah. Aliran filosofi abadi mematuhi nilai -nilai atau norma yang abadi, oleh karena itu, perenialisme dianggap sebagai arus yang ingin kembali atau pensiun ke nilai -nilai masa lalu dengan maksud untuk memulihkan keyakinan sekarang dan bahkan pada apa pun waktu dan di mana saja

3. Aliran filsafat esensialisme.


Filsafat esensialisme didasarkan pada pemikiran filosofis idealisme Plato dan realisme Aristoteles. Aliran filsafat esensialisme muncul pada saat Renaissance adalah kombinasi dari ide -ide filsafat idealisme objektif, di satu sisi dan realisme objektif, di sisi lain. Perbedaan utama adalah memberikan basis pendidikan yang penuh dengan fleksibilitas, yang sepenuhnya terbuka untuk berubah, toleran dan tidak ada hubungan dengan doktrin tertentu.

Aliran filsafat esensialisme pertama kali muncul sebagai reaksi terhadap simbolisme absolut dan dogmatisme abad pertengahan. Filsafat ini ingin manusia kembali ke budaya kuno karena budaya kuno telah melakukan banyak kebaikan bagi manusia, bahkan pada pendidikan yang harus didasarkan pada nilai -nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan stabilitas dan nilai -nilai terpilih yang memiliki permintaan yang jelas .

4. Aliran filosofi progresisme.


Aliran progresivisme dapat ditafsirkan secara umum sebagai aliran yang menginginkan kemajuan dengan cepat. Kemajuan juga disebut instrumentalisme, karena aliran ini mengasumsikan bahwa kemampuan kecerdasan manusia sebagai alat untuk kehidupan, untuk mengembangkan kepribadian manusia.

Filosofi programmer dalam pendidikan adalah arus yang menekankan bahwa pendidikan tidak hanya kumpulan pengetahuan untuk subjek siswa, tetapi harus berisi kegiatan yang mengarah pada pelatihan dalam keterampilan berpikir mereka. Oleh karena itu, mereka dapat secara sistematis memikirkan bentuk -bentuk ilmiah seperti memberikan analisis, pertimbangan dan mencapai kesimpulan terhadap seleksi alternatif yang lebih mungkin untuk menyelesaikan masalah yang dimaksud.

Karakteristik filosofi progresivisme adalah:

Kemajuan didasarkan pada pragmatisme.
Tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan kecerdasan praktis (persaingan) dalam kerangka efektivitas pemecahan masalah yang disajikan melalui pengalaman.
Nilainya relatif, terutama nilai -nilai duniawi, secara aktif mengeksplorasi konsekuensi evolusi dan perilaku.



5. Aliran Filsafat Pragmatisme


Pragmatisme adalah arus modern yang mengajarkan bahwa apa yang benar adalah apa yang ditunjukkan bahwa itu benar dengan konsekuensi perantara yang secara praktis bermanfaat. Aliran ini bersedia menerima apa pun, asalkan praktis. Pengalaman pribadi, semua mistikus dapat diterima sebagai kebenaran dan dasar dari tindakan asli memiliki konsekuensi praktis yang berguna. Oleh karena itu, basis pragmatis adalah manfaat bagi kehidupan praktis.

Aliran ini melihat kenyataan sebagai sesuatu yang terus mengalami perubahan berkelanjutan. Pragmatis adalah arus yang lebih mementingkan orientasi visi antiposentris (berpusat pada manusia) kemampuan kreativitas dan pertumbuhan manusia terhadap hal -hal yang praktis, kemampuan kecerdasan, individu dan tindakan dalam masyarakat.

Di Amerika Serikat, tokoh -tokoh sekolah pragmatisme adalah William James dan John Dewey. Di Inggris adalah F.C Schiller. James mengatakan bahwa kebenaran absolut dan umumnya diterima, itu permanen, bahwa ia tetap sendirian dan dipisahkan dari semua alasan yang mengetahuinya. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua mengenai pembahasan aliran filsafat pendidikan ini ya.




0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.3K Anggota • 16.6K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia