Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/628a2cbda3c4c21468037aad/mengenal-lobotomi-praktik-penanganan-pasien-kejiwaan-yang-kini-dilarang
Pada awal abad ke 20 orang dengan gangguan mental memiliki stigma buruk bagi keluarga mereka, masyarakat dulu percaya bahwa orang-orang ini tidak layak hidup . Itulah sebabnya orang-orang dengan gangguan mental diperlakukan sangat buruk lebih dari penjahat, mereka dikurung di penjara, disiksa, bahkan hingga dibunuh. Apakah tidak ada Rumah Sakit Jiwa pada saat itu? Ada, tapi jika seorang dengan gan
Lapor Hansip
22-05-2022 19:29

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

icon-verified-thread
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Pada awal abad ke 20 orang dengan gangguan mental memiliki stigma buruk bagi keluarga mereka, masyarakat dulu percaya bahwa orang-orang ini tidak layak hidup. Itulah sebabnya orang-orang dengan gangguan mental diperlakukan sangat buruk lebih dari penjahat, mereka dikurung di penjara, disiksa, bahkan hingga dibunuh. Apakah tidak ada Rumah Sakit Jiwa pada saat itu? Ada, tapi jika seorang dengan gangguan mental dimasukan ke Rumah Sakit Jiwa, mereka hanya akan dikurung selama puluhan tahun tanpa adanya tanda-tanda kesembuhan. Setiap hari mereka diikat di ranjang, distrum (ECT), bahkan dipaksa meminum obat anti depresan tanpa maksimal dosis. Maka tidak heran pada saat itu Rumah Sakit Jiwa memiliki stigma negatif, bahkan hingga saat ini Rumah Sakit Jiwa masih menjadi mimpi buruk untuk sebagian orang.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Inilah yang mendorong António Egas Monizseorang ahli saraf asal portugal, menciptakan pengobatan untuk pasien gangguan mental tanpa harus dikurung di penjara atau masuk Rumah Sakit Jiwa, terapi ini disebut Lobotomi (Leucotomy). Prosedur bedah lobotomi, dilakukan dengan menghancurkan jaringan atau memotong jaringan-jaringan otak dalam Lobus Prefrontal yang terletak dibagian depan kepala. Praktik ini dilakukan karena ilmuwan zaman dahulu menganggap bahwa gangguan jiwa diduga disebabkan oleh emosi dan reaksi seseorang yang berlebihan. Oleh karena itu, mereka mengira dengan memotong jaringan-jaringan lobus prefrontal otak maka ini akan menghilangkan gejolak emosi dan reaksi pasien. Prosedur ini kemudian dikembangkan oleh banyak ahli bedah saraf di seluruh dunia, termasuk Walter Freeman di Amerika Serikat. Praktik lobotomi pun cukup marak dilakukan sejak 1935 hingga 1980-an.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Awalnya pasien diikat disebuah ranjang, lalu kepala pasien akan dilubangi pada bagian depan, biasanya pada bagian dahi atau pelipis dengan menggunakan bor, lalu dokter memasukan cairan etanol untuk merusak jaringan-jaringan otak bagian depan. Prosedur ini dilakukan tanpa obat bius loh gan.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Tapi seiring berjalannya waktu, para dokter merasa prosedur lama sangat beresiko dilihat dari tingkat luka yang besar dan lambatnya pemulihan, sehingga resiko kematiannya sangat besar. Akhirnya lobotomi sempat mengalami penurunan peminat, karena faktor resiko tersebut. Namun pada tahun 1945 Walter Jackson Freeman, seorang dokter asal amerika akhirnya melakukan terobosan untuk prosedur lobotomi. Ia menggunakan kawat besi untuk membuat luka yang lebih kecil.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Seorang pasien akan dibawa ke sebuah ruangan "penyiksaan" dengan diikat pada sebuah ranjang. Perawat tidak menggunakan obat bius, melainkan mengalirkan listrik pada tubuh pasien hingga ia tidak sadarkan diri (pingsan). Lalu dokter akan memasukan sebuah alat seperti penusuk panjang melalui rongga hidung atau celah mata bagian atas menembus tulang orbital hingga menyentuh bagian Lobus Prefrontal, lalu menggerakannya ke arah atas dan bawah untuk merobek selaput pelindung otak (meninges), terakhir gerakan kanan dan kiri untuk memisahkan antara kedua bagian Lobus Prefrontal.

Mengerikan? Belum gan, penderitaan pasien tidak berakhir disini. Setelah prosedur Lobotomi dilakukan, pasien akan dipindahkan ke ruang perawatan, disinilah penderitaannya dimulai.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

.Jangka Pendek.

Beberapa saat setelah otak pasien mengalami trauma benda tajam, selanjutnya tubuh manusia secara alami akan merespon dengan melakukan pembekuan darah agar tubuh tidak mengalami pendarahan. Disinilah pasien mengalami pembengkakan hebat pada bola mata, bahkan tidak sedikit yang langsung mengalami lumpuh karena pembengkakan menghalangi saraf pada otak.
Sakit yang luar biasa akibat lubang dan sayatan pada kepala akan dialami selama 2 sampai 3 minggu. Penanganan yang mereka lakukan pun cukup dengan mengompres pasien menggunakan es untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. (Inget yah gan, bukan menghilangkan, tapi HANYA mengurangi saja).

.Jangka Panjang.

Setelah melewati masa "penyiksaan" tadi, pasien memang menunjukan sikap lebih tenang dari sebelumnya. Tapi jangan senang dulu gan, karena orang tersebut bukan benar benar sembuh loh, mereka akan menjadi pasif, benar benar pasif seperti tidak merespon ketika diajak berbicara oleh orang lain bahkan oleh anggota keluarga sekalipun. Kehilangan kemampuan berbicara, tidak dapat berkonsentrasi, sering hilang kesadaran (pingsan), beberapa orang bahkan mengalami down syndrome seakan akan mereka kembali ke umur 2 tahun. Tidak sedikit pula yang mengalami komplikasi kesehatan lalu meninggal dunia.

.Pelarangan Lobotomi.

Sekitar akhir tahun 1980-an, prosedur lobotomi akhirnya diberhentikan dan dilarang dipraktikkan. Selain itu, pada tahun 1950 pengobatan terhadap ODGJ dengan obat-obatan mulai dikembangkan. Pengobatan baru ini akhirnya berhasil menggeser praktik sadis lobotomi.
Mengutip dari Psychology Today, sekarang pengobatan yang ditawarkan bagi ODGJ adalah obat-obatan antidepresan atau antipsikotik, terapi konseling, atau kombinasi keduanya.
Meskipun sampai saat ini belum ada obat atau prosedur instan yang bisa menyembuhkan gangguan jiwa, pengobatan modern saat ini jauh lebih efektif untuk mengendalikan gejala-gejala gangguan jiwa sekaligus meningkatkan kualitas hidup ODGJ.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

- Lobotomi diklaim dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari diare, sakit gigi, bahkan penyakit penyakit lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan Lobotomi. Oleh karena itu sekitar 1948 an peminat lobotomi mulai membludak.
- Pasien Lobotomi menjadi media untuk menghancurkan seseorang, tidak harus Memiliki Gangguan Jiwa. Anak nakal yang normal sekalipun dipaksa orang tuanya untuk melakukan prosedur ini loh, agar orang tua lebih mudah mengendalikan anaknya.
- Pencetus Lobotomi António Egas Moniz, mendapatkan penghargaan nobel loh gan. Padahal menurut banyak aktivis kesehatan seharusnya penghargaan nobelnya dicabut. Karena ia telah melakukan kejahatan medis yang sangat kejam, yang mengakibatkan ratusan ribu nyawa melayang.
- Rosemary Kennedy pernah menjalani lobotomi.
- Howard Dully salah satu pasien lobotomi yang mampu bertahan hingga sat ini, dia dilobotomi saat usia 12 tahun. Lalu ia menulis buku tentang perjalanan hidupnya setelah mengalami prosedur lobotomi, dengan judul MY LOBOTOMI.

Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.

Referensi web
Carilahmas|Wikipedia|Journal
Referensi Buku
Messing with My Head: The Shocking True Story of My Lobotomy|António Egas Moniz (1874–1955): Lobotomy pioneer and Nobel laureate
|Big Trouble Of Lobotomy|
Referensi gambar by Google
Little.sirius•Bandung•19 Mei 2022
 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sambean dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2.2K Anggota • 20.1K Threads
Halaman 3 dari 3
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 11:36
Sepertinya si Janda DA cocok di lobotomi, daripada menggila dan mengganggu hidup banyak orang, kalaupun tidak, sebaiknya di kurung saja. Salah satu korban si Janda DA ya siapa lagi kalau bukan ane.

Ntah kenapa, si Janda DA menjadi intens berdoa dua hari ini. Tapi hari ini agak berbeda, si Janda DA menuduh ane MALU KELUAR RUMAH untuk memberikan dirinya seks gratis, takut ketemu tetangganya karena sudah lama tidak mampir ke rumahnya. Kalau memang tidak, si Janda DA meminta ane untuk MEMBUKTIKANNYA dengan memberinya seks GRATIS. Setelah itu, telpon si Janda di tutup dengan DOA DOA, bismillah sebelum tanggal 29 siksaan gatel si Mem*k nya bisa terobati batang nikmat. Ane hanya menguap karena bosan meladeni Janda gila ini 😴😴😴

Bagi agan agan yang belum tau, Janda DA ini mirip presiden Ch*na yang di pakein wig dan baju wanita gan, sama beha berbusa tebal, mungkin supaya ada sedikit tonjolan di buah dadanya biar lebih mirip wanita. Permasalahannya si Janda DA ini adalah NAFSU nya yang besar dan butuh pelampiasan tapi maunya gratisan karena tidak kuat membayar lagi, dan sepertinya masih ngutang ke om om lain. Akhirnya mentalnya bermasalah dan sering mengganggu dan MENIPU orang orang sekitar, dan akhirnya ane hanya bisa curcol disini karena menerima gangguan terus menerus emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Diubah oleh bananafirza4
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 11:40
Nice info gan....
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 17:35
Quote:Original Posted By benche87
Entah apa yang dirasakan pasiennya,daleman kepala diobok obok..yahh tapi emang jaman segitu..

Ada beberapa fase yang dialami oleh pasien:
- Kesakitan saat di strum hingga pasien kehilangan kesadaran.
- kesakitan setelah menjalani lobotomi, karena luka dan pembengkakan sekitar mata.
- sakit kepala yang luar biasa selama 2 sampai 6 minggu akibat luka pada bagian otak.
Quote:Original Posted By awixcool
Mengerikan

Makasih gan udah mampir yah.
Quote:Original Posted By dadedarwanto
Asli ane bacanya ga nyampe khatam gan, maapkan daku ts, baru smp gambar alat bor kaya bor kayu, trus ketrangan dilubangi bagian dahi.. ngeerriiii makanya dilarang..

hehe makasih gan udah mampir.
kayanya ini bukan sekedar pengobatan heheh tapi bagian dari penyiksaan sih.
emoticon-Toast
profile-picture
benche87 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 17:50
Quote:Original Posted By dikamaru
Perlakuan terhadap ODGJ jaman dulu bisa dilihat di film Stonehearst Asylum.
Kalau untuk Lobotomi ada di film Shutter Island gan.

wah thank you gan infonya, nanti ane coba nonton hehe.
makasih udah mampir.
Quote:Original Posted By dearnana
Ngeri banget ya kalau baca-baca pengobatan medis jaman dulu. Beruntung gak terlahir di era itu. Gak kebayang diiket di ranjang pasien dan jadi kelinci percobaan, tanpa obat bius emoticon-Sorry

Masih banyak lagi sebenernya, prosedural bedah dan pengobatan jaman dulu yang sadis. next thread deh ane bahas secara umum.
ya begitulah perjalanan menuju sebuah kemjuan, musti ada yang dikorbankan.
cuman ngerinya, pengorbananya sama manusia.
Quote:Original Posted By oblons
Ngilu juga
Gk kebayang klo sekarang masih dipake cara kaya gini

Bakal ditentang sama Aktivis HAM gan kalau sekarang mah hehe
Quote:Original Posted By satriyasegala
Ane pernah liat prosedur ini pada mayat terus Diotopsy ngeri banget

Tapi kita perlu lumrah karena masih jaman segitu

Kalo dibilang sembuh ya gak sembuh juga karena otak yg nyebapin histeris dirusak yg dimana otak itu otak berexpresi dan emosi, jadinya yg dulu histeris jadi kalem sekalem2nya dan ada yg jadi anak kecil lagi

betul gan, jaman itu belum banyak metode dan penelitian ilmiah jadi maklum juga.
tapi kalau di inget tetep sadis dan ngeri juga yah.
Quote:Original Posted By dearnana
Ngeri banget ya kalau baca-baca pengobatan medis jaman dulu. Beruntung gak terlahir di era itu. Gak kebayang diiket di ranjang pasien dan jadi kelinci percobaan tanpa obat bius emoticon-Sorry

ya seperti yang banyak orang bilang, menuju sebuah kamajuan harus ada yang di korbankan.
skranag udah banyak penelitian ilmiah dengan cara yang lebih manusiawi gan hehe jadi mungkin hanya sisi sadisnya ajah yang dihilangkan, tapi kalau jadiin manusia jadi tikus percobaannya mah tetep ada.
Quote:Original Posted By icecool87
gila org2 jaman dl...
dokter2 lain apa nda ada yg brani bantah metodenya apa

gak ada, karena pencetusnya adalah orang terkemuka, ditambah belum adanya data ilmiah untuk menentang praktik tersebut.
Quote:Original Posted By riodgarp
alamak dapat penghargaan pula itu dokter kejam....

betul gan, sampe saat ini nobelnya belum dicabut, karena dulu bener bener dianggap berhasil.
Quote:Original Posted By jacquard
antidepresan atau antipsikotik, nah kandungannya didalam obat obatan ini apa ya? terus apa efek sampingnya?

Next thread saya bahas yah, makasih masukannya.
Quote:Original Posted By blezzernet
ini bukan penyembuhan ini penyiksaan coooyyyy emoticon-Takut

haha iya gan, sebenrnya banyak banget metode penyembuhan kaya gini, yang orang jaman dulu anggap normal tapi kita anggap sebagai penyiksaan, next thread yah.
Quote:Original Posted By fishmanish
praktek nya marak karena mgkin keluarganya sendiri jg udah ga kuat kali ya?

jadi udah hopeless gt, liat odgj di keluarga nya.

mending klo ga bikin kekacauan, kalau bikin kekacauan itu kan yang bikin stress dan beban pikiran.

jadi ama keluarga nya yaudah lah terserah lu mau dibor kepala nya kek, terserah yang penting gw ga ada beban lagi... gt kali ya

emoticon-Matabelo

balik lagi gan sama tulisan ane di atas, ODGJ dulu dianggap haram banget, jadi ya keluarganya pasti mendukung banget dilakukan lobotomi, dari pada keluarganya mendapat stigma buruk,
0 0
0
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 18:32
Sungguh malang ODGJ yg dilobotomi emoticon-Turut Berduka
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 19:10
Trit top markotop ini
Gud marsogud.

Btw ane bersukur krn gak lahir di taon2 lobotomi eksis emoticon-Takut (S)
Jadul emang berani melakukan penerapan medis ekstrim, tanpa memandang hak2 pasien/manusia itu sendiri emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
seojoon dan little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
23-05-2022 22:40
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Hanya 10 menit ...
Diubah oleh cheepoetz
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
24-05-2022 06:53
Quote:Original Posted By seojoon
Sungguh malang ODGJ yg dilobotomi emoticon-Turut Berduka

Ya mau gimana lagi, namanya hidup di jaman dulu. Ilmu pengetahuan belum semaju saat ini.
Quote:Original Posted By pleguk
Trit top markotop ini
Gud marsogud.

Btw ane bersukur krn gak lahir di taon2 lobotomi eksis emoticon-Takut (S)
Jadul emang berani melakukan penerapan medis ekstrim, tanpa memandang hak2 pasien/manusia itu sendiri emoticon-Big Grin

betul gan, tapi anehnya apa orang jaman dulu gak ada yah pemikiran takut untuk melakukan hal yang belum terbukti baik.
Quote:Original Posted By cheepoetz
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
Hanya 10 menit ...

iya gan cuman 10 menit hehheh
Ngeri juga yah 10 menit menghancurkan seumur hidup.

makasih yah semua sudah mampir di thread ane
profile-picture
profile-picture
seojoon dan pleguk memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Lobotomi: Praktik penanganan pasien kejiwaan yang kini dilarang.
31-05-2022 13:22
Sundul dulu
Ini thread layak dibaca buat menambah wawasan emoticon-2 Jempol
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia